alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006575169/mau-ke-sydney-atau-baru-di-sydney-baca-dulu-ini-quotsydney-survival-guidequot-update
Mau ke Sydney? atau baru di sydney? baca dulu ini "SYDNEY SURVIVAL GUIDE" [update]
Quote:Sydney Survival Guide 2010/11

AKOMODASI
Tantangan terbesar bagi anda sebelum memulai studi di Sydney adalah menemukan tempat tinggal permanen yang sesuai dengan selera dan kondisi keuangan anda. Pencarian tempat tinggal ini bisa memakan waktu lebih berminggu-minggu dan memerlukan kesabaran yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya pencarian dimulai sesegera mungkin, sebelum waktu pendaftaran resmi di universitas.

Semakin singkat selisih antara waktu kedatangan anda ke Sydney dan waktu pendaftaran resmi di universitas, semakin berkurang peluang anda untuk mendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan harapan anda. Permintaan tempat tinggal di Sydney saat ini sangat tinggi sementara penawaran yang ada sangat terbatas. Dengan demikian, harga sewa relatif tinggi dan cenderung naik. Kami menyarankan anda untuk mempertimbangkan untuk berbagi kamar atau berbagi apartemen/rumah dengan orang lain guna menghemat biaya.

Terdapat beberapa akomodasi kampus (on campus accommodation) yang dikelola oleh universitas. Informasi mengenai akomodasi kampus ini dapat dilihat di situs masing-masing sebagai berikut:
- UNSW Accomodation – ([url]www.housing.unsw.edu.au[/url])
- UTS Accomodation – ([url]www.housing.uts.edu.au[/url])
- USYD Accomodation – ([url]www.usyd.edu.au/current_students/accommodation/index.shtml[/url])
- Macquarie University Accomodation – ([url]www.accommodation.mq.edu.au[/url])
Pilihan yang ditawarkan bervariasi dari single room (satu kamar dihuni oleh satu orang) hingga shared room (satu kamar dihuni oleh lebih dari satu orang). Karena tempat yang tersedia sangat terbatas, jika anda berminat untuk mendapatkan akomodasi dalam kampus, anda harus mendaftar sedini mungkin.

Akomodasi di Luar Kampus
Akomodasi di luar kampus dimiliki, dikelola dan dipasarkan oleh pemiliknya sendiri (landlord atau landlady) atau oleh agen real estate. Selain rumah, terdapat beberapa jenis akomodasi, yakni:
- Kamar – Anda dapat menempati kamar anda sendiri atau berbagi dengan teman anda, namun pemakaian ruangan lain seperti dapur, ruang tamu dan kamar mandi biasanya berbagi dengan penghuni yang lain
- Unit/flat – Apartemen dengan satu atau beberapa kamar tidur, dapur, ruang tamu dan satu atau dua kamar mandi yang biasanya berbagi dengan penghuni yang lain (jika ada)
- Flatette – Biasanya berupa seubah ruangan dengan dapur di dalamnya, namun kamar mandi terletak di luar ruangan (anda harus berbagi dengan penghuni lain)
- Studio – Satu ruangan dengan dapur dan kamar mandi

Cara paling nyaman untuk mendapatkan tempat tinggal tetap adalah dengan mengambil alih sebuah kamar/unit/rumah dari mereka yang telah menyelesaikan studinya dan bermaksud untuk kembali ke tanah air mereka, sebelum properti tersebut secara resmi dikembalikan kepada pemiliknya dan mereka iklankan kembali untuk disewakan. Hal ini akan menghemat waktu anda karena menemukan tempat tinggal tetap di Sydney dapat sangat menghabiskan waktu dan biasanya akomodasi seperti ini telah dilengkapi dengan perabotan (furnished).

Jika anda tidak menemukan tempat tinggal untuk diambil alih, anda dapat memanfaatkan berbagai sumber lain untuk menemukan iklan penawaran kamar/unit/rumah. Sumber terbaik adalah surat kabar Sydney Morning Herald edisi hari Sabtu, atau pencarian secara online melalui [url]www.domain.com.au[/url], [url]www.realestate.com.au[/url] atau [url]www.studentflatmates.com.au[/url]. Anda juga dapat menemukan informasi dari agen real estate terdekat dan pengumuman yang ditempelkan di tiang lampu penerangan umum, tiang lampu merah atau papan pengumuman di kampus. Berikut beberapa agen real estate di Sydney yang melayani masyarakat Indonesia:
- Penta Properties – ([url]www.pentaproperties.com[/url], +61 2 9212 5522)
- Bless Real Estate – ([url]www.blessre.com.au[/url], +61 2 9697 9777)
- Irwan Real Estate – ([url]www.irwan.com.au[/url], +61 2 9737 8225)
- Glory Group Properties – ([url]www.glorygroup.com.au[/url], +61 2 9261 0283)
Quote:Prosedur Penyewaan
Prosedur yang umum berlaku di Sydney adalah anda harus datang melihat sendiri tempat yang ingin anda sewa sebelum anda menyewanya. Jangan segan untuk menanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui (hal-hal yang sekiranya sepele sekalipun) kepada pemilik tempat atau agen real estate yang mendampingi saat anda melakukan kunjungan (inspection). Buatlah sebuah check-list sebelum anda melakukan inspeksi agar anda tidak melupakan detil-detil yang penting.

Jika kamar/unit/rumah tersebut ditawarkan melalui agen real estate, umumnya inspeksi dijadwalkan pada hari Sabtu atau Minggu, atau sesuai perjanjian sebelumnya. Informasi mengenai jadwal inspeksi biasanya disertakan dalam iklan penawaran atau anda dapat menghubungi mereka melalui telepon atau e-mail untuk mengatur jadwal inspeksi. Menelpon langsung adalah cara yang paling efisien jika waktu inspeksi tidak disertakan dalam iklan penawaran.

Jika anda berurusan langsung dengan pemilik tempat, prosedur penyewaan cukup mudah. Setelah anda menginspeksi tempat dan kedua belah pihak (anda dan pemilik tempat) sepakat untuk terikat dalam perjanjian sewa-menyewa, anda dapat menandatangani perjanjian dan pindah ke tempat tersebut pada waktu yang ditentukan. Namun demikian, pastikan bahwa anda telah memahami isi dan konsekuensi dari tiap pasal dalam perjanjian tersebut sebelum menandatanganinya. Jika anda berurusan dengan agen real estate, setelah anda menginspeksi tempat yang anda taksir, biasanya anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi (jika anda tertarik pada lebih dari satu tempat yang dipasarkan oleh agen yang sama, anda akan diminta untuk mengurutkan sesuai prioritas anda).

Masing-masing agen properti memiliki standar sendiri untuk mempertimbangkan aplikasi anda, namun biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan bukti identitas diri (fotokopi paspor atau SIM), fotocopy bank statement (rekening koran bank), surat referensi dari orang yang mengenal anda dan menyatakan kemampuan dan kelayakan anda menyewa properti, informasi mengenai pekerjaan (jika anda bekerja), informasi mengenai tempat-tempat yang anda sewa sebelumnya (jika ada), dan sebagainya. Sebaiknya anda mengajukan aplikasi untuk lebih dari satu properti karena tidak ada jaminan bahwa anda akan mendapatkan properti pertama yang anda idam-idamkan.

