alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
yg ahli beacukai ato yg punya pengalamannya, mohon petunjuk disini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006807131/yg-ahli-beacukai-ato-yg-punya-pengalamannya-mohon-petunjuk-disini

yg ahli beacukai ato yg punya pengalamannya, mohon petunjuk disini

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
gan bisa sewa jasa agan sebagai yg paham betul beacukai atau sbg karyawan bc, sy perlu orang yg bisa di ajak kerjasama krn usaha sy import 100%, untuk harga jasa nya berapa monggo gan di ksh tau ke sy, sy berminat sekali. terimakasih gan, maaf kl salah2 kata.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Tampilin disini aja gan emoticon-Cape d... (S)
Quote:

Bantu Lurusin gan
klo ane gx salah dia bilang yang saudaranya di suruh bayar perbotolnya Rp. 110.000 , artinya kalau mw di asumsikan sebagai pajak berarti harga vitaminnya lebih dari $50(Mahal banget) . bukan harga total dari semua vitaminnya yang di kenakan pajak. dan kalau memang di anggap pedagang karena lebih dari 1 vitamins ini juga janggal, soalnya kalau urusan barang dagangan yang berhubungan dengan UU Perlindungan Konsumen seperti obat2an , alat telekomunikasi ,radio dll bukannnya kudu sertifikasi dulu, contoh klo alat2 Telekomunikasi harus di sertifikasi di Ditjen Postel, dan obat2an mungkin bakal di test dulu di BPOM, masax dengan bayar 440 rbu udah lolos sertifikasi..?
maaf gan br bales

gini saya mau tanya2 tentang panduan BC dlm negeri kt tercinta ini, krn saya dpt info ada beberapa barang yg DIBEBASKAN BEACUKAINYA OLEH NEGARA dan saya ingin tahu jenis apa aja, krn saya telah baca beberapa info dan UUD tentang BEACUKAI mereka tidak menyebutkan secara detail, dan beberapa BERITA NASIONAL jg BEGITU

mohon petuahnya gan

mungkin INFO dr agan2 bs MEMBANTU saya

TERIMAKASIH SEBELUM dan SESUDAHNYA GANemoticon-Shakehand2
wah pada nyampah doank nich..emoticon-Ngacir
Quote:



stuju Gan,,
jangan asal klaim gitu gan,, telusuri dulu,, ck bner ga peraturan yg ada

kiriman paket pos ada aturan maenya gan,,yg bikin bukan beacukai,, tp pemerintah,,,catat itu

ni gan ane kasih peraturannya

1) Kep menkeu no 490/thn 1966

BAB IV
BARANG KIRIMAN POS
Pasal 9
1. Terhadap barang impor yang dikirim melalui pos dilakukan pemeriksaan
pabean oleh Pejabat Bea dan Cukai.
2. Dalam hal terhadap barang kiriman pos sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
diperlukan pemeriksaan fisik barang, pemeriksaan dilakukan oleh Pejabat Bea
dan Cukai dengan disaksikan oleh Petugas Pos.
3. Barang impor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang telah ditetapkan
besarnya Bea Masuk dan Pajak dalam rangka impor, diserahkan kepada
petugas pos untuk diterimakan kepada si penerima setelah Bea Masuk dan
Pajak dalam rangka impor dilunasi. Pasal 10 (1) Terhadap barang kiriman
melalui pos yang nilainya tidak melebihi FOB USD 50,00 (lima puluh US.
dollar) untuk setiap orang kiriman diberikan pembebasan Bea Masuk dan
Pajak dalam rangka impor. (2) Atas kelebihan nilai FOB sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) terhadap barang kiriman yang bersangkutan dikenakan
Bea Masuk dan Pajak dalam rangka impor.

