alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007427835/share-seputar-cedera-dalam-basket
share seputar cedera dalam basket
mungkin temen2 bisa share disini masalah seputar cedera dalam basket

beberapa masukan
Quote:Original Posted By kimakerz
FYI guys,jgn pernah remehkan pemanasan ato karir bakal berakhir niih..trust me..


Quote:Original Posted By ikhung
Buat para atlit2 yg kebelet pengen balik lagi ke olahraga tercinta tapi kehalang ama cedera lutut.

Saran ane adalah operasi ACL RECONSTRUCTION ato at least MRI dulu utk tau sebenarnya bagian mana yg cidera dari lutut yg bersangkutan.

Mengenai biaya utk MRI: 1.5-2.5 jt tergantung tempat. terakhir ane MRI di royal taruma di grogol 1.75jt.

setelah itu kunjungi dokter lutut yg terbaik. kalo ane sih langsung dokter Andre Pontoh di RS pondok indah. ga perlu keluar negri segala.. di indonesia sebenarnya banyak dokter bagus. tergantung penyelidikan dulu untuk mencari si dokter yg bagus.

stelah didiagnosa ama si dokter , kemungkinan besar harus operasi ACL reconstruction ato kalo meniscusnya jg robek bisa sekalian dikerjakan dalam operasi itu.

operasi makan waktu cuman sekitar 2 jam. pertama dibius dulu tanpa sadar agan2 uda ada di ruang pemulihan dengan kaki uda dibungkus kaya lontong.

setelah itu masa pemulihan 6bln sampe 1 tahun tergantung kasus. di dalam waktu itu, kita harus rajin dan tekun buat terapi/exercise. ada lagi dokter yg khusus mengenai ini. tapi menurut ane, ga perlu kunjungin tuh dokter.

bisa exercise sendiri di rumah setiap ari. tergantung kemampuan lutut kita. ga bole terlalu dipaksa tapi jg ga bole terlalu dimanja.

utk biaya operasi seperti agan2 sebelum di atas, antara 40an-60an tergantung pilihan kamar jg.

dan sorry to say untuk agan2 yg cidera lutut tapi cuman mao lewat urut ato terapi.. ga akan bisa lagi balik utk olahraga seperti sbelumnya yg ada malah makin parah dan kalo sampe kena tulang rawan, jalan aja bakal jadi masalah.

jadi saran ane, kalo uda cidera lutut mendingan jangan olahraga high impact lagi seperti basket, volley, badminton, soccer. yg paling memungkinkan cuman yg ringan2 doank seperti jogging. tapi pastinya kalo yg emang uda cinta mati sama olahraga high impact pasti ga bisa disuruh jogging doank


jadi daripada buang2 duit buat terapi2 ato urut2 ga jelas. mendingan duitnya dikumpulin buat operasi sekaligus.

ane sendiri baru operasi 3 bulan yg lalu. jadi uda setengah perjalanan utk kembali ke olahraga kesukaan ane / BASKETBALL FREAK!!!

so excited!

semoga bermanfaat!

Quote:Original Posted By prafidya
gini gan, ane kan perantauan... dulu ane di solo, skarang kerja dijakarta. nah pas ane kejakarta, ane udah kena cedera lutut/ligamen. padahal ane ga jatuh, ga ketabrak, tp mungkin keforsir aja maen basketnya..

Nah tujuan ane, mau tanya dmana tempat perawatan cedera kayak gitu berserta alamat/daerahnya.... Agan-agan pasti tau sendiri bagaimana rasanya liat orang basket, tapi agan lagi cedera... pasti sangat sangat mupeng... hehehe

mohon dishare ya gan tempat2nya, beserta kisaran harga perawatan (maklum hidup sendiri, musti ngirit2).. PM atau comment aja...

Pliss... ane dah kangen Flying2 kayak dulu lagi.... huhuhuhu... reply A.S.A.P. Ye...

Quote:Original Posted By azkahayan
Mau bantu gan.

Pertama-tama, jangan berasumsi sendiri. Seperti ane sempet ngomong di atas, di lutut ada banyak komponen, dan ada banyak mekanisme cedera yg bisa terjadi. Jadi serahkan saja ke ahlinya seperti kata bro SneakerKing bilang.

