alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007767366/wisata-kota-makassar-yuukkkkk-pict
Thumbs up 
WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)


SELAMAT DATANG DI KOTA MAKASSAR
WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)

WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)

WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)


Quote: Quote: Quote: MAKASSAR

Spoiler for Perkenalan:


Spoiler for Logo Kota Makassar:


Spoiler for Sejarah Singkat Kota Makassar:


Ada banyak tempat wisata yang agan-agan sekalian bisa kunjungi di Kota Kelahiran ane sendiri.. Untuk memudahkan, ane membagi kunjungan kita kedalam beberapa bagian tersendiri.. Cekidot

1. Wisata Bahari
2. Wisata Sejarah
3. Wisata Kuliner
4. Wisata Hiburan
5. Wisata Belanja





Quote: WISATA BAHARI Quote:

PANTAI LOSARI

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer). Namun, sekarang warung-warung tersebut sudah tidak ada lagi karena kebijakan pemerintah yang ingin membuat Anjungan Pantai Losari.

Anjungan Pantai Losari semakin menambah keindahan sekaligus menambah pilihan rekreasi keluarga dan teman yang menarik kota Makassar kala senja hingga malam hari. Sehingga jangan heran kalau pada akhir pekan, Anda bisa menemukan ribuan orang berada ditempat ini.


Spoiler for Pantai Losari:


PULAU SAMALONA

Pulau samalona merupakan gugusan pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas 2,34 Ha. Pulau kecil ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menjadikan pulau ini cocok untuk berjemur. Selain itu, kawasan pulau ini sangat bagus untuk menyelam (diving), karena di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis yang berwarna-warni, dan biota laut lainnya. Waktu paling tepat untuk berkunjung ke pulau ini adalah sekitar bulan februari hingga oktober.

Pulau ini menyimpan sejuta misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan pulau ini, diantaranya: Kapal Maru (Kapal Perang Jepang), Kapal Lancaster Bomber, Kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang, Kapal kargo Hakko Maru Buatan Belanda, serta kapal selam milik Jepang. Kapal-kapal yang karam tersebut telah berubah wujud menjadi karang dan menjadi "rumah" bagi ratusan biota laut yang beraneka ragam bentuk, dan jenis serta warnanya yang sangat mengagumkan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang menyelam (diving) di antara bangkai-bangkai kapal karam tersebut.

Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan dapat juga menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama. Di Pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati kelezatan berbagai seafood segar yang dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu diletakkan di atas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh di sekitar pulau. Dengan cara demikian, aroma asap arang tempurung kelapa tersebut segera tercium dan dapat menggugah selera makan.

Akses dan Fasilitas
Pulau Samalona berjarak sekitar 6,8 km dr kota Makassar, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20-30 menit dengan menggunakan speedboat berkapasitas maksimal 12 orang dengan biaya sekitar 250ribu sampai 300ribu untuk pulang & pergi.

Di Lokasi ini tersedia penginapan sederhana berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang dengan tarif sesuai kapasitas rumah. Selain itu, juga tersedia beberapa warung makan yang menyediakan aneka ragam seafood segar, dengan harga berkisar 20.000 hingga 25.000 per porsi.


Spoiler for Pulau Samalona:


PANTAI AKKARENA

Akkarena, Pantai Mempesona di Makassar Pusat rekreasi keluarga Akkarena terletak di pesisir Pantai Tanjung Bunga dengan luas pengembangan sampai dengan 10 Ha. Dengan keindahan panorama pantainya serta keindahan matahari terbenam. Pusat rekreasi keluarga Akkarena menawarkan berbagai sarana untuk bersantai, bermain dan berolah raga bagi seluruh keluarga.

Akkarena beroperasi sejak 1998, berupa Taman Hidangan seluas 450 m2 dengan gaya bangunan Mediterania. Taman ini terletak di tepi pantai dengan sajian makanan dan minuman lokal maupun internasional serta dilengkapi hiburan live musik.


Spoiler for Pantai Akkarena:


PULAU LAE-LAE

Lae-Lae adalah sebuah pulau di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pulau dengan luas 0,04 km² ini dihuni oleh 400 keluarga atau sekitar 2.000 jiwa. Jarak pulau ini dari Makassar sekitar 1,5 km.

Di pulau Lae-lae yang banyak dijumpai adalah Terumbu Karang. Kondisi terumbu karang di pulau ini termasuk jelek yang kemungkinan besar utamanya disebabkan oleh tingginya tingkat sedimentasi dan eutrofikasi yang berasal dari massa daratan utama atau daerah inshore. di pulau ini juga ditemukan kelimpahan makro alga yang paling tinggi, didominasi jenis makro alga coklat yakni sargassum spp, turbinaria, Halimeda, Caulerpa.

Pulau Laelae merupakan salah satu pulau dalam gugusan pulau atau Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan. Secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kota Makassar, Kecamatan Ujung Pandang, Kelurahan Laelae, dengan luas aratan pulau 8,9 Hektar.


Spoiler for Pulau Lae-Lae:


Quote:

Lanjutan

Quote: Quote:

PULAU KAYANGAN

Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas sekitar 1 ha dan secara administratif termasuk dalam wilayah Kel. Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak ± 0,8 km dari Kota Makassar, tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, atau dapat ditempuh 15 menit perjalanan dengan menumpang perahu boat 36 PK yang khusus disediakan bagi para pengunjung. Pulau ini dulunya bernama Marrouw atau Meraux.

Pulau Kayangan mempunyai beberapa fasilitas seperti tempat penginapan, resort/pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung serba guna, tempat bermain bagi anak-anak, sarana olah raga, dan anjungan memancing. Di bagian lain terdapat sejumlah aquarium yang menampung beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Daya tarik : Berenang, panorama matahari terbenam (sunset), olah raga air, musik & pertunjukan, permainan anak-anak, akuarium.


Spoiler for Pulau Kayangan:


PANTAI BAROMBONG

Pantai Barombong yang terletak di Kecamatan Tamalate, Makassar, adalah salah satu tempat yang terkenal terutama bagi penduduk Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Daya tarik pantai yang berjarak ± 12 km (40 menit) dari pusat kota ini terutama adalah pemandian alam dan olahraga air. Di akhir pekan, pantainya yang memiliki pasir hitam dikunjungi untuk berlibur. Tempat itu cocok digunakan untuk berenang, main ski air, berlayar atau hanya berbaring untuk sekedar mandi sinar matahari.

Seperti Pantai-pantai di Kota Makassar pada umumnya, Pantai Barombong juga memiliki panorama sunset (matahari terbenam) yang indah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan itu pada hamparan pasir putih. Pantai ini memang memiliki pasir putih yang bagus.

Di pantai inilah jumlah nelayan terbanyak berada. Karena Barombong sebenarnya adalah perkampungan nelayan. Jika ingin menikmati ikan segar yang baru turun dari perahu nelayan tradisional, jolloro dan katinting, di sinilah tempatnya.

Untuk mengakses obyek wisata ini cukup mudah. Bisa dengan angkutan umum, taksi, fasilitas transportasi hotel, dan ojek untuk perorangan.


