alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006352480/hampir-buta-gara2-soflens
hampir buta gara2 soflens
hai,aku mau curhat pengalaman yang aku alami sendiri ya gan...emoticon-Smilie
ini bener2 terjadi sama aku.
Aku berharap semoga tidak ada lagi yang seperti aku.... emoticon-Frownemoticon-Frown
gak bermaksud menakut nakuti n gak ada unsur penipuan apapun...

aku pakai softlens dari umur 13an...
dan saya pakai softlens sampai umur 21, tahun 2009 kemarin...emoticon-Belo
karena minus mata aku tinggi banget -14.... kalo pake kacamata udah kaya betty lafea...emoticon-Mewekemoticon-Mewek

pada saat malam lagi ngobol sama nyokap...tiba2 nyokap bilang, emoticon-Kagets "eh mata kamu kenapa????kok merah? copot sono soflensnya"....
karena aku pikir, oh mungkin radiasi atau apa....yah aku copot...
emang gak merah lagi....aku pikir gpp lah, iritasi biasa, emang sih...suka pusing2 gt kepalanya.. ak pikir gak ada hub sama mata ini.....emoticon-siul:

setelah 2 hari aku coba pakai lagi....dan hasil mata aku merah n sakit....
tp karena aku pikir mungkin soflensnya udah lama...emoticon-Malu
padahal aku baru beli, aku coba lagi beli yang baru emoticon-Peace....
dan hasilnya sama sekali gak ngefek...mataku merah selama 2mg....emoticon-Mewekemoticon-Mewek

pas waktu itu bokap ke dokter mata, dia mau operasi katarak....nah ane di suruh ikut nemenin....sambil nemenin ane ikut daftar periksa juga....emoticon-doctor:emoticon-doctor:

setelah di periksa.....
ane kaget bangetemoticon-Thinking
mata ku hampir buta kata dokter.... emoticon-Frownemoticon-Frown

kenapa????

dokter menjelaskan....:

soflens kita itu dari karet....dan kalo kita perhatikan pada saat soflens itu di mata kita maka akan terlihat ada karet lebihnya.... emoticon-Belo

karet lebih tersbut menghambat peredaran darah di mata kita untuk ke pupil...dan kebanyakan yang menggunakan soflens dtg ke dokter udah telat n berakhir dengan kebutaan...emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)
soflens tersebut sangat di larang di ilmu kedokteran mata (kata dokter mata aku periksa)...

pada saat mata saya di periksa di komputer (nyokap juga liat) merahnya sudah bukan di putih2nya lagi gan...tapi di dalam hitam2nya pun merah....emoticon-Nohopeemoticon-Nohope

kalo yang luka nya pas di hitam2 nya... otomatis ane udah langsung BUTA emoticon-Frownemoticon-Frown

kebanyakan yang datang ke dokter sudah dalam kondisi telat (buta) emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)

kadang2 kita suka mikir oh ini cuman radang biasa n beli soflens baru,
tapi sebenarnya itu nambah parah aja...emang sih pas beli baru mungkin merah di mata kita hilang, tapi pas merah lagi..akan lebih bahaya dari awalnya....emoticon-Maluemoticon-Malu

dokter aja sampe kasih wanti2 tolong2 jangan sentuh soflens lagi..emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

beruntung aku dateng ke dokter walaupun hampir telat...emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment

dan aku di kasih obat emoticon-medicineemoticon-medicine di mana aku harus pakai 2 jam sekali (tdk bisa tidurz) karena harus pakai obat tersebut....besokannya harus balik ke dokter lagi...n sedikit membaik dan beberapa hari balik sudah mendingan n membaik...kira2 1 bulan lebih sembuhnya...emoticon-Peaceemoticon-Peace

dokter nya sampai bilang "tolong di pakai obat ini dan kalo ada apa2 sampai malam ini hub saya langsung, saking dokter takut aku kenapa2....."