Sebagai tambahan, sebaiknya anda melengkapi semua formulir plus dokumen yang dibutuhkan dan menyerahkannya langsung pada agen real estate sesegera mungkin. Setelah dokumen telah lengkap, agen real estate tersebut akan memeriksa kelayakan anda untuk menyewa properti tersebut. Jika anda dianggap layak, aplikasi anda akan diteruskan kepada pemilik properti bersama dengan aplikasi dari peminat lainnya. Pada tahap ini, keputusan berada di tangan pemilik properti. Jika si pemilik terkesan dengan aplikasi anda, agen real estate akan segera menghubungi anda untuk menginformasikan bahwa anda dapat menyewa tempat itu dan meminta konfirmasi apakah anda akan jadi menyewa tempat itu atau tidak.

Setelah memberikan konfirmasi bahwa anda jadi untuk menyewa tempat tersebut, anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian sewa-menyewa. Biasanya anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang yang terdiri dari uang sewa minggu pertama, rental bond (biasanya sebesar harga sewa 4 atau 6 minggu) dan agreement fee. Anda akan mendapatkan kembali uang rental bond anda setelah masa sewa berakhir.
Sebelum anda menandatangani perjanjian, anda akan diminta untuk melengkapi laporan mengenai kondisi properti. Isilah laporan tersebut sedetil mungkin. Misalnya, jika ada sedikit saja cacat pada karpet, retakan pada jendela, cat rumah yang kusam, beberapa ubin yang retak atau hilang dan sebagainya, bahkan jika anda berpikir bahwa hal tersebut terlalu konyol untuk ditulis, anda harus melakukannya karena anda akan dituntut untuk mengembalikan tempat tersebut sesuai kondisi awal saat anda mulai menyewanya. Pada saat masa sewa berakhir, jika agen real estate atau pemilik properti menemukan kerusakan atau cacat yang tidak ditulis pada laporan kondisi yang seharusnya diisi sebelum mulai menyewa, anda akan diharuskan membayar ganti rugi dengan uang rental bond yang telah anda serahkan sebelum menempati properti tersebut.

Bentuk perjanjian sewa-menyewa, termasuk laporan kondisi (baik untuk properti yang dipasarkan oleh pemilik secara langsung maupun melalui agen properti) biasanya telah sesuai dengan standar dari undang-undang Residential Tenancies Act 1987. Bacalah perjanjian tersebut secara menyeluruh dan hati-hati sebelum menandatanganinya untuk menemukan beberapa poin yang sekiranya dapat merugikan anda. Anda dapat meminta pendapat dari mereka yang berpengalaman menyewa properti di Sydney untuk menemani anda saat menandatangani perjanjian.

Sebelum menandatangani perjanjian anda juga dapat menunjukkan naskah perjanjian tersebut kepada petugas housing office universitas anda untuk meminta pendapat mereka. Setelah anda menandatangani perjanjian, jangan lupa untuk menyimpan copy dari dokumen perjanjian, laporan kondisi dan semua tanda terima pembayaran untuk properti tersebut dalam arsip anda. Sekarang anda dapat pindah ke tempat tersebut pada tanggal yang telah disepakati oleh pemilik property dan memulai masa sewa anda.

Jika anda menemukan ketidakberesan di tempat baru anda, misalnya kran air tidak berfungsi dengan semestinya, anda dapat mengajukan keluhan kepada landlord/landlady atau agen real estate yang mengurus perjanjian penyewaan anda. Jika anda menyewa properti kosong tanpa perabot (unfurnished) dan dana anda terbatas, anda dapat menemui sesama pelajar yang akan segera kembali ke tanah air mereka dan menanyakan apakah anda dapat membeli barang-barang yang tidak lagi akan mereka perlukan, biasanya dengan harga yang lebih murah atau – jika anda beruntung- anda dapat memilikinya secara gratis.

Informasi mengenai moving sale (penawaran barang-barang karena pemiliknya akan pindah ke tempat lain dan tidak berniat untuk membawa sebagian atau seluruh barang yang mereka miliki) dapat ditemukan di tempat-tempat umum seperti tiang lampu merah di papan pengumuman sekitar kampus. Pilihan lain adalah mengunjungi Paddy’s Market di Flemington, garage sales, atau toko-toko penjualan barang bekas dan toko-toko amal seperti Salvation Army atau The Smith’s Family.
Quote:Tips untuk inspeksi
- Pilih dan buatlah daftar akomodasi sesuai dengan prioritas. Jika anda bermaksud untuk menginspeksi lebih dari satu tempat dalam satu hari, rencanakanlah sebaik-baiknya dan buatlah prioritas tempat yang mana yang lebih anda minati (seandainya waktu inspeksi bertabrakan)
- Hubungi pemasang iklan untuk mengatur waktu inspeksi yang sesuai. Pada saat menelpon, anda juga dapat menanyakan detil-detil penting mengenai tempat yang anda minati tersebut yang sekiranya dapat membuat anda mengurungkan niat untuk melakukan inspeksi. Anda mungkin hanya menginginkan tempat yang telah dilengkapi dengan perabot (furnished) atau anda hanya ingin berbagi dengan orang-orang dari jenis kelamin tertentu atau yang tidak merokok. Jangan buang waktu anda, serta waktu pemilik properti atau agen real estate, jika jawaban-jawaban yang anda terima dari komunikasi tersebut mengindikasikan bahwa anda tidak akan menyukai tempat tersebut
- Bawalah fotokopi paspor, SIM, kartu mahasiswa atau bukti identitas diri lainnya yang dilengkapi dengan foto anda, bank statement or surat yang menyatakan kemampuan keuangan anda, surat referensi atau alamat orang-orang di Australia yang dapat memberikan referensi bagi anda
- Akan banyak orang yang datang karena tertarik dengan akomodasi yang sama. Datanglah lebih awal atau tepat waktu untuk menghindari antrian dan agar anda dapat memasukkan permohonan anda lebih awal daripada peminat lain
- Tanyalah secara mendetil mengenai akomodasi yang anda lihat dan perhatikan apakah air panas mengalir, lampu menyala, lokasinya aman dan sebagainya. Akan sangat membantu jika anda sudah menyiapkan daftar pertanyaan sebelumnya. Catatan: Agen real estate atau pemilik properti tidak berhak memasukkan uang rental bond anda ke dalam rekening bank mereka sendiri. Mereka akan mendapatkan sanksi hukum jika terbukti melakukannya. Mereka harus menitipkannya kepada Office of Fair Trading. Biasanya anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai uang rental bond anda melalui pos sekitar 1 bulan setelah masa sewa anda dimulai. Jika anda tidak mendapatkannya, anda dapat meminta agen real estate untuk memberikannya pada anda untuk anda simpan

Tips untuk berbagi kamar
- Carilah teman sekamar yang anda kenal, misalnya dengan latar belakang, kepercayaan atau hobi yang sama
- Pasanglah iklan di universitas dan aturlah jadwal wawancara bagi peminat. Sebaiknya nyatakan secara terbuka jika anda tidak menyukai kebiasaan tertentu, khususnya kebiasaan jelek seperti merokok, mendengkur atau ketidakrapian
- Pilihlah teman sekamar anda secara bijak dan buatlah aturan-aturan untuk dipatuhi bersama

Transportasi umum

Quote:TRANSPORTASI UMUM
Ada tiga macam transportasi umum utama yang dapat digunakan selama di Sydney: bus, kereta api dan ferry. Sejak tahun 2009, pemerintah New South Wales telah mencanangkan sistem pembayaran prepaid untuk semua transportasi umum. Itu artinya, anda harus membeli tiket weekly, monthly, quarterly atau yearly terlebih dahulu sebelum menggunakan transportasi umum. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai tiket-tiket prepaid dan di mana anda dapat membelinya.