Spoiler for Pantai Barombong:




Quote: WISATA SEJARAH Quote: Quote:

BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN

Apabila agan/sista bepergian ke Makassar via pesawat terbang, maka agan/sista pasti akan mengenal Bandara Internasional Sultan Hasanudin. Bandara ini sangat megah lho.. Kemegahannya kayak bagaimana sih? Nah, makanya datang dulu ke Makassar… emoticon-Big Grin Oiya, kenapa masuk wisata Sejarah? cekidot alasannya,.... emoticon-Malu

Membahas sedikit tentang sejarahnya Bandara Sultan Hasanuddin dari dulu sudah merupakan Bandara besar. Ketika pertama dibangun pemerintah Hindia-Belanda pada 1935, dengan nama Lapangan Terbang Kadieng, panjang landasannya saja sudah 1.600 meter. Jauh lebih panjang dari bandara perintis sekarang yang rata-rata panjangnya dibawah 1.000 meter. Ketika sekutu dan Belanda masuk lagi pada 1945, mereka membuat satu landasan pacu lagi. Panjangnya 1.745 meter dan dikerjakan oleh 4.000 orang mantan prajurit Romusha. Di masa Indonesia merdeka, pada 1955, landasan diperpanjang lagi menjadi 2.345 meter, dan nama Lapangan Terbang Mandai diganti jadi Pelabuhan Udara Mandai. Pada 1980 diperpanjang lagi menjadi 2.500 meter dan nama Pelabuhan Udara Sultan Hasanuddin mulai dipakai.Pada 1985, nama Pelabuhan Udara Hasanuddin diganti menjadi Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Dan akhirnya pada 1995 ditetapkan sebagai bandara internasional.


Spoiler for Bandara:



FORT ROTTERDAM

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan.

Nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang, biasa juga orang Gowa-Makassar menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa-Tallo akhirnya menandatangani perjanjian Bungayya yang salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda. Pada saat Belanda menempati benteng ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Di kompleks Benteng Ujung Pandang kini terdapat Museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Sebagian besar gedung benteng ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata di Kota Makassar.


Spoiler for Fort Rotterdam:


MESJID AL-MARKAZ AL-ISLAMI

Al-Markas Al-Islami didirikan pada tanggal 8 Mei 1984 atas prakarsa Jendral M Yusuf sebagai pusat pengembangan agama Islam . Tempat ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan pengintegrasian nilai-nilai Islam diwarnai dengan kebudayaan lokal dan modern. Terletak di Jalan Mesjid Raya, sekitar 2 Km dari pusat kota Makasar, dengan luas sekitar 10 Hektar. Di tempat ini terdapat fasilitas ruang shalat, sekolah, perpustakaan, ruang serba guna, wartel dan tempat parkir.


Spoiler for Mesjid Al-Markaz Al-Islami:


MONUMEN MANDALA

Monumen ini dibangun untuk memperingati dan menjadikan pedoman nilai-nilai kepahlawanan bangsa Indonesia dalam usaha membebaskan Irian Barat dari tangan kolonial pada tahun 1963. Terletak di tengah kota Makasar tepatnya di Jalan Jendral Sudirman.
Monumen Mandala merupakan bangunan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar. Di monumen ini juga terdapat berbagai macam relief dan diorama tentang perjuangan pembebasan Irian Barat. Pengunjung juga dapat menyaksikan bentangan Kota Makassar dari ketinggian.

Monumen Mandala mulai dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996, untuk memperingati perjuangan rakyat indonesia dalam membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah. Bangunan ini terdiri dari empat lantai yang dilengkapi dengan gedung serbaguna, panggung pertunjukan sebagai pusat hiburan kebudayaan Indonesia bagian timur, tempat parkir juga di sekitarnya terdapat hotel berbintang dan fasilitas penunjang wisata lainya.


Spoiler for Monumen Mandala:


LAPANGAN KAREBOSI

Lapangan Karebosi dulunya adalah Pusat Kota Makassar. Karena disinilah titik kilometer 0 (nol) berada. Sebelum dipugar hingga seperti sekarang, Karebosi pernah menjadi pilihan utama warga kota Makassar untuk berolah raga bersama teman-teman maupun keluarga. Baik untuk orang kaya maupun orang miskin, semua berbaur disini.

Ketika itu, Karebosi benar-benar terasa milik masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya. Namun, sejak revitalisasi pada akhir 2007 lalu hingga masa perampungan tahun 2009, fungsi Karebosi sudah berubah. Karebosi kini sudah menjadi milik orang kaya, sedangkan masyarakat kecil tidak bisa lagi menikmatinya.

Karebosi sudah menjadi kawasan bebas becak dan PKL.Yang bisa berjualan di Karebosi Link hanya mereka yang memiliki ratusan juta rupiah untuk menebus satu petak lods.
Karebosi telah ”disulap” menjadi kawasan elite dengan fasilitas mal bawah tanah yang menyediakan aneka fast food berlabel internasional.


Spoiler for Lapangan Karebosi:



Lanjutan

Quote: Quote: Quote:
PELABUHAN PAOTERE

Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan yang berjarak ± 5 km (± 30 menit) dari pusat Kota Makassar ini merupakan salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo doeloe yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

Pelabuhan Paotere sekarang ini masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat seperti Phinisi dan Lambo dan juga menjadi pusat niaga nelayan, dimana dapat dilihat disepanjang jalan di pelabuhan berjejer toko-toko yang menjual berbagai macam jenis ikan kering, perlengkapan nelayan, serta beberapa restoran seafood. Ane suggest “rumah makan paotere” sebagai tempat makan ikan-ikan segar plus hewan laut lainnya disini.


Spoiler for Pelabuhan Paotere:


MESJID RAYA MAKASSAR

Masjid Raya Makassar diresmikan pada tanggal 25 Mei 1949. Kemudian pada tahun 1957 Presiden pertama RI, Soekarno melaksanakan sholat Jumat di masjid ini. Sedangkan pada tahun 1967, mantan Presiden Soeharto juga berkunjung dan sholat Jumat di masjid perjuangan ini. Karena itu, kehadiran masjid raya merupakan tonggak sejarah masa lalu.

Dana awal pembangunan masjid hanya Rp60.000 yang diprakarsai K H Ahmad Bone, seorang ulama asal Kabupaten Bone tahun 1947 dengan menunjuk ketua panitia KH Muchtar Lutfi, dua tahun kemudian diresmikan dengan menghabiskan biaya Rp1,2 juta.


Spoiler for Mesjid Raya Makassar:


MAKAM PANGERAN DIPONEGORO

Pangeran Diponegoro adalah putra sulung dari sultan Hamengku Buwono III Yogyakarta, yang lahir pada tanggal 1 Nopember 1785. Beliau aktif berjuang melawan penjajah di pulau Jawa tahun 1825-1830. Perang bermula dari penolakanya terhadap kebijaksanaan kolonial Belanda yang mengikat pajak dan pola aturan kepemilikan tanah yang tidak adil. Pada tahun 1845 beliau ditangkap dan dipenjarakan di benteng Rotterdam Makassar, kemudian diasingkan ke Manado, setelah beberapa saat di Manado beliau dikembalikan lagi ke Makassar dan wafat tanggal 8 Januari 1855 di Makassar.

