alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005493925/pb-remacz---bulutangkis-let039s-play-the-shuttlecock
~ :: PB REMACZ - Bulutangkis Let's Play The Shuttlecock ::~
Bismillahirrahirrahmanirrahim
Salam Olahraga


Mengakomodasi pembicaraan terkahir di Ultah REMACZ waktu acara potong tumpeng..Teman Teman di REMACZ juga berkeiniginan untuk mengembangkan latihan bulutangkis..tidak tertutup kemungkinan PB REMACZ akan mewakili di berbagai ajang yang berhubungan dengan komunitas dan tentunya adalah ajang untuk menyehatkan badan.

Selain sepakbola..bulutangkis juga merupakan salah satu olahraga yang populer di negara kita dimana olahraga ini justru menjadi alat yang ampuh untuk mempopulerkan (baca : mengharumkan) nama bangsa Indonesia di mata dunia dengan segudang prestasinya. Tentu kita tidak asing dengan nama Liem Swie King, Rudy Hartono, dan jika kedepan lagi ada Alan Budikusuma, Susi Susanti, hingga Taufik Hidayat, Sonny Dwi Kuncoro dan Simon Santoso.

Trit ini sama dengan trit olahraga seperti futsal ataupun yang lainnya dimana akan dibahas/share baik mengenai aturan main, jadwal main PB REMACZ, hingga share gear yg biasa teman teman gunakan ataupun tempat tempat yang recomended untuk membeli atau tempat servicenya.

Pada Akhirnya TS membuka kesempatan kepada seluruh teman teman di REMACZ yang ingin bersama sama menyalurkan bakat ataupun hobbynya di bidang olahraga ini.

Salam Olahraga
Maju Terus Dunia Perbulutangkisan di Indonesia

emoticon-Angkat Beer

noted

CO TS : Pahoe2

Spoiler for "Indonesia in Badminton":


Video Video Skill Pemain Indonesia

Spoiler for "Taufik Hidayat In Action":


Spoiler for "Taufik Hidayat In Action":


Spoiler for "Taufik Hidayat In Action":
Sejarah Bulutangkis, Sejarah IBF dan Badminton

Menyinggung mengenai sejarah bulutangkis, kita tidak bisa melupakan IBF (International Badminton Federation) Karena IBF inilah yang mencetuskan federasi bulutangkis internasional.

Sejarah tercatat bahwa bulutangkis ditemukan pada waktu yang sudah lama, sekitar dua ribu tahun lalu permainan "Battledore" dan "Shuttlecock" yang dimainkan di Yunani kuno, India dan China. Sejarah yang panjang yang menakjubkan sebagai permainan baru dalam olympics.

Badminton diberi nama dari "Badminton House" di Gloucestershire, kampung halaman "Duke of Beaufort" (Bulu-Tangkis.COM: Duke adalah sebutan nama bangsawan eropa) dimana olah raga ini dimainkan di abad terakhir. Secara kebetulan, Gloucestershire sekarang adalah pusat dari International Badminton Federation (IBF).

IBF diprakarsai pada tahun 1934 oleh 9 negara anggota yaitu: Canada, Denmark, Inggris, Prancis, Irlandia, Belanda, New Zeland, Scotlandia dan Wales. Anggota IBF bertambah secara cepat dari tahun ke tahun.

Turnamen pertama IBF yang paling bergengsi adalah Thomas Cup (World men's team championships) pada tahun 1948. Sejak itu turnamen berkembang untuk tim putri seperti Uber Cup, Sudirman Cup, World Junior dan World Grand Prix Finals.

Sekarang ada banyak sekali turnamen bulutangkis yang diadakan di masing-masing negara seperti : Indonesia Open, Malaysia, Open, Singapore Open, All England, Japan Open, Swiss Open, Korea Open, Denmark Open, China Open dan masih banyak lagi semuanya dibawah naungan IBF.

Itulah sedikit informasi tentang sejarah bulutangkis dan IBF.

