alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Freshwater Fish /
World of Gar Fish
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007486770/world-of-gar-fish

World of Gar Fish

Thread Khusus gar


World of Gar Fish
World of Gar FishWorld of Gar Fish

Quote:


Quote:



Rules
1.No junker
2.Semua masalah di diskusikan bersama
3.no SARA
4.Disarankan menggunakan spoiler untuk mencegah BWK



Gar merupakan ikan predator yang soliter(teritorial),ikan ini sangat rakus menurut pengalaman TS,menurut TS sendiri ikan ini sangatlah agresif karena spatulla TS pada ukuran 14cm uda bisa telen kodok 3 biji.
Ikan ini merupakan ikan yg relatif pasif,
Jika kalian ingin melihat gar anda dengan pertumbuhan yang gila ,saya sarankan agan buat pelihara spatulla.kalo tempat terbatas pelihara spotted aja.dan yg paling unik dan mahal adalah longnose gar.perbedaannya moncong longnose panjang dan tipis beda dari gar lainnya.harga spotted gar paling murah.
Jenis-jenis gar
Longnose gar:Lepisosteus osseus
- shortnose gar:Lepisosteus platostomus
- Spotted gar:Lepisosteus oculatus
- Florida gar:Lepisosteus platyrhincus
- Alligator gar:Atractosteus spatula
- Tropical gar:Atractosteus tropicus
- Cuban gar:Atractosteus tristoechus
- Shortnose gar + Alligator gar
- Longnose gar + Alligator gar
- Florida gar + Alligator gar
- Gold gar

Deskripsi singkat


Spotted Gar

info singkat buat yg mau miara spotted :
-jadikan anakan lele sebagai pakan utama.karena terbukti lebih cepat membuat ikan besar.
-jangan terlalu sering memberikan ikan mas sebagai pakan,karena ada zat didalam ikan mas yg bisa menghambat pertumbuhan ikan ( ts sendiri ngasi makan ikan mas cuma dua minggu sekali)
-makanan yg baik juga variatif,
-selain lele sebagai pakan utama,bisa diselingi ikan mas,ikan cere/impun,kodok,cacing tanah,ulat german,ulat hongkong,udang.
kekurangan ikan selain ikan lele :
1.cere/impun : biasa'y di ambil dari selokan2 yg mungkin membawa penyakit,kalo cere sungai AMAN.
2.Ikan mas dah dijelaskan diatas.
3.kodok,juga membawa berbagai penyakit,cuma cocok sbg pakan selingan aja bwat spotted.
4.udang punya kandungan gizi yg bagus terutama dikulit'y,hanya kepala udang sangat tajam dan bisa melukai ikan,kecuali uk ikan'y sudah sekitar 30 cm.

kenapa ada gabungan pakan dari ikan,cacing,udang sampai serangga.
karena dialam liar dia tidak makan satu jenis makhluk aja.
catatan: di alam liar semua jenis gar sangat menyukai sebangsa cat fish ( lele)
sumber : pengalaman ts,tukang ikan ,ma predator fish keeper lain'y.

by agan m.hiko

FAMILY: Lepisosteidae
TYPE: Miscellanious
MAX SIZE: 48" (approx. 120cm)
ORIGIN: North America
DIET: Carnivore
CHARACTER: Aggressive

denger2 jago lompat ni ikan gan

Spoiler for Spotted Gar1:

Spoiler for Spotted Gar2:

Spoiler for Spotted Gar3:


ini longnose gar,
Spoiler for longnose:


Alligator Spatulla

FAMILY: Lepisosteidae
TYPE: Miscellanious
MAX SIZE: 120" (approx. 300cm)
ORIGIN: North America
DIET: Carnivore
CHARACTER: Aggressive

spatula ts lagi hajar kapiat 21cm
Spoiler for spatula gelo:

spatulla agan diore
Spoiler for Spatulla:

neh yg platinum
Spoiler for Spatulla platinum:



tolong jangan anggap ts tau segala'y,semua pertanyaan dibahas bersama,silahkan bantu jawab buat semua pertanyaan dengan catatan jangan ngasal.
paling mantap

Gold Gar
World of Gar Fish
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 501
Quote:


sorry bro cuman saling memberitau dalam kebaikan,hehe.
kek'y itu bukan spatula bro...
pict'y ganti ini kalo boleh.
Spoiler for gator gar/spatula:


nambahin pict cuban gar,itu juga cuban gar tapi warna'y terlalu mirip spatula jadi biar yg lain pada tau,biasa'y cuban gar terlihat sedikit keemasan kalo tongkrongan sih mirip bgt ma spatula.
Spoiler for cuban gar:
[/QUOTE]



http://en.wikipedia.org/wiki/Alligator_gar
http://www.fishbase.org/summary/spec...ry.php?id=1073
http://theaquariumwiki.com/Atractosteus_spatula
Perawatan

untuk perawatan ni ikan sangat mudah,asal dikasi makan tiap hari pasti cepet bgt gedenya.dan ini ikan sangat sangat kuat.ini ikan bisa ngambil O2 dari udara langsung jadi kalau kadar oksigen kurang ,seperti pas mati lampu ikan ini tak akan terpengaruh.tetap macho gan.