Kompleks makam Pangeran Diponegoro merupakan bangunan sederhana. Terdiri dari pintu gerbang, pendopo, dan 66 bangunan makam. Diklasifikasi menjadi dua makam ukuran besar, 25 makam ukuran sedang, dan 39 makam ukuran kecil. Makam-makam tersebut adalah makam Diponegoro dan istrinya, 6 orang anaknya, 30 orang cucu, 19 orang cicit, dan 9 orang pengikutnya. Makam ini terletak di Jl. Diponegoro No.55 kelurahan Melayu Kec. Wajo. Dapat dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, dekat dengan pusat perbelanjaan yang dikenal dengan pasar sentral.


Spoiler for Makam Pangeran Diponegoro:




Quote: WISATA KULINER Quote: Quote:

COTO MAKASSAR

Tidak ada catatan resmi sejak kapan coto makassar atau coto mangkasara ditemukan dan siapa yang pertama kali menemukan serta memperkenalkannya. Sampai saat ini, orang hanya tahu bahwa makanan ini adalah hidangan khas Makassar yang diciptakan oleh rakyat jelata dari suku Makassar. Dalam ketata-bogaan modern, hidangan coto ini termasuk hidangan sup. Bahan dasarnya utamanya adalah daging dan jeroan (isi perut) sapi, seperti hati, babat, jantung, usus, dan limpa. Cara memasaknya, bahan dasar tersebut direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian dicampur dengan kuah yang dimasak pada tempat yang terpisah. Kuahnya adalah campuran dari berbagai macam rempah-rempah yang kemudian ditambahkan dengan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Pada saat akan disajikan, makanan ini ditambahkan dengan bawang goreng, daun seledri, cuka, dan jeruk nipis. Pengiring hidangan ini adalah ketupat dan sambal tauco.

Keistimewaan
Enak tidaknya coto Makassar ditentukan oleh kualitas masakan kuahnya. Masakan ini akan terasa lebih gurih dan nikmat jika dimasak dalam panci tanah liat atau disebut korong butta atau uring butta dengan rempah patang pulo (40 macam rempah). Kesemua bumbu dan rempah tersebut tidak saja berfungsi sebagai penyedap, tetapi juga sebagai penyeimbang dan penawar zat-zat yang kurang baik yang terdapat dalam bahan yang dipergunakan seperti hati, babat, jantung dan limpa yang sarat dengan kolesterol, sehingga makanan ini menjadi sehat untuk disantap.

Lokasi dan akses
Hidangan coto Makassar ini dapat ditemukan di berbagai tempat di kota Makassar, mulai dari warung pinggir jalan hingga di restoran, dengan harga berkisar antara Rp. 4.000 hingga Rp. 10.000 per porsi. Di Kota Makassar, ada beberapa lokasi pedagang coto Makassar yang cukup terkenal, seperti di jl. Gagak (Coto Gagak) Jl. Nusantara (Coto Nusantara), dan Panakkukang. Warung-warung tersebut buka sejak pagi hari hingga tengah malam.


Spoiler for Coto Makassar:


PISANG EPE

Pisang Epe, atau pisang gepeng. Ini adalah pisang yang ditekan, panggang, dan ditutup dengan saus gula kelapa dan kadang-kadang dimakan dengan Durian. Pisang Epe ini dapat ditemukan di sekitar kawasan Pantai Losari, disana banyak PKL menjual Pisang Epe.

Spoiler for Pisang Epe:


SOP KONRO

Konro merupakan salah satu masakan asli Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif "kuat" akibat digunakannya ketumbar. Sup ini biasanya juga dibuat dengan daging sapi.

Spoiler for SOP KONRO:


PISANG IJO

Pisang Ijo adalah pisang dengan lapisan hijau tebal, disajikan dengan santan kental dan sirup. Yang paling terkenal dibuat oleh Bravo restoran di Jl. Andalas, tetapi juga dapat ditemukan di restoran Nyuk Nyan di Jl. Irian and Jl. Irian dan Jl. Bali, kadang-kadang hotel melayani Pisang Ijo juga.


Spoiler for Pisang Ijo:


SOP PALLUBASA

sop ini pedas dan mengandung kelapa parut. Pallubasa paling terkenal terletak di Jl. Serigala yang dikenal sebagai Pallubasa Serigala.


Spoiler for Sop Pallubasa:


SARABBA

Minuman khas Makassar. Agak mirip dengan bandrek. Tapi jujur, lebih mantap sarabba emoticon-Stick Out Tongue
Minuman ini terbuat dari jahe dan gula merah. Khasiatnya akan lebih terasa jika dicampur dengan telur ayam mentah dan sedikit merica. Sarabba sangat disenangi ketika gejala flu menyerang. Oiya, jika meminumnya hirup saja sambil bersuara slurrrppp seperti orang jepang jika menghargai dan menikmati minuman yang disuguhkan.

Minuman ini cocok untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh, sehingga paling asik diminum sambil belajar atau bercengkerama di malam hari, misalnya sambil nonton bareng.

Pasangan paling pas sarabba adalah pisang goreng dan sambal.


Spoiler for Sarabba:


Lanjutan

Quote: WISATA BELANJA Quote:Quote:

KAREBOSI LINK

Karebosi Link adalah lokasi perbelanjaan yang unik. Terletak di bawah Lapangan Karebosi, alun-alunnya Makassar. Di sini terdapat toko-toko ponsel, komputer, toko pakaian, pasar swalayan, dan berbagai restoran. Karebosi Link terhubung dengan MTC Karebosi melalui sebuah terowongan bawah tanah.

Karebosi Link menempati areal di bawah permukaan tanah seluas kurang lebih 2,5 hektare. Di sana terdapat berbagai gerai pakaian, swalayan Carrefour, arena permainan anak-anak, restoran Pizza Hut, restoran Eat&Out, dan restoran KosiCozy.

Restoran KosiCozy adalah restoran dengan transaksi elektronik. Pengunjung tidak membayar dengan uang tunai. Pengunjung harus membeli kartu elektronik dan mengisinya dengan deposit. Lalu dengan kartu itulah pengunjung membeli makanan dan minuman. Di restoran ini juga tersedia fasilitas wi-fi gratis.

Area perbelanjaan menempati lebih dari separuh ruang di bawah tanah. Terdapat lebih dari 200 gerai di dalamnya. Sementara separuh lainnya adalah lokasi parkir kendaraan dan terminal transit angkutan kota.


Spoiler for Kare-Link:


MALL RATU INDAH (MaRI)

Lokasi : Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 35, Makassar
Di tempat ini anda bisa menemukan produk-produk lokal dan multinasional, menikmati city event, temukan juga cita rasa khas makassar di Samudera Food Court. Temukan juga kebutuhan harian di Hero Supermarket.


Spoiler for MaRI:


PASAR BUTUNG

Jl. Sabutung, Kec. Wajo
Menjadi pusat perkulakan untuk produksi tekstil dan kebutuhan lokal lainnya. Lokasinya dekat dengan pelabuhan laut Soekarno-Hatta.


