alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006440017/6-tahun-baru-besar-di-dunia
6 Tahun Baru Besar Di Dunia

Spoiler for jangan di buka, khusus yang belum punya smartphone:
5 Perkara Yang Wajib Dibaca:
Quote:
1. Baca Thread Ini Dengan Seksama,emoticon-I Love Kaskus

2. Rate 5 Star, emoticon-Rate 5 Star

3. Isilah Post Reply (Coment) Dengan Benar (Yang Paling Bermutu ), emoticon-2 Jempol

4. Cheers donk Cendolnya (Cheerrrrs), emoticon-Toast

5. Kembali Keaturan Pertama, emoticon-Kaskus Banget






Spoiler for catatan tambahan sebelum membaca:



KATA PENGANTAR
Quote:
Tahun baru adalah suatu perayaan dimana suatu budayamerayakan berakhirnya satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya.
Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaaan tahun baru.
\t
Tahun baru di Indonesia jatuh pada 1 Januari, karena Indonesia mengadopsi kalende Gregorian sama seperti mayoriats negara-negara di dunia.
Kalender Gregorian merupakan modifikasi kalender julian.
Yang pertama kali mengusulkannya adalah doctor Aloysius lilius dari Napoli, Italia dan disetujui Paus Gregorius XIII pada 24 Februari 1582.
Penanggalan tahun ini, berdasarkan tahun masehi.
Awal tahun Masehi merujuk kepada tahun yang dianggap tahun kelahiran Nabi Isa Al-Masih karena itu kalender ini dinamakan Masihiyah.

Di Indonesia selain tahun Masehi yang digunakan secara resmi masyarakat juga mengenal Tahun Baru Hijriya atau Tahun Jawa, Tahun Baru Imlek atau Tahu Baru Tiongoa dan Lain-Lain..



SEJARAH DAN CARA MERAYAKAN DI MASA LAMPAU
Quote:Kebanyakan orang di masa silam memulai tahun yang baru pada hari panen. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan untuk meninggalkan masa lalu dan memurnikan dirinya untuk tahun yang baru. Orang Persia kuno mempersembahkan hadiah telur untuk Tahun Baru, sebagai lambang dari produktivitas. Orang Romawi kuno saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci. Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Janus, dewa pintu dan semua permulaan. Bulan Januari mendapat nama dari dewa bermuka dua ini (satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang). Orang-orang Romawi mempersembahkan hadiah kepada kaisar. Para kaisar lambat-laun mewajibkan hadiah-hadiah seperti itu. Para pendeta Keltik memberikan potongan dahan mistletoe, yang dianggap suci, kepada umat mereka. Orang-orang Keltik mengambil banyak kebiasaan tahun baru orang-orang Romawi, yang menduduki kepulauan Inggris pada tahun 43 Masehi.
Pada tahun 457 Masehi gereja Kristen melarang kebiasaan ini, bersama kebiasaan tahun baru lain yang dianggapnya merupakan kebiasaan kafir. Pada tahun 1200-an pemimpin-pemimpin Inggris mengikuti kebiasaan Romawi yang mewajibkan rakyat mereka memberikan hadiah tahun baru. Para suami di Inggris memberi uang kepada para istri mereka untuk membeli bros sederhana (pin). Kebiasaan ini hilang pada tahun 1800-an, namun istilah pin money, yang berarti sedikit uang jajan, tetap digunakan. Banyak orang-orang koloni di New England, Amerika, yang merayakan tahun baru dengan menembakkan senapan ke udara dan teriak, sementara yang lain mengikuti perayaan di gereja atau pesta terbuka.



PERAYAAN MODERN
Quote:Sekalipun tahun baru juga merupakan hari suci Kristiani, tahun baru sudah lama menjadi tradisi sekuler yang menjadikannya sebagai hari libur umum nasional untuk semua warga Amerika. Di Amerika Serikat, kebanyakan perayaan dilakukan malam sebelum tahun baru, pada tanggal 31 Desember, di mana orang-orang pergi ke pesta atau menonton program televisi dari Times Square di jantung kota New York, di mana banyak orang berkumpul. Pada saat lonceng tengah malam berbunyi, sirene dibunyikan, kembang api diledakkan dan orang-orang menerikkan “Selamat Tahun Baru” dan menyanyikan Auld Lang Syne.

emoticon-I Love Indonesia 6 TAHUN BARU DI DUNIA emoticon-I Love Indonesia

Quote:
Spoiler for jangan dibuka sekarang...:




Quote:1. Tahun Baru Muharram atau Hijriyah
Kalender Hijriyah atau Kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di kebanyakan negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah menggunakan sistem kalender lunar (komariyah).

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (Bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender biasa (kalender Masehi) yang menggunakan peredaran matahari.

Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Khalifah Umar bin Khatab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29 - 30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah Subhana Wata'ala: ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS : At Taubah(9):36). Sebelumnya, orang arab pra-kerasulan Rasulullah Muhammad SAW telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini. Hanya saja mereka tidak menetapkan ini tahun berapa, tetapi tahun apa. Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah di tahun gajah. Abu Musa Al-Asyári sebagai salah satu gubernur di zaman Khalifah Umar r.a. menulis surat kepada Amirul Mukminin yang isinya menanyakan surat-surat dari khalifah yang tidak ada tahunnya, hanya tanggal dan bulan saja, sehingga membingungkan. Khalifah Umar lalu mengumpulkan beberapa sahabat senior waktu itu. Mereka adalah Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Abdurrahman bin Auf r.a., Sa’ad bin Abi Waqqas r.a., Zubair bin Awwam r.a., dan Thalhan bin Ubaidillah r.a. Mereka bermusyawarah mengenai kalender Islam. Ada yang mengusulkan berdasarkan milad Rasulullah saw. Ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad saw menjadi Rasul. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Yatstrib (Madinah). Maka semuanya setuju dengan usulan Ali r.a. dan ditetapkan bahwa tahun pertama dalam kalender Islam adalah pada masa hijrahnya Rasulullah saw. Sedangkan nama-nama bulan dalam kalender hijriyah ini diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku di masa itu di bangsa Arab.


Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:

Spoiler for pic 3:




Next
karena postingan anda bagus, maka ane rate dan bukan hanya itu, ane akan kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L) ke agan 6 Tahun Baru Besar Di Dunia
Quote:2. Tahun Baru Masehi atau Syamsiah

Kalender Romawi kuno menggunakan tanggal 1 Maret sebagai Hari Tahun Baru. Belakangan, orang Romawi Kuno menggunakan tanggal 1 Januari sebagai awal tahun yang baru. Pada Abad Pertengahan, kebanyakan negara-negara Eropa menggunakan tanggal 25 Maret, hari raya umat Kristen yang disebut Hari Kenaikan Tuhan, sebagai awal tahun yang baru. Hingga tahun 1600, kebanyakan negara-negara Barat telah menggunakan sistem penanggalan yang telah direvisi, yang disebut kalender Gregorian.
Kalender yang hingga kini digunakan itu menggunakan 1 Januari kembali sebagai Hari Tahun Baru. Inggris dan koloni-koloninya di Amerika Serikat ikut menggunakan sistem penanggalan tersebut pada tahun 1752. Kebanyakan orang memperingati tahun baru pada tanggal yang ditentukan oleh agama mereka. Tahun baru umat Yahudi, Rosh Hashanah, dirayakan pada bulan September atau awal Oktober. Umat Hindu merayakannya pada tanggal-tanggal tertentu. Umat Islam menggunakan sistem penanggalan yang terdiri dari 354 hari setiap tahunnya. Karena itu, tahun baru mereka jatuh pada tanggal yang berbeda-beda pada kalender Gregorian tiap tahunnya.

Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:



Quote:3. Tahun Baru China / Tiongkok
Imlek atau kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari. Tahun baru Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari)
Kalender Tionghoa memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan kalender umum, seperti: perhitungan bulan adalah rotasi bulan pada bumi. Berarti hari pertama setiap bulan dimulai dengan pada tengah malam hari bulan muada astronomi (Catatan : "hari" dalam kalender Tionghoa dimulai dari jam 11 malam dan bahkan jam 12 tengah malam). Satu tahun ada 12 bulan, tetapi setiap 2 atau 3 tahun sekali terdapat bulan ganda (runyue, 19 tahun 7 kali). Berselang satu kali jieqi (musim) tahun matahari Cina adalah setara dengan satu permulaan matahari ke dalam tanda zodiak tropis. Matahari selalu melewati titik balik matahari musim dingin (masuk Capricorn) selama bulan 11.
Kalender Tionghua sekarang masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghua dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkimpoian atau pembukaan usaha. Kalender Tionghua dikenal juga dengan sebutan lain seperti “Kalender Agrikultur”.


Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:




Quote:4. Tahun Baru Jepang
Tahun baru di Jepang dirayakan tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 3 Januari. Dalam bahasa Jepang, kata “shōgatsu” dulunya dipakai untuk nama bulan pertama dalam setahun, tapi sekarang hanya digunakan untuk menyebut tiga hari pertama di awal tahun.
Tanggal 1 Januari adalah hari libur resmi di Jepang, tapi kantor pemerintah dan perusahaan swasta tutup sejak tanggal 29 Desember hingga 3 Januari. Bank dan lembaga perbankan tutup dari tanggal 31 Desember hingga 3 Januari, kecuali sebagian ATM yang masih melayani transaksi.


Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:

Spoiler for pic 3:



Quote:5. Tahun Baru Hindu atau Saka (Galungan
Tahun Baru Saka atau Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender lunisolar. Berhubung bulan-bulan pada kalender Saka berawal pada tahun 78 Masehi dan juga disebut sebagai penanggalan Saliwahan. Kala itu Saliwahana yang adalah seorang raja ternama dari India bagian selatan, mengalahkan kaum saka. Tetapi sumber lain menyebutkan bahwa mereka dikalahkan oleh Wikramaditya. Wikramaditya adalah seorang musuh atau saingan saliwihana, beliau berasal dari India bagian utara.”.


Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:

Spoiler for pic 3:





Quote:6. Tahun Baru Jawa / Kalender Jawa

Sebuah kalender yang merupakan perpaduan antara budaya Islam duaya Hindu-Budha Jawa dan bahkan juga sedikit budaya barat. Dalam sistem kalender Jawa, siklus hari yang dipakai ada dua: siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari seperti yang kita kenal sekarang, dan siklus pencan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran. Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang berusaha keras menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa dalam kerangka Negara Mataram mengeluarkan dekrit untuk mengubah penanggalan Saka. Sejak itu kalender Jawa versi Mataram menggunakan sistem kalender Komariyah atau Lunar, namun tidak menggunakan angka di tahun Hijriyah (saat itu tahun 1035 H). Angak tahun Saka tetap dipakai dan diteruskan. Hal ini dilakukan demi asas kesinambungan. Sehingga tahun saat itu yang adalah tahun 1547 Saka, diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.


Spoiler for pic 1:

Spoiler for pic 2:

Spoiler for pic 3:


Quote:Eh gak sengaja ketemua gambar ini...
Spoiler for tak ada acara yang tanpa masalah:




Quote:source:
kamarche99.wordpress
wikipedia

yeeeeeeeeees ane ngalahin TS nya, haha
Nice Info gan, ane ntar tahun baru nggak mau terlalu meriah gan. Cukup bersantai- santai di rumah aja bareng keluarga

udah ane emoticon-Rate 5 Star tuh gan
Quote:Original Posted By mysteriesh
6 Tahun Baru Besar Di Dunia


zzz....kosong...
yg bermutu dunk!!

buruan edit...
emoticon-I Love Kaskus

thanks gan cendolnya^^
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kok baru 1 gan?
Quote:Original Posted By Mr.ikky


zzz....kosong...
yg bermutu dunk!!

buruan edit...
emoticon-I Love Kaskus



karena postingan anda bagus, maka ane rate dan bukan hanya itu, ane akan kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L) ke agan 6 Tahun Baru Besar Di Dunia
Quote:Original Posted By n4tp0l3nk
kok baru 1 gan?


udah gan...
no.3 itu...
atau Klik INI GAN!!
Quote:Original Posted By PunyaKita321
yeeeeeeeeees ane ngalahin TS nya, haha
Nice Info gan, ane ntar tahun baru nggak mau terlalu meriah gan. Cukup bersantai- santai di rumah aja bareng keluarga

udah ane emoticon-Rate 5 Star tuh gan

makasi gan...
selamat tahun baru...

Quote:Original Posted By mysteriesh
karena postingan anda bagus, maka ane rate dan bukan hanya itu, ane akan kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L) ke agan 6 Tahun Baru Besar Di Dunia

kok blum ada cendolnya??
emoticon-Big Grin
wah baru tau ane gan ... izin baca dulu yah ...






gokil nie thread emoticon-Hammer2

bacanya ampe budeg ane emoticon-Hammer2

nie ane lempar rate 5 gan emoticon-Selamat
emoticon-I Love Indonesia
keren ne....
nice trit gan emoticon-2 Jempol ane masi nubie gan lom isa lempar emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Malu
Bagus Negh Thread....

Sudah Saya emoticon-Rate 5 Star
baru tau gan ane klo ada tahun baru jepang jg..

nice inpoh gan emoticon-Ngakak
ASIK TULISAN ANNE BERGUNA RUPANYA^^
BANYAK YANG BARU TAHU^^



Quote:Original Posted By danebastard
baru tau gan ane klo ada tahun baru jepang jg..

nice inpoh gan emoticon-Ngakak

aku juga baru tahu...
tadi baru sercing...
he2]
Quote:Original Posted By AngellelboXz
Bagus Negh Thread....

Sudah Saya emoticon-Rate 5 Star

maksi...
cendol dunk^^


Quote:Original Posted By zoenntor
nice trit gan emoticon-2 Jempol ane masi nubie gan lom isa lempar emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Malu

hhe2,,
gpp gan..

Quote:Original Posted By 1amtheking
keren ne....

banget kk...^^

Quote:Original Posted By Mr.Cugit






gokil nie thread emoticon-Hammer2

bacanya ampe budeg ane emoticon-Hammer2

nie ane lempar rate 5 gan emoticon-Selamat

maksi gan....^^

Quote:Original Posted By rewards
wah baru tau ane gan ... izin baca dulu yah ...


monggo....
keren gan
calon HT kayaknya

ane bantu rate aja ok
semoga ane semakin sukses di taun baru 2011 aminnnnn
mantap gan, ane bantu emoticon-Rate 5 Star