Perhatian! Apabila anda termasuk di dalam golongan international student (bukan warga negara atau permanent resident Australia dan bukan warga negara New Zealand), tanpa bantuan program beasiswa resmi pemerintah Australia seperti AUSaid, kemungkinan besar anda tidak akan mendapatkan hak untuk membeli tiket concession (diskon untuk tiket-tiket transportasi umum hingga 50%). Kami menyarankan anda untuk tidak mencoba-coba membeli tiket concession apabila anda tidak punya hak karena anda mempunyai resiko didenda $200! Mohon cek ulang dengan pihak universitas apakah anda mempunyai hak untuk membeli tiket concession.

Bus
Mayoritas bus di Sydney dikelola oleh pemerintah melalui Sydney Buses. Namun ada juga beberapa pengelola swasta seperti Hills Bus, Veolia Buses dan Punchbowl Buses. Biaya transportasi bus tergantung pada jarak kepergian anda, yang diukur dalam sections. Harga dari tiket prepaid itu sendiri tergantung dari berapa section-kah perjalanan anda. Bertanyalah kepada supir bus seandainya anda tidak yakin anda harus menggunakan tiket yang mana. Harga-harga di tabel ini adalah harga full price.

Sections : 1-2
Nama Tiket : MyBus1
Harga Single : $2.10
Harga Travelten : $16.80

Spoiler for my bus 1:


Sections : 3-5
Nama Tiket : MyBus2
Harga Single : $3.50
Harga Travelten : $28

Spoiler for my bus 2:


Sections : 6+
Nama Tiket : MyBus3
Harga Single : $4.50
Harga Travelten : $35

Spoiler for my bus 3:


Tiket single hanya dapat digunakan untuk satu perjalanan sementara tiket Travelten dapat digunakan untuk sepuluh perjalanan dan akan terus berlaku hingga perjalanan yang ke-10. Kami menyarankan anda untuk membeli tiket Travelten untuk menghemat uang. Tiket-tiket di atas dapat dipakai di bus-bus pemerintah (Sydney Buses) maupun bus-bus swasta. Tiket MyBus dapat dibeli di kebanyakan newsagents dan convenience stores (seperti 7/11). Meskipun tiket bus single dapat dibeli langsung dari supir bus, perlu diketahui bahwa kebanyakan rute bus di Sydney (terutama di City) adalah rute pre-pay only yang hanya menerima tiket prepaid yang telah disebut di atas.
Lihat ([url]www.myzone.nsw.gov.au/store_locator.html[/url]) untuk daftar lokasi penjualan tiket yang lengkap. Untuk informasi lebih lanjut mengenai semua rute bus yang melayani universitas-universitas di Sydney, lihat ([url]www.sydneybuses.info/network_interchange_maps.html[/url]) dan scroll down ke bagian ‘University Guides’.

Kereta Api
Kereta api (trains) di Sydney dikelola oleh pemerintah melalui Cityrail. Biaya transportasi kereta api tergantung pada jarak kepergian anda. Jenis tiket yang tersedia adalah: single, return, weekly, monthly, quarterly dan yearly. Harga-harga di tabel ini adalah harga full price.

Jarak : 0-10 km
Nama Tiket : MyTrain1
Harga Single : $3.40
Harga Weekly : $26

Jarak : 10-20 km
Nama Tiket : MyTrain2
Harga Single : $4.20
Harga Weekly : $33

Jarak : 20-35 km
Nama Tiket : MyTrain3
Harga Single : $4.80
Harga Weekly : $39

Jarak : 35-65 km
Nama Tiket : MyTrain4
Harga Single : $6.40
Harga Weekly : $50

Jarak : 65 km +
Nama Tiket : MyTrain5
Harga Single : $8.20
Harga Weekly : $59

Spoiler for my train:


Mekanisme pembelian tiket MyTrain adalah melewati petugas di stasiun dengan menyebutkan stasiun tujuan anda dan jenis tiket yang diinginkan atau melewati mesin penjual otomatis di stasiun
- University of Technology Sydney – stasiun Central (5 menit jalan kaki)
- University of Sydney – stasiun Redfern (10-15 menit jalan kaki apabila di kampus Darlington, 20-25 menit untuk kampus Camperdown)
- Macquarie University – stasiun Macquarie University

Kami menyarankan untuk membeli tiket return di atas jam 9 pagi karena harganya akan menjadi lebih murah. Namun lebih baik untuk membeli tiket jangka panjang seperti weekly, monthly, quarterly atau yearly untuk lebih menghemat uang. Jika anda membeli tiket weekly, monthly, quarterly atau yearly di atas jam 3 sore, masa berlaku tiket anda juga akan bertambah satu hari.

Perhatian! Beberapa minggu sekali pada akhir pekan, perbaikan rel dan infrastruktur kereta api yang dinamakan trackwork biasa terjadi. Pada saat trackwork, kereta api tidak akan berjalan seperti biasanya dan akan digantikan oleh bus. Lihat [url]www.cityrail.info[/url] untuk jadwal trackwork, serta rute dan jadwal kereta api.

Ferry
Dibandingkan dengan bus atau kereta api, ferry adalah metode transportasi umum yang cukup jarang digunakan untuk mahasiswa/i Indonesia selama di Sydney. Ferry dapat diambl dari Circular Quay atau Darling Harbour untuk menuju tempat-tempat rekreasi seperti Taronga Zoo dan Manly Beach. Lihat [url]www.sydneyferries.info[/url] untuk informasi lebih lanjut mengenai rute, jadwal dan harga tiket MyFerry.

Spoiler for my ferry:


Tiket-tiket transportasi umum lainnya
MyMulti adalah jenis tiket yang dapat digunakan untuk bus, kereta api dan ferry. Apabila anda akan sering menggunakan transportasi umum selama di Sydney, kami menyarankan agar anda membeli MyMulti karena jenis tiket ini lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli tiket yang berbeda-beda untuk bus, kereta api dan ferry. Harga-harga di tabel ini adalah harga full price.

Nama Tiket : MyMulti1
Harga Weekly : $43
Harga Quarterly : $452
Harga Yearly : $1632

Nama Tiket : MyMulti2
Harga Weekly : $51
Harga Quarterly : $533
Harga Yearly : $1929

Nama Tiket : MyMulti3
Harga Weekly : $60
Harga Quarterly : $638
Harga Yearly : $2311

Spoiler for my multi 1,2,3:


MyMulti3 mencakup zona yang lebih luas dibandingkan dengan MyMulti2, yang mencakup zona lebih luas dibandingkan dengan MyMulti1. Lihat ([url]www.myzone.nsw.gov.au/mymulti.html[/url]) untuk informasi lebih lanjut. Tiket MyMulti dapat dibeli di kebanyakan newsagents dan convenience stores (seperti 7/11), stasiun kereta dan pelabuhan ferry. Tiket MyMulti akan berwarna merah apabila dibeli di stasiun kereta dan hijau apabila dibeli di pelabuhan ferry. Lihat ([url]www.myzone.nsw.gov.au/store_locator.html[/url]) untuk daftar lokasi penjualan tiket yang lengkap.
Bagi anda yang ingin berkeliling Sydney sepuasnya selama satu hari dengan bus, kereta api dan ferry, tersedia pula tiket MyMultiDay seharga $20.