Spoiler for Pasar Butung:


MAKASSAR TRADE CENTRE

Makassar Trade Centre (MTC) Karebosi terletak di Kawasan Pusat Kota, Jl Ahmad Yani, Makassar. Ini adalah mal teknologi, komunikasi, dan informasi serta mal fashion. Ingin mencari berbagai ponsel dan komputer terbaru, atau mencari pakaian? MTC Karebosi adalah tempatnya.

Mal ini terdiri atas delapan lantai, dua lantai basement, satu lower ground, satu lantai dasar, dan lima lantai di atasnya. Lower ground dan lantai dasar berisi berbagai gerai pakaian. Pakaian di MTC Karebosi adalah pakaian-pakaian dengan harga yang relatif murah.

Lantai satu dan dua ditempati berbagai toko ponsel yang menjual berbagai merek dan jenis ponsel. Ponsel model lama hingga ponsel model terbaru semuanya ada di sini. Bukan hanya ponsel baru, toko-toko itu juga menjual ponsel bekas pakai. Ada pula gerai servis ponsel.

Lantai tiga berisi toko-toko komputer. Toko-toko di lantai tiga juga dijual berbagai jenis dan merek komputer. Ada komputer desktop, ada pula laptop. Ada komputer terbaru ada pula komputer dengan model lama.

Lantai tiga adalah area makanan dan minuman. Di sini dijual berbagai masakan nusantara dan makanan waralaba internasional. Ada pula cafe dengan pemandangan lepas ke permukaan kota Makassar. Sedangkan lantai lima adalah area permainan anak.

Di lantai basement 1 terdapat swalayan Carrefour. Lantai ini juga merupakan lokasi parkir kendaraan. Sedangkan keseluruhan ruang lantai basement 2 adalah lokasi parkir. MTC Karebos terhubung dengan Karebosi Link melalui sebuah terowongan bawah tanah.


Spoiler for MTC:


MALL PANAKKUKANG

Mall Panakkukang merupakan mal terbesar di Makassar saat ini. Beberapa supermarket besar ada di sini. Mal ini memiliki fasilitas hiburan dan bioskop Panakkukang 21. Lokasinya di Jl Boulevard Panakkukang, Makassar.

Mal ini didirikan pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2006. Mal Panakkukang berdiri di Central Business District (CBD) Panakkukang, sebuah kawasan konsentrasi bisnis dan perdagangan Makassar. Mal ini sangat mudah diakses. Menempati areal seluas kurang lebih 70.000 meter persegi, Mal Panakkukang menjadi mal paling luas di Makassar saat ini. Sebagian digunakan sebagai lapangan parkir. Terdiri dari tiga lantai yang disewa oleh ratusan tenant terkemuka.

Lantai pertama ditempati oleh beberapa tenant seperti Diamond Supermarket (ritel), pusat jajan (food court), Kentucky Fried Chicken (makanan), Dunkin Donut (makanan), Pizza Hut, Bread Talk (kedai roti), J-Co (makanan), Matahari Dept Store (fashion), dan beberapa tenant fashion. Di basement terdapat supermarket hypermart.

Lantai kedua ditempati beberapa tenant seperti Planet Surf (fashion), Pointbreak (fashion), Matahari Dept Store (fashion), Planet Sport (sepatu dan alat olahraga), Adidas (sepatu), beberapa kedai makanan tradisional, Excelso (kedai kopi), dan beberapa kedai fashion.

Lantai ketiga ditempati beberapa tenant seperti Electronic Solution (elektronik), Toko Buku Gramedia, Disk Tara (musik), Time Zone (permainan), Kopi Tiam (kedai kopi), dan bioskop Panakkukang 21 yang memutar film-film terbaru.

Mal ini terasa semakin luas karena terintegrasi dengan Panakkukang Square melalui sebuah jembatan multiguna yang melintas di atas Jl Adyaksa Baru. Jembatan tersebut ditempati beberapa tenant makanan seperti Kopi Phoenam, Bakmi Tebet, Abe, dan lain sebagainya.


Spoiler for MP:


KAWASAN SOUVENIR JL. SOMBA OPU

Jika Anda telah puas berkeliling Kota Makassar untuk memanjakan mata dan lidah maka waktu untuk kembali mulai berdetak telah tiba saatnya bagi Anda untuk mencari buah tangan sebagai antaran bagi keluarga yang menantikan di rumah. Di Makassar Anda tak perlu cemas akan kekurangan buah tangan bagi orang-orang tercinta. Tersedia berbagai jenis souvenir dan oleh-oleh yang harganya cocok bagi kantong Anda.
Jika Anda mencari oleh-oleh dan souvenir maka langkahkan kaki Anda ke jalan Somba Opu yang merupakan pusat souvenir. Di sepanjang jalan ini berjejer toko yang khusus menjual aneka souvenir dan jajanan. Makassar terkenal sebagai kota tempat jajanan kue dan kacang.

Selain jajanan kue dan kacang. Di jalan Somba Opu ini juga terdapat toko yang menjual minyak gosok khas Makassar. Tak kalah nikmatnya adalah berbagai manisan dan dodol, mulai dari manisan pala, manisan asam hingga dodol salak. Seluruhnya ini dapat Anda bawa pulang dengan harga tak lebih dari Rp. 20.000.

Selain jajanan, Makassar juga terkenal dengan berbagai souvenir yang tentunya ingin Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Mulai dari kerajinan anyaman dari bambu hingga patung kecil berbentuk tarsius dapat Anda temui di ini. Toko-toko di jalan ini tidak hanya menjual makanan tetapi juga berbagai souvenir hingga perhiasaan emas.

Selain anyaman bambu, juga terdapat untaian kerang yang dibuat menjadi berbagai hiasan. Kerang-kerang ini berasal dari perairan Makassar yang memang terkenal dengan biota lautnya. Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Bunaken untuk memperoleh kerajinan yang sangat indah ini, cukup Anda berjalan menuju toko-toko souvenir maka kerajinan ini dapat ditemui.


Spoiler for Lokasi:


Lanjutan

Quote: WISATA HIBURAN Quote:Quote:

CHINA TOWN MAKASSAR

SEPERTI kota-kota lain di dunia, Makassar juga memiliki sebuah kawasan bernama China Town. Biasa juga disebut pecinan. Di kawasan inilah digelar pesta rakyat dalam perayaan besar Cap Go Meh setiap tahun. Berbagai atraksi dan kesenian khas China dapat disaksikan di sini.

China Town Makassar terletak di tengah Kota Makassar. Terbagi dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Gerbang China Town hanya berjarak 400 meter dari pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi).

Ane masukin kawasan ini sebagai wisata hiburan karena apabila hari raya Cap Go Meh, suasananya benar-benar Ruaarrrrr Biasssa... emoticon-Big Grin


Spoiler for China Town Makassar:


TRANS STUDIO

Trans Studio Resort Makassar adalah kawasan wisata terpadu di Makassar, Indonesia. Trans Studio dibangun seluas 12,7 hektare dengan investasi mencapai Rp 1 triliun. Proyek ini diresmikan pada 9 September 2009 pada pukul 09:09:09 oleh Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Fasilitas yang dibangun di antaranya pusat perbelanjaan yang meliputi Trans Walk dan Trans Rodeo Drive, kemudian Trans Studio, Trans Hotel, serta kantor Bank Mega. Gedung Trans Studio dibangun seluas 22.000 m² dengan tinggi 20 meter yang merupakan taman hiburan dalam ruangan terbesar ke-3 di dunia.