Salam BuluTangkis }>D
Peralatan & Lapangan

~ :: PB REMACZ - Bulutangkis Let's Play The Shuttlecock ::~

Lapangan
Lapangan bulutangkis dapat dibuat dengan mudah, di mana saja, sejauh tersedia ruangan seluas kira-kira 12 X 20 meter. Di tempat terbuka tentu saja diupayakan agar gangguan angin tidak terlalu besar, sedangkan bila di ruang tertutup, atap bangunannya sebisa mungkin di atas delapan meter agar shuttlecock yang tengah dimainkan tidak sampai terganggu.

Di Indonesia, di kampung-kampung lapangan bulutangkis banyak didirikan di atas tanah, semen cor, atau aspal. Namun, di gedung olahraga biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai. Di lapangan yang diakui secara internasional digunakan karpet yang terbuat dari karet keras, namun elastis.

Lapangan bulutangkis ber-ukuran 610 X 1340 cm, yang dibagi dalam bidang-bidang, masingmasing dua sisi berlawaan. Ada garis tunggal, ada garis ganda, ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servis.

Net

Di tengah-tengah lapangan ada net yang tingginya 155 cm. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara dua bidang permainan yang diikatkan pada tiang. Tiang itu haruslah kukuh, sehingga net yang dibentangkan tidak akan turun bila ditarik kencang agar lurus. Tinggi net di tengah-tengah lapangan, haruslah 152 cm dari permukaan lapangan.

Shuttlecock

Shuttlecock yang di Indonesia lazim disebut kok, biasanya terbuat dari bulu angsa buatan abrik, umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan IBF. Berat kok sekitar 5,67 gram. Bulu angsa yang menancap di gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat dua tali agar tidak mudah lepas. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri banyak pula digunakan kok dari karet, baik untuk gabus maupun bulunya. Bentuk, ukuran, dan besarnya harus sama dengan kok yang terbuat dari bulu angsa, namun umumnya kok plastik hanya dipakai untuk latihan saja.

Kok yang bagus adalah kalau dipukul dengan raket dengan tangan di bawah pinggang meluncur dengan lurus, tanpa gerakan ke arah kiri atau kanan saat mengundara. Para pemain tingkat internasional sering mencoba kok dengan memukul ke ruang di balik netnya. Bila dipukul dengan tangan mengayun dari bawah, kok yang baik akan mencapai kira-kira di tempat yang sama dengan pelaku servis.

Raket

Raket pada masa lalu, sampai tahun 1970-an, masih dikenal raket yang baik gagang maupun kepala (daunnya) terbuat dari kayu, sekarang umumnya dibuat dari bahan grafit, meskipun masih ada yang dibuat dari bahan aluminium atau besi ringan. Bentuknya cuma beraneka macam, tetapi yang nge-trend sampai dengan tahun 2002 adalah yang umumnya dipakai pemain pelatnas. Semakin mahal harganya maka semakin enteng dan kuat raket itu.

Raket ini memiliki jaring yang dibuat dari senar (string), berupa tali plastik sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bisa dipasang sekencangkencangnya tetapi tidak mudah putus, agar raket dapat memantulkan kok yang dipukul dengan kencang atau cepat. Raket ini biasanya dibungkus dalam tas raket yang dapat memuat sampai kirakira enam buah raket.

Sepatu dan Pakaian

Seperti atlet lain pada umumnya, setiap pemain bulutangkis memiliki perlengkapan utama dan tambahan ketika tampil di sebuah permainan atau pertandingan. Baju, celana, sepatu tergolong asesori utama, sedang ikat tangan, ikat kepala, pengaman lutut bisa disebut tambahan. Sepatu bulutangkis haruslah enteng, namun menggigit bila dipakai di lapangan agar pemain dapat bergerak, balk maju maupun mundur tanpa terpeleset. Karet sol yang menggigit dibutuhkan karena frekuensi gerakan maju dan mundur di bulutangkis berlangsung tinggi, dalam tempo cepat. Sepatu bulutangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang warnanya bervariasi.

Kaus kaki tidak wajib namun sebaiknya memiliki daya serap keringat yang tinggi dan agak tebal supaya empuk dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi kulit akibat pergesekan kulit dengan sepatu.

