alexa-tracking

Iklan2 berisi PEMBODOHAN di televisi Indonesia!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005492914/iklan2-berisi-pembodohan-di-televisi-indonesia
Iklan2 berisi PEMBODOHAN di televisi Indonesia!
Gan, ane mau sekedar share aja nih. Kebetulan kerjaan ane ada hubungannya sama media massa, jd secara gak langsung ane jd pemerhati acara TV. Ane belakangan ini jadi risih dan sedih ngelihat beberapa iklan yg bodoh dan bahkan berkesan membodohi penonton. Ini dia list-nya :

1. XL 14th anniversary versi "I Love Ibu"

Sinopsis :
seorg anak digbrkan lagi loncat2 di dpn sbh rak yg isinya banyak barang, termasuk barang pecah belah, berusaha utk mengambil sbh bola. Sang ibu yg sdg asik nelpon tampak tdk peduli dan hanya sekali memperingati anaknya. Si anak akhirnya mengambil crayon dan buku gbr. Ibu yg msh sibuk dgn HP nya (mungkin dpt telpon dr presiden mknya penting banget kayaknya. Mungkin lho...) hanya membantu buka buku gbr anaknya dgn 1 tangan sambil terus asik ketawa2, tdk peduli pd apa yg dilakukan anaknya. Muncul slogan "nelpon santai...biarkan anak bermain" (atau spt itulah kira2)

Pembodohan : ibu gila! Anak loncat2, bahkan hampir manjat rak berisi barang2, dia cuek aja, sibuk nelpon. Apa yg diharapkab sm iklan ini? Mau menggambarkan kl ibu2 yg cuek sm anaknya krn keasikan nelpon itu baik? Inget gak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dr lantai atas, ketabrak mobil dll krn ortunya sibuk dgn HP?

2. Biore

Sinopsis :
seorang cewek yg sebenernya cantik, dgn baju ala grunge (menurut ane sih), bebaju lapis flanel dgn kaus sbg dalaman, celana jeans dan berkacamata tebal, tampak bingung. Ia kemudian memotong rambutnya, mengganti bajunya dgn baju yg lbh "girlie" berwarna pink, copot kacamata (entah pk contact lens ato mendadak jd buta demi gaya). Ia kemudian mandi dgn Biore trus jalan2 dgn teman2nya, tampak bahagia dan tdk lg bingung. Slogannya "senangnya jd diri sendiri"

Pembodohan : slogan yg ironis...di iklan itu digambarin bahwa bergaya grunge, berkacamata tebal, sedikit cuek, itu "gak bagus". Ente, para perempuan, hrs muncul dgn gaya standar yg ngikutin mode, "girlie", baju pink agar diterima dlm pergaulan. Gimana mau jd diri sendiri kl gini?

3. Produk2 perawatan rambut (hampir semuanya!)

Pembodohan :
perhatikan iklan2 perawatan rambut. Ada berapa yg menampilkan perempuan2 berambut keriting? Kalopun ada, berarti ane hrs lbh sering meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yg bagus itu adalah rambut lurus. Lalu bagaimana dgn, misalnya, saudari2 kita dr Papua? Apa mereka hrs ngelurusin rambut biar "cantik"?

4. Produk2 perawatan kulit

Pembodohan :
situasinya hampir sama dgn iklan perawatan rambut, iklan2 perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yg cantik itu adalah kulit yg PUTIH. Putihnya pun hrs mulus spt tembok, gak boleh ada titik hitam atau jerawat sebintikpun. Padahal kulit org melayu kan memang tdk ada yg putih tp sawo matang yg berarti COKLAT. Jerawat pun, selama belum jd infeksi dan abses, adalah hal wajar di daerah tropis spt Indonesia. Sama dgn pertanyaan di atas : bagaimana dgn saudari2 dari Papua yg berkulit hitam? Tdk adakah org Papua yg cantik kalau begitu? Atau saudari2 kita yg krn kelainan hormonal berjerawat banyak? Gak cantik kah dia?