akhirnya:
hanya ada bekas luka yang gak bisa hilang dan itu ada di putih2 mata saya...jika diperhatikan benar2 maka akan terlihat bekas luka tersebut

jika luka itu di hitam2 mata saya mungkin saya sudah buta...emoticon-Metal:emoticon-Metal:

ane iseng nanya:
"dok, kalo udah sembuh ak pakai soflens deh sekali2 buat ke pesta"

jawab dokter "kl saya menganjurkan JANGAN.... karena biasanya yang kedua lebih parah n fatal di banding yang pertama
smua keputusan di tangan kamu..."emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

dan sekarang saya menggunakan hard lens.
bentuk seperti soflens...tapi beda.... hard lens lebih keras, mengunci minus kita tidak nambah2, bentuknya kecil hanya nempel di hitam2 kita,tp tidak mencengkram mata, bahkan penglihatan jadi jauh lebih jelas di bandingkan kacamata ataupun soflens, tidak mencengkram bola mata kita seperti softlens...penglihatan buat hardlens bisa mencapai 101% kalo yang minus nya tdk terlalu parah (ini kata kepala optik tmpt saya meriksa n buat hardlens)
jangka waktu pemakaian 5-10 tahun

memang rada mahal...tapi di banding dengan soflens....yang mengakibatkan kebutaan...kalo di hitung2 harganya jadi ampir sama Kaya soflens juga.......dalam jangka waktu 5-10tahun.....emoticon-Matabelo

hard lens hanya ada di rumah sakit khusus mata. tidak ada di optik biasa.
hrg hard lens pas aku beli kemarin 3,5jt.

(lebih amn lagi sh pakai kacamata, ada juga kacamata yang bs mengunci minus kita)
maunya sih pake kacamata, tp mata ane minusnya udah ke tg an... kacamata mau di tipisin kaya apa juga tetep aja betty lafea kuadrat ..><
ane bukan promosiin hard lesn nya ya....tapi ane cuman mau share, betapa bahanya suatu benda yang kita anggap aman selama ini...

ane sempet konsul jg untuk lasik kmrn ini...tp menurut dokter, ane ud ga bs d lasik n harus d tanam lensa (operasi) n biayanya 22jt per 1 mata. kalo 2 dan di tambah biaya obat n dokter?? pengen nangis ane liat harganya emoticon-Matabelo

KALO NANYA KENAPA SOFLENS MASIH DI JUAL JIKA MEMBAHAYAKAN?

JAWABANNYA : Bisnis adalah Bisnis (ETIKA BISNIS), kalo mau cari aman konsultasi sama dokter matanya langsung ya. jadi lebh aman.

ROKOK JUGA GAK BAGUS, TP KENAPA MASIH DI JUAL?
INI PILIHAN UNTUK KITA KAN? KITA YG MILIH MAU YG SEHAT ATAU YG TIDAK.....
[/SIZE]


*jangan sampai tunggu kornea rusak (nunggu sumbangan kornea itu susah n lama banget) Kornea kita itu cuman 1mili.
ane denger di radio juga belom lama ini....

sebaiknya kacamata lbh baik (lasik atau soflens) smua punya resiko masing n kornea kita itu cuman 1 mili.
[/SIZE]



ni pengalaman kakak ane yang pertama
-dia buru2 ngantor....cuci soflens,
-dia kerja
-pas pulang2 dia bilang "kayanya soflens lepas d jalan deh... gak ada di mata gw....
-bsokannya mata bengkak.....
-lusa di bawa ke dokter mata....

dokter bilang "kita harus mencuci n operasi kecil mata kamu.
robekan soflens ada di belakang mata kamu...dan harus di keluarkan
n hasil retina kakak ane rusak...n skrg efeknya minus nya maha tinggi deh sebelah matanya itu...><
[/SIZE]


Spoiler for setelah mencari beberapa gambar soflens n hardlens:


bersyukurlah yang matanya normal....
wejangan bagi yang suka memakai soflens

semoga bermanfaat....emoticon-Kissemoticon-Kiss

PENGALAMAN AGAN-AGAN DAN AGANWATI YANG MENGALAMI SENDIRI BAHAYA SOFLENS:
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post404079017

MAKASIH YA BUAT YANG UDAH KASIH emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Kiss

Jangan Dibata YA ......emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)