Informasi Lain
Apabila anda ingin mencari tahu rute bus atau kereta api apa saja yang perlu anda tumpangi ke suatu tempat, [url]www.131500.com.au[/url] mempunyai fitur Trip Planner yang dapat anda gunakan. Apabila suatu tempat tidak dapat dijangkau dengan transportasi umum dengan mudah, taksi di Sydney dapat dipesan melalui 133 300 (Taxis Combined) atau 133 100 (Silver Service). Sejak 12 Juli 2010, tarif taxi adalah $3.30 plus $1.99 per km. Biaya pemesanan adalah $2.20. Perlu diketahui bahwa akan ada tambahan biaya sebesar 20% untuk perjalanan di antara jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Telekomunikasi

Quote:TELEKOMUNIKASI
Layanan Seluler Ponsel
Layanan seluler ponsel di Australia dapat diperoleh dengan sistem prepaid, di mana pulsa dibeli
sesuai keperluan layaknya di Indonesia atau dengan sistem plan, di mana pengguna memasuki
kontrak selama 1 atau 2 tahun dengan provider untuk paket ponsel dan pulsa. Semakin baru model
ponsel dan semakin banyak kuota pulsa yang didapatkan, semakin mahal biaya plan ini. Provider
layanan seluler ponsel di Australia yang umum dipakai adalah Vodafone, Optus, Three (3), Virgin
Mobile dan Telstra.

Namun tidak seperti di Indonesia, di Australia anda pada umumnya akan mendapat pulsa yang jauh
lebih banyak dari jumlah yang anda bayar. Misalnya, dengan membayar $29, anda bisa mendapat
pulsa sebesar $300. Sistem ini dinamakan sistem cap dan yang pada umumya berlaku untuk satu
bulan (monthly cap). Dengan kata lain, dengan sistem prepaid anda harus mengisi pulsa satu bulan
sekali dan dengan sistem plan, kuota pulsa anda akan dimulai lagi dari awal setiap bulan. Apabila
anda menggunakan sistem plan, berhati-hati lah agar anda tidak melebihi kuota bulanan pulsa dan
data. Monthly cap yang ditawarkan berkisar dari $19 hingga $129.

Kartu SIM prepaid tersedia di banyak tempat seperti supermarket, convenience stores dan toko-toko
ponsel seperti Allphones. Pengisian pulsa prepaid (“recharging phone credit”) juga dapat dilakukan di
tempat-tempat ini. Kartu SIM plan (dan ponselnya) hanya dapat diperoleh dari toko-toko ponsel dan
dari situs provider. Ini mengingat sistem plan memerlukan sebuah kontrak yang tentunya lebih rumit
pendaftarannya. Perlu juga diperhatikan bahwa proses pendaftaran untuk sistem plan biasanya akan
lebih rumit apabila anda tidak mempunyai pekerjaan yang menghasilkan pendapatan tetap.

Masyarakat Indonesia di Sydney pada umumnya menggunakan Vodafone, Optus dan 3 yang
menawarkan paket-paket yang lebih menarik dibandingkan Telstra, misalnya telepon gratis sesama
Vodafone dan 3 serta SMS gratis sesama Optus. Namun demikian, jangkauan jaringan Telstra lebih
luas dan kekuatan sinyalnya lebih luas dibandingkan provider yang lain. Mengingat kompetisi antar
provider di Australia sangat ketat, kami menyarankan untuk membandingkan dan meneliti sebelum
membeli, karena banyak sekali paket-paket prepaid dan plan menarik yang ditawarkan.

- Vodafone – [url]www.vodafone.com.au[/url]
- Optus – [url]www.optus.com.au[/url]
- 3 – [url]www.three.com.au[/url]
- Virgin Mobile – [url]www.virginmobile.com.au[/url]
- Telstra – [url]www.telstra.com.au[/url]

Kartu Telepon ke Indonesia
Kami menyarankan anda untuk membeli kartu telepon apabila ingin menelepon ke Indonesia. Ini
dikarenakan biaya yang sangat mahal apabila menggunakan ponsel. Kartu telepon yang biasa
digunakan adalah Jakarta Calling Card, Sunshine, 123 Asia dan 234 Calling Card. Kartu-kartu ini dapat
diperoleh di toko-toko Indonesia seperti White Lotus, Toko dan Randwick Oriental Supermarket,
toko-toko Oriental dan online dari ([url]www.cheapcard.com.au[/url])

Bank

Quote:BANK
Lima bank besar yang dapat ditemui di Sydney adalah Commonwealth Bank of Australia (CBA), National Australia Bank (NAB), Australia and New Zealand Bank (ANZ), Westpac dan St George Bank. Kebanyakan masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki rekening di CBA, diikuti oleh NAB dan St George.

Jika anda adalah mahasiswa penerima beasiswa dari AusAID, anda akan diberi sejumlah uang dalam bentuk cek untuk dipergunakan sebagai biaya hidup awal sebelum anda mulai menerima uang saku (stipend) per dua minggu. Cek tersebut diberikan pada hari pertama orientasi atau pada saat anda lapor diri pada koordinator AusAID di universitas anda (biasanya petugas di International Office). Anda akan diberi sebuah formulir yang harus anda lengkapi dengan informasi perbankan anda untuk pembayaran uang saku. Berikut kami berikan contoh prosedur pembukaan dan penggunaan rekening bank dengan CBA.

Bawalah cek dan paspor anda ke cabang CBA terdekat. Bukalah Streamline Account dan simpanlah cek anda ke dalam rekening tersebut. Jangan lupa untuk sebelumnya menginformasikan kepada petugas teller bahwa anda adalah seorang student. Anda dapat mengambil maksimal $500 dari nilai cek anda pada kesempatan ini. Streamline Account tidak memberikan bunga dan sebagai student, anda tidak dibebani biaya administrasi bulanan. Tabungan anda di Streamline Account dapat diambil melalui ATM ataupun konter.

Untuk memudahkan anda mengendalikan transaksi keuangan melalui Internet, kami menyarankan anda untuk membuka rekening Netbank. Jenis rekening ini memberikan bunga untuk tabungan anda. Anda dapat melakukan transfer keuangan dengan mudah dari tabungan Streamline anda ke tabungan Netbank atau sebaliknya, dan transfer ke rekening di bank lain. Rekening di tabungan Netbank tidak dapat langsung diambil melalui ATM, tetapi dapat ditransfer ke rekening Streamline anda sebelum diambil di ATM

Berbeda dengan sistem perbankan di Indonesia, anda tidak akan mendapatkan buku tabungan. Kartu ATM juga tidak akan langsung diberikan kepada anda pada saat anda membuka rekening. Anda harus memberikan alamat anda kepada bank agar mereka dapat mengirimkan kartu ATM dan nomor PIN (demi keamanan, ATM dan nomor PIN akan dikirimkan dalam surat yang berbeda dan tidak akan dikirimkan bersamaan). Anda harus menunggu hingga maksimum 10 (sepuluh) hari sebelum menerima kartu ATM dan nomor PIN anda.

Sebagai full time student, anda dibebaskan dari biaya administrasi. Namun demikian, anda harus memiliki student card yang masih berlaku untuk membuktikan bahwa anda adalah full time student. Segera setelah menerima student card, kembalilah ke bank untuk menginformasikan nomor siswa anda dan bank akan mengembalikan biaya administrasi yang terlanjur mereka bebankan kepada anda (jika ada). Uang saku dari AusAID adalah bebas pajak dan jika Anda memiliki NPWP Australia yang disebut dengan Tax File Number (TFN), rekening bank Anda tidak akan dikenai pajak. Oleh karena itu, jika anda memiliki TFN, laporkanlah ke bank

Jaringan ATM CBA adalah yang terluas di Australia. Apabila anda mempunyai rekening dengan CBA, anda bisa mengecek saldo dan mengambil tunai secara gratis dari ATM CBA dan ATM Bankwest. Jaringan ATM Westpac adalah yang kedua terluas di Australia dikarenakan setelah acquisition St George oleh Westpac tahun 2009 yang lalu. Kartu ATM Westpac atau St George anda dapat juga digunakan untuk mengecek saldo dan menarik tunai secara gratis di ATM Citibank. Kartu ATM NAB dan ANZ hanya dapat digunakan untuk mengecek saldo dan mengambil tunai secara gratis di ATM bank masing-masing. Tunai yang ditarik dari ATM akan berdenominasi $20 atau $50.