Teangin Cap Badak

Sinopsis :
seorg dokter cantik nan ternama sdg memberi kuliah atau ceramah ttg masuk angin. Tiba2 seorg peserta kuliah tampak kuyu dan lemas. Sang dokter langsung memberikan Teangin Cap Badak utk mengobati masuk angin si peserta. Tiba2 org itu, seorg perempuan, bersendawa keras sekali, disambut tawa teman2nya. Iklan ditutup dgn bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : sendawa sembarangan, sama dgn kentut, adalah kebiasaan yg menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa sembarangan itu bukan hanya normal tp bahkan lucu.

Semua iklan sepeda motor

Pembodohan :
satu hal yg dibanggakan oleh semua iklan motor adalah JAGO NGEBUT. Terlihat dr slogan2nya, ada yg "yg lain makin ketinggalan" atau "***** semakin di depan". Bahkan ada yg pake pembalap internasional sbg model, ada yg digambarkan kl motornya lwt, semua org kocar-kacir, bajunya sobek2, yg bw motor sampe melayang2 saking cptnya ngebut tu motor. Ini scr sadar atau tdk mengajak pengendara motor utk kebut2an, gak tau aturan, nyetir kayak vale***no ro**i lg balapan. Pdhl jalanan di negeri ini gk memungkinkan utk itu. Bukankah lbh baik kalo kampanye tertib lalu lintas aja ya?

Rexona

Sinopsis :
2 org cewek cakep lg naik mbl. Tiba2 bannya pecah. Mrk turun dr mbl tp bukannya berusaha ganti ban, malah berusaha minta tolong org2 yg lewat dgn cara angkat tangan tinggi2. Cewek yg 1 keteknya hitam. Dia malu2 angkat tangan. Cewek yg lain keteknya putih (dibikin pk potosop). Dia bs angkat tangan dgn sepenuh hati. Akibatnya banyak mbl brenti dan pengemudinya, semuanya laki2, berebut nolong.

Pembodohan : di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek gak mesti bisa ganti ban sendiri. Manfaatkanlah kecantikan anda utk minta bantuan, krn semua org ingin membantu cewek cantik (kl jelek, nanti dulu!). Pdhl bukannya kaum perempuan lg sibuk berjuang utk persamaan? Gimana mau bicara persamaan kl ganti ban aja gak bisa?!


Ya, begitulah kira2, gan, keprihatinan ane thd dunia iklan (dan pencitraan produk) di Indonesia....kl ada yg mau nambahin, silahken, gan. Nanti ane taro di pejwan.

Tolong di-rate, gan. Dan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya. Gak perlu ngasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) jg. Tp kl ada yg ngasih ane terima dgn tangan terbuka hehehe....

Tambahan dari beberapa kaskuser
Spoiler for "tambahan":


Ada feedback dari beberapa kaskuser di post no #15

juga ada beberapa contoh dr ane ttg mereka yg terimbas efek pencitraan (pendeknya "pembodohan") di post #15. Harap baca dl contoh tsb sebelum komen


Kepada agan2 yg PM ane spy post nya ditaro di pejwan, ane minta maap sebesar2nya, krn ane gk reserve tmpt di pejwan utk update...Semata2 keteledoran ane sendiri krn gak nyangka akan dpt feedback sebanyak ini. Maap ya, agan2.