Celana pendek atau kaus bulutangkis sebenarnya bebas, tetapi di tingkat internasional banyak dipakai jenis kaus yang sejuk dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Terkadang pemain menggunakan kaus tangan, pengikat kepala, atau penjaga lutut, balk untuk keperluan esensial maupun sekedar untuk menambah ramai penampilan.

Peraturan Pertandingan

Secara sederhana, permainan bulutangkis adalah upaya untuk memasukkan kok ke bidang permainan lawan, tanpa kok itu tidak bisa dikembalikan. Ada berbagai cara melakukannya, seperti memasukkan kok ke bidang yang tidak terjaga lawan, atau memasukkan kok dengan cepat, sehingga tidak sempat dikuasai atau dikejar lawan.

Sebelum pertandingan kedua pemain menjalani undian yang dilakukan wasit, biasanya dengan tos menggunakan mata uang logam. Pemenang boleh memilih lapangan dan melakukan servis pertama kali. Untuk ganda, setelah undian hanya satu orang yang melakukan servis dan begitu gaga! mendapat angka, maka servis pun berpindah ke lawan.

Angka diperoleh si pelaku servis, sehingga bila dia gagal, servis berpindah, tidak menggunakan rally point seperti di tenis meja atau bola voli. Bila kok tidak bisa dikembalikan lawan, dia akan mendapat angka.

Dalam melakukan servis, prinsip yang harus dipegang adalah kepala raket tidak boleh Iebih tinggi dari pinggang, kok dalam keadaan dipegang, dan kaki tidak bergerak mendahului gerakan memukul kok. Sedang penerima servis mengalami fault bila bergerak sebelum lawan melakukan servis.

Bola kok juga menjadi mati bila terpukul dua kali, gagal melewati net, mendarat di luar garis, raket melewati atas net atau menyentuh net, kaki melewati batas garis bidang.


Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton - Panjang, Lebar Tinggi Net Tunggal & Ganda


Dalam membuat lapangan bulu tangkis alias badminton yang baik harus sesuai dengan standar internasional yang luasnya berbeda antara pertandingan partai ganda dengan partai tunggal.

A. Partai Tunggal / Satu Pemain / 1 on 1

- Panjang = 11,88 meter
- Lebar = 5,18 meter
- Luas = 61,5384 meter persegi
- Tinggi Tiang Net = 1,55 meter
- Tinggi Atas Net = 1,52 meter

- Jarak Net Ke Garis Service = 1,98 meter
- Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 3,96 meter

B. Partai Ganda / Dua Pemain / 2 on 2

- Panjang = 13,40 meter
- Lebar = 6,10 meter
- Luas = 81,74 meter persegi
- Tinggi Tiang Net = 1,55 meter
- Tinggi Atas Net = 1,52 meter

- Jarak Net Ke Garis Service = 1,98 meter
- Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 4,72 meter

Keterangan : Net sama dengan Jaring.

~ :: PB REMACZ - Bulutangkis Let's Play The Shuttlecock ::~

Sumber
Sistem perhitungan poin bulu tangkis

Sistem klasik
Sistem ini berlaku sampai tahun 2002 sebelum diganti dengan sistem 5x7 poin. Sistem yang berlaku adalah sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih poin.

Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan dua set permainan. Dengan sistem perhiutngan poin tiap setnya sebagai berikut:

Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda

* Satu set terdiri dari 15 poin.
* Bila terjadi kedudukan 13 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 13 akan menentukan apakah terjadi jus 5 (permainan akan berakhir pada poin 18) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).
* Bila terjadi kedudukan 14 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 14 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 17) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).
* Bila keputusan jus telah diambil pada kedudukan 13 sama, maka tidak ada penambahan poin lagi bila terjadi kedudukan 14 sama.

Untuk partai tunggal putri
* Satu set terdiri dari 11 poin.
* Bila terjadi kedudukan 9 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 9 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).
* Bila terjadi kedudukan 10 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 10 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).
* Bila keputusan jus telah diambil pada kedudukan 9 sama, maka tidak ada penambahan poin lagi bila terjadi kedudukan 10 sama.