Suhu yang di kehendaki oleh ikan ini berkisa 20-25 derajat cecius,untuk memeliharanya di aquarium diperlukan berbagai jenis pasir dan bebatuan karena itu adalah habitat alaminya dan membuat ikan ini tidak gampang stres.Dan jika ingin di satukan dengan ikan lainnya sebaiknya ukurannya seimbang karena ikan ini tidak akan segan-segan untuk menyerang ikan lainnya.Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Karena ikan ini adalah ikan karnivora jadi ikan ini dapat di beri pakan berupa pakan-pakan hidup seperti ikan2 kecil,udang,dan beberapa serangga.Yang sangat di rekomondasikan adalah anakan ikan lele daripada pakan dan ikan kecil laiinya.Tapi,tetaplah memberikan pakan yang bervariasi agar ikan anda tidak bosan dengan makanan yang anda berikan.[lele serem patilnya].

Recommend from TS : kasi kodok kalo mw cepet gede
Breeding
Quote:

Quote:

Perkembangbiakan ikan ini dapat di lakukan di aquarium dan kolam dengan suhu berkisar 25 derajat celius hingga 28 derajat celcius,dengan menggabungkan 2 jantan dan 1 betina.Setelah terjadi pembuahan maka telur akan bersebaran di permukaan air dan akan tenggelam ke dasar air.Ikan ini dapat bertelur hingga 1100 butir.Jika anda binggung cara membedakan jantan dan betina beginilah caranya:
Betina:Ukuran tubuh lebih besar,sirip anal rata
Jantan:Ukuran tubuh lebih kecil,sirip anal tampak berjumbai
Jika Burayak sudah mulai bermunculan beri makan mereka dengan kutu air dan artemia dan sampai ikan-ikan kecil sesuai dengan besarnya mulut burayak anda.
yg betina jarang ane lihat .
Penghuni trit
1.Kakekgaul
Foto Gar ku:
Spoiler for kakekgaul:

2.m.hiko
Spoiler for spotted:


Spoiler for gator:


Spoiler for sahabatan:


3.aris1406
4.eeqkaka
5.stereofrodo
Spoiler for aquarium:

Spoiler for gar:

Spoiler for spotted:

6.pradhanaputera
Spoiler for spotted gar1:

Spoiler for spotted gar:

7.dickz09
8.Afprilrio
9.Hanscip
10.BeATlover
11.brokenhz
Spoiler for video gar:

12.Alias Angga
13.stormraider
Spoiler for cuban and florida:

14.diore
15.P3cu5
Spoiler for alligator gar:


Spoiler for spotted gar:


16.R3aders
Spoiler for alligator gar:

Spoiler for spotted gar:

17.xrvel
Spoiler for alligator gar:

18.TheCurse

Spoiler for nih lagi di kolam:

Spoiler for wah dah 50 centi dia :

Spoiler for hehehehe:

19.dimasapp
Spoiler for florida:

segitu dlu ntr update lg
Cara membedakan Spotted and Florida gar
Quote:
Quote:


atractosteus spatula ntu nama latin dari alligator gar boz....emoticon-Shakehand2
sekedar info catutan:

ATRACTOSTEUS SPATULA a.k.a ALLIGATOR GAR
Atractosteus spatula atau alligator garr sering disebut spatula ataupun ikan alligator diindonesia,adalah monster yang sesungguhnya ikan primitif ini berkepala mirip buaya dan cara makanya juga menyerupai buaya apa saja yang mengandung daging pasti dilahap habis.Spatula adalah jenis gar terbesar perbedaan mencolok terdapat pada moncong yang pendek,kokoh,besar dan rahang atasnya memiliki baris gigi besar ganda warna tubuh gar asli hitam tapi dipasaran juga ditemukan kecoklatan (mungkin hasil silang),perbedaan lain yaitu pada nafsu makan ikan yang sepertinya tidak pernah kenyang dan pertumbuhanya yang bisa dibilang sangat cepat.

Rekor dunia mancing ikan dari amerika utara ini adalah 127 kg(yang ditangkap dengan teknik mancing),sedangkan dengan teknik bowfishing adalah 166 kg.Menurut sumber ikan ini bisa bertahan di darat sekitar 2 jam.

Dipasaran jakarta ikan ini untuk ukuran +-30 cm biasa dijual dengan harga 100-150 ribu,sebenarnya spatula adalah jenis ikan larangan karena tidak boleh dilepaskan disungai indonesia,ditakutkan akan mengganggu kestabilan ekosistem alami sungai/danau di sini.Tapi pernah juga dimedia terdengar kabar ada masyarakat yang menangkap/menemukan ikan ini di alam liar,bahkan ada juga yang mengeramatkan ikan ini (karena menganggap ikan jadi-jadian) itu sebenarnya karena ketidaktahuan mereka saja.

Penyebaran alami ikan ini ditemukan di Mississippi River Valley dan Pantai Teluk negara bagian Amerika Serikat dan Meksiko tenggara sampai selatan

Jika anda mau memelihara ikan ini pastikan siap untuk membeli makanya kalo ukuranya sudah diatas 1meter pasti makanya lebih mahal dari harga ikanya dan pastikan juga tempat untuk memelihara butuh kolam/paludarium yag besar,pastikan juga tempatnya terlindung dari anak kecil.

