alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007587380/konsultasi-seputar-kehamilan-dan-kandungan
GENK OBGYN MENJAWAB "konsultasi seputar kehamilan dan kandungan"
berhubung di genk obgyn kami banyak yg suka ngaskus..jd kami berniat membantu dengan buat trit ini..kali aja dpt memberikan second opinion buat agan-agan yg pengen tahu banyak tentang kehamilan istri agan dan penyakit seputar kandungan..insyaAllah kalo kita sanggup menjawab akan kita jawab ...ini bukan jwaban pasti gan..tp paling gak bisa memberikan pencerahan seputar problematika kehamilan dan kandungan ..mudah2an yg kami buat ini bisa dpat pahala gan..biar bisa masuk surga...hahaha...
Genk obgyn ini terdiri dari para dokter residen obgyn (dokter yang menjalani pendidikan spesialis obgyn) yang hobi ngaskus...biasa buat refreshing gan..skalian nyari barang murah...

anggota genk obgyn (ID kaskus):
  1. arisbudi (AS)
  2. rahmadrizal (RR)
  3. rav405 (ZE)
  4. drNyol (YL)




Buat para agan kaskuser berkenan sekiranya untuk emoticon-Rate 5 Star
g nolak klo ada emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
tapi jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
thanks, semoga bermanfaat
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

Ikut bantu gan...

Pertamaaxxx...
mo tny,, normalnya dr waktu berhub bdn sampe waktu kehamilan tu brp lama dok?

trus rumus masa subur tu gmana?
kalo emang berhubungannya pas masa ovulasi (subur)..ya bs langsung jadi kehamilan gan pada bulan/siklus itu juga...
masa subur dihitung berdasarkan siklus menstruasi, kalo siklus menstruasinya teratur tiap bulan ngitungnya gampang, yg susah kalo siklus menstruasinya gak teratur.umumnya hari ke 14 dari menstruasi dihitung sebagai masa subur.dan berlangsung selama 3 hari...semoga membantu
Juragan aris gw ngikut absen... (ZE)
Quote:Original Posted By rav405
Juragan aris gw ngikut absen... (ZE)


affirmative
Gan mohon diulas tentang pap smear :
  • Kapan kita harus mulai papsmear
  • Kapan harus mengulang papsmear
  • Apa persiapan jika kita akan melakukan test papsmear
  • Bagaimana prosedur pap smear
  • Apa komplikasi papsmear
  • Berapa perkiraan biayanya
  • Dimana saja kita bisa melakukan pap smear


Thanks gan.

(UNDIP punya ni kayanya emoticon-I Love Indonesia)
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post392321092

Ada temen bokap kena mium gan : Ane shock dengernya

Berbahayakah tuh ? Denger2 besarnya 2cm nah supaya gak semakin besar gimana ya? ada thread yg bahas khusus tentang itu ? mengobatinya gimana ya ?


Thanks Tiap hari ane bagi cendol bwt yg bantu ane,kasian nih dia rg baek ma gw :nangis:
Quote:Original Posted By namrud
Gan mohon diulas tentang pap smear :
  • Kapan kita harus mulai papsmear
  • Kapan harus mengulang papsmear
  • Apa persiapan jika kita akan melakukan test papsmear
  • Bagaimana prosedur pap smear
  • Apa komplikasi papsmear
  • Berapa perkiraan biayanya
  • Dimana saja kita bisa melakukan pap smear


Thanks gan.

(UNDIP punya ni kayanya emoticon-I Love Indonesia)


Siapa & kapan perlu melakukan pemeriksaan Sitologi/Pap Smear

  1. Wanita berusia kurang dari 21 tahun :
    Skrining dilakukan 3 tahun setelah hubungan seksual pertama, bila hasilnya normal dilakukan setahun sekali
  2. Wanita berusia 21 – 30 tahun :
    Skrining dilakukan setiap tahun atau sesuai saran dokter bila hasil abnormal
  3. Wanita berusia > 30 tahun :
    Pemeriksaan dilakukan setiap tahun, dianjurkan tambahan pemeriksaan HPV-DNA karena meningkatnya risiko infeksi HPV persiste
n

Sensitivitas Pap Smear
Moderate : 51-88%
Spesivitas Pap Smear
Tinggi : 95-98%

komplikasi pemeriksaan hampir tdk ada gan
soal harga, kalo gak salah sekitar 120 ribu
dimana saja bisa, terutama instansi kesehatan yang mempunyai fasilitas pemeriksaan histopatologi (ada dokter sp.PA),
sebenernya ada yg lebih mudah lagi gan untuk skrining ca cerviks..pake tas IVA, praktis, mudah, dan cepat, serta bisa dilaksanakan di Puskesmas
semoga membantu ya gan...
Quote:Original Posted By ceweqsakti
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post392321092

Ada temen bokap kena mium gan : Ane shock dengernya

Berbahayakah tuh ? Denger2 besarnya 2cm nah supaya gak semakin besar gimana ya? ada thread yg bahas khusus tentang itu ? mengobatinya gimana ya ?