Quote:Original Posted By brandlover
memang betul sis/gan kalo softlens itu penggunaannya beresiko besar, terlebih apabila si pengguna nggak telaten. Kebanyakan soflens dipakai karena harganya murah, malas pakai kacamata dll,
Apabila penggunaan softlens tidak telaten, misal jarang ditbersihkan, dipake pas bobo malem atau sering pegang-pegang/kucek-kucek maka akan beresiko meningkatkan infeksi jamur ato bakteri pada bagian kornea mata, dalam ilmu kedokteran disebut keratitis (radang kornea). Kalau lebih parah lagi, akan menyebabkan ulkus kornea (awamnya seperti koreng pada kulit , namun terjadi pada kornea). Maaf, mungkin yg terjadi pada sis adalah ulkus kornea, jadi sekarang bercak putih pada kornea tu adalah jaringan parut bekas penyembuhan luka jaringan kornea

Kornea adalah salah satu bagian penting pada mata yang merefraksikan kurang lebih 60% bayangan benda yang kita lihat,. Ane pernah ngerawat pasien yang ngalamin ulkus kornea dgn ukuran yg besar di kedua matanya emoticon-Sorry, padahal umurnya masih 15 tahun. Nasib ke depannya udah buruk bgt, ga bisa ditolong. Padahal awalnya dia cuma minus 0.5 doang, dia ga mau pake kacamata cuma karena pengen gaya pake softlens.

Penggunaan lensa kontak ada indikasi secara medisnya bukan sembarangan, dan dari segi medis memang lebih baik hard lens. Softlens itu cuma komoditi bisnis bagi produsen, dan kita tidak tahu pasti bahan dan cara pembuatan softlens, dan kebanyakan orang make softlens tanpa ada indikasi medis dan panduan cara pakai yang benar.

Makanya, ane harep semua agan n sista yang punya sodara/keluarga pake softlens segera dikasi tau resiko pake softlens. Kalau cuma minus dikit ga usahlah, pake kacamata aja bisa.

Mata adalah jendela dunia..

emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


tolong taruh di page one kalo bisa sis/gan..



Mampir ya di thread ane yang lainnya :

Ane hampir buta gara-gara soflens....:mewek:mewek..

asdfasdf
hard lens berapaan gan harganya?
ane jadi takut juga neh...ane soalnya pake softlens
emoticon-Takut:

capcay brengsek!!!!!

koq sampe skrg masih ada yg jual gan, kalo operasi lasik gimana gan
sama kayak cerita temen ane gan . jadi sekarang dia ga pake softlens lg emoticon-Smilie
asdadadada ===> gagal jauh,,dari PERTAMAX

gara2 bkan koneksi dewa nech emoticon-Cape d...

tpi bwt inpoh nya,,nice gan,,heheheemoticon-I Love Indonesia

wortley whooler

TS berani sumpah pocongk ngga klo ini emang kisah dia?? ane sumpahin melarat sekeluarga klo dia bo'ong.. (hukuman yang pas buat buat yang suka nakut2in)
saya juga make softlens tiap hari,,,, emang ts make softlens bening apa warna?

kebetulan saya punya softlens berwarna & bening,,,kslo saya make softlens berwarna mata saya langsung perih dan merah,,, kalo bening enggal, padahal softlens warna itu baru saya beli,,

kira2 harga hartlens berapa ya ts?
untung mata ane ga minus gan
emang dari dulu ngak suka dan gak bakal mau pake softlens, mending pake kacamata
jadi takut pake softlens nie.. emoticon-Takut

ane juga pake tapi cma buat gaya2an doank sie

btw alat buat ambil softlens nya ada yg jual ga ya? emoticon-Malu
ane gak pake soplens gan

Beberapa pengalaman dari para kaskuser juga...

Quote:Original Posted By Aaron89
koq sampe skrg masih ada yg jual gan, kalo operasi lasik gimana gan


kalo kemarin ini ane juga sempet nanya operasi lasik...yg bagus namanya ilasik.

ane belom bs gan... minus ane masih lompat2....

nah dokter bilang minus nya d kunci dulu dengan menggunakan hard lens ini....

nanti 2 tahunan baru d periksa lagi n baru lasik gan....


pertanyaan yg sama, saya jg blg sm dokter... kenapa mash banyak banget yang jual????????

dokter jawab:
perdagangan lah biasa....
misal jangan makan indomie, bs bla..bla.. bla... (tp kan ini bisnis org gan)
tinggal kita yang atur gan.. mau yg terbaik buat kita atau yg terburuk....