Jangan segan untuk menanyakan informasi sebanyak mungkin kepada pihak bank, terutama mengenai produk-produk perbankan yang sesuai untuk pelajar. Kami menyarankan anda untuk membandingkan pelayanan, biaya-biaya administrasi dan lokasi beberapa bank, sebelum memutuskan mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda. Pada umumnya, bank-bank buka dari jam 9 atau 9.30 pagi dari Senin-Jumat hingga pukul 4 sore dari Senin-Kamis dan pukul 5 sore pada hari Jumat. Beberapa cabang utama bank juga buka pada hari Sabtu dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang.

- Commonwealth Bank – [url]www.commbank.com.au[/url]
- National Australia Bank – [url]www.nab.com.au[/url]
- St George – [url]www.stgeorge.com.au[/url]
- Westpac – [url]www.westpac.com.au[/url]
- ANZ – [url]www.anz.com.au[/url]

Perhatian! Apabila anda menggunakan ATM anda di ATM bank asing (ATM bank selain ATM di mana pengecekan saldo dan penarikan tunai dapat dilakukan dengan gratis, sesuai yang telah dibahas sebelumnya), anda akan dikenakan biaya administrasi antara $0.50 hingga $1 untuk pengecekan saldo dan $2 untuk penarikan tunai. Biaya ini akan ditampilkan di layar ATM.

Makanan

Quote:MAKANAN
Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan di Sydney, termasuk Chinese, Jepang, Korea, Thailand, Vietnam, Italia, Spanyol, Yunani, Lebanon dan tentu saja, Indonesia. Harga makanan di restaurant-restaurant berkisar dari $6 sampai dengan $15. Kebanyakan harga makanan untuk lunch akan lebih murah daripada untuk dinner. Berikut adalah beberapa restaurant Indonesia dan Asia yang kami rekomendasikan, dengan rating sesuai pengalaman tim penyusun Survival Guide ini.

Nama Restaurant : Ayam Goreng 99 (4.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 464 Anzac Parade, Kingsford
Keterangan : Restaurant Indonesia paling ternama di Sydney. 5 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Buck-Me (3/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 522 Anzac Pde, Kingsford
Keterangan : 5 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Martabak Rosebery (3.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 341A Anzac Pde, Kingsford
Keterangan : Martabak paling ternama di Sydney. 5 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Indorasa (3/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 309 Anzac Pde, Kingsford
Keterangan : 5 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Pempek Clovelly (3.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 198 Anzac Pde, Kensington
Keterangan : Pempek paling ternama di Sydney. 10 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Pondok Buyung (4.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 124 Anzac Pde, Kensington
Keterangan : Makanan Padang paling ternama di Sydney. 10 menit dari UNSW

Nama Restaurant : Aneka Soto (3/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 182 Maroubra Road, Maroubra
Keterangan : 10 menit dari KJRI Sydney

Nama Restaurant :Mie Kocok Bandung (3.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 108 Maroubra Rd, Maroubra
Keterangan : 10 menit dari KJRI Sydney

Nama Restaurant : Cafe Joy (3.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 8 Quay Street, Haymarket (Prince Centre)
Keterangan : Halal-certified, 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Shalom (3.5/5)
Makanan : Indonesia
Alamat : 421 Pitt St, Sydney dan 3/299 Sussex St, Sydney
Keterangan : 5-10 menit dari UTS

Nama Restaurant : Ramen Kan (3.5/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 1/90 Hay St, Haymarket
Keterangan : 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Menya Noodle Bar (4/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 8 Quay St, Haymarket
Keterangan : 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Kura (4.5/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 3/76 Ultimo Rd, Haymarket
Keterangan : Tempat sangat kecil, lebih untuk take-away. 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Tetsuya (4/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 529 KENT STREET

Nama Restaurant : Wagaya (3.5/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 1/78 Harbour St, Haymarket
Keterangan : 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Makoto Sushi Bar (4/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 119 Liverpool St, Haymarket
Keterangan : 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Ichi Ban Boshi (3.5/5)
Makanan : Jepang
Alamat : Level 2, 500 George St, Sydney (Galleries Victoria)

Nama Restaurant : Takeru (4/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 339 Sussex St, Sydney

Nama Restaurant : Sushi Tei (3.5/5)
Makanan : Jepang
Alamat : 1 Chifley Square, Sydney

Nama Restaurant : Chat Thai (4.5/5)
Makanan : Thailand
Alamat : 20 Campbell St,
Keterangan : Salah satu restaurant Thailand

Nama Restaurant : Home Thai Restaurant (4/5)
Makanan : Thailand
Alamat : 299 Sussex Street
Keterangan :

Nama Restaurant : Satang Thai (4/5)
Makanan : Thailand
Alamat : 20 Quay St, Haymarket
Keterangan : 5 menit dari UTS

Nama Restaurant : Newtown Thai (3/5)
Makanan : Thailand
Alamat : 177 King St, Newtown
Keterangan : 5-10 menit dari USYD

Nama Restaurant : Thai La Ong (3.5/5)
Makanan : Thailand
Alamat : 89 King St, Newtown
Keterangan : Salah satu lunch termurah di Sydney, $6. 5-10 menit dari USYD

Nama Restaurant : Madang (4/5)
Makanan : Korea
Alamat : 371A Pitt St, Sydney

Nama Restaurant : Seoul Ria (4/5)
Makanan : Korea
Alamat : Level 2, 605-609 corner of George and Goulburn Streets

Nama Restaurant : Din Tai Fung (4/5)
Makanan : Chinese
Alamat : 644 George St, Sydney (World Square)

Nama Restaurant : Mamak (4/5)
Makanan :Malaysia
Alamat : 15 Goulburn St, Sydney
Keterangan : Salah satu restaurant Malaysia terlaris di Sydney. 5-10 menit dari UTS


Berikut adalah beberapa toko yang menjual makanan Indonesia beserta bahan-bahan makanan dan barang-barang dari Indonesia lainnya:
- Toko, 390 Castlereagh St, Sydney
- White Lotus 379 Anzac Pde, Kingsford
- Randwick Oriental Supermarket Shop 1, 57-63 Belmore Rd, Randwick dan 500 Anzac Pde, Kingsford
- Seahorse Brother 128 Beamish St (corner of Ninth Ave), Campsie

Daging halal dapat diperoleh dari Halal Butchers. Daftar lengkap dapat dilihat di ([url]www.international.mq.edu.au/macquarie/sydney/religion/halal_butchers[/url]) Salah satu Halal butchers ternama di Sydney adalah TJ Muamullah. Toko ini dimiliki oleh orang Indonesia dan berlokasi di 105A Anzac Pde, Kensington, 10 menit dari UNSW.