Terimakasih utk agan2 yg ngirim ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) . Semoga kebaikan agan2 dibalas oleh Tuhan
[Atas Ane Cepet Beneerrr]

NAmanya juga iklan gan..dunia ideal klo di iklan mah
nama nya juga iklan ,,,,


semua kan,,,jualan !!!!!


demi duit !
emmmh.......bener banget gan

Nice share gan emoticon-2 JempolIklan2 berisi PEMBODOHAN di televisi Indonesia!
seharus ny iklan2 itu lebih mendidik...
kalo kaya gitu terus hny ada pembodohan kpd anak bangsa dengan meniru ny tanpa memikirkan yg di tiru ny itu banyak benar ny atau salah ny...
semoga u/ yg kedepan ny lebih kreatif dan lebih mendidik u/ iklan2 ny... (sekedar saran gan.. emoticon-Big Grin )
emoticon-I Love Indonesia
Wakakakak kocak gan ane bacanya...
ok deh ane menghormati opini agan...
wah kalau ane pas iklan ngacir gan egp deh sama iklan
sgala cara dihalalkan selama dpt uit ..
emoticon-Malu
Yah.. begitu deh.. namanya juga unsur promosi..
hmmmmm pndapat ane sma kya agan" yg pertamax ma keduax..
Bener bgt gan,
Ane setuju emoticon-Smilie
Iklan2 berisi PEMBODOHAN di televisi Indonesia!
huahuaahha setuju banget gan sama yg nomer 2 emang iklan2 Indonesia jaman skrg cuma memuaskan konsumen aja, gak ada pemikiran yg lebih jauh ckck sangat disayangkan..
heeh gan.,klo ane males liat tv
feedback dari beberapa kaskuser

Spoiler for "feedback":


Tambahan dr TS : BEBERAPA CONTOH ORG YG TERPENGARUH EFEK PENCITRAAN OLEH IKLAN.
Spoiler for "tambahan":


Msh banyak contoh2 lain. Nah, mungkin praktisi iklan akan bilang "image sprt itu udh ada duluan di masyarakat". Yap, bener. Tp iklan membantu meng-enforce image gk bener itu. Utk catatan jg ane gk mempermasalahkan penggambaran lebay sebuah iklan. Bahkan ketika iklan berbohong sekalipun ane gk terlalu peduli. Inti dr tret ini adalah pencitraan dan peran iklan mempertahankan pencitraan gak bener, itu yg jd masalah.

Dan jangan pernah bilang "pemirsa Indonesia sdh cukup pandai utk memilah yg baik dan buruk dr TV". Wah, meremehkan masalah itu namanya krn gk begitu kenyataannya di masyarakat. Kl ada waktu bolehlah ente cari2 hsl penelitian kawan2 dr jurusan komunikasi atau ilmu sosial yg lain ttg efek TV pd masyarakat. Dan ente bs lihat bhw msh banyak masyarakat yg terlalu bodoh utk memilah baik-buruk efek TV.

UPDATE

POND'S AGE MIRACLE


Sinopsis
: Cut Mini dan temannya. Sejak umur 30 Cut Mini pake Pond's, sementara temannya tdk. 10 tahun kemudian, tampak Cut Mini dan pasangannya tengah makan di restoran dgn temannya dan pasangan. Suami Cut Mini tampak mesra, sementara suami sang teman tampak acuh tak acuh pd istrinya, malah sibuk main HP

Pembodohan : walau gak gamblang, tp diisyaratkan bhw suami Cut Mini msh sayang dan mesra pdnya krn wajahnya yg msh halus dan cantik akibat pemakaian Pond's. Sementara suami sang teman cuek krn si istri mukanya sudah tua, banyak flek hitam, keriput. Apa iya para suami spt itu? Dan penggambaran spt ini dlm iklan bisa jd alasan pembenar utk mrk yg "berniat mencontoh" perilaku spt ini (suami2 yg niat selingkuh misalnya)
hahaha
tiap perusahaan punya cara sendri2 buat iklanin produknya gan
gusah d pusingin emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak

yah..segalanya jadi halal demi melariskan dagangan emoticon-Big Grin
klw ada iklan ttg pendidikan yg jadinya malah menyesatkan, ntu dia yg aneh emoticon-Hammer


nais share lah gan emoticon-Angkat Beer
namanya juga iklan gan......
emoticon-I Love Kaskus
namanya juga iklan gan
ane setuju tuh ama iklan yg no.1. kurang ok banget deh... tapi yg laennya sih masih wajar deh
×