alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006684262/all-about-manthous-dan-campur-sari
Thumbs up 
Semua Tentang Manthous Ada Disini :D
Agan-agan tau musik campursari kan?
Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Disini ane pengen share dikit tentang campur sari dan salah satu legendanya yaitu Manthous.
Semoga agan berkenan....
Monggo.... emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By ""
CampurSari
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
Istilah campursari dalam dunia musik nasional Indonesia mengacu pada campuran (crossover) beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Nama campursari diambil dari bahasa Jawa yang sebenarnya bersifat umum. Musik campursari di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur khususnya terkait dengan modifikasi alat-alat musik gamelan sehingga dapat dikombinasi dengan instrumen musik barat, atau sebaliknya. Dalam kenyataannya, instrumen-instrumen ‘asing’ ini ‘tunduk’ pada pakem musik yang disukai masyarakat setempat: langgam Jawa dan gending.


Quote:Original Posted By ""
Sejarah CampurSari
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
Campursari pertama kali dipopulerkan oleh Manthous dengan memasukkan keyboard ke dalam orkestrasi gamelan pada sekitar akhir dekade 1980-an melalui kelompok gamelan “Maju Lancar”. Kemudian secara pesat masuk unsur-unsur baru seperti langgam Jawa (keroncong) serta akhirnya dangdut. Pada dekade 2000-an telah dikenal bentuk-bentuk campursari yang merupakan campuran gamelan dan keroncong (misalnya Kena Goda dari Nurhana), campuran gamelan dan dangdut, serta campuran keroncong dan dangdut (congdut, populer dari lagu-lagu Didi Kempot). Meskipun perkembangan campursari banyak dikritik oleh para pendukung kemurnian aliran-aliran musik ini, semua pihak sepakat bahwa campursari merevitalisasi musik-musik tradisional di wilayah tanah Jawa.


Quote:Original Posted By ""
Tokoh Campur Sari
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
Manthous lahir di Desa Playen, Gunung Kidul pada tahun 1950. Ketika berusia 16 tahun, Manthous memberanikan diri pergi ke Jakarta. Pilihan utamanya adalah hidup ngamen, yang ia anggap mewakili bakatnya. Namun, pada tahun 1969 dia bergabung dengan orkes keroncong Bintang Jakarta pimpinan Budiman BJ. Kemudian, pada tahun tahun 1976, Manthous yang juga piawai bermain bas mendirikan grup band Bieb Blues berciri funky rock bersama dengan Bieb anak Benyamin S. Bieb Blues bertahan hingga tahun 1980. Kemudian, Manthous bergabung dengan Idris Sardi, dalam grup Gambang Kromong Benyamin S. Selain itu, sebelumnya ia pernah juga menjadi pengiring Bing Slamet ketika tampil melawak dalam Grup Kwartet Jaya.

Kelihatannya semua pengalaman inilah yang membuat Manthous menguasai aliran musik apa pun. Dalam khazanah dangdut, bahkan, dia juga menjadi panutan karena mampu mencipta trik-trik permainan bas, yang kemudian ditiru oleh para pemain bas dangdut sekarang.

Pada tahun 1993, Manthous mendirikan Grup Musik Campursari Maju Lancar Gunung Kidul. Garapannya menampilkan kekhasan campursari dengan langgam-langgam Jawa yang sudah ada. Ada warna rock, reggae, gambang kromong, dan lainnya. Ada juga tembang Jawa murni seperti Kutut Manggung, atau Bowo Asmorondono, dengan gamelan yang diwarnai keyboard dan gitar bas. Bersama grup musik yang berdiri tahun 1993 dan beranggotakan saudara atau rekan sedaerah di Playen, Gunungkidul, Yogyakarta itu, Manthous menyelesaikan sejumlah volume rekaman di Semarang. Omzet penjualan mencapai 50.000 kaset setiap volume, tertinggi dibanding kaset langgam atau keroncong umumnya pada tahun-tahun pertengahan 1990-an.Di samping menyanyi sendiri dalam kegiatan rekaman itu Manthuos juga menampilkan suara penyanyi Sulasmi dari Sragen, Minul dari Gunungkidul, dan Sunyahni dari Karanganyar. Beberapa lagunya yang populer di antaranya Anting-anting, Nyidamsari, Gandrung, dan Kutut Manggung. Namun, karya besarnya yang banyak dikenal oleh orang Indonesia adalah Getuk yang pertama kali dipopulerkan oleh Nurafni Octavia. Sampai sebelum akhirnya terkena serangan stroke, Manthous bersama Grup Campursari Maju Lancar Gunungkidul menjadi kiblat bagi para pencinta lagu-lagu langgam Jawa dan campursari.