Trans Studio World Makassar berada dalam area Trans Studio Resort yang berlokasi di Kawasan Bisnis Global dan Pariwisata Terpadu Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan atau berada di pinggiran pantai sebelah Barat kota Makassar ,berjarak sekitar 5 KM dari Lapangan Karebosi (bagian bawah Lapangan Karebosi ada pusat perbelanjaan) sebagai pusat Kota Makassar.

Nama tempat dan permainan di Trans Studio:

Magic Corner
•Dunia Lain
•Magic Thunder Coaster
•Dragon's Tower
•Putar Petir

Kids Studio
•Ayun Ombak
•Kids Studio
•Karosel
•Angin Beliung
•Kano Kali
•Mini Boom Boom Car
•Balloon House

The Lost City
•Safari Track
•Jelajah
•Si Bolang
•Rimba Express
•Sepeda Terbang

Studio Central
•Bioskop 4D
•Hollywood Bumper Car
•Grand Esia Studio View
•Studio Tour
•Trans City Theater


Spoiler for Trans Studio:


KAMPUNG POPSA

Hanya menempuh perjalan kira-kira 20 menit dari Bandara, untuk sampai di Food Court Kampung Popsa, yang Menghadirkan Pemandangan Pantai nan Indah. Kampung Popsa hadir ditengah masyarakat sebagai satu-satunya food court yang menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Memiliki konsep family dan komunitas. Konsep ini adalah refleksi dari pengunjung yang datang dengan keluarga mereka begitupun juga komunitas Makassar gemar berkumpul ditempat tersebut. Popsa merupakan singkatan dari Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air. Nama tersebut dipilih karena dulunya tempat tersebut adalah daerah khusus komunitas olahraga air yang dipimpin oleh Andi Matalatta dan hobi tersebut menurun ke anak cucunya.

Andi Rahmat Ilhamsyah Matalatta salah satu cucu Andi Matalatta melihat potensi dari wisata pantai dan olahraga air yang dapat dijadikan peluang bisnis menjanjikan. Dengan pemikiran itulah, food court Kampung Popsa ini diharapkan menjadi 'Pujaanku' atau kalau dipanjangkan menjadi Pusat Jajanan Kuliner yang akan menjadi tempat kongkow mengasyikan bagi masyarakat Makassar, atau orang-orang yang berkunjung ke Makassar.

Setelah soft launching 11 April lalu, Kampung Popsa mendapat respon yang sangat baik oleh masyarakat. Terbukti dengan membludaknya jumlah pengunjung yang datang tiap harinya. Rahmat mengaku total jumlah pengunjung mencapai 500 hingga 700 orang. Dan sebagian besar pengunjungnya adalah kalangan menengah keatas (middle up).

Lokasinya memang sangat strategis karena tepat berada di salah satu pusat bisnis Makassar yaitu jl Ujungpandang No.4 (depan Fort Rotterdam). Selain itu, pemandangan pantai yang ditawarkan Kampung Popsa menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

Food court biasanya berada dalam mall, tapi pengelolanya membuat konsep berbeda dengan membuat food court terbuka dengan pemandanan pantai yang membuat pengunjung akan betah berlama-lama. Tidak hanya itu, pelayanannya pun semakin ditingkatkan. Karyawan yang ramah dan hidangan yang lezat menjadi nilai lebih food Court trendy ini.

Kampung Popsa memang bagus sebagai salah satu tempat makan sekaligus pusat wisata bagi Masyarakat lokal ataupun mancanegara. Karena kedepannya akan ditampilkan tarian khas Makassar untuk menjamu pengunjung.

Untuk saat ini, setiap malam sabtu, minggu dan senin selalu ada pertunjukan live music yang dihadiri oleh ratusan anak muda Makassar dengan gayanya masing-masing.Jadi mau menikmati suasana suasana desiran angin laut sore hari. Aneka kuliner khas Makassar dijajakan di tempat ini dengan harga terjangkau.


Spoiler for Kampung Popsa:



JL. NUSANTARA (PUSAT HIBURAN MALAM)

Kalo agan bertanya kenapa “jalan” menjadi tempat wisata? Mungkin saya bisa sebutkan alasan bahwa jalan ini adalah “Pusat Hiburan Malam”. Trus mengapa saya pakai tanda kutip? Temukan saja jawabannya dikota Makassar. emoticon-Big Grin


Spoiler for Jl. Nusantara:






Demikianlah perkenalan Kota Makassar... Gimana? Tertarik berkunjung kesana? Semoga.... emoticon-Big Grin

emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss

Sebelum Keluar Dari Trit Ane, ada baiknya agan-agan sekalian...

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

memberi TS

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


PLUS KOMEN-KOMEN YANG BERKUALITAS


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

makasih buat agan MJ197 +6, metallimanson +5, rhoey86 +2, desmon04, A_bu, sorority, ultimapulsa, , T-ners, anakmedanasli, jeepsy, loverkyo, Tulang_ikan, trianglegalaxy, KingMao, Bastian86, tolong49, eric00, atas emoticon-Blue Guy Cendol (L)

makasih juga buat agan fikrithe.empire, dallas.mavs, n406, 081218161357, Firda96, zoel3993, SupertonZ, reza05, wimoatmoko, arefha, bolangcinloe, mcmoore,ikram12,anaka,luckylugs,rifqiedan, orleans2010, GokiEeLaBieEzZ, cruiser2009, fr4kenstein, Mugiwaraboshi, ozkaskuser, gentolex, mwnsiptx, dyloki, alkindijunior, bolokanebo, setiawanputras atas cendol mentah emoticon-Smilie walopun masih abu, tapi sudah menjadi penghargaan buat saya.. emoticon-Frown

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

TERIMA KASIH

WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)


emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2


Akhirnya Thread ane ini jadi HT emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

Spoiler for HT #1:


Terima Kasih Sebesar-besarnya kepada..
1. Founder Kaskus
2. Mimin, Momod, Co-Admin, dan sebangsanya
3. Leader Kaskus Regional Makassar
4. Para Raters, Komengers, Cendolers, yang telah meninggalkan jejaknya
5. Kekasih ane (padahal dari kemaren dia minta dibikinin id kaskus emoticon-Hammer )
6. Para Pahlawan yang telah mengharumkan Bangsa Indonesia


walopun jadi HT cuman sehari emoticon-Frown tp gpp... smoga bisa menambah wawasan dan pergaulan di antara kaskuser smw.. emoticon-Frown
request 5 emoticon-Hammer



fotonya kekecilan gan emoticon-Big Grin
digedein skalian dong emoticon-Big Grin
pantai losarinya mana gan..[/CENTER][/QUOTE]
SARAN n KOMEN TERBAIK emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By xingyun
Wah thread agan mengingatkan ane akan kunjungan ke makasar 5 tahun yang lalu ketika kakak ane masih dines di sana. Ane share hasil jalan2 ane ya gan emoticon-Traveller