Ibadah

Quote:IBADAH
Salah satu masjid di Sydney yang sering dikunjungi oleh orang Indonesia adalah Tempe Mosque, yang terletak di 45 Station St, Tempe. Informasi lebih lanjut dan daftar lengkap masjid/musholla dapat dilihat di (http://www.international.mq.edu.au/m...ligion/mosques)

Berikut beberapa gereja untuk orang Indonesia yang berada di Sydney:
- Sydney Christian Worship Centre – Hoyts Cinema 8 Entertainment Quarter, Lang Rd, Moore Park, setiap Minggu jam 9 pagi dan jam 10.45 pagi
- Catholic Indonesian Community (CIC) Sydney – St Peter Julian, 641 George St, Haymarket, setiap hari Sabtu ke-1, ke-3 dan ke-5 jam 2.30 siang dan di Our Lady of Rosary, 4 Roma Avenue, Kensington, setiap Minggu jam 3.30 sore
- Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Sydney – UTS Building 2, Main Hall Level 4, setiap Minggu jam 9.30 pagi
- IFGF Sydney –826 George Street, setiap Minggu jam 4 sore
- Gereja Bethany Indonesia – VIBE Hotel, 111 Goulburn St, Sydney, setiap Minggu jam 10 pagi
- Place of Hope – 609 Harris St, Ultimo, setiap Minggu jam 10 pagi
- Indonesian Presbyterian Church – Corner Alison Rd & Cook St Randwick, setiap Minggu jam 8 pagi; 94 Houston Rd, Kingsford, setiap Minggu jam 10.30 pagi dan 44 Margaret St, Sydney, setiap Minggu jam 5 sore
Dua vihara untuk orang Indonesia yang berada di Sydney termasuk Vihara Tong Hua Maitreya Sydney – 790 Canterbury Rd Belmore, setiap Minggu jam 10 pagi dan Vihara AuGuang Maitreya, 1120 Anzac Pde, Maroubra, setiap Minggu jam 12 siang.

Lain lain

Quote:LAIN-LAIN
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney – Sebaiknya anda melaporkan diri ke KJRI Sydney pada minggu pertama kedatangan anda di Australia. Hal ini berlaku pula bagi anggota keluarga anda. Kemudian setelah 6 bulan tinggal di Sydney, melaporlah kepada KJRI agar anda dapat mengganti alamat anda di Passport sehingga anda akan mendapatkan bebas fiskal apabila pulang ke Indonesia nanti. Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney terletak di 236-238 Maroubra Road, Maroubra. Telp: +612 9344 9933, ([url]www.kjri-sydney.org.au[/url])

Cuaca – Cuaca di Sydney terkadang tidak dapat diprediksi dengan akurat – panas di musim dingin dan hujan lebat berangin di musim panas. Oleh karena itu lebih baik anda selalu bersiap-siap dan memeriksa perkiraan cuaca terlebih dahulu di ([url]www.bom.gov.au[/url])

- Musim semi atau Spring, biasa dimulai pada bulan September dan berakhir pada awal bulan Desember. Cuaca pada musim ini berkisar antara 10-25 derajat Celcius, hingga terkadang masih terasa seperti winter, tapi terkadang juga bisa panas sekali. Angin kencang serta hujan yang tidak menentu juga harus dipertimbangkan
- Musim panas atau Summer, biasa dimulai pada bulan Desember sampai dengan awal Maret. Cuaca pada musim ini berkisar antara 25-40 Derajat Celcius. Terkadang sering muncul larangan untuk keluar rumah karena udara yang terlalu panas dan bahaya karena kebakaran hutan
- Musim gugur atau Autumn, biasa dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada awal Juni. Cuaca pada musim ini berkisar antara 10-25 Derajat Celcius dan disertai dengan angin yang kencang serta hujan yang tak menentu
- Musim dingin atau Winter, biasa dimulai pada bulan Juni dan berakhir pada awal bulan September. Cuaca pada musim ini berkisar antara 5-20 Derajat Celcius dan disertai dengan hujan dan angin kencang

Supermarket – Ada 2 supermarket besar untuk berbelanja groceries di Sydney, Woolworths (Woolies) dan Coles. Mereka juga seringkali memberikan diskon yang cukup besar terhadap jenis barang yang berbeda-beda setiap minggunya. Terdapat juga beberapa supermarket yang lebih murah seperti Aldi, Bi-Lo dan Franklins. Namun supermarket ini tidak begitu banyak lokasinya dan ragam barangnya lebih sedikit.

Toko-toko – Untuk barang-barang yang lumayan murah, anda dapat pergi ke Kmart, Target dan Big W. Myer dan David Jones adalah department stores untuk kalangan menengah ke atas. Apabila anda menginginkan barang-barang elektronik, anda dapat pergi ke Harvey Norman, Bing Lee, JB Hi-Fi dan Dick Smith. Perlu diketahui bahwa pada umumnya, jam buka toko-toko, serta mall/shopping centres di Sydney adalah dari jam 9 pagi hingga jam 5 atau jam 6 sore, kecuali hari Kamis, di mana toko-toko biasanya akan buka hingga jam 9 malam.

Perabotan Rumah – Apabila anda berniat untuk pindah rumah dan ingin mencari perabot dan furniture dengan harga yang terjangkau, pergilah ke Fantastic Furniture atau IKEA. IKEA terletak di 1 Oulton Av, Rhodes (dekat dengan Rhodes station) [url]www.ikea.com.au[/url]. Namun hati-hati, apabila anda tidak bisa mengangkut barang-barang ke rumah sendiri, anda akan dikenakan biaya pengantaran.

Majalah Indonesia – Kalau anda ingin mengetahui perkembangan dan kegiatan komunitas-komunitas Indonesia di Sydney dan hal-hal menarik lainnya, rajin-rajinlah mengambil majalah-majalah Indonesia (yang dibuat di Australia) berjudul: Indomedia, Bulletin Indonesia dan OzIndo, yang tersedia secara gratis di hampir semua restoran Indonesia dan toko-toko Indonesia.

Bioskop – Apabila anda ingin berekreasi sejenak dan hendak pergi menonton film-film terkini, anda dapat mengunjungi Event Cinemas atau Hoyts Cinemas. Event Cinemas George St di City adalah kompleks bioskop terbesar di Sydney. Tiket menonton rata-rata $15 untuk student, oleh karena itu bawalah student card anda sebelum ke bioskop. Hari Selasa adalah hari tiket murah di mana tiket akan didiskon menjadi sekitar $10-$11. Event Cinemas juga mempunyai kartu khusus untuk students, di mana anda dapat menggunakannya untuk menonton film pada hari Senin hanya dengan $8.

Paddy’s Market – Paddy’s Market Haymarket (Chinatown) Haymarket menawarkan beraneka ragam buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, ikan, hingga sepatu, pakaian, dan cindera mata khas Australia dengan harga yang murah. Paddy’s Market Haymarket buka pada hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin (hanya jika hari Senin jatuh pada public holiday) dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Pekerjaan Part Time/Casual – Jika anda berniat bekerja sambilan, anda bisa memulai mencari di situs-situs berikut ini: [url]www.seek.com.au[/url] dan [url]www.mycareer.com.au[/url]. Universitas anda juga mempunyai situs careers service yang bisa digunakan

- [url]www.careers.usyd.edu.au[/url]
- [url]Www.careers.unsw.edu.au[/url]
- [url]www.ssu.uts.edu.au/careers[/url]
- [url]www.mq.edu.au/careers[/url]

Perhatian! Pastikan anda mempunyai visa dengan working permit sebelum mulai bekerja. Jika anda belum yakin apakah anda diperbolehkan untuk bekerja, silakan ditanyakan kembali ke International Office di universitas and atau ke Department of Imigration and Citizenship, 26 Lee St, Sydney (di seberang Railway Square). Anda juga sebaiknya mempunyai Tax File Number agar tidak dikenai pajak hampir 50%.