2.) kep -78/BC/1997

BAB V
BARANG KIRIMAN POS
Pasal 15
(1) Terhadap barang kiriman pos yang nilainya tidak melebihi FOB USD 50.00 (lima puluh US
dollar) untuk setiap orang per alamat kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan pajak
dalam rangka impor.
(2) Terhadap barang kiriman pos yang melebihi nilai pembebasan sebagaimana dimaksud pada
ayat (1), dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas nilai kelebihannya.
(3) Dalam hal terdapat petunjuk adanya penyalahgunaan fasilitas sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) atau pengiriman yang berulang- ulang untuk satu orang dan atau alamat yang sama
dalam tempo 1 hari terhadap barang kiriman pos tersebut dengan tidak memperhatikan nilai
dan atau jumlahnya dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.
Pasal 16
(1) Terhadap barang impor yang dikirim melalui pos sebagaimana dimaksud dalam pasal 15
dilakukan pencacahan oleh Pejabat Bea dan Cukai dengan disaksikan oleh Petugas Bea dan
Cukai dengan disaksikan oleh Petugas Pos.
(2) Barang impor sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diserahkan kepada Petugas Pos untuk
diterimakan kepada si penerima setelah bea masuk dan pajak dalam rangka impor dilunasi.
Pasal 17
Tatacara penyelesaian barang impor melalui kiriman pos diatur lebih lanjut dalam Surat Edaran
Bersama Direktur jenderal Bea dan cukai dan Direktur Utama PT (Persero) Pos Indonesia.

dan masih banyak peraturan laen yg mengatur itu
intinya kalo harga pembelian barang tersebut kurang dr 50,00 USD, maka tidak dikenakan bea masuk dan PAjak Dalam rangka Impor

kalo barang tersebut lebih dr 50 usd,, misal 100 usd maka atas kelebihannya yaitu 50 usd dikenakan bea masuk


BM = %BM x (NP x NDPBM)
PPN = 10% x Nilai Impor
PPh = % PPh x Nilai Impor
PPnBM = % PPnBM x Nilai Impor
Nilai Impor = NP + BM

perhitungan bea masuk begini gan (kurs 1 $ = rp.10.000)
kelebihan 50 usd maka: NP (nilai pabean) = 500.000

BM = % bea masuk atas barang tsb( misal 10 %) X 500.000 = 50.000
PPn= 10% x ( BM + NP)=55.000
PPh= 2,5 % x (BM + NP)=13.750
yg hrs ente bayar BUAT NEGARA gan =118.750
perhatian yg ane bold gan,,,coz ente ga bayar lwt pegawe BC,,lgsg ke bank persepsi,,,

begitu kira2 gan,,,dr segi perhitungan harga,,,belum lagi kalo ada peraturan larangan dan pembatasan terhadap barang yg ente kirim,,,



btw buset panjang amat y tulisan ane
catat aja tu nama pegawainya siapa laporin ke pusat kepatuhan internal bea dan cukai. setau ane juga obat2an harus melalui uji laboratorium untuk memastikan buka prekursor atau oabat2an terlarang. nah klo prekursor customs berhak menindak dan memeriksanya makanya vitaminnya dibuka kemasannya dan itu ada aturannya. tapi klo udah minta2 duit laporin aja gan. oiya gan klo jumlahnya berkurang minta berita acara pengambilan sample dari customs klo ga ada laporin aja.
Post ini telah dihapus oleh
wah,saya orang awam nichemoticon-Big Grin
emoticon-Salah Kamar
emoticon-Cool_-Tukang.Cebok Mengomentari Thread Anda-_ emoticon-Cool

becukai tuh apaan gan???
coba meluruskan.

setelah membaca artikelnya saya ternyata penulis belum tahu bahwa negara Indonesia adalah negara pajak. Seyogyanya, barang yang masuk ke dalam negeri di kenakan pajak, namun di kecualikan untuk barang barang tertentu.

kasus tersebut menyatakan bahwa petugas bea cukai menyita 4 botol vitamin, kenapa di suruh bayar ?
karena kemungkinan hal tersebut dapat dijadikan modus jual beli di Indonesia. kalau cuma 1 botol saya rasa tidak akan dikenakan pajak.
terus satu lagi, di dalam peraturan bea cukai yang saya tau, jika ada barang kiriman melalui pos atau perusahaan jasa titipan lainnya dan nilai barang tersebut tidak lebih dari US$ 50 maka tidak akan dikenakan pajak. Namun jika lebih dari itu maka akan dikenakan pajak. Kemungkinan harga total 4 botol tersebut lebih dari US$ 50, maka dikenakan pajak.