Wisata Alam
1.PANTAI LOSARI
2.PULAU KAYANGAN
3.FORT ROTTERDAM (ini benteng yang seberangnya pelabuhan untuk menuju ke pulau kahyangan klo gak salah ya gan ? emoticon-Big Grin)

Wisata Belanja
1. MTC Karebosi , depannya lapangan karebosi, ane dibeliin beli spiker altec disini utuk kenang2an
2. MALL PANAKKUKANG , tinggal jalan dari rumah dines kakak ane (agak jauh sih)
3. KAWASAN SOUVENIR JL. SOMBA OPU , mampir kesini untuk beli oleh2
4. Mall yang di dalam kota bunga emoticon-flower pa ya, deketnya pantai losari

Wisata Kuliner
1. Nasi kuning
Beli 10 rb udah kenyang banget, porsi besar, lauk banyak dari telor, abon, rendang, paru , mantap ni untuk sarapan.
2. Konro
Baik yang bakar (kayak sate ya bumbunya) maupun yang berkuah (macem rawon). Mantap nian deh
3. Mi kering
Ane lupa namanya ni mi, cuma modelnya mi masih kering terus ada mangkuk berisi kuahnya. Nyantap mienya masih kriuk2.
4. PISANG EPE
Klo gak salah ini deketnya pantai losari, pas sore hari kesana , tempatnya udah penuh. Tempatnya masih alami, model gubug2.
5. PISANG IJO
pisangnya besar2 , mantap

wisata jalan2
- pinjem motor, untuk jalan2 , melewati rumahnya JK trus ke kampus Unhas. Kesan ane akan kota makasar dari segi jalan, jalannya lebar cuma sayang dulu belum banyak penunjuk jalan , jadi agak takut tersesat karena dulu belum model GPS, cuma modal nekat emoticon-Ngacir . Kota Makasar termasuk kota yang lengkap dari segi jalur transportasi, ada terminal , pelabuhan dan bandara (sayang adanya di maros, klo gak salah 30 km dari makasar) emoticon-thumbsup:

Kapan ya bisa kesana lagi emoticon-Wowcantik , penasaran bentuknya Kota Makasar sekarang ama penasaran sama Trans Studionya emoticon-Angkat Beer

* sebenarnya pingin nunggu sampe post ke 88, cuma udah gak sabar ingin berbagi. Jika berkenan , bisa disharing pisang ijonya gan emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By ipput
wah .. banyak objek wisata yg indah ya ..
terutama pulau samalona ..
mdh2an suatu saat ane bisa menjejakkan kaki disana ..
thanks info via vm nya ya gan ..
ane doain mdh2an jd HT deh, biar bnyk kaskuser tau potensi yg ada di makassar ..
dan mdh2an pemerintah dan para pengelola objek2 wisata tsb bisa menjaga objek2 wisata tsb
emoticon-Angkat Beer

kl bisa ditambahin skalian dgn info biayanya gan emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By iakm
wahh bagus bgt yah gan ternyata makasar emoticon-Matabelo
ane rencananya klo udah ada duit mo eksplor bagian tengah ke timur indonesia
barat sampe tengah indonesia udah hampir smua ane pijak
ternyata lengkap juga wisatanya yah
oya skalian aja gan promosiin pke bahasa inggris biar org2 bule tau klo di makasar wisatanya all in one bgt daghh..
perkembangan kotanya jg pesat gan emoticon-2 Jempol
tinggal warga disana ikut turut serta dlm promosi pariwisata sama menjaga lingkungan
ane yakin bbrp tahun lgi makasar bakal jd salah satu tujuan wisata mantepp yg ada di indonesia
keep posting emoticon-SmilieWISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)


Quote:Original Posted By HaibaraKawaii

Tambahan Gan:

Makassar memiliki sistem transportasi umum yang disebut 'pete-pete'. Sebuah pete-pete (dikenal di tempat lain di Indonesia sebagai angkot) adalah sebuah mini-bus yang telah dimodifikasi untuk membawa penumpang. Pete rute Makassar dilambangkan dengan huruf di kaca depan. Makassar terkenal dengan "becak" mereka (becak) yang lebih kecil daripada "becak" di Pulau Jawa. Di Makassar, orang yang mengemudi becak disebut Daeng.


Quote:Original Posted By willyombeng
Aku pernah 2 kali ke Makassar gan,tapi gak sempat jalan soalnya perjalanan yang pertama itu cuma 1 jam,terus yang keduanya cuma 1 jam setengah...

Tapi setidaknya dari 2 kesempatan itu aku mendapat pengalaman yang berkaitan dengan kuliner dan bangunan yang menurut aku keren...

Pengalam pertama itu kira2 waktu tahun 98 gan,waktu itu dalam perjalanan menuju kampung halaman ( Manado ),waktu itu aku naik kapal laut dan pasti mampir ke Makassar,tapi waktunya cuma singkat gan,tapi aku sempat nyicipin kuliner Makassar yang terkenal,dan sampe sekarang jadi makanan favorit aku Coto Makassar

Pengalaman kedua aku,juga dalam rangka pulang kampung ke ( Manado ) gan,sekitar Desember 2008 nah itu aku transit di bandara Sultan Hassanudin,dan menurut aku itu salah satu bangunan yang oke banget gan desain bangunannya

Intinya walaupun cuma sebentar tapi menurut aku Makassar itu kota yang bersahabat dan membuat orang penasaran,pengen sekali2 menghabiskan waktu liburan di Makassar,apalagi setelah ngeliat trit ini,makin bikin penasaran...

Nice Info gan emoticon-2 Jempol


makasih dah berbagi pengalaman ya gan... emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By syukuralfaqir
Wah...ternyata msh banyak yang belum ane rasain di makassar.
Ane baru ke bantimurung, losari sama karebosi.
Trus makan konro, coto, mie titi, sama pallubasa.
Pengen lagi ke makassar jadinya. Emang mantaaapp neh kota. Recommended destination.WISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)


makassihhh... emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By zi09
MAKASIH @ TS .. hot thread makassar jadi banyak orang lebih tau tentang makassar..

ok deh gan.. secara ane orang makasar gitu... satu lagi.. mestinya UNHAS di masukin gan.. ini kampus paling megah di indonesia timur gan... + lapangan golf baru di terusan hertasning yg namanya PADI VALLEY yg investasinya TRILYUNAN (mirip gedung DPR) dan termegah di ASIA.. makasih gan...


Unhas + lapangan golfnya gag ane masukin gan.. quota dah penuh sih.. hhe.. ane juga pernah masuk di unhas loh.. jurusan Farmasi emoticon-Malu


Quote:Original Posted By ravensquad
ane udah sekali ke makassar bareng kakak ane, emang enak di makassar, banyak tempat yang bisa di tuju.
sayang ane dan kakak ane cuma 2 hari disana jadi ngga bisa ke semua tempat yang ada di makassar, cuma ke losari dan trans studio, dan ke mall2nya yang ada disana.

