alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006324679/yuk-kita-intip-sejarah-pembangunan-terusan-panama-panama-canal-pict
Thumbs up 
Yuk Kita Intip Sejarah Pembangunan Terusan Panama (Panama Canal) [pict+]
Quote:
Yuk Kita Intip Sejarah Pembangunan Terusan Panama (Panama Canal) [pict+]

Quote:Terusan Panama (Panama Canal) adalah sebuah kanal besar yang terletak di negara Panama, Amerika Tengah. Terusan Panama merupakan sebuah terusan yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan dan dengan demikian berhasil menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik.

Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Sebagai contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju ke San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka jarak perjalanannya menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan jika memanfaatkan terusan maka jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000 mil) saja!

Spoiler for canal:

Quote:
Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di abad ke 16 namun baru berhasil direalisasikan pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini akhirnya berhasil didirikan dan telah membantu ratusan ribu kapal menyeberang sejak pembukaannya atau rata-rata 12.000 kapal per tahun.


Quote:Quote:Sejarah Pembangunan
Quote:
Yuk Kita Intip Sejarah Pembangunan Terusan Panama (Panama Canal) [pict+]
Ferdinand de Lesseps

Gagasan pembangunan Terusan Panama dicetuskan pertama kali pada tahun 1524 oleh raja Spanyol saat itu, Charles V. Raja berpendapat jika tanah genting di Panama dibelah maka akan meringankan perjalanan kapal-kapal kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke Peru ataupun sebaliknya. Tahun-tahun berikutnya, sejumlah kerajaan lain di Eropa juga mengemukakan gagasan yang sama namun masih terbentur kendala teknologi dan sumber daya.

Pembangunan fisik terusan akhirnya baru berhasil dimulai pada tanggal 1 Januari 1880. Saat itu Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari kesuksesan insinyurnya, Ferdinand de Lesseps, yang berhasil mendirikan Terusan Suez di benua Afrika, memutuskan memulai proyek mahasulit ini. Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps. Sayangnya, karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi dan hidrologi yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa dan dana. Wabah malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar pekerja terjangkit dan bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000 orang) sehingga proyek mulai terbengkalai. Peralatan yang terbuat dari besi dan baja mulai berkarat, sebagian pekerja angkat tangan dan kembali ke negaranya.

Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada tahun 1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya pada tahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan proyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan proyek ini. Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt, memutuskan membeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan meneruskan pembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah berhasil memerdekakan Panama dari Kolombia. Sebagai kompensasinya, Pemerintah Panama memberikan hak pengelolaan terusan kepada AS.

Pembangunan Terusan Panama pun dilanjutkan kembali! Kali ini melalui persiapan matang dan penyediaan infrastruktur yang memadai. Presiden Theodore Roosevelt menunjuk George Washington Goethals sebagai pimpinan proyek. Peralatan lama sedikit demi sedikit mulai diganti dengan peralatan baru yang lebih canggih. Tahun 1914, proyek Terusan Panama berhasil diselesaikan. Dua tahun lebih cepat dari target yang ditetapkan yaitu pada 1 Juni 1916. Terusan Panama akhirnya dibuka secara resmi pada 15 Agustus 1914 yang bertepatan dengan mulai berkecamuknya Perang Dunia I di Eropa dan kapal laut pertama yang melintas adalah sebuah kapal kargo yang bernama, Ancon.

Pada 1930an, Terusan Panama disempurnakan dengan diciptakannya danau-danau buatan sebagai penampung air yang dibuka jika ada kapal yang akan lewat. Selain itu juga dibuat beberapa pintu air. Setelah Perang Dunia II, rakyat Panama mulai menuntut hak pengelolaan dan selain itu memprotes kehadiran militer AS yang semakin hari semakin bertambah banyak. Akhirnya pada 7 September 1977, Presiden AS, Jimmy Carter dan Presiden Panama, Omar Torrijos menandatangani sebuah kesepakatan yang mengizinkan Panama mengelola sendiri terusan itu namun tetap menjamin netralitas kawasan (Neutrality Treaty) dan AS diizinkan untuk kembali kapan saja. Akan tetapi, kesepakatan ini dikecam oleh sebagian besar rakyat AS. Selanjutnya, pada 31 Desember 1999, pengelolaan terusan diserahkan sepenuhnya ke Panama melalui Otoritas Terusan Panama/Panama Canal Authority (ACP).