Thanks Tiap hari ane bagi cendol bwt yg bantu ane,kasian nih dia rg baek ma gw :nangis:


Mioma /leiomioma
merupakan tumor jinak rahim (uterus) menyerang bagian otot polos dari rahim..
ada 3 macam gan..
  1. Submukosum
  2. Intramural
  3. subserosum



Pengelolaan
  1. Terapi modulasi hormonal

GnRH
SERMs (selective estrogen receptor modulator)
  1. Terapi bedah

Miomektomi (diambil miom nya aja)
Histerektomi (diambil miom bersama semua rahimnya)

pengobatan2 itu tergantung pada umur, lokasi miom, keinginan untuk hamil,gejala dan ukuran dari miom itu.
semoga membantu gan
Quote:Original Posted By arisbudi
Siapa & kapan perlu melakukan pemeriksaan Sitologi/Pap Smear

  1. Wanita berusia kurang dari 21 tahun :
    Skrining dilakukan 3 tahun setelah hubungan seksual pertama, bila hasilnya normal dilakukan setahun sekali
  2. Wanita berusia 21 – 30 tahun :
    Skrining dilakukan setiap tahun atau sesuai saran dokter bila hasil abnormal
  3. Wanita berusia > 30 tahun :
    Pemeriksaan dilakukan setiap tahun, dianjurkan tambahan pemeriksaan HPV-DNA karena meningkatnya risiko infeksi HPV persiste
n

Sensitivitas Pap Smear
Moderate : 51-88%
Spesivitas Pap Smear
Tinggi : 95-98%

komplikasi pemeriksaan hampir tdk ada gan
soal harga, kalo gak salah sekitar 120 ribu
dimana saja bisa, terutama instansi kesehatan yang mempunyai fasilitas pemeriksaan histopatologi (ada dokter sp.PA),
sebenernya ada yg lebih mudah lagi gan untuk skrining ca cerviks..pake tas IVA, praktis, mudah, dan cepat, serta bisa dilaksanakan di Puskesmas
semoga membantu ya gan...


persiapan pemeriksaanya gan, perlu absen coitus kah? dan hari pemeriksaan apa harus 14 hari setelah menstruasi hari pertama?
kalau terpasang spiral perlu dilepas dulu atau bisa langsung dicek? mempengaruhi spesifitasnya ga?
TS..tau gak cara merencanakan jenis kelamin calon bayi kelak?
Quote:Original Posted By eksuka
TS..tau gak cara merencanakan jenis kelamin calon bayi kelak?


secara pasti emang gak ada gan..
karena yg pasti2 cm punya tuhan aja..
kalo yg ilmiah biasa kita menggunakan teori asam-basa lendir va**na..
karena umumnya cairan/lendir va**na dalam kondisi asam..sedangkan kromosom Y (yang memegang gen laki-laki) tidak tahan pada kondisi asam, sehingga umumnya kromosom Y..tewas di fase awal pertempuran, jd yang sampe ke sel telur wanita kebanyakan kromosom X, sehingga kebanyakan yg jadi bayi peremnpuan ...ini menjelaskan kenapa banyak sex perempuan di banding laki-laki..

gmana kalo pengen laki-laki?
prinsip utamanya dalah membuat cairan/lendir va**na menjadi tidak asam..

bagaimana caranya..??
dengan cara saat hub seksual, usahakan perempuan mencapai orgasme..karena dengan begitu lendir/ cairan va**na menjadi tdk begitu asam..so..foreplay yang lama..usahakan kepuasan seksual di capai bersama...semoga membantu ya gan..
Quote:Original Posted By namrud
persiapan pemeriksaanya gan, perlu absen coitus kah? dan hari pemeriksaan apa harus 14 hari setelah menstruasi hari pertama?
kalau terpasang spiral perlu dilepas dulu atau bisa langsung dicek? mempengaruhi spesifitasnya ga?


absen coitus perlu..biar hasil pemeriksaan gak bias..
kalo ada spiral gak perlu di lepas..
kapan aja asal sudah bebas haid bisa dilakukan pap smear..