Spoiler for "Manthous sekarang":


Sumber :
Quote:Original Posted By ""
http://yudhipri.wordpress.com/2010/07/07/campur-sari/



Kalo ada agan2 yang pengen dengerin lagu2 campursari khususnya Manthous, bisa klik disini....
Quote:Original Posted By "download lagu"
http://gudanglagu.com/download-mp3-lagu-campursari-gratis/

Quote:Original Posted By "video"
http://jiwamusik.wordpress.com/category/lagu-nusantara/manthous-lagu-nusantara-2/


Supaya musik Campursari semakin dikenal dan tidak dilupakan orang,,
Supaya kebudayaan Indonesia semakin kaya dan tidak dicuri negara lain,,
biasakan komen yang bermutu dan jangan lupa....
Quote:Original Posted By ""
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******



buat agan2 yang baik hati dan tidak sombong, silakan bagi...
Quote:Original Posted By ""
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


[QUOTE]Mampir di trit ane yang lain juga gan.. emoticon-Kiss (S)
Siapa Bilang Pantai Indonesia Cuma Bali - Lombok? Ini Buktinya Gan..!!
Keindahan Bawah Laut Kalimantan yang Belum Terekspose (Ajiiib Gan..)
Mengungkap Mitos Pada Waktu Kehamilan (Wajib Dibaca)
GITAR vs PIANO (Pilih Mana Gan??)
Males and Bosen ama Kerjaan?? Ini Tipsnya Gan..!!!
Sejarah Jersey 3 Klub Tersukses Di Italia

makasih buat emoticon-I Love Kaskus dan jaya terus Indonesiaku..... emoticon-I Love Indonesia
cinta budaya Indonesiaemoticon-2 Jempol

abministrator PERTAMAX di postingan pertama
nice inpo emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Kaskus
susahnya pertamax di negeri sendiri....
emoticon-Malu
Wah ane jg dement ma seniman music ini Gan...
Pa lage dulu klo lihat langsung di acara perkimpoian, emoticon-Big Grin
Asyekk Dahh
Quote:Original Posted By abministrator
cinta budaya Indonesiaemoticon-2 Jempol

abministrator PERTAMAX di postingan pertama


ente cepet banget gan....
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By boy147
Wah ane jg dement ma seniman music ini Gan...
Pa lage dulu klo lihat langsung di acara perkimpoian, emoticon-Big Grin
Asyekk Dahh


iya gan, sayangnya sekarang Pak Manthous lagi sakit stroke gan...
emoticon-Turut Berduka
yen ing tawang ono lintang cah ayu,,,,,,,,
yang lagunya kek gtu kan gan ?
ksukaan mbah kakung ane yang nular ke ane ini emoticon-Malu

jual cepat ! nokia 6120 classic ful set muraaahhh and muluzz
musicnya makyus gan buat acara kimpoian

youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By semrawud
yen ing tawang ono lintang cah ayu,,,,,,,,
yang lagunya kek gtu kan gan ?
ksukaan mbah kakung ane yang nular ke ane ini emoticon-Malu

jual cepat ! nokia 6120 classic ful set muraaahhh and muluzz


iya gan, lagu itu emang populer banget, enak banget tu buat didengerin siang2 sambil tidur....
emoticon-2 Jempol
Wah gan bokap ane penggemar campursari. ******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
Quote:Original Posted By kifaly
Wah gan bokap ane penggemar campursari. ******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******


Campursari emang mantap gan...
jangan lupa dirate ya....
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
ane suka lagu yang satu ini gan emoticon-Kaskus Radio
Quote:Original Posted By Surfaze101
ane suka lagu yang satu ini gan emoticon-Kaskus Radio


jangan lupa dirate gan, biar orang2 Indonesia tau kalo kebudayaan kita tu sngat kaya...
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
demen ne lagu campur sari, trutama klo buat hajatan

skrg dh g eksis lg y manthos
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******

******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
Quote:Original Posted By leknovo
demen ne lagu campur sari, trutama klo buat hajatan

skrg dh g eksis lg y manthos
******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******

******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******


Udah ga eksis cos sakit stroke gan...
emoticon-Turut Berduka******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
kasihan bener
tp karyanya ttp eksis gan
emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By leknovo
kasihan bener
tp karyanya ttp eksis gan
emoticon-Mewek


Kita yang bisa bikin karyanya tetep eksis gan...
emoticon-I Love Indonesia******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
kadang ane juga ngedengerin musik campur sari gan

selain musiknya pak manthous ane juga seneng lagu lagunya didikempot & cak diqin
Quote:Original Posted By aiuredi
manteb gan, ane ctrl+S dulu buat arsip


Mantap gan... Jangan lupa di rate yah...
emoticon-I Love Kaskus******* ALL ABOUT MANTHOUS dan CAMPUR SARI *******
×