alexa-tracking

Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007875010/hukum-islam-berprikemanusiaan-kah
Poll: Apakah Menurut Anda Hukum Islam Itu Kejam?

This poll is closed - 25 Voters

View Poll
Ya, sangat kejam melanggar HAM dan tidak berperikemanusiaan! 12.00% (3 votes)
Tidak, Karena mereka pantas mendapatkannya dan telah ada ketentuan yang mengatur secara pasti! 88.00% (22 votes)
Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?
Quote:
youtube-thumbnail

Diatas merupakan suatu video tentang hukum cambuk di Aceh yang dialami oleh seorang penjudi karena telah melanggar syariat Islam

Quote:Landasan Hukum, Hukum Cambuk
Wanita dan laki-laki yang berzina maka jilidlah masing-masing mereka 100 kali. Dan janganlah belas kasihan kepada mereka mencegah kamu dari menjalankan agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Dan hendaklah pelaksanaan hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang beriman. (QS. An-Nuur : 2)


وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُواْ أَيْدِيَهُمَا جَزَاء بِمَا كَسَبَا نَكَالاً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya : Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Maidah : 38)


عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " لعن الله السارق يسرق البيضة فتقطع يده, ويسرق الحبل فتقطع يده " متفق عليه

Berkata Abu Hurairah r.a: telah bersabda Rasulullah SAW: "Allah melaknat seorang pencuri yang mencuri telur lalu tangannya dipotong dan juga pencuri tali sehingga tangannya di potong" (Muttafaq Alaihi) .

Quote:
Dari Ibnu Umar r.a berkata, “Beliau (Rasulullah) memotong tangan pencuri karena mencuri perisai (baju besi) seharga 3 dirham” (Al Bukhari dalam Al Hudud no.6796 dan Muslim dalam Al Hudud no.1686/6)

Dari Aisyah r.a, Nabi bersabda, “Tangan harus dipotong karena mencuri ¼ dinar atau lebih” (redaksi Al Bukhari dalam Al Hudud no.6789)
Redaksi Muslim dalam Al Hudud no.1684/2, “Tangan pencuri tidak dipotong melainkan karena mencuri ¼ dinar atau lebih.”


Nabi bersabda, “Potonglah karena mencuri ¼ dinar, dan jangan potong karena mencuri kurang dari itu.” (Al Bukhari dalam Al Hudud no.6791)

Dari Rafi’ bin Khudaij menuturkan, “Aku mendengar Rasulullah bersabda: tidak ada hukum potong karena mengambil buah-buahan, begitu pula tandan kurma.” (HR. Ahlus Sunan, Abu Dawud dalam Al Hudud no.4388, dan At Tirmidzi dalam Al Hudud 1449).

Quote:Dali-Dalil diatas merupakan dasar dari hukum islam baik cambuk maupun qisas, tentunya masih banyak dalil yang lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Tentunya pelaksanaan Hukum Islam sendiri mempunyai ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat.
Quote:Efek Dari Penerapan Hukum Islam
Adanya kepastian hukum

Landasan hukum yang pasti yang bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadist yang dalam pelaksanaannya merupakan bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT.

Preventif

Cukup dengan membaca Hukuman Mencuri saja, saya rasa baik saya ataupun anda enggan dan tidak akan berencana mencuri, kecuali kalau anda ingin kehilangan sebagian anggota tubuh anda, Naudzubillahmindzalik.

Efek Jera

Salah satu tujuan diterapkannya sanksi bagi pelaku kejahatan adalah agar pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi. Dan pastinya, seseorang yang sudah terkena sanksi potong tangan pastinya sudah jera, kalo tidak jera juga, ya namanya emang keterlaluan.

Persamaan di depan hukum

Hukum Islam berlaku bagi semua muslim, baik laki-laki, wanita, tua ataupun muda, rakyat jelata, pejabat, bahkan seorang khalifah sekalipun.

Up To Date atau mengikuti perkembangan zaman. Rasa keadilan itu sebetulnya tidak bergantung pada zamannya, tetapi pada hawa nafsu manusianya. Maka hukum yang adil seharusnya terlepas dari hawa nafsu manusia, dan applicable pada setiap zaman.

Ajaibnya, memang Up To Date kok, tidak percaya? Kondisi ekonomi suatu bangsa / negara dari waktu ke waktu tentunya mengalami masa pasang-surut, makanya tolak ukurnya menggunakan emas, bukan mata uang tertentu, karena harga emas di dunia pasti stabil.

Misalkan perekonomian sedang kacau karena Supreme Mortage, misalnya, maka pada saat itu harga emas tentunya akan sangat tinggi, maka jumlah barang yang dicuri yang bisa terkena hukum potong tangan tentu juga lumayan tinggi sesuai dengan meningkatnya harga barang kebutuhan pokok. Begitu pula sebaliknya.

Quote:Kejam Kah Hukum Islam
Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?

Uploaded with ImageShack.us
Setelah kita memahami hukum mencuri diatas, membaca dalil-dalil naqlinya, masihkah kita berkata bahwa hukum Islam itu kejam?

Dalil naqli yang mewajibkan qisas adalah surat Al-Baqarah ayat 178, 5 ayat lebih dahulu ketimbang kewajiban berpuasa (Al-Baqarah ayat 183), atau kalau anda perhatikan baik-baik, maka kedua ayat ini saling bersebelahan dalam Al-Quran.