Sistem 5x7 poin

Sistem ini hanya berlaku dari Januari sampai Agustus 2002.

Sistem yang berlaku adalah masih sistem pindah bola atau dengan kata lain hanya pemain/pasangan yang melakukan servis yang dapat meraih poin, namun berbeda dengan sistem klasik, seorang/sepasang pemain baru akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan tiga set permainan.

Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri. Dengan perhiutngan poin tiap setnya sebagai berikut:

* Satu set terdiri dari 7 poin.
* Bila terjadi kedudukan 6 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 6 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 8) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 7).

Kembali ke sistem klasik

Mulai Agustus 2002, sistem perhitungan kembali ke sistem klasik dengan sedikit perubahan:

Untuk partai tunggal putra dan semua partai ganda

* Satu set terdiri dari 15 poin.
* Bila terjadi kedudukan 14 sama, pemain/pasangan yang lebih dulu mencapai angka 14 akan menentukan apakah terjadi jus 3 (permainan akan berakhir pada poin 17) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 15).

Untuk partai tunggal putri
* Satu set terdiri dari 11 poin.
* Bila terjadi kedudukan 10 sama, pemain yang lebih dulu mencapai angka 10 akan menentukan apakah terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 12) atau tidak (permainan tetap berakhir pada poin 11).

Sistem reli 3x21 poin

Sistem ini mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006. Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri.

Sistem yang berlaku adalah sistem reli poin atau dengan kata lain setiap seorang pemain melakukan kesalahan, lawan langsung memperoleh poin.

Seorang/sepasang pemain akan memenangkan pertandingan bila telah memenangkan dua set permainan. Dengan sistem perhiutngan poin tiap setnya sebagai berikut:

* Satu set terdiri dari 21 poin.
* Bila terjadi kedudukan 20 sama, otomatis akan terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 22).
* Jus 2 akan otomatis diberlakukan bila kemudian terjadi lagi kedudukan sama (permainan akan berakhir dengan selisih 2 poin).
* Bila terjadi kedudukan 29 sama, tidak lagi diberlakukan jus (permainan akan berakhir pada poin 30).
Jadwal Bulutangkis PB REMACZ dan Tempatnya


Hari / Tanggal : Jum'at Malam (Malam Sabtu) / 08 Oktober 2010
Waktu : 19.30 WITA
Tempat : Ged Bulutangkis SMA 5 Jl. Taman Makam Pahlawan
CP : Otonk 085244757599

Sewa Lapangan : 40rb/lapangan
Shuttlecock : 4rb/buah
trit baru lagi emoticon-Hammer
emoticon-Angkat Beer

sudah lama nda main bulutangkis emoticon-Embarrassment
Peki One
emoticon-Request
oom oom saya suka main badminton
olahraga baru dari ReMacz
emoticon-thumbsup
kapan main?
pekiwan emoticon-Big Grin
ikut ka nah klo ada acara main shuttlecock emoticon-Embarrassment
tapi nda ada raketku saya, bisa ji pinjam kah emoticon-Malu (S)






emoticon-Peace
Quote:Original Posted By slangean
ikut ka nah klo ada acara main shuttlecock emoticon-Embarrassment
tapi nda ada raketku saya, bisa ji pinjam kah emoticon-Malu (S)

emoticon-Peace

ajak2 ka juga kasian emoticon-Embarrassment
nda ada juga raketku emoticon-Hammer

klo nda salah bayr sewa lapangan toh kk?
main dimana biasanya kah? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By MJ197
ajak2 ka juga kasian emoticon-Embarrassment
nda ada juga raketku emoticon-Hammer

klo nda salah bayr sewa lapangan toh kk?
main dimana biasanya kah? emoticon-Embarrassment


klo buka bayar sewa lapangan, bayar shuttlecock orang kk sule emoticon-Embarrassment
klo kk uci nan tampan biasanya main di stadion ki itu emoticon-Embarrassment




emoticon-Peace
aseeeekkkk..
adami tritnya badminton...
lgsgmi om main perdana dmn?? emoticon-Stick Out Tongueemanasan:
Quote:Original Posted By MJ197
trit baru lagi emoticon-Hammer
emoticon-Angkat Beer

