Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007266668/sawah-disiram-oli-untuk-mematikan-hama
Sawah Disiram Oli Untuk Mematikan Hama
Thread Edukatif dari ane, semoga bermanfaat.

Spoiler for showpict:


Banyaknya penyakit yang merugikan para petani padi di beberapa wilayah Sidoarjo, membuat mereka kelimpungan dan nekat menyiram lahannya dengan oli atau solar dengan harapan penyakit itu mati. Ulah nekat itu dilakukan sedikitnya lima petani yang ada di Dusun Sumontoro, Desa Plumbungan, Kecamatan Sukodono. Mereka melakukan itu karena sudah habis-habisan memeras otak dan memutar uang. Bahkan beberapa warga Sumontoro ada yang sampai empat kali musim gagal panen. “Orang-orang itu ibaratnya sudah mentok. Jadi oli atau solar dipakai obat untuk mematikan hama,” tutur salah seorang warga Sumontoro.

Menurut warga, oli atau solar yang disiramkan ke sawah itu dialirkan dari pematang dan tanaman padi dipukul pelan dengan kayu. Penyakit atau hama yang menempel pada padi akan jatuh ke air terbawa air dan oli. Saat ditanya Darimana pemikiran itu?, ”Mungkin dilandasi keyakinan dan sudah kepepet, sehingga apapun cara dilakukan,” jawab seorang warga.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Pemkab Sidoarjo, Ir Handajani yang dihubungi kaget dengan ulah sebagian warga itu. Pasalnya, penyiraman oli dan solar baru didengarnya. ”Masak sih begitu. Kalau memang itu bisa mematikan itu suatu penemuan baru yang harus diteliti,” katanya dengan nada heran.(II)


Quote:Biar agan&sista makin cakep silahkan di +

komen dan tak lupa +


Quote:SUMBER


Spoiler for monggo mampir:
pake oli dan bensin memang terbukti bisa mengusir hama kok, tinggal di sulut api aja
dinas pertaniannya tuh yg goblog!!!!ga ada response sama sekali sehingga petani udah kadung frustasi nanganin hama tanaman..:
Kalo digituin jelas hamanya mati...
Tapi tanahnya itu, keracunan atau tidak?
Hmm, bakteri2 pemakan minyak efeknya baik gak buat tanah?
kepala dinas pertanian kok kaget sih
harusnya diberi tanggapan yg baik
waduh, rasa oli dronk nanti padiny??
Quote:Original Posted By snowonsummer
pake oli dan bensin memang terbukti bisa mengusir hama kok, tinggal di sulut api aja


wah kacau lo
ga ngerusak tanah ya ? :
waduh, klo hama nya ilang, tapi tanamannya mati donk disiram pke oli?
para petani sudah ke habisan akal,pemda malah kaget..
kalo gak berhasil juga pake oli, besok2 siram pake darah pegawai pemda aja


kampret..gw ISO 2000 dimari
Kasihan petani2 itu, mereka sudah tidak tahu harus mengadu kepada siapa?
Para penyuluh lapangan tidak memberikan penyuluhan kepada mereka karena tidak ada sanksi yang tegas untuk kelalaian itu!
walah, apa malah gak pada mati tanamannya??
ide yang bener2 cemerlang
Bukannya padinya ikutan mati..???
Quote:Original Posted By snowonsummer
pake oli dan bensin memang terbukti bisa mengusir hama kok, tinggal di sulut api aja


setuju gan
bakar aja sekalian
wah kasian juga tu petani capek2 nanem eh hrs rela membakar padinya gara2 hama, pasti g dapat bantuan dr pemerintah setempat ya sampe hrs berkorban begtu, ngenes
Quote:Original Posted By ojongonotalah
Thread Edukatif dari ane, semoga bermanfaat.

Spoiler for showpict:


Banyaknya penyakit yang merugikan para petani padi di beberapa wilayah Sidoarjo, membuat mereka kelimpungan dan nekat menyiram lahannya dengan oli atau solar dengan harapan penyakit itu mati. Ulah nekat itu dilakukan sedikitnya lima petani yang ada di Dusun Sumontoro, Desa Plumbungan, Kecamatan Sukodono. Mereka melakukan itu karena sudah habis-habisan memeras otak dan memutar uang. Bahkan beberapa warga Sumontoro ada yang sampai empat kali musim gagal panen. “Orang-orang itu ibaratnya sudah mentok. Jadi oli atau solar dipakai obat untuk mematikan hama,” tutur salah seorang warga Sumontoro.

Menurut warga, oli atau solar yang disiramkan ke sawah itu dialirkan dari pematang dan tanaman padi dipukul pelan dengan kayu. Penyakit atau hama yang menempel pada padi akan jatuh ke air terbawa air dan oli. Saat ditanya Darimana pemikiran itu?, ”Mungkin dilandasi keyakinan dan sudah kepepet, sehingga apapun cara dilakukan,” jawab seorang warga.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Pemkab Sidoarjo, Ir Handajani yang dihubungi kaget dengan ulah sebagian warga itu. Pasalnya, penyiraman oli dan solar baru didengarnya. ”Masak sih begitu. Kalau memang itu bisa mematikan itu suatu penemuan baru yang harus diteliti,” katanya dengan nada heran.(II)







Spoiler for monggo mampir:


inilah akibat pake obat antihama sejak era soeharto adanya bukan hamanya mati tapi malah jadi kebal terhadap obat dan racun-racun hama...........solusi efektif mbok cari predator alami tuh hama,kalo ga k ya di mandulin tuh betina betina produktifnya sehingga gak berkembang biak
Quote:Original Posted By banks07
para petani sudah ke habisan akal,pemda malah kaget..


ga tau gimana kelanjutan hasil eksperimennya, kira kira berhasil atau tidak yaSawah Disiram Oli Untuk Mematikan Hama
Hamanya udah resisten pestisida ya ?
Kalau bgt sebaiknya mereka berhenti semusim menanam padi, supaya siklus hama terputus
×