Kedua, ya itu, harus tahu dulu sakitnya apa, baru bisa diobati dengan cara bagaimanapun itu. Baru deh tahu kena berapa. Kalo agan bilang cedera lutut, cedera yg mana? Ada ACL tear, Meniscal tear, MCL, PCL, LCL, Bursitis, Oshgood Schlatter dlll. Banyak jenisnya dan masing2 butuh penanganan yg berbeda.

Jadi langkah pertama go to a specialist: Spes Ortopedi, Spes Rehab Medik, Spes Kedokteran Olahraga, silahkan dipilih. Next, follow their instruction emoticon-Smilie
Berdasar pengalaman ane, kemungkinan biaya yg pasti keluar selain biaya dokter, adalah biaya Foto Xray dan MRI. Xray untuk lihat tulangnya, MRI untuk lihat jaringan lunaknya (otot, ligamen dll).

@Ikhung: Good luck with the rehab, don't give up!! emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By JustVmP
Semua olahraga memiliki risiko cidera, dimana pada saat cidera, kualitas dan performa atlet di lapangan akan menurun.

Ada dua jenis cidera dalam berolahraga. Cidera langsung (traumatic injury) maupun tidak langsung (overuse injury).

Traumatic injury di sini dapat dilihat dengan jelas penyebabnya. Misalnya jatuh, salah gerak, tertabrak, dan lain-lain sehingga menyebakan robekan/putusnya jaringan lunak (soft tissue) seperti ligamen, otot, tendon hingga terjadinya fraktur (patah tulang). Pada kondisi yang seperti ini, diperlukan penanganan medis professional seperti dokter atau fisioterapis.

Overuse injury yaitu cedera yang diakibatkan karena tekanan berulang-ulang biasanya diakibatkan karena pemakaian berlebih. Berhubungan dengan beratnya beban latihan, istirahat yang kurang, perawatan cedera sebelumnya yang kurang tepat serta persiapan dalam pertandingan seperti warming up, stretching dan cooling down setelah pertandingan yang kurang maksimal dan efektif.

Pada saat cedera, tubuh meresponnya dengan tanda-tanda peradangan dari dalam tubuh seperti rubor (kemerahan), tumor (bengkak), kalor (panas), dolor (nyeri) serta functiolesa (penurunan fungsi). Respon tersebut bertujuan untuk memulihkan jaringan yang cedera.

Pembuluh darah di tempat yang mengalami cedera akan melebar (vasodilatasi) dengan maksud untuk mengirim lebih banyak nutrisi dan oksigen supaya mempercepat penyembuhan. Adanya pelebaran pembuluh darah ini menyebabkan tempat yang cidera menjadi lebih terlihat kemerahan (rubor), dan darah yang banyak ini akan merembes dari kapiler menuju ruang antar sel sehingga akan terlihat bengkak (tumor). Karena banyaknya nutrisi dan oksigen sehingga metabolisme meningkat dengan sisa metabolisme berupa panas (kalor). Tumpukan sisa metabolisme dan zat kimia lainnya ini akan merangsang syaraf perasa nyeri di tempat yang cedera sehingga timbul nyeri (dolor). Semuanya akan mengakibatkan penurunan fungsi sendi (functiolesa).

Pada saat terjadi cidera banyak yang masih bingung dalam penanganan cidera. Kebanyakan langsung memberikan balsam ataupun pijatan. Sebuah penangan yang tidak tepat. Penanganan yang tidak tepat akan memperburuk cidera dan memperlambat proses penyembuhan.

Dari segi medis penanganan untuk cedera olahraga untuk soft tissue secara umum memiliki prinsip RICER dan menghindari HARM.



Do RICER!

Rest: Istirahatkan bagian tubuh yang mengalami cidera agar cidera tidak semakin parah. Jika merasakan nyeri pada saat bergerak itu berarti tubuh mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk mengurangi gerakan di bagian tubuh yang cedera. Kurangi pembebanan tubuh di bagian yang cidera misalkan dengan menggunakan kruk. Istirahat sendiri minimal 48-72 jam.

Untuk kondisi cidera ringan pada saat bertanding dan dapat melanjutkan permainan, harus dicek terlebih dahulu oleh tim medis dokter atau fisioterapis dan diberikan support seperti tapping/kinesiotape/decker.