Tax File Number (TFN) – Tax File Number adalah seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Indonesia. Jika anda bekerja di Sydney, TFN dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda bekerja untuk memotong pajak dari gaji anda dan mengirimkannya kepada pemerintah. Cara termudah untuk mendapatkan TFN adalah dengan mendaftarkan diri secara online di situs Australian Taxation Office ([url]www.ato.gov.au[/url]) Seminggu setelah anda mendaftarkan diri secara online, anda akan menerima surat yang memberitahukan TFN anda.

Daylight Saving – Buat anda yang belum tahu, di Australia ada sistem Daylight Saving, di mana untuk menghemat energi, mereka memajukan waktu sebanyak 1 jam untuk beberapa bulan. Jadi, apabila semulanya perbedaan waktu antara Sydney dengan Jakarta 3 jam, pada saat Daylight Saving, perbedaan waktunya menjadi 4 jam. Ketika Daylight Saving berakhir, anda harus memundurkan waktu sebanyak 1 jam untuk kembali ke waktu sebelum Daylight Saving dimulai. Daylight Saving telah dimulai pada tanggal 3 Oktober 2010 dan akan berakhir pada tanggal 3 April 2011 nanti. Daylight Saving berikutnya akan dimulai pada tanggal 2 Oktober 2011.

Public Holidays – Meskipun universitas dan kantor-kantor akan tutup pada hari-hari yang telah ditetapkan sebagai hari libur umum, toko-toko pada umumnya akan tetap buka kecuali pada Christmas Day dan Good Friday. Public Holidays untuk Sydney yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2011 adalah sebagai berikut:
- New Year’s Day – 01 Januari 2012 - 02 Januari 2012
- Australia Day – 26 Januari 2012 (seperti 17 Agustus di Indonesia)
- Good Friday – 06 April 2012 - 08 April 2012 (Jumat Agung sebelum hari raya Paskah)
- Easter Monday – 09 April 2011
- Anzac Day – 25 April 2012 (seperti Hari Pahlawan di Indonesia)
- Queen’s Birthday – 11 Juni 2012
- Bank Holiday – 06 Agustus 2012 (hanya bank-bank yang akan berlibur pada hari ini)
- Labour Day – 01 Oktober 2012
- Christmas Day and Boxing Day 25 December 2012 – 26 Desember 2012

Malu bertanya sesat di jalan! Peribahasa ini sangatlah berlaku di Sydney! Apabila anda merasa tersesat dan butuh pertolongan, segeralah bertanya kepada orang yang terdekat, atau mungkin penjaga toko di sekitar bila anda takut bertanya pada orang yang salah.

Gunakanlah Google dengan cermat! Apabila anda bingung akan alamat sebuah tempat, atau anda butuh informasi lebih lanjut mengenai suatu daerah, gunakanlah Google dengan cermat karena berbeda dengan di Indonesia, hampir semua informasi mengenai tempat-tempat di Sydney dapat anda temukan di Internet. Jika anda lebih menyukai peta dalam bentuk buku, kami menyarankan untuk membeli UBD atau Gregory’s Sydney Street Directory

Homeless – Jangan terkejut apabila anda melihat beberapa orang dengan pakaian kumal dan rambut acak-acakan tertidur di pinggir jalan atau sedang mengemis karena hal seperti ini juga ada di Sydney bukan hanya di Indonesia. Terkadang mungkin anda akan dimintai uang kecil dan semacamnya, jangan langsung beranggapan bahwa anda sedang “dipalak” karena itu hal yang cukup biasa disini.

Ucapan – Bersikaplah sopan dengan semua orang yang anda temui. Ucapan-ucapan seperti “Have a nice day” adalah hal yang sangat biasa disini. Dan apabila anda mengucapkan “Thank you” kepada seseorang dan dibalas dengan “No worries”, janganlah terkejut karena itu cara mereka untuk menyampaikan “You’re welcome”.

SELAMAT MENIKMATI SYDNEY!
Informasi yang kami susun di panduan ini telah dicek dan benar pada bulan Oktober 2010. Apabila ada informasi yang tidak lagi akurat, atau apabila anda mempunyai kritik dan saran silahkan ditambahkan.
untuk lebih lengkapnya ada disini http://xa.yimg.com/kq/groups/1335122...01011+(v2).pdf

created by team PPIA NSW
Terima Kasih

International Student (Indonesian khususnya) susah cari kerja profesional di Sydney

Quote:Original Posted By kyovinz
Soal accent, secara pengalaman gw, menurut gw ga pengaruh tuh. Betul yg dibilang: lebih penting 'good english' daripada 'good accent'.

Good english ini, menurut standard perusahaan: jelas, dimengerti, berstruktur, dan sopan. Mo accent chinese, vietnamese, indian, thailand juga gpp. Menurut gw, dibanding accent2 yg gw sebut ini, accent Indonesian English malah lebih jelas. Tinggal cara penggunaannya aja.

Ini berdasarkan pengalaman gw kerja di International companies selama 7 taon. Semuanya ga ada yg mempermasalahkan accent - lebih ke arah 'bisa dimengerti' ga.

Yang penting juga, adalah penampilan & sikap sosial. Kalau gw liat, fresh2 graduates tuh belum matang dalam bersosial, dan ngomong ke orang2 aja masih kagok... gimana perusahaan mau kasih kepercayaan untuk jadi representasi. Makanya lebih banyak kalo orang2 asia tuh ditaruh 'di dalam' kantor, dibanding untuk ditaruh di field work.

Ada lagi, kalo yg di Indo jenjang status nya tinggi; di sini, setelah lulus kuliah maunya langsung koneksi & langsung di atas aja. Kalo mau kayak gitu sih, disarankan balik aja sonoh, minta koneksi babeh.
Di sini gelar universitas ga menjamin jabatan atas. Kebanyakan, successful professionals mulainya:
-lulus year 12
-ambil trade industrial experience & tertiary education (TAFE), sambil ambil work experience. Jadi langsung field work dengan digaji minimum (award wage)
-biasanya kalau sudah selesai tertiary education, perusahaan bakalan 'invest' lebih ke orang ini (kalau kerjanya bagus juga), dengan sponsorin further education or more field learning experience. Di perusahaan2 yg gw amati - di sinilah company bayar Universitas fees untuk orang2 yg mereka pilih (ambil bachelor or master degree), atau dikirim kerja ke luar negeri.
-kalau udah ada academical degree itulah, baru lengkap 'medali' orang tersebut: experience (ticked), sikap sosial (ticked), field work (ticked), various academical degree & phd & mba& etc etc (ticked).

Gw paling bete kalo ketemu anak naif:
"c... ada bisa bantuin cari kerja ga c... . Ampir lulus kuliah nih..."
"ho oh... kalo bisa sih, ntar cc cariin deh... . Sambil liat2... tapi ga jamin masuk yah. cc cuma liatin kalo ada lowongan. Tetap kamu yg apply & usaha sendiri. Ok"
"tenkiu c.... tapi cariin yg sesuai gelar saya ya, c... terus saya juga lulusannya master gitu... jadi yah harapannya sih gajinya segini per jam..."

Gw langsung kasih muka jutek & cabut.


