alexa-tracking

Lokasi ledakan nuklir Chernobyl dijadikan tempat wisata

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006296437/lokasi-ledakan-nuklir-chernobyl-dijadikan-tempat-wisata
Lokasi ledakan nuklir Chernobyl dijadikan tempat wisata (+ PIC)
Sebelumnya mohon rate Lokasi ledakan nuklir Chernobyl dijadikan tempat wisatadulu ya gan


Quote:


Quote:

Pemerintah Ukraina mengumumkan mulai tahun depan akan membuka lokasi Chernobyl, yang menjadi tempat kecelakaan nuklir pada 1986, untuk kunjungan wisata. Pihak berwenang memastikan kontrol ketat terhadap turis, untuk menghindari terpapar radiasi tingkat tinggi saat berwisata ke Chernobyl.

Reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina, meledak pada 26 April 1986 pukul 01:23:40 waktu setempat. Insiden tersebut merusak reaktor seberat 2.000 ton ini dan menyebarkan radioaktif 400 kali lebih banyak dari pada bom Hiroshima. Lebih dari 200.000 km persegi dari wilayah Eropa terkontaminasi dan tak kurang dari 600.000 orang terkena radiasi Sekitar 9.000 orang tewas dalam tragedi tersebut.

Setelah bencana itu, pihak berwenang segera mengumumkan lokasi ini terlarang karena tingkat radiasinya yang tinggi. Namun, peneliti kemudian menemukan beberapa area di dalam radius 30 km di sekitar reaktor hanya terkena radiasi dalam tingkatan yang rendah. Selain itu, material radioaktif menurun seiring waktu dan beberapa di antaranya segera menghilang setelah ledakan.

Beberapa area lain masih merupakan zona berbahaya, seperti lokasi pembuangan limbah radioaktif, daerah dekat reaktor yang sudah hancur, dan Red Forest yang merupakan hutan dengan banyak cemara merah yang mati karena radiasi ledakan Chernobyl. Sesium (Cs) radioaktif, strontium (Sr), dan plutonium (Pu) juga masih ditemukan. Plutonium diprediksi masih akan ada dalam jangka waktu lama, karena unsur kimia ini perlu ribuan tahun untuk rusak.

“Kunjungan turis akan dikontrol dengan ketat, sehingga risiko radiasi menjadi tidak berarti. Turis tidak akan bisa mengunjungi lokasi dengan level radiasi yang tinggi. Pengunjung akan aman dari sudut pandang radiasi, karena mereka tidak akan bebas pergi ke manapun mereka suka,” kata Vadim Chumak dari Pusat Penelitian untuk Pengobatan Radiasi di Ukraina. Turis juga tidak akan diberi makanan dari area ini.

Menurut Chumak wisatawan akan diizinkan mengunjungi kota Chernobyl, melihat sarkofagus berisi sisa-sisa reaktor yang sudah rusak, mendekat ke pembangkit nuklir, memberi makan ikan lele besar dari kolam dekat pembangkit nuklir, dan mengunjungi kota dekat Chernobyl, Prpyat, yang dievakuasi saat insiden terjadi. “Radiasi di Pripyat relatif tinggi. Tapi dengan waktu yang terbatas, dosis kumulatif dapat dipertahankan di level sangat rendah,” cetus Chumak. Jika melakukan kunjungan kembali, turis juga akan diberi dosimeter pribadi untuk mengukur tingkat radiasi mereka.

Pembukaan Chernobyl untuk wisata ini adalah salah satu cara pemerintah Ukraina meningkatkan perekonomian. Misalnya, menurut Chumak, fans sepakbola yang menonton Piala Eropa pada 2012 yang akan digelar di Ukraina dan Polandia kemungkinan tertarik melakukan kunjungan sampingan ke Chernobyl.

Ini semacam ekowisata terbalik," kata Tim Mousseau biologi di University of South Carolina di Columbia. "Ini bisa berguna untuk mendidik orang tentang konsekuensi potensial dari kecelakaan berhubungan dengan energi nuklir , dan saya pikir segala jenis kesadaran yang meningkat ada kebaikan.

"Selama orang diberitahu bahwa itu tidak sepenuhnya bebas risiko, saya tidak melihat masalah dengan hal itu. Ketika orang mencoba dan mendaki Gunung Everest, mereka tahu ratusan orang telah meninggal berusaha, dan mereka masih melakukannya" berani ke sana?

Sumber: Live Science


Quote:

Pengukuran radiasi di atas dilakukan di dekat reaktor nomor 4, tapi masih di luar batas yang dibolehkan, yakni radius 400 meter dari lokasi ledakan. Kalo ane gak salah menyimpulkan,di situ aja tingkat radiasinya udah di angka 0,623 rt/m2. Menurut keterangannya, di lokasi reaktor, tingkat radiasi bisa mencapai lebih dari 2.0 rt/m2 (angka ini sampai melebihi kapasitas ukur alatnya, gan..). sekedar info, tingkat radiasi di tempat yang gak ada kontaminasi rata-rata 0,01 rt/m2. jadi, sepertinya masih berbahaya gan...

Quote:


Quote:



http://www.youtube.com/watch?v=JYkVatvFLsg


http://www.youtube.com/watch?v=M4fkh8Y9saw

Quote:


Quote:
asdasdasd <~~ mantra berhasil emoticon-Big Grin

pict ny ga muncul di ane gan..

Lokasi ledakan nuklir Chernobyl dijadikan tempat wisata
sialan TS gagal pertamax emoticon-Cape d...

emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
GA JADI PERTAMAX,,ATAS ANE CEPET AMAT emoticon-Malu
NYIMAK DULU GAN
mana gan pict lokasinya....



inpo bagus
emoticon-Takut
Wah,..ga bahaya yah dikemudian hari,..emoticon-Thinking
emoticon-Takutemoticon-Takut

gimana klo perang nuklir beneran...
habis dah... semua....
Quote:


iya gan bakalan punah dah kehidupan manusia , radiasinya bahaya gan bisa merusak dna manusia emoticon-Takut
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
selem gan. bahaya tuh. emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul: ahh gan dari KR nih emoticon-Angkat Beer
pic nya ga keluar gan
numpang pejwan
wiw :serem :serem
Quote:


Quote:


iya gan ngeri juga.. lagian kalo mau ciptain lokasi wisata kaya gitu.. daerah mana yang mau?? masih teradiasi lagi.. emoticon-Ngacir
weeeeeeeeewwwwwwwwwww emoticon-Takut
Quote:


coba di refresh gan , di kompi ane keluar kok ( ane pake google chrome )

gambarnya diupload pake u.kaskus.co.id
ngeri ah kalau nanti kena radiasi nya..
jumlah orang meninggal bener ga tuh??
ngeri gan............
×