Bantu jawab gan :

Quote:Original Posted By arisbudi
secara pasti emang gak ada gan..
karena yg pasti2 cm punya tuhan aja..
kalo yg ilmiah biasa kita menggunakan teori asam-basa lendir va**na..
karena umumnya cairan/lendir va**na dalam kondisi asam..sedangkan kromosom Y (yang memegang gen laki-laki) tidak tahan pada kondisi asam, sehingga umumnya kromosom Y..tewas di fase awal pertempuran, jd yang sampe ke sel telur wanita kebanyakan kromosom X, sehingga kebanyakan yg jadi bayi peremnpuan ...ini menjelaskan kenapa banyak sex perempuan di banding laki-laki..

gmana kalo pengen laki-laki?
prinsip utamanya dalah membuat cairan/lendir va**na menjadi tidak asam..

bagaimana caranya..??
dengan cara saat hub seksual, usahakan perempuan mencapai orgasme..karena dengan begitu lendir/ cairan va**na menjadi tdk begitu asam..so..foreplay yang lama..usahakan kepuasan seksual di capai bersama...semoga membantu ya gan..


Ikut bantu sedikit gan baagaimana agar Anda memiliki anak laki-laki. Caranya mudah, meskipun tentu saja tidak memberikan jaminan 100%. Berikut adalah kiatnya:

Lakukan hubungan seks dengan pasangan Anda 24 jam sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) dan maksimum 12 jam setelahnya. Jangan lakukan di luar periode itu.

Mengapa demikian?

Sperma berisi gen laki-laki (sperma Y) berenang lebih gesit daripada sperma berisi gen perempuan (sperma X), karena sperma Y membawa materi gen yang lebih sedikit. Bila keduanya “diadu” maka sperma Y akan mencapai sel telur lebih cepat. Namun, usia sperma Y hanya tiga hari, sedangkan sperma X lima hari. Usia sel telur hanya 12-24 jam. Bila hubungan dilakukan lebih dari 2 hari sebelum ovulasi, kemungkinan yang masih hidup di rahim tinggal sperma X. Bila hubungan dilakukan 12 jam setelah ovulasi, makan kemungkinan sel telur sudah mati.

Kiatnya memang mudah, namun tidak semudah itu dalam pelaksanaannya karena kesulitan untuk menentukan tanggal ovulasi.

Bagaimana menentukan saat ovulasi?

Bila Anda memiliki siklus menstruasi teratur, waktunya lebih mudah ditentukan. Masa subur Anda kurang lebih 14 hari setelah hari pertama menstruasi, dengan siklus haid Anda 28 hari. Pada masa subur tersebut akan terdapat satu hari di mana sel telur dilepaskan dari indung telurnya (ovulasi). (Silakan menggunakan kalkulator prediksi masa ovulasi untuk memudahkan Anda menghitungnya). Untuk memastikan apakah ovulasi sedang terjadi, berikut adalah tanda-tandanya:

1. Sebelum ovulasi, ada cairan mulut rahim (servical mucus) yang elastis dan bening seperti putih telur.
2. Pada saat ovulasi, temperatur badan Anda saat bangun pagi (basal body temperature) meningkat. Hal ini karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengiringi pelepasan telur.
3. Sakit perut. Satu dari lima wanita mengalami sakit di perut pada bagian bawah perut sebelah kanan pada saat ovulasi. Tingkat rasa sakitnya bervariasi dari hanya ringan sampai seperti ditusuk-tusuk dan berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam.

Cara yang paling akurat untuk mengetahui ovulasi adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi, yang menganalisis sampel urin guna mendeteksi adanya kenaikan hormon lutein yang khas pada saat ovulasi.

Makanan yang meningkatkan peluang Anda mendapat bayi laki2

Agar mendukung aktivitas sperma Y, calon ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi natrium dan potasium serta mengurangi kalsium dan magnesium. Makanan tinggi natrium akan menciptakan lingkungan basa yang cocok bagi sperma Y. Makanan bernatrium dan potasium tinggi antara lain kedelai, pisang dan tomat. Makanan kaya kalsium dan magnesium yang perlu dihindari antara lain brokoli, bayam, dan kerang-kerangan.

mudah2an bermanfaat aminn...
Quote:Original Posted By rahmadrizal
Ikut bantu sedikit gan baagaimana agar Anda memiliki anak laki-laki. Caranya mudah, meskipun tentu saja tidak memberikan jaminan 100%. Berikut adalah kiatnya:

Lakukan hubungan seks dengan pasangan Anda 24 jam sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) dan maksimum 12 jam setelahnya. Jangan lakukan di luar periode itu.

Mengapa demikian?

Sperma berisi gen laki-laki (sperma Y) berenang lebih gesit daripada sperma berisi gen perempuan (sperma X), karena sperma Y membawa materi gen yang lebih sedikit. Bila keduanya “diadu” maka sperma Y akan mencapai sel telur lebih cepat. Namun, usia sperma Y hanya tiga hari, sedangkan sperma X lima hari. Usia sel telur hanya 12-24 jam. Bila hubungan dilakukan lebih dari 2 hari sebelum ovulasi, kemungkinan yang masih hidup di rahim tinggal sperma X. Bila hubungan dilakukan 12 jam setelah ovulasi, makan kemungkinan sel telur sudah mati.