Ice: Kompres dengan menggunakan es/dingin sesegera mungkin, kompres bisa menggunakn es batu ditumbuk dimasukkan plastik kemudian dibebat maupun menggunakan ice bag, atau kompres dengan handuk yang sudah direndam air dingin. Tujuannya adalah mengurangi nyeri dan bengkak pada fase inflamasi, supaya pembuluh darah yang melebar menjadi lebih menutup.

Aplikasikan 10-15 menit saja. Bila lebih dari 20-30 menit justru akan mengakibatkan kerusakan jaringan. Ulangi kompres setelah 30 menit. Pada 24-72 jam bisa sehari melakukan 6-7 kali kompres es.

Compression: Gunakan bebat menggunakan perban elastis, atau adhesive elastic bandage, kinesiotaping dan taping untuk mengurangi bengkak dan pendarahan. Dibebat jangan terlalu kencang. Lepas bebat pada saaat akan tidur kecuali kinesiotaping dapat digunakan hingga dua hari.

Elevation: Angkat bagian yang cidera lebih tinggi dari jantung. Misalnya ketika terkena sprain ankle maka ganjal ankle pada saat duduk/tidur dengan menggunakan bantal supaya mengurangi pembengkakan.

Referral: Segera rujuk ke dokter/fisioterapis apabila mencurigai cidera termasuk parah dan mengganggu aktifitas. Cidera akan mendapatkan pemeriksaan dan diagnosa, treatment dan program fisioterapi.



No HARM!

Heat: Menggunakan panas pada saat penanganan pertama cidera akan meningkatkan pembengkakan karena panas akan membuat pembuluh darah semakin melebar, seperti pemberian balsam, jahe, minyak kocok, sauna, berendam di bathub, dan shower panas.

Alcohol: Meminum alkohol atau merendam bagian yang cidera dengan alohol akan meningkatkan pembengkakan serta memperlambat proses penyembuhan.

Running: Berlatih dalam 48-72 jam saat cidera akan memperburuk kondisi. Seseorang dinyatakan aman bermain kembali setelah dilakukan pemeriksaan dan diagnosa dari dokter/fisioterapis.

Massage: Massage (pijatan) pada saat cidera akan meningkatkan aliran darah sehingga akan membuat semakin bengkak, dan dapat terjadi kerusakan pada jaringan yang cedera. Misalnya ligamennya terluka lalu diberikan massage maka luka sobeknya akan semakin melebar dan pada saat kembali ke lapangan menjadi kendor dan terganggu stabilitasnya sehingga memudahkan terjadinya cidera ulang.


SUMBER
—Originally posted by JustVmP™
kalo gw dulu dipijet daerah sekitar bengkak (bukan yang bengkak loh gan)
terus dikompres pake beras kencur yang bisa dibeli di pasar dalam bentuk kepingan
engkel jangan dimanjain, dilatih gerak2nya gan
kalo bengkak dah berkurang, bisa dikasih koyo kalo mau
waduh klw engkel bisa agak lama tuh sembuhnya, iya pertama kali mah di urut gan cuma jgn pas bengkaknya yg di urut abis itu di terapi pake balsem, terus bagusnya sih pake kain elastis yg warna coklat gitu gan biar gak sering gerak
jangan yang serem2 ceritanya..ntar ane jadi trauma maen basket
emoticon-Takut
Pertolongan pertama cari es bro dikompres.

Setelah itu cek ke dokter apa ankle biasa, retak, apa Patah. klo retak dan patah pas bangun u gak bs berdiri.


Klo cuma ankle biasa paling bisa berdiri tapi gak bs nahan kakinya emoticon-Big Grin


Gw dl paling parah sampe geser anklenya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By monlie
kalo gw dulu dipijet daerah sekitar bengkak (bukan yang bengkak loh gan)
terus dikompres pake beras kencur yang bisa dibeli di pasar dalam bentuk kepingan
engkel jangan dimanjain, dilatih gerak2nya gan
kalo bengkak dah berkurang, bisa dikasih koyo kalo mau


kepingan bras kencur bli dimana gan?

Quote:Original Posted By erickcire
jangan yang serem2 ceritanya..ntar ane jadi trauma maen basket
emoticon-Takut


tapi klu udah cinta mana bisa trauma haha

Quote:Original Posted By Kyo
Pertolongan pertama cari es bro dikompres.

Setelah itu cek ke dokter apa ankle biasa, retak, apa Patah. klo retak dan patah pas bangun u gak bs berdiri.


