alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006640835/mengenal-candi-jabung-di-probolinggo-jawa-timur
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
Quote:
Candi Jabung adalah candi peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Berjarak hanya sekitar 5 km dari Kraksaan dan 500 meter dari pinggir jalan raya Surabaya - Situbondo. Dari arah Surabaya, petunjuk untuk menemukan lokasi candi adalah setelah kolam renang Jabung Tirta. 500 meter setelah kolam renang Jabung Tirta, di kanan jalan terdapat jalan kecil. Ikuti saja jalan tersebut, dan 500 meter kemudian tampak bangunan candi yg berdiri megah. Saya menyempatkan diri untuk mengunjungi candi tersebut pada pertengahan tahun 2010 dalam perjalanan dari Situbondo ke Surabaya. Foto-foto yang saya ambil bisa dilihat di thread ini.

Quote:
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)


Candi Jabung dibangun pada tahun 1354 Masehi, pada masa kebesaran kerajaan Majapahit. Dalam kitab Nagara Kertagama Candi Jabung di kunjungi oleh Raja Hayam Wuruk pada tahun 1359 Masehi. Berdasar kitab Pararaton, candi ini diperkirakan dibangun untuk tempat pemakaman Bhra Gundul salah seorang keluarga raja.


Quote:
Situs Candi Jabung terdiri dari dua bangunan yang terdiri atas satu bangunan utama dan satu bangunan yg lebih kecil. Yang menarik adalah material bangunan candi yang berupa batu bata merah berkualitas tinggi yang kemudian diukir dalam bentuk relief. Struktur bangunan candi yang hanya dari bata merah ini mampu bertahan ratusan tahun.

Quote:
Relief di candi
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)



Quote:
Candi utama ini terbuat dari batu merah dengan ukuran panjang 13,11 m, lebar 9,58 m dan tinggi 15,58 m. Ditinjau dari sudut arsitektur Candi Jabung sangat menarik, karena bagian tubuhnya berbentuk bulat (silinder) yang berdiri di atas bagian kaki candi bertingkat tiga berbentuk persegi. Sedangkan bagian atapnya berbentuk stupa. Letak pintu bilik candi berada disebelah barat, maka Candi Jabung menghadap ke barat.

Quote:
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)



Quote:
Di sebelah Barat Daya halaman candi utama terdapat bangunan candi yang lebih kecil. Fungsinya sebagai pelengkap bangunan induk Candi Jabung. Candi ini juga terbuat dari bahan batu bata merah. Bangunan candi tersebut berukuran tiap-tiap sisi 2.55 meter dan tinggi 6 meter.

Quote:
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)

Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)


Sayangnya pengunjung tidak boleh untuk naik dan masuk ke bangunan candi. Mungkin ini demi alasan agar candi tidak cepat rusak.


Quote:
Di sekitar Candi Jabung banyak sekali dijumpai pohon maja dengan buahnya yang berwarna hijau, berukuran sebesar melon, dan rasanya yang pahit. Jadi teringat asal-usul dan arti nama Majapahit, yaitu buah maja yang pahit.

Quote:
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)



Quote:
Di lokasi Candi Jabung, pengunjung bisa mengetahui sejarah seluk beluk Candi Jabung dari informasi yang terpampang di papan informasi di depan candi. Dijelaskan bahwa pada tahun 1978, kondisi candi tampak tak terurus, seluruh bangunan ditumbuhi pohon dan rumput liar. Baru pada tahun 1980 Pemkab Probolinggo melakukan pemugaran umtuk merenovasi dan menggantikan bagian yang rusak. Baru pada tahun 1987 setelah pemugaran selesai, Candi Jabung sedah bisa dinikmati wisatawan.

Quote:
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)




Quote:
Saat ini, tidak ada tarif resmi atau tiket masuk untuk mengunjungi candi. Pengunjung yang datang bisa langsung masuk ke halaman candi setelah sebelumnya melapor kepada petugas yang menjaga lokasi candi dan mengisi buku tamu. Para kaskuser yg sedang melakukan perjalanan dari Surabaya ke arah Banyuwangi atau sebaliknya bisa menyempatkan diri untuk singgah sebentar ke candi ini. Menikmati keindahan candi dan melihat bukti kebesaran bangsa Indonesia di masa lampau.



