alexa-tracking

Esensi Seragam Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007844844/esensi-seragam-indonesia
Breaking News! 
Esensi Seragam Indonesia
ini cuma menurut ane gan,
sekedar pengen berbagi renungan kepada dunia

emoticon-I Love Indonesia
Esensi Seragam Indonesia

Gue pernah mikir kenapa harus mikirin sekitar gue untuk sesuatu yang gue tau hanya akan berdampak ke diri gue sendiri. di sma, aturannya gak boleh pake sepatu aneh - aneh, baju harus rapi dengan warna abu2-putih (which is so boring) dan yang terburuk; gue gak boleh ngebiarin rambut gue tumbuh sepanjang yang yang gue masih consider: comfortable.

gunanya itu semua agar semua orang bisa berpenampilan yang sama dan setara, gak peduli latar belakang orang tersebut.

buat gue, tampak luar itu ya tampak luar, kalo ada yang mau pake bajunya pengemis karena dia pikir itu cara terbaik untuk mengekspresikan diri, me-representasikan hatinya ke dalam bentuk yang lebih “real”, kenapa nih orang malah dipaksa buat pake seragam

kalo ada yang mau pake baju raja berlapis emas, kenapa nih orang malah harus dipaksa oleh SISTEM agar berpakaian lebih “humble”, padahal jelas - jelas seragam itu sama sekali bukan bagian dari ekspresi kemanusiaanya sebagai makhluk pecinta seni dan keindahan.

hanya karena buat pengatur SISTEM, keindahan buat warga SMA itu adalah kemeja putih dengan celana/rok abu - abu, bukan berarti definisi keindahan ini sama dengan definisi keindahan bagi setiap siswa “who live the system”, bahkan keindahan itu gak akan pernah sama seutuhnya antara siapa saja.

manusia - manusia SMA ini akan tumbuh dewasa dengan pengaruh keindahan SMA, tampak luar yang sama, pakaian luar yang sama, cover yang sama. ini membentuk opini tunggal di masyarakat dewasa tentang keindahan pakaian buat manusia. semua orang punya satu gamabaran tentang bagaimana sesungguhnya sorang “respectable” person must look.

pernah mikir kenapa para pejabat di Indonesia pakaiannya selalu saja kemeja, dengan celana bahan, dasi, ataupun jas mahal. apa pakaian ini adalah keindahan yang universal bagi setiap manusia indonesia sampai - sampai semua yang punya jabatan pasti punya strict dress-code seperti ini? padahal jenis pakaian seperti ini bukan jenis pakaian yang dipakai nenek moyang orang - orang Indonesia. jenis pakaian ini hanya mulai dipakai untuk menarik hati dunia barat akan wajah Indonesia modern. jadi, apa ini bukti kalau kita ini bangsa penjilat dan peacur? kalau nggak, kenapa harus memaksakan dress-code seperti ini kepada setiap orang, kenapa harus memaksakan kehendak kepada setiap orang yang punya haluan berbeda? bahkan presiden pernah mengusir tamunya gara - gara orang tersebut pake celana jin, mahasiswa diusir dari ruang ujian gara gara pake sendal, kaos oblong, seorang yang lapar dilarang masuk restoran gara - gara disangka pengemis/pengamen, seorang muslim dilarang naik pesawat gara2 pake pakaian ala teroris, dan seterusnya dan seterusnya.

apa kemeja, celana bahan, dasi dan sebagainya itu bener2 nilai sempurna dari keindahan manusia beradab?

buat gue jawabannya “nggak”

kita punya pilihan, kita punya kehendak bebas, kita bisa memilih

jangan pernah membiarkan penilaian mayoritas mengubah bentuk sebenarnya dari ekspresi kita semua, sebagai manusia seni dan keindahan

-ednamu, 16 maret 2011 - http://ednamu.tumblr.com/
setuju ganemoticon-Kiss
emoticon-Bingung wah nggak ngerti tuch guwe juragan
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia thread bagus ni gan!
ane juga stuju ama TS ''ngak'' emoticon-I Love Indonesia (S)
di Jogja ada sekolah SMA DeBritto gan...isinya cowok semua dan bebas berpakaian tanpa menggunakan seragam,rambut juga bebas...asal nilai mereka bagus itu gak berpengaruh terhadap penampilan...emoticon-Big Grin
yang penting yg ada didalam gan bukan diluarnya..emoticon-Cool
nice info gan!@