alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005967377/tanya-jawab-anestesi-pembiusan-dan-tentang-icu
(Tanya Jawab) Anestesi, pembiusan dan tentang ICU
lagi iseng2 nih. mau bantu mana tau ada yang bingung mengenaii teknik pembiusan dan anestesi. keluhan pasca anestesi. Saya akan coba jawab sebisanya.. Maklum saya juga orang yang masih butuh banyak belajar

regards


dr.bius



help me Rate this thread
sip sip bro emoticon-2 Jempol

asal jangan terlalu teknis dan spesifik, lebih ke bahasa awam

emoticon-Big Grin
dopost emoticon-Nohope
welcome om Alex.
Bau2 nya residen anesthesi
Tx om wawe... Salam pelanduk(Tanya Jawab) Anestesi, pembiusan dan tentang ICU
keluhan pasca anastesi ni gan..emoticon-Smilie

youtube-thumbnail
itu efek obatnya belon abis dah disuruh pulang ya? wwkwkwkw
ga ada yang nanya2?? hayo hayo, mungkin ortu ada yang dioperasi?
Gan nanya, ane rapel aja ya?
  1. Koreksi asidosis metabolik dulu ane pernah baca setengah bolus setengah drip, tapi kok sekarang pakai drip semua, kalau menurut pengalaman agan gimana, hasilnya bagusan mana?
  2. Indikasi masup ICU apakah malignancy di eksclude?
  3. Sampai sejauh mana critical ill sebagai indikasi masup ICU? apakah kecenderungan memerlukan ventilator mekanik atau semua critical ill bisa dirawat ICU?
  4. Sampai berapa lama CVC bisa tetap dibiarkan dipasang (berapa hari harus di cabut/pasang ulang?)
  5. Bagaimana kriteria ARDS menurut sudut pandang anestesi?
  6. BTW sofa score masih kepake ga sih? atau jangan2 ada kriteria lain?

Maaf ya gan pertanyaanya banyak, mohon pencerahan emoticon-Smilie
ILA ada efek sampingnya gak?
setau gw mah untuk pembiusan itu ada yang lokal dan sistemik...
.
kalo yang lokal tuh biasanya buat memar, abis operasi hamil, gigi dkk...
.
kalo sistemik tuh ke seluruh badan... kaya operasi besar...
hemm,, nanti kalo ane stase anastesi tanya2 yah,, emoticon-Smilie

residen anastesi kah gan? lam kenal ya.. emoticon-Smilie

nubi neh
Quote:Original Posted By namrud
Gan nanya, ane rapel aja ya?
  1. Koreksi asidosis metabolik dulu ane pernah baca setengah bolus setengah drip, tapi kok sekarang pakai drip semua, kalau menurut pengalaman agan gimana, hasilnya bagusan mana?
  2. Indikasi masup ICU apakah malignancy di eksclude?
  3. Sampai sejauh mana critical ill sebagai indikasi masup ICU? apakah kecenderungan memerlukan ventilator mekanik atau semua critical ill bisa dirawat ICU?
  4. Sampai berapa lama CVC bisa tetap dibiarkan dipasang (berapa hari harus di cabut/pasang ulang?)
  5. Bagaimana kriteria ARDS menurut sudut pandang anestesi?
  6. BTW sofa score masih kepake ga sih? atau jangan2 ada kriteria lain?

Maaf ya gan pertanyaanya banyak, mohon pencerahan emoticon-Smilie


1, koresksi asidosis metabolik tidak dengan bicnat sekarang.. koreksi dengan bicnat tidak akan memperbaiki masalah.. lebih baik dicaritau kenapa asidosis metaboliik ini.. untuk lebih mengerti hal ttg asidosis metabolik coba baca persamaan asam basa berdasarkan stewart..
2. malignancy yang bagaimana yang diekslude? indikasi masuk icu antara lain perlunya pernafasan buatan, perlunya observasi lebih intensif, hemodinamik tidak stabil
3. cvc bisa dibiarkan sampai 1 bulan, tergantung perawatan
4. ards itu perbandingan fio2 dan pao2 <200 tanpa memperhatikan peep yang diberikan
sofa score? ntar gw baca lagi emoticon-Wink
Quote:Original Posted By azrita
ILA ada efek sampingnya gak?


setiap tindakan medis pasti ada efek samping gan.. salah satunya neuropati, backache, perdarahan, alergi, dll.. tp seiring dengan berjalanna pengeahuan efek samping itu bisa dihindari
Quote:Original Posted By IqKataK
setau gw mah untuk pembiusan itu ada yang lokal dan sistemik...
.
kalo yang lokal tuh biasanya buat memar, abis operasi hamil, gigi dkk...
.
kalo sistemik tuh ke seluruh badan... kaya operasi besar...


adanya regional dan bius umum gan.. emoticon-Smilie regional tuh dibagi lagi, epidural dan spinal (neuroaxial block ) dan periferaal block.. tx
mau nanya dong emoticon-Belo/

malignant hyperthermia tuh apa sih?
malignant hypertermi: dari namanya aja udah pasti kan hipertermi yang ganas.. ini kondisi akibat anestesi yang menyebabkan tubuh mengeluarkan panas berlebih.. tanda2nya banyak, yang paling utama suhu tubuh saat anestesi UMUM meningkat, lalu hemodinamik bisa ga stabil.. bisa diliat dari canister di mesin anestesi meningkat juga suhunya, cepet berubah warna.. keadaan ini disebabkan karena kelainan dari otot yang metabolismenya menigkat cepat..

never thduan

ane pernah sakit wasir gan..sakit banget wkt itu, udah dikasih bius sama dokter ngga ilang2 sakitnya..penyebabnya kira2 apa gan?
apakah pada waktu pasien di ICU pasca operasi, dan dipasangkan alat pada seluruh tubuhnya, itu bs menyiksa pasien? dgn dipasang selang lewat idung, kabel2 ke jantung, dulut di pasang selang besar.. dan berapa lama kah alat2 tersebut dapat ada di badan pasien? kalau ternyata pasca operasi itu pasien koma dan ga bangun2 setelah obat bius habis masanya?