Pokoknya top dah makassaremoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By gr8panda
kebetulan w d makassar belum setengah taon

tiap sabtu w sama tmn w suka jalan2 keliling tapi ke arah2 pantai losari aja....

bertkat thread ini jadi pny referensi buat jj hari sabtu ini dan sabtu2 lainnya...

anyway COTO NUSANTARA Top abizz gan...

w gak suka coto awalnya...d kampung w, w malas banget makan coto...

eh d makassar ternyata cotonya PERFECTO NUMERO UNO DELICIOSO pokok na....

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Kiss


asyikkk skarang bisa kemana-mana dong ganz... emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By ayahmeha
january kemaren ane ke Makasar gan dengan nyetir sendiri,
trus ane bikinin tritnya di domestic,
mungkin agan TS berkenan taroh dipekiwan,
siapa tau ada temen2 yg mau memakai metode saya ut travelling ke Makasar.

ini linknya: [share] perjalanan darat jakarta - makassar

makasih pi emoticon-Big Grin


seep gannn....

Quote:Original Posted By gr8panda
benteng somba opu...pernah tuh sekali w kesana...tanggal 1 januari 2011 (1-1-11) keren yaaaaaaa....

d ajak temen w anak surabaya...tempatnya bagus tapi sayang belum d manfaatkan dengan optimal....malah katanya d situ mau d bikin waterboom ato apa gtu....tapi kata teman w yang org sini, itu kawasan berfungsi sebagai daerah serapan air, jadi klo d bangun tempat rekreasi air tar malah bisa banjir tempat2 lainnya...hmmmm...semoga pemerintah sini tau yang terbaik lah...

cara k sana klo gak salah dari naik pete-pete 05 trus bilang aja mau turun d benteng somba opu..

nanti d turunin deket jembatan...kalo mo masuk k kompleks benteng tinggal naik bentor karena agak jauh (yang suka jalan sih jalan aja)...ongkosnya mungkin kalo muter2 sekitar 10-15rb gan....


emoticon-Malu

w sok tau y???kalo salah tolong d koreksi y gan emoticon-Stick Out Tongue


sebelum pasang Bandara Sultan Hasanuddin, tadinya ane nge-post tentang Benteng Somba Opu gan.. emoticon-Malu tp info yg agan beritahu tuh benar adanya.. emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By icankgorenk
Wah, informasinya komplit..
Mungkin yg perlu ditambah utk tempat menarik adalah Stadion milik PSM Makassar..
emoticon-I Love Indonesia


wew... betul2 lupa ma stadion Mattoanging (skarang malah lupa nama barunya...) emoticon-Shutup

Quote:Original Posted By ciwangbrutal
mantappp gan ijin copy link ke remacz


makasih sudah singgah sesepuh... makasih juga buat supportna... emoticon-Malu

Quote:Original Posted By KasQus
yang terakhir jalan Nusantara ane tau gan emoticon-Big Grin

kl temen2 ane yg disana nama jalannya dirubah sama mereka jadi Jalan Va*ina emoticon-Ngakak

oiya buat TS seharusnya dimasukin juga Pantai Bira (bulukumba) trus sama kapal pinisinya


trit ane khusus kota makassar gan.. bulukumba sudah masuk daerah lain.. tapi nama jalannya itu lho... vulgar banget... emoticon-Genit:


Quote:Original Posted By adhiwhit
ewako makassar !!!


laik this... emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By anaka
sebenarnya masih banyak lagi tuh..
tempat wisata:
- bantimurung > ada air tejun, penangkaran kupu-kupu
- p. barrang ca'di
- p. barang lompo

makanan:
- barongko > kue basah, ada yang pake tombong kelapa atau nangka
- kacang cap ayam

nih ta tambahin foto rotterdam
Spoiler for gambar:


yang laen nyusul..ga bawa hd external emoticon-Big Grin


bantimurung sudah masuk daerah maros kanda... emoticon-Smilie nda' bisami masuk smua yg kita tulis.. karna penuhmi kuota 4 halamanka... emoticon-Frown


makasih komen dan sarannya kk'.... emoticon-Smilie
wah, sayang ane di jogja gan... masih sekolah lagi emoticon-Smilie

------
update komeng :

Mending promosiinnya jangan yang tempat megah megah dong gan... promosiin yang ada citarasa Makassarnya emoticon-Smilie

-------
update lagi, ternyata tadi ane langsung baca page bawah sendiri...

- Pantai losari bagus tuh gan emoticon-Smilie
nice trit gan,, emoticon-2 Jempol
emoticon-Matabelo sungguh indah gan pemandagan kota makassar

apalagi pantai losari nya emoticon-I Love IndonesiaWISATA KOTA MAKASSAR Yuukkkkk (PICT ++)
daridulu pengen ke losari tapi belum sempet emoticon-Malu
keren gan emoticon-thumbsup:
nice trit gan
kapan ane ke makassar ya emoticon-Matabelo
wah makasar ternyata bagus yah kotanya...emoticon-I Love Indonesia
ntar kalau bnyak rejeki ane pengen mampir dikota ente ah..
mampir ke kota2 yang ada di indo..emoticon-Embarrassment
wow emoticon-Matabelo
Jl. Nusantara emoticon-Genit:__________emoticon-Ngacir

Pantai Lae-Lae__________emoticon-Ngacir

Pulau Samalona__________emoticon-Ngacir

ko ane kesana ntar bawa motor ente ane hubungin yah um emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star by me emoticon-Peace
sesuai keinginan agan.. ane rate 5 yoo.. emoticon-Rate 5 Star moga" saja bisa jadi HT


TAMBAHAN dari Kaskuser

Quote:Original Posted By naaila

Tahukah Anda Asal Nama Makassar?
\t \t

Walaupun umurnya sudah 403thn, Kota Makassar masih terbilang muda jika dibandingkan sejarah nama Makassar yang jauh menembus masa lampau. Tapi tahukah Anda muasal dan nilai luhur makna nama Makassar itu?

Tiga hari berturut-turut Baginda Raja Tallo ke-VI Mangkubumi Kerajaan Gowa, I Mallingkaang Daeng Mannyonri KaraEng Katangka yang merangkap Tuma'bicara Butta ri Gowa (lahir tahun 1573), bermimpi melihat cahaya bersinar yang muncul dari Tallo. Cahaya kemilau nan indah itu memancar keseluruh Butta Gowa lalu ke negeri sahabat lainnya.

Bersamaan di malam ketiga itu, yakni malam Jum'at tanggal 9 Jumadil Awal 1014 H atau tanggal 22 September 1605 M. (Darwa rasyid MS., Peristiwa Tahun-tahun Bersejarah Sulawesi Selatan dari Abad ke XIV s/d XIX, hal.36), di bibir pantai Tallo merapat sebuah perahu kecil. Layarnya terbuat dari sorban, berkibar kencang. Nampak sesosok lelaki menambatkan perahunya lalu melakukan gerakan-gerakan aneh. Lelaki itu ternyata melakukan sholat. Cahaya yang terpancar dari tubuh Ielaki itu menjadikan pemandangan yang menggemparkan penduduk Tallo, yang sontak ramai membicarakannya hingga sampai ke telinga Baginda KaraEng Katangka. Di pagi buta itu, Baginda bergegas ke pantai. Tapi tiba-tiba lelaki itu sudah muncul ‘menghadang’ di gerbang istana. Berjubah putih dengan sorban berwarna hijau. Wajahnya teduh. Seluruh tubuhnya memancarkan cahaya.