Kenapa 1/4 dinar? Karena Rasulullah pernah memberikan sedekah kepada seorang papa, untuk makannya dan keluarganya. Artinya takaran 1/4 dinar adalah takaran yang cukup untuk memberi makan satu keluarga.

Jadi sudah jelas bahwa Islam itu tidak kejam. Maka jangan percaya jika ada berita tentang pelaksanaan hukum potong tangan terhadap anak kecil yang mencuri sepotong roti, karena dapat dipastikan bahwa anak tersebut belum baligh dan sepotong roti tidaklah sampai dengan 1/4 dinar, apalagi jika tangannya bukan dipotong, tetapi dilindas mobil, maka sudah pasti ini bukanlah hukum Islam yang berasal dari Allah SWT dan dipraktekan oleh Rasulullah SAW, meskipun orang yang melakukannya adalah orang muslim.

Quote:
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Quote:Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?

Uploaded with ImageShack.us
KALO MENURUT ANE HUKUM ISLAM SEBENARNYA SELAIN MEMBERI EFEK JERA KEPADA SI PELAKU JUGA MEMBERI KERINGANAN HUKUMAN KELAK DI AKHIRAT GAN ...

MUMPUNG DIDUNIA BISA DIHUKUM, KENAPA HARUS NUNGGU DI AKHERAT
emoticon-Matabelo emoticon-Mewek
menurut ane islam itu sangat adil...emoticon-2 Jempol
Islam itu indah gan emoticon-Big Grin
tidak gan menurut ane.

malah,ane berharap di Indonesia diterapkan hukum Islam.
karena,jika hukum Islam itu dilakukan (potong tangan,cambuk,rajam,qishash bunuh dll) akan meringankan beban dosa mereka di akhirat.

efek jeranya kuat gan.
Harus segera diterapkan di Indonesia gan...
Indonesia udah super parah.....
lihat korupsi
lihat prostitusi, pornografi
lihat kemaksiatan2 yang lainnya
MasyaAllah.......
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By musaalim
KALO MENURUT ANE HUKUM ISLAM SEBENARNYA SELAIN MEMBERI EFEK JERA KEPADA SI PELAKU JUGA MEMBERI KERINGANAN HUKUMAN KELAK DI AKHIRAT GAN ...

MUMPUNG DIDUNIA BISA DIHUKUM, KENAPA HARUS NUNGGU DI AKHERAT
emoticon-Matabelo emoticon-Mewek


setubuh gan
btw seper empat berapa rupiah ya gan? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By anggatape
setubuh gan
btw seper empat berapa rupiah ya gan? emoticon-Big Grin


¼ dinar (1 dinar=4,25 gram emas)
hukum islam seadil-adilnya hukum di dunia
hukuman di dunia mah belum seberapa .
gimana kalo di akhirat coba ?
mnurut ane itu ga kejam . allah tau yg mana terbaik buat umat nya . emoticon-Angel
Hari gini masih nyampuradukin agama sama ham.
Inget gan, ada hak, ada pula KEWAJIBAN.
Soal hukuman itu, yaa salah sendiri ngelakuin.
Lagipula hukuman di dunia bisa memperingan hukuman di akhirat. Emang nanti akhirat bisa nerima komplain hak asasi? emoticon-SmilieHukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?
Good gan emoticon-Big Grin nih gw bantu up emoticon-Sundul:Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?
semoga hukum syariah islam ditegakkan di indonesia
tentu saja berperikemanusiaan gan..
alasan nya jgn di persulit gan..
islam itu agama yg mudah.. ente sndiri yg buat sulit
thread bermutu seperti kok malah sepi emoticon-Turut Berduka
apakah ini tidak melanggar hak asasi manusia?Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah? Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah? Hukum Islam, Berprikemanusiaan Kah?
HUKUM ISLAM ITU MANTEP PUNYA GAN,YANG NYUSUN JUGA ALLOH SWT...

Terus kalo Hukum Islam itu Kejam atau apalah, gada yang sejarahnya kejayaan pada masa Rasulullah SAW sama Dinasti Usmaniyah

Itu Peraturan menurut Al-Qur'an dan Assunnah emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By XXX

Ijin titip lapak emoticon-Smilie
[URL=" [url]http://livebeta.kaskus.co.id/post/000000000000000749222557#post000000000000000749222557[/url]"]JACKET KASKUS KEREN !!![/URL]

iya agan sista yang cerdas dan sok suci, hukum Islam itu bar bar, sadis, gak berperikemanusiaan. jadi kalian yang udah pernah mencuri berjudi membunuh berzina memperkosa korupsi takutkan? malas liat diskusi ini lebih lanjut,jadi ninggalin bekas dulu ah.

palingan ni diskusi kebanyakan diisi orang egois yang ngomong HAM, karena mereka tidak pernah jadi victim dan malah jadi pelakunya
Kalo maling dihukum potong tangan, maka 2x dia nyolong, habis sudah tangannya, mau nyolong pake kaki?

Bandingin dengan dipenjara, mau keluar masuk penjara ratusan kali tetep aja masih bisa nyolong emoticon-Hammer

Nah, yang jadi masalah, yang biasa donlot film n mp3 bajakan apa mau tangannya dipotong? emoticon-Frown
dari pada di neraka nanti tambah parah mendingan di bumi aja di balas gan emoticon-Turut Berduka
×