tp di kedokteran mata, soflens sangat tidak dianjurkan....>< bahaya2......><
jangan ampe kaya ane dah...emoticon-Mewekemoticon-Mewek

Quote:Original Posted By bazbuz
Ane kerja di rumah sakit mata gan..banyak pasien matanya buta karena softlens.. klo ane saranin mendingan pke kaca mata aja dari pada pke softlens


Quote:Original Posted By cimuth.chubb
nice inpoh...
ane kanan min2 silinder 1,kiri min 1/4 silinder 3/4..
tapi ane gag pernah mau pake kacamata ataw soflens gan,
kata temen ane kalo ane pake kacamata jadi keliatan jutek..
ane coba pake soflens,malah pernah gag sengaja pas nyebrang jalan ane kelilipan debu..
masuklah ke mata ane,ane kucek.temen ane tanya ko soflensnya gag da..
gag taunya malah ada di bawah mata ane,kelipet jadi 2..alhasil mata ane merah..
abiz itu ane gag pernah lagi pake soflens atau kacamata gan,gag kliatan y gpp lah emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By donquixote17
taro pejwan gan

ane juga gan ane pake softlens , tapi lama kelamaan mata ane merah gan trus di pinggir item itemnya ada benjol kecil putih , kalu buat ngedip sakit gan emoticon-Mewek untung ane dah sembuh emoticon-I Love Indonesiahampir buta gara2 soflens


Quote:Original Posted By EngKhie
Wah sis, thanks deh infonya.
Ane make softlens dah 6taunan n baru belakangan ini ngerasa ga enak di mata kiri ane.
Mata ane kena debu, trus langsung merah, langsung ane copot softlensnya, tapi sampe 2 minggu lebih masi tetep merah mata ane. Ane ke dokter mata, dia bilang ga boleh make softlens lagi, soalnya emang ga cocok dipake di sini, selaen udaranya yang debunya banyak, banyak polusi juga.

Terus ane dkasi obat tetes 2 macem n harus tetes tiap 3jem skali bergantian.
Sminggu ane pake obat itu n pake kacamata terus, mata ane sembuh.

Sminggu kmudian, ane coba lagi pake softlens, ternyata merah lagi.
Ane rasa, mata ane udah terlalu sensitif deh. soalnya wwalopun sekarang dah ga pake softlens lagi, tiap kna debu dikit n asap, pasti langsung merah n berlangsung beberapa hari.
Hiks sedih banget, ane pengen mata ane normal lagi kayak dulu.
Btw, mata ane minus n silinder.


Quote:Original Posted By Tyree
kejadian yg sama pernah menimpa ane, gan, udah 2 s.d 3 kali malah. mata ane merah di bagian item ama putihnya ampe perih 'n keluar belek. ane disaranin pake obat tetes cendo xitrol 3x sehari. selama perih 'n mata ane masih merah ane terpaksa pake kacamata, walo iritasinya udah ilang ane masih tetep pake tu kacamata selama seminggu kedepan ampe mata ane gak merah lagi.

gan, kasus yg agan alami mgkn terjadi krn softlens agan kena debu trs agan kucek" mata agan, jd matanya luka ato agan kurang tidur. setelah kejadian yg ane alami, ane berusaha gak tidur terlalu malem.

thank God, ampe sekarang ane masih pake softlens 'n gak pernah iritasi lagi ky dulu. ane terpaksa pake softlens, gan krn minus ane terus nambah kalo ane pake kacamata.

mgkn ada kandungan zat kimia tertentu dlm softlens yg gak cocok ama mata agan. kalo agan ngerasa safe 'n cocok pake hardlens, just go ahead krn setiap org tahu 'n berhak ngedapetin yg terbaik buat dirinya.


Quote:Original Posted By odille
ane pernah gan pake softlens waktu main basket. waktu kedip2 tiba2 softlens dimata kanan ilang, ane sampe ngira jatoh gan. tapi ane ngerasa ada yang janggal di kelopak mata ane. setelah ane urut2 itu kelopak, keluarlah softlens ane yang hilang dalam keadaan kelipet.


