alexa-tracking

share seputar cedera dalam basket

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007427835/share-seputar-cedera-dalam-basket
share seputar cedera dalam basket
mungkin temen2 bisa share disini masalah seputar cedera dalam basket

beberapa masukan
Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:
kalo gw dulu dipijet daerah sekitar bengkak (bukan yang bengkak loh gan)
terus dikompres pake beras kencur yang bisa dibeli di pasar dalam bentuk kepingan
engkel jangan dimanjain, dilatih gerak2nya gan
kalo bengkak dah berkurang, bisa dikasih koyo kalo mau
waduh klw engkel bisa agak lama tuh sembuhnya, iya pertama kali mah di urut gan cuma jgn pas bengkaknya yg di urut abis itu di terapi pake balsem, terus bagusnya sih pake kain elastis yg warna coklat gitu gan biar gak sering gerak
KASKUS Ads
jangan yang serem2 ceritanya..ntar ane jadi trauma maen basket
emoticon-Takut
Pertolongan pertama cari es bro dikompres.

Setelah itu cek ke dokter apa ankle biasa, retak, apa Patah. klo retak dan patah pas bangun u gak bs berdiri.


Klo cuma ankle biasa paling bisa berdiri tapi gak bs nahan kakinya emoticon-Big Grin


Gw dl paling parah sampe geser anklenya emoticon-Smilie
Quote:


kepingan bras kencur bli dimana gan?

Quote:


tapi klu udah cinta mana bisa trauma haha

Quote:


waduh kug jadi ngeri klu sampek geser

emang dulu agan sembuhinya gmn?

Quote:


oh brarti abis dipijit dipakai.in kain elastis yak

yp namanya apa ya gan
trus blinya dimn/\?
Quote:



Sembuhnya rest 6 bulan gak basket 3 bulan gak bs jalan.

Sembuhnya di urut bro dibalikan ke tempat smula emoticon-Smilie

trus stlah itu masih suka ngilu karena uratnya dan sarafnya masih berantakan dan terapilah sampai skrng emoticon-Big Grin
kompres pake es gan sesaat setelah kena...
ane dulu jg pernah kena, dan sampe sekarang masih sering cidera kambuhan kek gitu...
Quote:

iya namanya kain elastis gan, belinya di apotik pasti ada kok ada 2 ukuran keceil sama gede
hm..
kalo ane suka pegal pundak sebelah kanan gan, emang sih waktu itu rebutan rebound ampe tangan kanan ketarik ke belakang, ada yang bilang pake counterpain, tapi udah 3 minggu lom mereda en tiap maen suka kumat lagi

kira-kira gimana ya gan kalo kayak gini?
kalo gak retak, or hanya sendi dan otot yg kena, langkah2 nya :
  • kompress
  • pijat urut
  • treatment or fisioterapi
  • treatment baban di rumah
  • jangan lupa rontgen setelah cedera dan setelag perawatan, cek sendi2 yg tdk normal


kalo udah retak harus ke dokter....
owh..
retak-serem emoticon-Takut

ada yang bilang karena ga melakukan pendinginan juga

ok gan coba ane di urut dulu dah, sapa tau baikan, thx advicenya gan emoticon-Big Grin
Quote:


loh brati itu dibawak kedokter ato gmn gan?

Quote:


waduh klu pki kambuhan jadi ngeri
thx masukanya gan
yang pasti dikompres dulu gan baru dikasih apalah salep2 gitu
Quote:


Gan, setiap penanganan cedera olahraga yg baru saja terjadi itu punya prinsip yg akronimnya mohon diingat :
do RICE, and do no HARM.
RICE itu kepanjangannya adalah Rest, Ice, Compression, Elevation.
HARM: Heat, Alcohol, Running, Massage.

Kalo agan cedera engkel, segera istirahatkan (Rest, jangan dipake dulu).
Lalu sambil diistirahatkan segera kompres dengan yg dingin2 selama 10 menit, kalau ada es, lebih baik. Kompres bisa diulang hingga 4-5 kali sehari, kalau mau langsung dikasi es, kasi jarak 15-20 menit.
Kalau sudah dikompres, bebat dengan perban elastis, jangan terlalu kencang tapi juga jangan terlalu longgar.
Posisikan kaki agan lebih tinggi dengan disangga bantal ato tas. Semua itu bertujuan untuk mencegah cedera dan bengkak yg terjadi lebih parah.

Saat engkel agan keseleo (bahasa medisnya ankle sprain), ligamen agan itu ketarik/stretched, sehingga gerakan sendi engkel jadi molor dan ga stabil, dan ligamennya sendiri jadi luka. Luka menyebabkan radang, sementara proses radang itu sendiri bila tidak dicegah akan membawa kerusakan. Radang itu sendiri menyebabkan panas, bengkak, dan rasa sakit. Makanya dilawan dengan es untuk mendinginkan, ditekan dengan bebat supaya sendi menjadi lebih stabil dan juga mencegah cairan yg tidak perlu ke agar tidak bengkak (tapi jangan terlalu kencang agar darah tetap bisa mengalir), kaki juga dinaikkan supaya cairan juga tidak mengalir ke situ.

Yang tidak boleh dilakukan pada waktu sesaat setelah cedera adalah memberikan panas, alkohol, dan pijatan pada cedera agan. Juga sebaiknya bagian yg cedera jangan dipakai lagi. Seperti sudah ane sebut di atas, panas itu malah merusak, ligamen yg sudah molor malah tambah jadi molor. Alkohol juga malah merusak walau kalau dikasi terasa dingin. Pijatan justru malah membuat luka yg sudah ada akan melebar dan ligamen yg sudah molor menjadi tambah molor sehingga sendi engkel agan tambah tidak stabil. Bayangnannya gini deh, agan punya luka, kalo dipijat ke sana kemari jadi apa?

Heat dan massage baru boleh dilakukan ketika fase "gawat darurat" sudah lewat, yaitu 2 minggu setelah kejadian. Itu juga pijetnya sebaiknya sama fisioterapis atau ahli massage yg ngerti anatomi kaki.

Ane juga dulu kalo sprain langsung dipijet, hasilnya malah ane baru bisa main 2 bulan kemudian dan ternyata sampe sekarang engkel ane yg kanan(yg mantan sprain) beda stabilnya sama yg kiri...
Setelah ane tahu ilmu ini dan ane terapkan, ane dalam 2 minggu udah bisa main lagi walopun masih jaga2 jug, dan seminggu kemudian udah bisa free main.


Quote:


Ada banyak kemungkinan pada cedera agan, bisa otot bahunya yg ketarik, atau ligamennya yg ketarik, atau persendiannya. Susah juga untuk ngobatinnya kalo ga tau yg salah bagian mana. Kalau mau dibawa aja ke bagian rehab medik. Perlu pemeriksaan fisik soalnya.
Quote:


wah teorinya mangstab gan! emoticon-Belo
thx ya advicenya, mau coba ane check dulu tar
Quote:


Awal dibawa ke tukang urut langganan ane bro, sudah sembuh terapi ke Chryropractic yg bagian tulang dan saraf emoticon-Big Grin

yang penting skrng klo sblum main pemanasan dl emoticon-Smilie
FYI guys,jgn pernah remehkan pemanasan ato karir bakal berakhir niih..trust me..
Quote:


emoticon-Shakehand2

thx for alert
share seputar cedera dalam basket
×