Quote:
Spoiler for canal:

Spoiler for canal:

Spoiler for canal:

Spoiler for canal:

Spoiler for canal:

Spoiler for canal:

Quote:
Sebelum penyerahan ini, pemerintah Panama telah mengadakan tender internasional untuk 25 tahun kontrak pengoperasian pelabuhan kontainer yang dimenangkan oleh perusahaan Hutchison Whampoa, sebuah perusahaan asal Hong Kong yang dimiliki oleh taipan Li Ka Shing yang juga nantinya menanamkan sahamnya di Facebook.


Quote:Quote:Cara Pengoperasian
Yuk Kita Intip Sejarah Pembangunan Terusan Panama (Panama Canal) [pict+]Quote:

Berbeda dengan Terusan Suez, Terusan Panama mengandalkan sejumlah pintu air dan beberapa danau buatan. Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik, kapal memasuki pintu air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26 meter dari permukaan laut. Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun atau mendorong kapal melintasi pintu-pintu air tersebut. Kapal kecil mematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar dituntun tapi tetap bergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari baja di belakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka untuk mengalirkan air pelan-pelan dari Danau Gatun. Ada tiga pintu air yang harus dilewati, yang akhirnya menaikkan kapal sampai sejajar dengan permukaan danau.

Kapal kemudian melepaskan diri dari lokomotif listrik dan berlayar melintasi danau buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau buatan ini semula adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun dam raksasa Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasuki Lintasan Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150 meter dan kedalaman minimum 13 meter. Di ujung lintasan Gaillard kapal kembali memasuki pintu air yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotif pendorong. Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9 meter ke permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayar melintasi danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu air Miraflores atau Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapal sampai sejajar dengan permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapal berlayar memasuki Teluk Panama dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.

Diukur dari Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama di Samudera Pasifik terusan ini memiliki panjang sekitar 82 kilometer dengan lama pelayaran sekitar 8 jam. Rata-rata ada 12.000 kapal melintasi terusan ini setiap tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit, terusan ini tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa. Oleh karenanya kapal-kapal yang bisa melintas di terusan Panama disebut kapal-kapal Panamaz.


Quote:Ongkos/tarif melewati terusan

Otoritas terusan menetapkan tarif untuk melintas Terusan Panama berdasarkan jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam kapal. Tahun 2007, Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal Disney Cruise Line asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayar tarif termahal yaitu sejumlah USD 331.200.


Quote:Tantangan ke Depan

Terusan Panama menghadapi sejumlah persaingan sengit dari misalnya jawatan kereta api inter-samudra yang melintasi Amerika Serikat dan Meksiko, serta rencana negara tetangga Nikaragua untuk juga membangun terusan. Melihat tantangan ini Pemerintah Panama pada tahun 2006 lalu menggelar referendum untuk memperluas terusan. Untungnya referendum ini disetujui oleh sekitar 80% rakyat Panama. Secara kongkrit, perluasan terusan Panama akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan. Terusan Panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5 milyar. Panama sendiri akan menyalurkan sekitar separuh ongkosnya yang bisa jadi diambil dari kantong Otoritas Terusan Panama yang tahun 2007 tercatat meraup pendapatan sekitar USD 1,76 miliar. Sisanya diambil dari pinjaman-pinjaman internasional.

Lalu bagaimana dengan negara kita yang merupakan negara maritim, apa sudah pernah ada rencana untuk membangun terusan? Ternyata negara kita juga tidak mau kalah, ckckck…Day dreaming Konsep pengoperasian Terusan Panama sejak tahun 2006 telah diterapkan di Sungai Cisadane. Big Grin


emoticon-Request
Info Terusan Cisadane klik disini
emoticon-2 Jempolwew, ane punya keyakinan. bakalan jd HT tret agan
nice inpoh gan emoticon-thumbsup

ijin nyimak emoticon-Metal
Charles V Inspirasi'a Patut Di Contoh Tuh gan ...
Btw Ane Jadi Tau Skrng emoticon-Big Grin

Quote:
8 Penjelajah Antartika Terbesar

SMP Qaryah Thayyibah Sekolah Indonesia Yang Masuk Keajaiban Dunia
10 Hal Menarik Yang Berhubungan Dengan Malam
[URL=" http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6273834"]15 Tema Taman Hiburan Dunia Paling Aneh[/URL]
10 Gadget Unik dan Kreatif Bertenaga Surya
wowemoticon-2 Jempol
Pejwan Sajalah...emoticon-Angkat Beer




Wah, pembangunannya gede banget gan... Lama & Mahal banget prosesnya... ckckemoticon-Matabelo
------------
Calon HT nih kayaknya...



emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Tambahan KASKUSER tentang Terusan di Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By AdhieHydeist
Terusan di SUngai Cisadane yang meniru Terusan PANAMA

Spoiler for Terusan:

Spoiler for Terusan 2:

mengalir dari arah Bogor, melewati Serpong dan kemudian tepi barat kota Tangerang, disini bercabang dua. Cabang utama tetap lurus keutara dan akan melalui bendung besar buatan Belanda yang disebut Bendung Sengego yang terdiri dari 10 buah pintu air.