Quote:Original Posted By sahabat_forum
wah.. tq gan buat inpoh nya.. ane jg softlenser (anjrit jd keren "softlenser") nih gan.. emoticon-Big Grin

pnah sih dlu ane merah,, tp dibuat tidur, besoknya uda bs pake lg.. males gan pke kacamata,, minus ane mayan.. 4.5 emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

mgkin itu ga cocok ama mata ente kali gan merk soflens yg dipake ente.. ato solution nya ga cocok..
soalnya ane kan pke merk freshlook, pas make merk lain, mata ane perih (merk acuvue klo ga slh).. tp klo dipake cc ane, kaga perih dia.. emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment

mgkin cocok2an..

klo mo coba lg, test merk lain gan.. softlense nya.. klo softlens,, ente merk apa..? biomedics cocok di ane.. dah taonan.. emoticon-Big Grin

smoga mata ente ga knapa2 lg deh.. emoticon-Big Grin
temen ane juga gitu gan.......
ane harus kasih tau kaka ane gan,,soalnya dia sering banget merah2 matanya semenjak pake softle
Quote:Original Posted By tanjung.luar
TS berani sumpah pocongkkkkk ngga klo ini emang kisah dia?? ane sumpahin melarat sekeluarga klo dia bo'ong.. (hukuman yang pas buat buat yang suka nakut2in)


kayanya bakal ada yang melarat negh....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

ente bisa langsung dtg le rumah sakit tersebut...
mau sama ane?
sekalian ane kontrol besok....emoticon-Angel
u maen sumpah2 an aje....bawa2 si mbah pocongkk segala pula...(padahal dia kagak ikut bayarin n rasain yang ane rasa)emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ada nyak babe ane juga yang jadi saksi....
ke dokter nya aje bareng ane...(sekalian ente juga periksa, bayar sendiri ye...kalo bisa sekalian bayarin ane)emoticon-Peaceemoticon-Peace

data ane juga ada di sana....

ati2 gan kalo bicara....
ntar mbah pocongkk malah ke si agan lagi...emoticon-Peaceemoticon-Peace

Quote:Original Posted By Aurora.SL
share juga pengalaman ane hmpr mirip seperti TS.

Saya malas pake kacamata krna ribet, alhasil saya lebih suka menggunakan softlens. Sebenarnya sangat riskan memang karena kalau menggunakan softlens diruangan yang kotor sedikit debu saja harus dilepas dan dicuci lagi karena pasti ada yang ganjal kalau kelilipan.

Waktu itu saya rajin-rajinya pakai softlens, pulang sekolah mata saya merah dah 2hari gak sembuh meski sudah ditetesin pakai obat mata. Saya ke dokter mata dan dokter bilang mata saya luka garis gitu dan untungnya tidak mengenai ke retina saya, dokter bilang "kamu untung sekali karena ini sedikit lagi lukanya mengenai retina kamu, kamu bisa buta" yang saya tau habis itu saya dimarain nyokap gak boleh pakai softlens lagi, akhirnya saya menggunakan kacamata de sampe sekarang kuliah, meskipun terkadang kalau pergi/ke pesta memang saya menggunakan softlens tapi tidak terlalu sering seperti dulu. Akhirnya saya disuru istirahat 1minggu full gak boleh baca atau apa sampe ijin sekolah, disuru rehat matanya sama dikasih obat tetes 2macem yang harus rutin ditetesin tiap 4jam.

Dokter juga menganjurkan untuk menggunakan kacamata daripada softlens, karena selain softlens itu mudah kering dan ketika kering softlens itu akan mengeras dan bisa melukai mata kita. Coba saja softlens yang tidak diberi air lama-lama pasti mengeras dan itu sangat berbahaya bila berada di mata kita terlalu lama.

Pernah juga ccku pakai softlens kelupaan sampe kebawa tidur (gak berasa) besoknya matanya merah. Pajang pejwan ya TS klo berkenan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Aurora.SL
share juga pengalaman ane hmpr mirip seperti TS.

Saya malas pake kacamata krna ribet, alhasil saya lebih suka menggunakan softlens. Sebenarnya sangat riskan memang karena kalau menggunakan softlens diruangan yang kotor sedikit debu saja harus dilepas dan dicuci lagi karena pasti ada yang ganjal kalau kelilipan.