Kunjungi thread saya yang lain:
Quote:
7 Surga Bawah Laut Indonesia
Pesona Pantai Mengiat di Nusa Dua, Bali
Transportasi Kota Semarang Perlu Segera Dibenahi
Uang Kertas Sukarelawan Dwikora 1964, Uang Kertas BI Bernominal Terkecil
Salah Satu Warisan Peninggalan Budaya Indonesia
Patut Dibanggakan Dan Dijaga emoticon-I Love Indonesia





Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
join grup kami!!
>> ISENG ISENG PERTAMAX <<


"KAMI BUKAN DEWA, KAMI BUKAN PENYERGAP, KAMI BUKAN KAPTEN, KAMI BUKAN PIRATES, KAMI... cuma iseng!!"
bisa menambah devisa negara dari para turis nih gan
nice info gan
ane mah sering lewat doank....
tapi kagak pernah nih mampir ke tempat langsung dmna keberadaan candi.....
rajin jg jalan2nya gan emoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesia
Kayanya menarik..
nyimak ah...
emoticon-thumbsup
Quote:Quote:[HOT][Must Read!] Thread dengan Kualitas Bintang Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
Quote:Quote:Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)Hadiah Gratis 1 Januari 2011 - 20 Januari 2011Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)[]Pesaing Facebook Telah Tiba!!!Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)[COLOR="Red"]PDA Windows Mobile 6.1 [Lelang]
Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
Quote:Original Posted By soulfreax
rajin jg jalan2nya gan emoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesia


iya dong gan, kan menerapkan pepatah sambil menyelam minum air... emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By CecepDigul
ane mah sering lewat doank....
tapi kagak pernah nih mampir ke tempat langsung dmna keberadaan candi.....


kalau ada waktu mampir saja gan, dijamin gak nyesel kok.....
wah situs candi..menarik info, hrs dilestarikan, thx
Ini di selatan kota ane gan, ane di Probolinggo tapi lom pernah ke sini
cek TKP emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Peace
Quote:Original Posted By CecepDigul
ane mah sering lewat doank....
tapi kagak pernah nih mampir ke tempat langsung dmna keberadaan candi.....


malahan ane ga tau padahal ane dulu tinggal di probolinggo
mantab gan infonya :thumbsup..
wah manteb tuh bs wisata sejarah Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
keren tapi ngak besar ya ganemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
wow emoticon-Belo rupanya peninggalan majapahit yah
wah baru tau kalau di daerah itu ada ccandinya gan.. biasanya cuma lewat saja..he2
bisa mampir lain kali neh lumayan wisata sejarah juga..
nice info gan
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
Mantap amir ya......

Nice inpo gan..

Ane jg pngn adventure ke lokasi2 wisata sejarah slama di east java nich,,bener2 banyak pninggalan krajaan tempo dulu.


emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Blue Guy Cendol (L)


emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By Startrii
wah manteb tuh bs wisata sejarah Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)

betul sekali gan, melihat kebesaran nenek moyang bangsa kita....


Quote:Original Posted By Starsix
wow emoticon-Belo rupanya peninggalan majapahit yah

betul gan....



Quote:Original Posted By GP1990
wah baru tau kalau di daerah itu ada ccandinya gan.. biasanya cuma lewat saja..he2
bisa mampir lain kali neh lumayan wisata sejarah juga..
nice info gan
ane bantu emoticon-Rate 5 Star

silahkan mampir gan, gak bakalan rugi kok....
Yg plg penting sih situs2 bersejarah hrs dilestarikan Mengenal Candi Jabung di Probolinggo (Jawa Timur)
kasihan juga ya nasib candi kecil2, hanya sering numpang lewat. selalu aja yang menonjol prambanan dan borobudur
Quote:Original Posted By kurirasi
kasihan juga ya nasib candi kecil2, hanya sering numpang lewat. selalu aja yang menonjol prambanan dan borobudur


tapi sisi positifnya kondisi candinya tidak dikotori tangan-tangan jahil gan...