alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006540065/tips-memilih-mesin-cuci-sesuai-kebutuhan
Tips Memilih Mesin Cuci sesuai Kebutuhan
Tips Memilih Mesin Cuci sesuai Kebutuhan

Siapa yang tidak butuh mesin cuci di jaman ini ?? Terutama pada saat pembantu anda pulang kampung, cuci pake tangan kayanya sudah ketinggalan jaman dan yang pasti membuat anda lelah dan makan waktu terlalu lama.

Untuk itu, anda sudah waktunya memiliki mesin cuci.

Tetapi yang seperti apa yang anda butuhkan?



Beberapa fitur yang perlu anda pertimbangkan :

Kapasitas (Capacity)

Faktor yang cukup penting anda ketahui seberapa banyak cucian anda setiap hari atau dalam satu kali cuci, mengingat ini akan berpengaruh ke waktu yang cukup lama (lebih dari 1 kali cuci dalam sehari) dan yang pasti adanya pemborosan listrik, air dan sabun cuci.

Ukuran medium untuk mesin cuci, biasanya mempunyai kapasitas 6-7 kg dan ini cukup untuk mencuci seluruh pakaian keluarga anda (termasuk beberapa anak).


Efisiensi air yang digunakan (Water Efficiency)

Pertimbangkan untuk memilih mesin cuci yang efisien dalam penggunaan air karena ini tentu saja mempengaruhi tagihan PAM anda.


Mesin (Machine)

Mengingat bahwa mesin cuci mungkin akan anda gunakan dalam waktu yang sering dan cukup lama, pastikan bahwa anda mendapatkan garansi untuk kerusakan mesin sebelum anda membelinya.

Daya listrik yang terpasang di rumah
Untuk rumah standar yang daya listriknya sampai 1300watt, rasanya tak ada pilihan lain kecuali double tub. Untuk daya terpasang sampai 2200watt, tipe single tub sudah bisa dipilih. Semuanya dengan catatan masih ada peralatan elektronik lain di rumah.


Lama Pencucian (Length of Wash)

Kebanyakan orang yang menggunakan mesin cuci adalah orang yang cukup mempunyai kesibukan (atau mungkin malas). Untuk itu, pastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk satu kali cuci karena mungkin anda tidak punya cukup waktu untuk menunggu cucian anda selesai.

Jumlah anggota keluarga di rumah
Tentunya ini berkaitan dengan kapasitas mesin cuci yang anda beli. Bila di rumah hanya ada 2-3 orang, maka kapasitas 6 kg sudah lebih dari cukup (kapasitas 6 kg saat ini paling kecil di pasaran). Tapi bila ada 4-6 orang, maka kapasitas 7-8 kg bisa dipertimbangkan. Bila keluarga anda besar dengan jumlah diatas 7 orang, pilihlah kapasitas 9 kg atau lebih.

Program (fungsi) yang ada

Banyak program otomatis yang ditawarkan oleh sebuah mesin cuci, mulai dari satu kali tekan tombol maka semua kerjaan akan selesai, pencucian sesuai dengan tipe baju yang akan dicuci dan lainnya. Pastikan bahwa program yang anda inginkan ada di dalam mesin cuci tersebut.


Tombol Pengontrol (Controls)

Pastikan bahwa semua pengontrol dapat dioperasikan dan dijangkau dengan mudah. Saat ini, ada 2 macam pengontrol yang disediakan yaitu sistim tombol putar dan digital (berikut dengan layar digital).


Dudukan/ kaki (Base)

Pastikan bahwa bagian bawah/ kaki/ dudukan mesin cuci cukup kuat mengingat kaki-kaki ini akan menyanggah berat mesin dan pakaian serta menahan getaran yang ada.

Selain itu, pastikan bahwa kaki-kaki tersebut dalam keadaan sama tingginya karena ketidaksamaan tinggi (miring) dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci. Lebih baik lagi apabila kaki-kaki tersebut dapat diatur ketinggiannya.

Garansi dan after sales service
Cek masa garansi dari berbagai merek yang jadi alternatif pilihan anda. Semakin lama masa garansi maka anda makin mendapat perlindungan dalam pemakaian. Teliti juga cakupan garansi: semua komponen atau bagian tertentu saja, demikan juga apakah termasuk spare part dan jasa perbaikan. Selain itu, pastikan ada service center resmi di daerah anda, terutama bila anda tinggal di luar Jawa. Juga, lebih baik bila merek tersebut bisa melakukan kunjungan ke rumah di hari Sabtu dan Minggu, terutama jika anda dan isteri sama-sama bekerja.

Kunjungi thread ane Harga heboh mesin cuci
http:
//www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6365631
pake tangan aja gan
Kalo tinggal di manado, jangan beli mesin cuci merk Ele*ctro*ux.
SERVISNYA PAYAH.
Udah keluar duit >1jt (modul + ongkos) mesinnya gak beres juga (biaya sudah setengah harga mesin cuci otomgtis top loading). Udah telp berkali2 tukang servisnya gak datang2 juga.
KALO TAU BEGINI, LEBIH BAIK ANE JUAL KILO, BELI BARU MERK LAIN emoticon-MarahTips Memilih Mesin Cuci sesuai Kebutuhan
rgdtgdrgdr
wah...
nice share gan..

Quote:
Mampir di lapak ane gan : emoticon-Matahari
Quote:[CENTER]:sup2:Yuk, Kita Intip Proses Pembuatan Pipa [pict++]:sup2:[/CENTER]
thks buat informasinya nih gan
wow keren tipsnya
nice tipsnya nih gan
ntar klo ane blie deh emoticon-Hammer2

nitip ya
Quote:Late Lunch at Fuji Japanese Restaurant :)
mendingan bayar orang buat nyuciin, IMO
Mending ke kali nyucinya kali yah emoticon-Hammer
iya nih butuh mesin cuci emoticon-Frown
info yang bagus gan.. emoticon-thumbsup
mending juga di laundry
emoticon-Big Grin
mendingan bayar orang buat nyuciin, IMO emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2Tips Memilih Mesin Cuci sesuai Kebutuhan
nice info.. mesin cuci ane kayaknya dah waktunya diganti nih.. dah bunyi gludak gluduk kalo pas nyuci..
sipp nice info
Quote:Original Posted By meijiku
nice info.. mesin cuci ane kayaknya dah waktunya diganti nih.. dah bunyi gludak gluduk kalo pas nyuci..


hahah.. sama kyk ane gan.. dah bunyi kudu ganti neh..

tp apa ya yg merk bagus skr.. tp ga terlalu mahal..

lg butuh saran neh..
kalo ane yg penting bisa buat nyuci sama ngeringin gan
klo sering ujan g ada pengering susah emoticon-Big Grin
makasih tipsnya gan...
mesin cuci ane kuat itu dah 5 tahun lebih
×