Waktu itu saya rajin-rajinya pakai softlens, pulang sekolah mata saya merah dah 2hari gak sembuh meski sudah ditetesin pakai obat mata. Saya ke dokter mata dan dokter bilang mata saya luka garis gitu dan untungnya tidak mengenai ke retina saya, dokter bilang "kamu untung sekali karena ini sedikit lagi lukanya mengenai retina kamu, kamu bisa buta" yang saya tau habis itu saya dimarain nyokap gak boleh pakai softlens lagi, akhirnya saya menggunakan kacamata de sampe sekarang kuliah, meskipun terkadang kalau pergi/ke pesta memang saya menggunakan softlens tapi tidak terlalu sering seperti dulu. Akhirnya saya disuru istirahat 1minggu full gak boleh baca atau apa sampe ijin sekolah, disuru rehat matanya sama dikasih obat tetes 2macem yang harus rutin ditetesin tiap 4jam.

Dokter juga menganjurkan untuk menggunakan kacamata daripada softlens, karena selain softlens itu mudah kering dan ketika kering softlens itu akan mengeras dan bisa melukai mata kita. Coba saja softlens yang tidak diberi air lama-lama pasti mengeras dan itu sangat berbahaya bila berada di mata kita terlalu lama.

Pernah juga ccku pakai softlens kelupaan sampe kebawa tidur (gak berasa) besoknya matanya merah. Pajang pejwan ya TS klo berkenan emoticon-Big Grin
ane lebih milih kacamata gan,walaupun ga sekeren soflens
duh,, si agan... hati hati masang soflens! emoticon-Smilie
wah nice inpo gan

ane jg pemakai softlen
dulu jg ane pernah sampe ada garis merah di putih2 mata ane emoticon-Frown tapi ga sakit
krn ane lupa klo uda lewat 1 bln masa pakainya tapi masi ane pake emoticon-Malu
trus ane ga brani pake soflen lagi
untung lama2 ilang garis merahnya (padahal ane ga ke dokter)
tapi skrg ane pake lagi (ane bandel) emoticon-Frown

btw klo hard lens beli dimana & harga brp?
pake hardlens sakit ga?

ada yg bilang klo pake soflen ga bole deket2 ma panas / kebakaran
krn soflen bisa meleleh & mata jadi buta emoticon-Frown bener ga sih emoticon-Frown
Quote:Original Posted By Queen_Cleopatra
saya juga make softlens tiap hari,,,, emang ts make softlens bening apa warna?

kebetulan saya punya softlens berwarna & bening,,,kslo saya make softlens berwarna mata saya langsung perih dan merah,,, kalo bening enggal, padahal softlens warna itu baru saya beli,,

kira2 harga hartlens berapa ya ts?


ak pake warna n bening gan...
keduanya gak pernah ada masalah d mataku....

tp yah itu....tiba2 merah... padahal ak sama sekali gak pernah pakai tidur ataupum tangan kotor.....><

harga hardlens kemarin pas ak beli 3.5 an gan....

hard lens tidak d jual di optik kacamata biasa ya gan....^^

Quote:Original Posted By leole
makanya gan ati2 pake begonoan, mending pake kacamata aja. gapapa kayak betty lavea daripada gak bisa ngelihat selamanya gitu....

Temen ane juga pernah ngalamin hal yang sama kayak agan, jadi pas itu ada acara trus selese acara itu mata temen ane muerah gan. Katanya sih udah beberapa hari belum nyopot tuh lensa trus dia juga gak bawa tetes mata dan akhirnya temen ane dilariin ke rumah sakit gan dan untungnya kagak terjadi apa - apa.


Nice share gan...Berguna banget..

Ane juga mau nambahin true story nih, kejadiannya di kota kelahiran ane pas ane masih SMA.

Di tempat ane tinggal itu ada seorang anak yang pakai soflens gan. Nah pada waktu itu lagi ada pesta barbeque (bakar2an gitu, ex:bakar ayam, bakar ikan, bakar buat dimakanlah pokoknya). Nah si anak yg makai softlens ini ikutan bakar juga, dan saking antusiasnya dia, dia bakar sambil niup2in tuh api dari dekat biar jadi lebih gede api buat bakarnya. Tanpa disadari dia merasa kesakitan di matanya pada waktu. Dan tau apa?? ternyata softlens meleleh dan lengket di matanya. Si anak dibawa ke rumah sakit dan hasilnya adalah kedua matanya buta secara permanen.