Lelaki itu menjabat tangan Baginda Raja yang tengah kaku lantaran takjub. Digenggamnya tangan itu lalu menulis kalimat di telapak tangan Baginda "Perlihatkan tulisan ini pada lelaki yang sebentar lagi datang merapat di pantai,” perintah lelaki itu lalu menghilang begitu saja. Baginda terperanjat. la meraba-raba matanya untuk memastikan ia tidak sedang bermimpi. Dilihatnya telapak tangannya tulisan itu ternyata jelas adanya. Baginda KaraEng Katangka lalu bergegas ke pantai. Betul saja, seorang lelaki tampak tengah menambat perahu, dan menyambut kedatangan beliau.

Singkat cerita, Baginda menceritakan pengalamannya tadi dan menunjukkan tulisan di telapak tangannya pada lelaki itu. “Berbahagialah Baginda. Tulisan ini adalah dua kalimat syahadat,” kata lelaki itu. Adapun lelaki yang menuliskannya adalah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassallam sendiri. Baginda Nabi telah menampakkan diri di Negeri Baginda.

Peristiwa ini dipercaya sebagai jejak sejarah asal-usul nama "Makassar", yakni diambil dari nama "Akkasaraki Nabbiya", artinya Nabi menampakkan diri. Adapun lelaki yang mendarat di pantai Tallo itu adalah Abdul Ma'mur Khatib Tunggal yang dikenal sebagai Dato' ri Bandang, berasal dari Kota Tengah (Minangkabau, Sumatera Barat). Baginda Raja Tallo I Mallingkaang Daeng Manyonri KaraEng Katangka setelah memeluk Agama Islam kemudian bergelar Sultan Abdullah Awaluddin Awawul Islam KaraEng Tallo Tumenanga ri Agamana. Beliau adalah Raja pertama yang memeluk agama Islam di dataran Sulawesi Selatan.

Lebih jauh, penyusuran asal nama "Makassar" dapat ditinjau dari beberapa segi, yaitu: 1.\tMakna. Untuk menjadi manusia sempurna perlu "Ampakasaraki", yaitu menjelmakan (menjasmanikan) apa yang terkandung dalam bathin itu diwujudkan dengan perbuatan. "Mangkasarak" mewujudkan dirinya sebagai manusia sempurna dengan ajaran TAO atau TAU (ilmu keyakinan bathin). Bukan seperti yang dipahami sebagian orang bahwa "Mangkasarak" orang kasar yang mudah tersinggung. Sebenarnya orang yang mudah tersinggung itu adalah orang yang halus perasaannya.

2.\tSejarah. Sumber-sumber Portugis pada permulaan abad ke-16 telah mencatat nama "Makassar". Abad ke-16 "Makassar” sudah menjadi ibu kota Kerajaan Gowa. Dan pada Abad itu pula, Makassar sebagai ibu kota sudah dikenal oleh bangsa asing. Bahkan dalam syair ke-14 Nagarakertagama karangan Prapanca (1365) nama Makassar telah tercantum.

3.\tBahasa. Dari segi Etimologi (Daeng Ngewa, 1972:1-2), Makassar berasal dati kata "Mangkasarak" yang terdiri atas dua morfem ikat "mang" dan morfem bebas "kasarak". Morfem ikat "mang" mengandung arti: a). Memiliki sifat seperti yang terkandung dalam kata dasarnya. b). Menjadi atau menjelmakan diri seperti yang dinyatakan oleh kata dasarnya. Morfem bebas "kasarak" mengandung (arti: a). Terang, nyata, jelas, tegas. b). Nampak dari penjelasan. c). Besar (lawan kecil atau halus).

Jadi, kata "Mangkasarak" Mengandung arti memiliki sifat besar (mulia) dan berterus terang (Jujur). Sebagai nama, orang yang memiliki sifat atau karakter "Mangkasarak" berarti orang tersebut besar (mulia), berterus terang (Jujur). Sebagaimana di bibir begitu pula di hati.

John A.F. Schut dalam buku "De Volken van Nederlandsch lndie" jilid I yang beracara : De Makassaren en Boegineezen, menyatakan: "Angkuh bagaikan gunung-gunungnya, megah bagaikan alamnya, yang sungai*sungainya di daerah-daerah nan tinggi mengalir cepat, garang tak tertundukkan, terutama pada musim hujan; air-air terjun tertumpah mendidih, membusa, bergelora, kerap menyala hingga amarah yang tak memandang apa-apa dan siapa-siapa. Tetapi sebagaimana juga sungai, gunung nan garang berakhir tenang semakin ia mendekati pantai. Demikian pulalah orang Bugis dan Makassar, dalam ketenangan dapat menerima apa yang baik dan indah".

Dalam ungkapan "Akkana Mangkasarak", maksudnya berkata terus terang, meski pahit, dengan penuh keberanian dan rasa tanggung jawab. Dengan kata "Mangkasarak" ini dapatlah dikenal bahwa kalau dia diperlakukan baik, ia lebih baik. Kalau diperlakukan dengan halus, dia lebih halus, dan kalau dia dihormati, maka dia akan lebih hormat


Quote:Original Posted By han7vii
nice trit agang...
tambahkan lagi kalo bisa emoticon-Malu....
--------------------------
Benteng Sumba Opu
--------------------------
Benteng Somba Opu dibangun oleh Raja Gowa ke IX Daeng Matanre tumaparisi Kallonna pada abad ke XVI (1550 1650), yang merupakan Kerajaan Gowa dan salah satu kota Bandar terbesar di Asian Tenggara pada masanya. Benteng Somba Opu merupakan peninggalan sejarah kerajaan perkasa masa lalu di Sulawesi Selatan, sekarang kawasan ini dijadikan pusat budaya miniature Sulawesi Selatan dan telah dibangun berbagai rumah adat tradisinal dari semua suku/etnis yang ada disana (Sulsel). Dimana semua rumah dapat menggambarkan budanya masing-masing.

Spoiler for Benteng Somba Opu:



Lokasi Obyek
Benteng Somba Opu terletak di Jl Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar enam kilometer sebelah selatan pusat Kota Makassar.
Lokasi on Map : http://wikimapia.org/13576804/Kawasa...teng-Somba-Opu

Akses ke Lokasi
Benteng Somba Opu dapat diakses dari pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi) dengan angkutan kota (petepete) atau taksi. Jika menggunakan angkutan kota, dari Lapangan Karebosi menumpang angkutan kota jurusan Cenderawasih. Dari Cenderawasih berganti angkutan menuju Benteng Somba Opu.

Tarif Masuk
Untuk perawatan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengenakan tarif sebesar Rp 2.000 per orang. Tersedia pula guide yang besar tarifnya ditentukan berdasarkan kesepakatan.
coto makassar dan pisang ijo , itu mungkin kesan ane sehabis pulang dari makassar emoticon-Embarrassment
pas kemakassar kemaren sudah merasakan konro bakar emoticon-Genit:
dan pantainya emoticon-thumbsup:
calon HT lagi nih emoticon-Big Grin
belom pernah ke makassar ane emoticon-Hammer