Cabang satunya lagi membelok kekanan - mengarah ke timur menuju Pesing/Jakarta yang dikenal sebagai Kali Mookervart.Diawal kali Mookervart ini ada dua buah pintu air, pintu air yang pertama berupa pintu air Tunggal yang terdiri dari satu pintu air. Tapi pintu air satunya lagi unik sekali, karena bisa digunakan untuk melewatkan getek bambu atau perahu, mekanisme kerjanya mirip dengan pintu air Terusan Panama. Pintu air ini terdiri dari dua buah pintu air yang membentuk sebuah kanal sepanjang 50 meter.

Kalau ada getek bambu mau melewati pintu air tersebut, maka dengan perlahan lempeng besi pintu air pertama diangkat, sehingga air sungai Cisadane masuk ke dalam kanal yang berada diantara kedua buah pintu air tersebut.Akhirnya air akan memenuhi kanal dan ketinggian air didalam kanal menjadi sama tinggi dengan tinggi air dihulu pintu air pertama dimana getek masih berada menunggu.Sekarang getek bisa memasuki kanal dengan cara melewati kolong lempeng besi pintu air, kemudian lempeng besi pintu air pertama itu diturunkan kembali.Lalu lempeng besi pintu air kedua pelan-pelan diangkat, maka
air dari dalam kanal akan lolos menuju ke hilir (kali Mookervaart).Tinggi air didalam kanal pelan-pelan turun dan akhirnya tinggi air didalam kanal sama dengan tinggi air di hilir pintu air kedua tsb Lempeng besi pintu air kedua itu diangkat tinggi-tinggi dan kini getek bambu dari dalam kanal bisa lewat dibawahnya, menuju kali Mookervaart.
Sayang sekali keunikan kerja pintu air tersebut sekarang tidak bisa lagi disaksikan.Pintu air sudah macet tidak lagi difungsikan, dan getek bambu
yang dialirkan dari arah Serpong/Bogor itu kini diangkut pakai truk menuju Jakarta.

Sumber : http://www.tirtabenteng.com/pdam/ind...ungai-cisadane

Kalo berkenan TS taro Pejwan emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)




Spoiler for :
kayak terusan Suezz ya gan??
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By skodsa
selamat gan.. ente Pertamax emoticon-Selamat
moga2 aja gan .. HT emoticon-Malu (S)



moga2 aja gan.. bantu rate ya..



bantu rate gan.. emoticon-Big Grin


udah ane rate gan... emoticon-Big Grin
nice inpo deh gan...emoticon-thumbsup ane bantu rate dah...emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
kirain terbentuk secara alami emoticon-Embarrassment
ternyata di buat manusia emoticon-Smilie
oohhh jd begitu gan

kren

calon HT nih emoticon-Big Grin
wah penting banget nih terusan, makasi infonya gan !
Quote:Original Posted By sonic1504
nice inpo deh gan...emoticon-thumbsup ane bantu rate dah...emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

thx gan .. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By a8d33
oohhh jd begitu gan

kren

calon HT nih emoticon-Big Grin

iya gan....
btw.. emoticon-Cendol (S) donk gan.. emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By uzhman
wah penting banget nih terusan, makasi infonya gan !


oyi gan... sama2 .emoticon-Big Grin
bantu rate aja dech gan
dibuat toh...
panama kanal, kayak pelajaran ane dlu waktu sd gan yaYuk Kita Intip Sejarah Pembangunan Terusan Panama (Panama Canal) [pict+]
Ane terpukau ketika kapal Disney Cruise Line asal AS membayar tarif termahal sejumlah USD 331.200 untuk melewati terusan Panama
terusan panama emang mantap ne gan.. gede bgt..
kalaw gk salah d daerah Afrika juga ada gan cuman ane lupa namanya emoticon-Ngakak (S)