Quote:Original Posted By RudZ-D
menurut gue

1. accent gak penting.. yang penting jelas dan benar aja.. grammar bener..
vice president di kantor gue orang india dengan bahasa inggris dengan accent india yang kental.. bisa tuh dia dapet jabatan.. padahal dulunya hanya print operator doank.. imigran lagi.. dari 1992

2. pengalaman kerja.. Pengalaman!!!! banyak banget bule2 nggak masuk uni.. ngga ada bachelor bisa dapet kerjaan tinggi.. karna pengalaman kerjanya banyak.. itu makanya kartu nama di sydney ngga disebutin TITLE.. ngga kaya di indo.

3. sering2 bergaul ma bule.. sehingga koneksi n peluang kerja banyak.. they r willing to help you kok.

4. 1 hari apply 10 kerja.. coba aja.. jangan takut tentang persyaratannya lokasi, waktu, dll.. pokoknya kalo udah diinterview.. baru pikir lagi..

5. sering2 ngaskus.. jadi tau tips n trik nya.. dan membikin lo semangat tuk kerja...

6. RAjin2 baca buku tentang semangat hidup.. kalo bisa english ^^


Quote:Original Posted By Stoopid Idiot
Kalau gw amat2i banyak international student yang setelah lulus uni di Sydney kesulitan cari kerja (graduate/non-graduate program)
Kenapa ya teman2? Banyak yang terpaksa kerja di retail

Gw udah tanya2 sih,dan ini ada beberapa solusi yang bisa dilaksanakan

1. Pertama,sebagai international student,atau bahkan PR sekalipun,ada beberapa hal yang menjadi ketidakuntungan elo yang tidak bisa diperbaiki sama sekalil :
- status non-citizen
Terus terang saja perusahaan2 di sini lebih milih citizen daripada non-citizen
Alasannya banyak,tapi terutama karena ribet buat perusahaan tersebut kalo hiring non-citizen

Ini ketidakberuntungan IS,banyak yang ngeluh2,tapi daripada ngeluh2 ga jelas mending berusaha perbaiki kekurangan lain yang bisa diperbaiki anda sendiri

2. Perfect English
Diusahakan bisa perfect english,sesempurna mungkin
Bukan Indonesia Inggris,tapi Australia/British English
-Accent
Paling penting
Diakui aja teman2,employer lebih milih orang yang ngomong english tanpa ethnic accent daripada orang yang ngomong pake ethnic accent
Mau pake Australia/British/America accent terserah anda,tapi minimalkan accent Indonesia/Jawa/dll anda atau hilangkan sama sekali.
Kalau teman2 sudah jago ngomong bahasa tertentu,teman2 bisa seenaknya menggunakan aksen apa saja.
Contohnya,teman2 di sini pasti jago bahasa Indonesia,dan dengan gampang pasti bisa pake aksen Jawa/Batak/Manado/Papua,dll
Sama halnya dengan berlatih accent untuk English elu
- Grammar
Makanya gw nulis di atas,bukan Indonesian English tapi Australia/British English,karena native itu peka terhadap grammar/idiom yang walaupun sebenarnya benar,tapi tidak wajar untuk dipakai sehari2 atau formal.
Kita bisa nulis essay dengan perfect english dari pelajaran bahasa inggris yang kita dapat di Indonesia,tapi buat native mereka bisa bilang bahwa essay yang elo buat itu bukan essay yang dibuat oleh native.

Listening,Reading,Writing,Speaking,bisa dicari sendiri bagaimana cara untuk menyempurnakannya.

3. Mark
Sebelum GFC,credit average udah cukup untuk masuk graduate program,UNTUK CITIZEN/PR!
Karena banyak yang IS di sini,targetkan credit average dengan banyak D-nya,kalo bisa sih D average atau HD average sekalian
Iya susah,tapi memang itu resiko IS di Australia,banyak disadvantaged nya
Bisa2,semangat!

4. Extracurricular
Ini yang jarang dilakukan IS.
EC itu gunanya untuk menunjukkan bahwa elo aktif bersosialisasi dengan native.
- Ikuti klub2 uni yang menarik buat elo,kalo elo tertarik dengan banyak klub ikuti semua
Setelah setahun,incar jabatan ketua/sekretaris/bendahara di satu-dua klub dan tinggalin klub2 lainnya.
- Kalo ada acara2 di uni,ikut jadi koordinator/organisatornya
O-week,dll
- Volunteer
Cari di google,banyak sekali lowongan volunteer di Sydney
Kalo elu tertarik sama suatu organisasi sosial,langsung aja dateng atau telpon dan tanya apakah mereka sedang hiring atau apakah ada pekerjaan
Bisa yang one off macem lomba maraton,atau cari yang seminggu sekali macem jadi kasir di salvos,kalo bisa cari yang weekly,jangan yang one off doank.
INI SANGAT PENTING,karena dengan menjadi volunteer,elo menunjukkan bahwa elo ikut berkontribusi untuk Australia FOR FREE

5. Work Experience
Cari pekerjaan yang berhubungan dengan apa yang elo pelajari di uni
kalaupun ga dapet,coba tawarkan diri elo secara gratis (ini yang bikin turn off IS untuk ikutan work experience,tapi hasilnya luar biasa besok kalo lulus bro/sis)
Kejar internship dll,vacation program,dll
Di sini,ga usah peduli dapet duit berapa,tapi pengalamannya

6. Competition
Ikuti kompetisi2 di bidang2 yang elo pelajari di Uni
Usahakan menang,biar bisa ditempel di CV elo
(yang di commerce/eco bisa ikutan trading game)

7. Networking
Ramah ke sapa aja bro,terutama ke orang2 di bidang yang elo pelajari di uni
Jangan diem aja,mingle sama native
Deketi lecturer elo,head of school dll,ramah ke mereka
Buat apa?Recommendation Letter!
Intinya sih : elo tinggal di Sydney,jangan cuman bergaul sama orang Indonesia,bergaul sama native,sebanyak2nya

Udah,itu aja yang gw tahu,ada yang bisa nambahin?

Dan btw,cara2 di atas itu jalan untuk masuk graduate program perusahan2 besar macem PwC,IBM,Unilever untuk citizen.
Jadi musuhnya masih banyak =D

Semangat!
waaahh ini mantab abis.. kerenn
Maap buat yang postingannya diapus, berdasarkan diskusi antara TS dan ai melalui sms kemaren, kita sepakat untuk closed ini thread dan tetap di sticky dengan alasan, kita ga mau trit ini jadi ajang kejang atau jadi "lounge kedua" dan kita ingin supaya informasi ini bisa dilihat oleh rekan2 yang baru atau mau ke sydney supaya bisa mempersiapkan diri.
trit ini akan di update terus oleh TSnya

apabila ada pertanyaan yang berkaitan dengan isi trit ini, silahkan post di trit [TANYA JAWAB] Silahkan posting yang mau TANYA-JAWAB (BACA HALAMAN 1)
Quote:Original Posted By tomiam
Maap buat yang postingannya diapus, berdasarkan diskusi antara TS dan ai melalui sms kemaren, kita sepakat untuk closed ini thread dan tetap di sticky dengan alasan, kita ga mau trit ini jadi ajang kejang atau jadi "lounge kedua" dan kita ingin supaya informasi ini bisa dilihat oleh rekan2 yang baru atau mau ke sydney supaya bisa mempersiapkan diri.
trit ini akan di update terus oleh TSnya

apabila ada pertanyaan yang berkaitan dengan isi trit ini, silahkan post di trit [TANYA JAWAB] Silahkan posting yang mau TANYA-JAWAB (BACA HALAMAN 1)


update, post #11, thx buat rudz, stupid idiot, dan kyovinz atas komennya