sudah lama nda main bulutangkis emoticon-Embarrassment


yoi kaka...kmarin ini waktu ultah sudah dibahas sama pemain topnya remacz kk uchi dan kk jt...baru bisa direalisasikan hari ini..emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By jt_timbaland
emoticon-Request
oom oom saya suka main badminton


siappp kk..taufik "jt" hidayat..tunggu informasinya yahh

Quote:Original Posted By XIV
kapan main?
pekiwan emoticon-Big Grin


sabar om..nanti informasi akan di update di last page dan pejwan untuk latihannya..emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By slangean
ikut ka nah klo ada acara main shuttlecock emoticon-Embarrassment
tapi nda ada raketku saya, bisa ji pinjam kah emoticon-Malu (S)


emoticon-Peace


yoi kk..adaji raket pasti..karena bisanya kan sewa satu lapangan...nanti gantian saja...mainnya..yg penting peras keringat toh..emoticon-Big Grin

Say dirumah ada 3 raket nganggur...dlu beli waktu masih di kantor lama sering latihan...beli lengkap dengan tasnya..kek pemain profesional saja..emoticon-Hammer

sekarang yg tersisa tinggal 1 raketnya...yg dua sudah porak poranda dimainkan sama alief sma spupunya...itupun yg satu dlu diamankan sama mamanya di dalam lemari..emoticon-Ngakak

kita main dimana nih bagusnya...kemarin kk jt info yg di sma 5 bagus juga..dalam ruangan..kebetulan dekat rumahji..kalo setuju nanti sya survey kesana ee...
towaaaa...adaa mi thread bulutangkisnya...emoticon-I Love Kaskus
jadi dimana tempat mainnya ini rencana???
klo lapangan sebenarnya banyakji yang bagus kk aktipis sepuh emoticon-Embarrassment

di aptisi, di rappocini <<--- emoticon-Recommended Seller klo di sini, cman sa lupa mi tempat pastinya emoticon-Hammer, di stadion, sama itu ee di landak yang perumahan elit emoticon-Big Grin

tapi sa ikut ji saja, yg jelas koling2 nah klo mau main emoticon-Kiss (S)




emoticon-Peace
Quote:Original Posted By otonk_reddevils
yoi kaka...kmarin ini waktu ultah sudah dibahas sama pemain topnya remacz kk uchi dan kk jt...baru bisa direalisasikan hari ini..emoticon-Embarrassment

yoi kk..adaji raket pasti..karena bisanya kan sewa satu lapangan...nanti gantian saja...mainnya..yg penting peras keringat toh..emoticon-Big Grin

Say dirumah ada 3 raket nganggur...dlu beli waktu masih di kantor lama sering latihan...beli lengkap dengan tasnya..kek pemain profesional saja..emoticon-Hammer

sekarang yg tersisa tinggal 1 raketnya...yg dua sudah porak poranda dimainkan sama alief sma spupunya...itupun yg satu dlu diamankan sama mamanya di dalam lemari..emoticon-Ngakak

kita main dimana nih bagusnya...kemarin kk jt info yg di sma 5 bagus juga..dalam ruangan..kebetulan dekat rumahji..kalo setuju nanti sya survey kesana ee...

owhh sudah direncanakan memangmi paeng
emoticon-2 Jempol

yaaa disana boleh om
nda jauh dan tidak dekat juga emoticon-Hammer

lamaku mi nda main emoticon-Hammer
Taufik Hidayat beng, Lin Dan ini kk atau Lee Chong Wei... Ini mata so sipit sdh mirip2 sama itu 2 dr skill nya emoticon-Malu

Kalo lapangan aula d SMA 5 itu lapangannya tegel bukan karpet atau karet sintetis kayak lapangan futsal, uang sewa 50rb sekali main. Saya biasa main d hari minggu dr jam 1/2 7 malam sampe 11 malam

kk rahmat kemarin usulkan main d hari kamis malam mi sj~ :: PB REMACZ - Bulutangkis Let's Play The Shuttlecock ::~