CMIIW .

emoticon-I Love Indonesia\t \t emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
yg ahli beacukai ato yg punya pengalamannya, mohon petunjuk disini
Haiyah nubitol...
Quote:


setuju sama agan ini...

tentang obat yang ditegah..berdasarkan peraturan Badan POM...obat2an harus ada izin badan POM..kecuali dapat dibuktikan untuk pemakaian pribadi berdasarkan resep dokter...jika tidak ada maka barang tersebut tidak diizinkan...ingat kasus maraknya obat palsu!!!
tidak ada peraturan yang mewajibkan untuk memberitahu...karena barang tersebut adalah atas nama PT Pos..maka menjadi kewajiban PT Pos untuk memberitahu pemilik barang..kecuali barang tersebut lost n found...

mengenai permintaan duit 440 rb..ga masuk akal...nanggung banget kalo mau minta pake 10 rebuan...ga 400 ato 450 sekalian???
1. banyak orang ketipu kalo cuma lewat HP saja yang mengatasnamakan bea cukai...
2. atau mungkin itu merupakan perhitungan bea masuk dan pajak yang dibebankan...karena vitamin dan obat diluar negeri biasanya berharga mahal...
coba meluruskan.

setelah membaca artikelnya saya ternyata penulis belum tahu bahwa negara Indonesia adalah negara pajak. Seyogyanya, barang yang masuk ke dalam negeri di kenakan pajak, namun di kecualikan untuk barang barang tertentu.

kasus tersebut menyatakan bahwa petugas bea cukai menyita 4 botol vitamin, kenapa di suruh bayar ?
karena kemungkinan hal tersebut dapat dijadikan modus jual beli di Indonesia. kalau cuma 1 botol saya rasa tidak akan dikenakan pajak.
terus satu lagi, di dalam peraturan bea cukai yang saya tau, jika ada barang kiriman melalui pos atau perusahaan jasa titipan lainnya dan nilai barang tersebut tidak lebih dari US$ 50 maka tidak akan dikenakan pajak. Namun jika lebih dari itu maka akan dikenakan pajak. Kemungkinan harga total 4 botol tersebut lebih dari US$ 50, maka dikenakan pajak.

CMIIW .

emoticon-I Love Indonesia
tampilin di sini aja gan

sepengetahuan ane obat/barang2 farmasi ada Bea Masuknya gan,

n ditentuin berdasarkan presentase x harga barang,

kalaupun ditahan bisa jadi obat tu dicurigai sebagai obat2an terlarang,

makanya ditahan dulu ga langsung dikirim ke penerima,

butuh penelitian juga di Balai Pengujian, n pastinya ga sebentar coz melihat reaksi macem apa yg bakal terjadi...

segitu aja gan setau ane,

ane juga Custom kok, kalau ada yang kurang berkenan mohon maaf, kami hanya bermaksud menjalankan tugas
Quote:


membaca tulisan tersebut saya bisa sampaikan :
1. penulis surat tersebut adalah orang yang nggak punya sopan santun, isi surat banyak memakai kata2 kotor, sehingga tidak pantas untuk ditampilkan di forum umum. Apakah kaskus juga suka kalo ada artikel yang masuk dengan kata2 kotor? Gayanya saja yang pake bahasa inggris, pada hal isinya kata2 kotor. kenapa harus memaki dan mengumpat?
2. Kalo ada masalah dengan kiriman, di kantor pos pasar baru ada kantor bea cukai. Dia bisa nanya ke sana segala macam hal yang pasti akan dijawab sesuai dengan peraturan yang ada.
3. Dengan adanya kantor bea dan cukai di pasar baru, mengapa si penulis surat percaya dengan omongan entah siapa melalui handphone dan akhirnya minta duit?
4. Jaman sekarang ini jangan mudah percaya omongan orang yang tiba2 minta duit tanpa alasan jelas dengan tidak memberikan tanda bukti. Apalagi mengatasnamakan institusi bea dan cukai.
5. saya bukanahli bea cukai, cuma prihatin aja ada surat pertanyaan dengan bahasa yang berisi banyak kalimat/kata2 kotor.
yg ahli beacukai ato yg punya pengalamannya, mohon petunjuk disini
Ga gitu jelas gan...ga berani ke TKP...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di