Kiatnya memang mudah, namun tidak semudah itu dalam pelaksanaannya karena kesulitan untuk menentukan tanggal ovulasi.

Bagaimana menentukan saat ovulasi?

Bila Anda memiliki siklus menstruasi teratur, waktunya lebih mudah ditentukan. Masa subur Anda kurang lebih 14 hari setelah hari pertama menstruasi, dengan siklus haid Anda 28 hari. Pada masa subur tersebut akan terdapat satu hari di mana sel telur dilepaskan dari indung telurnya (ovulasi). (Silakan menggunakan kalkulator prediksi masa ovulasi untuk memudahkan Anda menghitungnya). Untuk memastikan apakah ovulasi sedang terjadi, berikut adalah tanda-tandanya:

1. Sebelum ovulasi, ada cairan mulut rahim (servical mucus) yang elastis dan bening seperti putih telur.
2. Pada saat ovulasi, temperatur badan Anda saat bangun pagi (basal body temperature) meningkat. Hal ini karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengiringi pelepasan telur.
3. Sakit perut. Satu dari lima wanita mengalami sakit di perut pada bagian bawah perut sebelah kanan pada saat ovulasi. Tingkat rasa sakitnya bervariasi dari hanya ringan sampai seperti ditusuk-tusuk dan berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam.

Cara yang paling akurat untuk mengetahui ovulasi adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi, yang menganalisis sampel urin guna mendeteksi adanya kenaikan hormon lutein yang khas pada saat ovulasi.

Makanan yang meningkatkan peluang Anda mendapat bayi laki2

Agar mendukung aktivitas sperma Y, calon ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi natrium dan potasium serta mengurangi kalsium dan magnesium. Makanan tinggi natrium akan menciptakan lingkungan basa yang cocok bagi sperma Y. Makanan bernatrium dan potasium tinggi antara lain kedelai, pisang dan tomat. Makanan kaya kalsium dan magnesium yang perlu dihindari antara lain brokoli, bayam, dan kerang-kerangan.

mudah2an bermanfaat aminn...


thanks agan Rahmad Rizal....
sukses lapaknya ya gan...heheemoticon-Toastemoticon-Toast

mohon bantuannya gan

kalo waktu hamil sekitar 5 mingguan keluar flek, berbahaya gak
Quote:Original Posted By rizaljumpbee
kalo waktu hamil sekitar 5 mingguan keluar flek, berbahaya gak

Yg perlu di pastikan adala& perdrahan itu berasal dari mana
Kalo dari mAna..bs juga dari jalan lahir,akibat trauma dsb
Umumnya perdrahan dgn khamilan krg dr 20 mgg mngkin suatu proses abortus imminen..dn itu berbahaya bagi ibu hamil,krn mrupakan ancaman terjadinya keguguran.

Mohon Pencerahan

Saya wanita 34th, menikah sekitar 2 tahun yang lalu. karena alasan karier kami sepakat memilih IUD sebagai alat kontrasepsi, kami pasang di sebuah rumah sakit di Jogja waktu itu. Dokter menyatakan tidak ada efek samping yg perlu diwaspadai dg IUD meskipun saya belum pernah hamil sebelumnya. Setelah memakai IUD menstruasi saya agak terganggu beberapa bulan dg keluar darah mens yg lebih banyak dan kram di perut. Tetapi setelah itu normal seperti sebelum memakai IUD, tidak ada keputihan dan setiap bulan selalu maju 2-3 hari. Saat ini kami melepas IUD karena ingin punya momongan, akan tetapi saya sedikit was was, karena sebelumnya saya membaca kalau IUD dpt membuat rahim infeksi. Mohon pencerahan...nuwun.
Bantu jwb deh buat bos aris..
@sis rnaminda pemilihan kontrasepsi iud ( intrauterine device) ato biasa kita sebut spiral sudah tepat untuk sis dengan tujuan untuk menunda kehamilan, setiap kontrasepsi memiliki kekurangan dan kelebihan, untuk IUD memiliki kelebihan antara lain non hormonal, tidak bikin gemuk, tidak mengganggu laktasi bagi ibu menyusui, bisa digunakan sampai dengan 10th, tidak perlu mengingat-ingat seperti pil maupun suntik di sisi lain memiliki kekurangan antara lain utk pemasangan dan pelepasan oleh tenaga ahli, biasanya 3 bulan pertama haid lebih banyak, kontraindikasi pada penderita radang panggul, kadang2 terasa nyeri pada perut bawah... Utk menekan efek samping tersebut biasanya dilakukan evaluasi setiap 3 bln sekali.. Untuk infeksi biasanya gejala awalnya keputihan berlebih dan gatal, kadang2 nyeri perut bagian bwh klo g ada tanda2 tsb g usah khawatir sis.. Gitu sis semoga membantu..