Kalau menurut ane sih itu karena softlense terbuat dari selaput sintetis (karet) yg tipis banget dan selaput itulah yg meleleh dan nyatu dengan mata si anak hingga jadi buta permanen

Taruh di page One gan, biar yg lain juga pada baca. BTW ane izin share tulisan agan ke facebook ane ya, biar temen ane yg lain juga baca....

dulu ame pernah sempet make softlen lama, sekitar 2 tahunan, make yang bening.. alhamdulilllah si ga pernah ada masalah serius kaya gitu..padahal ane ngendarain motor(pake helm fullface si)
kalo pun ada masalah paling cuma gatel2 aja matanya,..dan kalo gartel ya udah ane kedip2 disko aja kalo ga ya ane kasih cairan tetesnya..
ane jga perna pengalaman, ane baru pake selama 1 bln itu.. masi awal2 kan ssh tuh ngeluarin softlens dari mata.. nah pas ane nemuin cara gampangnya ane seneng..

suatu hari ane pake softlens n mau dilepas.. nah pas dilepas itu kok kyknya ga bener lepasnya.. trus ane periksa di meja bawah tangan ane lepas tu softlens.. kok ga ada ya.. uda di cari pake senter, pake melototin tu meja ampir 1/2 jam, ga nemu juga.. nyerah tu ane..
trus abis itu ane tidur2an di atas kasur.. tpi kok ngerasa ada yg ga enak di mata ane, kyk ada yg ngeganjel gt gan..

ternyata pas ane pegang2 bagian yg ngeganjel itu agak lama, di mata ane muncul banyangan besar.. dan ane sadar, SOFTLENS ane itu gan...
ga langsung ane lepasin dari mata, krn penasaran ane ke kamar mandi, liat apa yg terjadi pada softlens ane, ternyata kelipet pas di tengahnya n masuk ke kelopak mata ane yg bagian atas..
mungkin krn lembutnya si softlens ane ga ngerasa dia sempet masuk ke kelopak mata ane yg atas..
untung ane penasaran ama yg ngeganjel di kelopak mata, klo ngga softlens itu muter2 kali ya di dalem rongga mata ane..
hiyyyy serem ngebayanginnya...
terimakasih gan pengalamannya sudah di share.
memang, untuk memakai alat bantu melihat itu ada positif dan negatidnya.

kaca mata bagus tapi ribet.
nah, soft lens praktis tapi invasif ( kena langsung ke mata ).

nah saran dari dokter mata si, untuk memakai soft lens boleh boleh aja, tapi jangan rutin setiap hari seperti kacamata.
selang seling kan dengan kaca mata.

karena untuk mata sendiri itu punya yang namanya kornea, dan kita menempelkan soft lense, yang hampir menutup kornea.Kornea sendiri punya aktivitas rutin yaitu dibasahkan oleh air mata, jika ditutup dengan softlens, otomatis maa akan kering, dan itu bisa menjadi sumber infeksi.

pemberitahuan saja, air mata sendiri sangat berguna sebagai antibodi, sehingga benda asing yang masuk ke mata bisa di netralkan, jadi bayangin aja kalo mata agan tidak ada yang jaga, bisa kena banyak masalah.

ane ja ng mau pake sist...in ja ane rela''in pakai kacamata doank...cari jalan aman..

habis ad cerita juga..temen yg pakai softlens..sampai retina atau korneany sobek..jd langsung berobat disingapura...bayangin..

mesti hati

tuuulll,,,, nice info tuwh sist
gw jg pernah pk softlens mpe mata gw sakit merah ~ merah gitu....
skrg mah gag lagiii

Quote:Original Posted By toratorazz
ane juga pernanh gan, pengalaman sendiri
oktober taon 08 ane coba coba pake soflen, maklum minus ane lumayan parah, 3,74
dua bulan pake, kok mata ane merah mulu, ane priksain deh ke rumah sakit mata di jogja
kata dokternya ternyata kornea ane yg kanan luka gan, gara-gara ntu soflen emoticon-Mewek
ane trauma gan pake soflen sampe sekarang, mending juga pake kacamata