Klo cuma ankle biasa paling bisa berdiri tapi gak bs nahan kakinya emoticon-Big Grin


Gw dl paling parah sampe geser anklenya emoticon-Smilie


waduh kug jadi ngeri klu sampek geser

emang dulu agan sembuhinya gmn?

Quote:Original Posted By cemel13
waduh klw engkel bisa agak lama tuh sembuhnya, iya pertama kali mah di urut gan cuma jgn pas bengkaknya yg di urut abis itu di terapi pake balsem, terus bagusnya sih pake kain elastis yg warna coklat gitu gan biar gak sering gerak


oh brarti abis dipijit dipakai.in kain elastis yak

yp namanya apa ya gan
trus blinya dimn/\?
Quote:Original Posted By lasman
waduh kug jadi ngeri klu sampek geser

emang dulu agan sembuhinya gmn?



Sembuhnya rest 6 bulan gak basket 3 bulan gak bs jalan.

Sembuhnya di urut bro dibalikan ke tempat smula emoticon-Smilie

trus stlah itu masih suka ngilu karena uratnya dan sarafnya masih berantakan dan terapilah sampai skrng emoticon-Big Grin
kompres pake es gan sesaat setelah kena...
ane dulu jg pernah kena, dan sampe sekarang masih sering cidera kambuhan kek gitu...
Quote:Original Posted By lasman
oh brarti abis dipijit dipakai.in kain elastis yak

yp namanya apa ya gan
trus blinya dimn/\?

iya namanya kain elastis gan, belinya di apotik pasti ada kok ada 2 ukuran keceil sama gede
hm..
kalo ane suka pegal pundak sebelah kanan gan, emang sih waktu itu rebutan rebound ampe tangan kanan ketarik ke belakang, ada yang bilang pake counterpain, tapi udah 3 minggu lom mereda en tiap maen suka kumat lagi

kira-kira gimana ya gan kalo kayak gini?
kalo gak retak, or hanya sendi dan otot yg kena, langkah2 nya :
  • kompress
  • pijat urut
  • treatment or fisioterapi
  • treatment baban di rumah
  • jangan lupa rontgen setelah cedera dan setelag perawatan, cek sendi2 yg tdk normal


kalo udah retak harus ke dokter....
owh..
retak-serem emoticon-Takut

ada yang bilang karena ga melakukan pendinginan juga

ok gan coba ane di urut dulu dah, sapa tau baikan, thx advicenya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Kyo
Sembuhnya rest 6 bulan gak basket 3 bulan gak bs jalan.

Sembuhnya di urut bro dibalikan ke tempat smula emoticon-Smilie

trus stlah itu masih suka ngilu karena uratnya dan sarafnya masih berantakan dan terapilah sampai skrng emoticon-Big Grin


loh brati itu dibawak kedokter ato gmn gan?

Quote:Original Posted By yogiarifin
kompres pake es gan sesaat setelah kena...
ane dulu jg pernah kena, dan sampe sekarang masih sering cidera kambuhan kek gitu...


waduh klu pki kambuhan jadi ngeri
thx masukanya gan
yang pasti dikompres dulu gan baru dikasih apalah salep2 gitu
Quote:Original Posted By lasman
siang agan-agan smua

kemarin ane kan maen basket trus waktu habis lay up g sengaja nginjak kaki orang lain alhasil kaki kanan ane bengkak..

buat agan2 yg lain yg pernah kena engkel apa sich yg harus dilakuin pertama kali?

bagaimana cara penanganya?

mungkin temen2 bisa share disini masalah seputar cedera dalam basket


Gan, setiap penanganan cedera olahraga yg baru saja terjadi itu punya prinsip yg akronimnya mohon diingat :
do RICE, and do no HARM.
RICE itu kepanjangannya adalah Rest, Ice, Compression, Elevation.
HARM: Heat, Alcohol, Running, Massage.

Kalo agan cedera engkel, segera istirahatkan (Rest, jangan dipake dulu).
Lalu sambil diistirahatkan segera kompres dengan yg dingin2 selama 10 menit, kalau ada es, lebih baik. Kompres bisa diulang hingga 4-5 kali sehari, kalau mau langsung dikasi es, kasi jarak 15-20 menit.
Kalau sudah dikompres, bebat dengan perban elastis, jangan terlalu kencang tapi juga jangan terlalu longgar.
Posisikan kaki agan lebih tinggi dengan disangga bantal ato tas. Semua itu bertujuan untuk mencegah cedera dan bengkak yg terjadi lebih parah.