Ikan ini berenang di zona atas dan setiap beberapa menit mengambil nafas dari udara

World of Gar Fish

http://s1007.photobucket.com/albums/...yYUZoRjdHV.jpg

World of Gar Fish
Quote:


maap gan ane masih nubie ma ikan jenis ini..baru miara siii hehe emoticon-Malu (S)
terus yg ane piara jenis apa yaa?? yg disebutin agan diatas keknya ane punya, moncongnya pendek & tebel tp warnanya hitam ada coklat2nya gitu n ada totol2nya..yg satu aligator biasa deh keknya, moncongnya lebih panjang n pipih gitu...kesimpulannya ane piara spatula bukan ya gan emoticon-Bingung (S)
Quote:


kebanyakan sih yg beredar di toko ikan hias indonesia tuh spatula a.k.a alligator gar sama spotted gar a.k.a Lepisosteus oculatus, ada jg yg jual gar impor kaya longnose gar yg besarnya hmpir mirip dengan spatula..jd punya bro dickz kayanya alligator gar & spotted gar..emoticon-Peace
ane jg newbie klw masalah ikan mah..mungkin salah ya?emoticon-Nohope
gimana nih senior & master gar?emoticon-Embarrassment
btw TS kemana nih?emoticon-Bingung (S)

(ask)

gan sipatula tu ada berapa variasi ya bener g klo sipatula tu ada jenis jenisnya juga ????
trus katanya yang platinum itu harganya selangit y gan????
ane punya yang totol totol gan emoticon-Malu
pengen nambah koleksi gan emoticon-I Love Kaskus
Quote:


tapi punya ane mirip ma gambar agan diatas tuhh...itu spatula yaa?? coz kata penjualnya itu spatula jadi ane beli deeh emoticon-Bingung (S)
Quote:


yupz.itu atractosteus spatula alias alligator gar..
ciri yg paling kentara,badan cenderung gelap/hitam,moncong pendek & lebar,dan klw memungkinkan liat gigi atasnya ada 2 baris,itu pasti spatula..
gw males piara spotted gar,pengalaman nih..gw piara spotted gar hampir 4 taun gedenya cuma 35cm doang..mana mw dijual cm ditawar 50rb doang..
cb gw pelihara spatula sampe 4 taon?iya kan?
skrng lg ngidam longnose buat koleksi..emoticon-Request
Quote:


wah klw ada spatula platinum dirumah ane gw kasih substrate-nya berlian deh.emoticon-Genit:
spatula ntu aslinya cma 1 species, klw ada yg lain itu kemungkinan cross breed dengan species dr gars yg lain..contoh dgn longnose
Quote:


berarti yang ane liat bukan spatula ya gan tapi aligator soalnya ane liat warnanya paltinum gan 3,5k emoticon-Takutemoticon-Takut bener g y???
itu baru aligator gan gimana yang spatula emoticon-Matabelo
Quote:


yg ente liat sih kayaknya bkn spatula platinum tp spoted gar yg setengah leucistic(kekurangan pigmen hitam)jd totolnya ga ada,alias agak keperak-perakan gitu..emoticon-Peace
Quote:


Waaaah agan emg bener2 pakarnya spatuia niih emoticon-Big Grin
kayaknya emg bener deh yg ane piara itu spatula, persis kek ciri2 yg agan sebutin..kalo spotted ane sih dari miara ukuran 10cm sekitar 3 minggu yg lalu sekarang dah gede sekitar 25cm hehee...
4 taon spatulanya segede apa ya gan emoticon-Takut (S)
Kalo longnose mahal gak gan???pengin piara jg neh keknya hehe emoticon-Belo
Quote:


ah ente..gw jg nubie masalah peraligatoran mah...emoticon-Embarrassment
emang sih dr uk kecil,pertumbuhan gar ntu cepet bgt,tp klw spotted menyentuh 30-40cm jd lama bgt gedenya..
klw spatula biasanya cepet ampe panjang 80cm,setelah ntu...sabaaarrr..
bayangin aja umur spatula ada yg bilang sampe 1 abad,klw pertumbuhannya konstan,umur 80 taon udah segede bus antar kota...ya kan?
longnose skr lg bnyk di bandung,uk 50cm harga variatif dr 500-750rb..
Quote:


platinum gila gan,7cm harganya 3.5juta emoticon-Big Grin

ulligator keren spatullanya emoticon-Big Grin
kasi makan alligator yg efektif brp hari sekali dan brp banyak gan??hehe.spatulla nya ukuran 60cm
wah ada trit spatula.. ane cm miara yg biasa doang. pengen si miara sepatula tp takut ntr g muat d akuarium. musti punya kolam kan?
Quote:


kalo punya akuarium 3x2x1, kaca tebel, bisa bro pelihara di akuarium :mahos
gan spatula ukuran kurang lebih 10cm hrga 70 murah ga tuh??
Halaman 1 dari 501
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di