Saat engkel agan keseleo (bahasa medisnya ankle sprain), ligamen agan itu ketarik/stretched, sehingga gerakan sendi engkel jadi molor dan ga stabil, dan ligamennya sendiri jadi luka. Luka menyebabkan radang, sementara proses radang itu sendiri bila tidak dicegah akan membawa kerusakan. Radang itu sendiri menyebabkan panas, bengkak, dan rasa sakit. Makanya dilawan dengan es untuk mendinginkan, ditekan dengan bebat supaya sendi menjadi lebih stabil dan juga mencegah cairan yg tidak perlu ke agar tidak bengkak (tapi jangan terlalu kencang agar darah tetap bisa mengalir), kaki juga dinaikkan supaya cairan juga tidak mengalir ke situ.

Yang tidak boleh dilakukan pada waktu sesaat setelah cedera adalah memberikan panas, alkohol, dan pijatan pada cedera agan. Juga sebaiknya bagian yg cedera jangan dipakai lagi. Seperti sudah ane sebut di atas, panas itu malah merusak, ligamen yg sudah molor malah tambah jadi molor. Alkohol juga malah merusak walau kalau dikasi terasa dingin. Pijatan justru malah membuat luka yg sudah ada akan melebar dan ligamen yg sudah molor menjadi tambah molor sehingga sendi engkel agan tambah tidak stabil. Bayangnannya gini deh, agan punya luka, kalo dipijat ke sana kemari jadi apa?

Heat dan massage baru boleh dilakukan ketika fase "gawat darurat" sudah lewat, yaitu 2 minggu setelah kejadian. Itu juga pijetnya sebaiknya sama fisioterapis atau ahli massage yg ngerti anatomi kaki.

Ane juga dulu kalo sprain langsung dipijet, hasilnya malah ane baru bisa main 2 bulan kemudian dan ternyata sampe sekarang engkel ane yg kanan(yg mantan sprain) beda stabilnya sama yg kiri...
Setelah ane tahu ilmu ini dan ane terapkan, ane dalam 2 minggu udah bisa main lagi walopun masih jaga2 jug, dan seminggu kemudian udah bisa free main.


Quote:Original Posted By ujang tea
hm..
kalo ane suka pegal pundak sebelah kanan gan, emang sih waktu itu rebutan rebound ampe tangan kanan ketarik ke belakang, ada yang bilang pake counterpain, tapi udah 3 minggu lom mereda en tiap maen suka kumat lagi

kira-kira gimana ya gan kalo kayak gini?


Ada banyak kemungkinan pada cedera agan, bisa otot bahunya yg ketarik, atau ligamennya yg ketarik, atau persendiannya. Susah juga untuk ngobatinnya kalo ga tau yg salah bagian mana. Kalau mau dibawa aja ke bagian rehab medik. Perlu pemeriksaan fisik soalnya.
Quote:Original Posted By azkahayan
Gan, setiap penanganan cedera olahraga yg baru saja terjadi itu punya prinsip yg akronimnya mohon diingat :
do RICE, and do no HARM.
RICE itu kepanjangannya adalah Rest, Ice, Compression, Elevation.
HARM: Heat, Alcohol, Running, Massage.

Ada banyak kemungkinan pada cedera agan, bisa otot bahunya yg ketarik, atau ligamennya yg ketarik, atau persendiannya. Susah juga untuk ngobatinnya kalo ga tau yg salah bagian mana. Kalau mau dibawa aja ke bagian rehab medik. Perlu pemeriksaan fisik soalnya.


wah teorinya mangstab gan! emoticon-Belo
thx ya advicenya, mau coba ane check dulu tar
Quote:Original Posted By lasman
loh brati itu dibawak kedokter ato gmn gan?


Awal dibawa ke tukang urut langganan ane bro, sudah sembuh terapi ke Chryropractic yg bagian tulang dan saraf emoticon-Big Grin

yang penting skrng klo sblum main pemanasan dl emoticon-Smilie
FYI guys,jgn pernah remehkan pemanasan ato karir bakal berakhir niih..trust me..
Quote:Original Posted By kimakerz
FYI guys,jgn pernah remehkan pemanasan ato karir bakal berakhir niih..trust me..


emoticon-Shakehand2

thx for alertshare seputar cedera dalam basket