alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005425174/fr4---otomotif---mobil
FR4 - Otomotif - Mobil
Tret ini buat tempat sharing segala sesuatu tentang kendaraan roda empat (permasalahan yang sering muncul+DIY penanganannya, modifikasi, dsb) dan sharing bengkel-bengkel mobil di daerah Jember

Buat agan2 yang pake mobil/motor jg boleh, ayo di share bengkel mana yang punya reputasi bagus atau tidak bagus menurut agan2 sekalian.
Sekalian juga nama/telpon montirnya klo ada.. emoticon-Request

bengkel-bengkel yang ane tau
Quote:BENGKEL UMUM (mesin+mekanik)
Spoiler for DAHLAN AUTO TECH:


Spoiler for ARMAN MOTOR:


Spoiler for PAGAH JAYA MOTOR:


Spoiler for Bengkel Pak Samiran:


Spoiler for Bagoes Sentosa Motor:


Spoiler for Agus Opel Service:


Quote:BENGKEL AUDIO
Spoiler for WW Audio:


Spoiler for Soundstar dan Bossline:


Quote:BENGKEL CAT DAN BODY
Spoiler for bengkel TR:


Quote:LAIN-LAIN
Spoiler for Central AC Mobil:


Spoiler for Bintang AC mobil:


Spoiler for Kursus Mobil Mas Joyo:

Quote:SHOWROOM MOBIL
Spoiler for Central Mobil dan Auto Mobil:


capek ah...ntar ane tambahin lagi...maap belum ada pic..
agan2 ayo di share bengkel mana yang punya reputasi bagus atau tidak bagus menurut agan2 sekalian.. emoticon-Toast

Quote:penilaian atas bengkel-bengkel diatas menurut pendapat dan pengalaman pribadi, bukan bermaksud promosi ato menjelek-jelekkan

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
TIPS n TRIK

Quote:KURAS RADIATOR
Bahan:
-Radiator Flush
-Air Accu biru,sekurang2nya 5 botol
-Air ledeng yg sudah ditamper/ditiriskan,pake aqua galon juga boleh

Alat:
Kunci 10,ember ceper yg bisa masuk kekolong mobil, sarung tangan(biar ga panas)

Cara:
1.Malem2 sebelum tidur,dalam kondisi radiator masih agak panas,buka pelindung kolong mesin pake kunci 10
2.Buka tutup drain radiator yg dibawah.Air panas akan mengalir keluar sedikit.hati-hati.
3.Buka tutup air radiator yg diatas. Hati-hati air akan keluar dengan deras.
4.Setelah air keluar semua, segera tutup kembali rapat-rapat tutup drain radiator dan tutup radiator yg diatas. Lanjutkan besok pagi.
Proses diatas dilakukan, agar pada malam hari ketika raditor menjadi dingin, terjadi kevakuman pada ruang radiator, sehingga air pada botol cadangan akan terhisap ke Radiator. Hal ini untuk menguji,
a.Jika terjadi kebocoran pada system radiator maka tidak akan terjadi kevakuman pada radiator, air cadangan tidak terhisap.
b.Tidak terhisapnya air cadangan juga bisa jadi disebabkan klep kecil pada tutup radiator sudah seret/tidak bekerja dengan baik.
c.Bocornya air radiator bisa juga disebabkan cincin karet pada ujung tutup drain sudah gepeng/rusak. Ganti tutup drain.
5.Pagi2, lakukan kembali proses 2 dan 3.
6.Set switch AC off, stel posisi suhu AC pada heater dengan menggeser tombol AC baris paling atas ke garis merah, agar saluran radiator utk heater terbuka, ikut dibersihkan.
7.Bilas radiator dengan cara : tutup drain radiator, isi radiator dengan air tamper/aqua gallon. Panaskan mesin kira2 5menit, lakukan kembali proses 2 dan 3 [proses ini diharapkan dapat mengeluarkan kotoran seperti pasir2 lembut] bisa dilakukan berulang2 sesuai selera
8.Setelah pembilasan cukup, masukan radiator flush, isi radiator dengan air galon sampe penuh, panaskan mesin sekurang-kurangnya 20 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan radiator flush.
9.Ulang proses 2 & 3
10.Bilas kembali seperti proses 7.
11.Isi radiator yg sudah bersih dengan air accu biru, kalo enggak pake coolant kira2 3,5-4 botol. Sisanya buat ngisi botol cadangan.
12.Klo enggak males, sebelum ngisi air cadangan, botolnya dibersihkan dulu.
13.Nyalain lagi mesin sebentar, trus buka lagi tutup radiator utk memastikan air radiator terisi full.
14.Jgn lupa pasang kembali fiber pelindung. Set kembali ac ke posisi normal/cool.
Sumber:milis Timor-er


Quote:Tentang Air Radiator
Mesin kendaraan saat bekerja menimbulkan efek panas yang tinggi dan sangat berpengaruh terhadap komponen-komponen lainnya. Normalnya suhu mesin saat bekerja adalah antara 75-90ºC. Jika suhu terlalu tinggi, maka mesin akan mengalami overheating dan tidak bisa bekerja normal.

Pada mesin kendaraan sebenarnya sudah digunakan siklus air pada sistem radiator untuk menjaga suhu, agar suhu tetap konstan dan ideal. Kemudian siklus air ini akan melewati rongga-rongga pendingin pada radiator untuk melepaskan panas, sebelum kembali menyerap kelebihan suhu pada mesin.
Demikian seterusnya sistem pendinginan ini bekerja. Masalahnya sekarang harus dipilih air pengisi radiator dengan kemampuan atau karakter yang sesuai dengan fungsi utamanya sebagai pendingin (cooler).

Berikut ini gambaran perbandingan antara pemakaian air ledeng biasa dengan beberapa produk coolant sebagai pengisi radiator yang beredar di pasaran. Khususnya ditinjau dari fungsi utamanya sebagai pendingin (cooler). Untuk fungsi pendinginnya tentu saja dicari air pengisi radiator yang boiling point-nya (titik didihnya) relatif tinggi (di atas 110ºC). Sedangkan bila ditinjau dari nilai ekonomis, tentu saja dilihat berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli air pengisi radiator.
Harga air pengisi radiator sesuai dengan harga yang dijual di pasar swalayan umum.

Dalam melakukan perbandingan ini kita menggunakan alat bantu: Thexton No.106. Untuk jenis coolant yang beredar di pasaran dipilih tiga macam air pengisi radiator, yaitu: Radiator Super Coolant (Prestone), Radiator Coolant (Top1), Antifreeze & Coolant (Peak), sebagai pembanding air ledeng dipakai air minum kemasan.

Spoiler for 1. Air Ledeng (Aqua):


Spoiler for 2. Radiator Coolant (Top1):


Spoiler for 3. Radiator Super Coolant (Prestone):


Spoiler for 4. Antifreeze & Coolant Protection (Peak):


Jika ditinjau dari titik didihnya, maka Radiator Super Coolant (Prestone) menempati urutan teratas, yaitu 265ºF (130ºC). Diikuti Anti Freeze & Coolant (Peak) yaitu 262ºF (128ºC), kemudian Radiator Coolant (Top1) 245ºF (118ºC). Terakhir tentu saja air biasa. Walaupun tak terdeteksi oleh alat ini, tetapi yang jelas air sudah mendidih pada suhu di bawah 100ºC.

Untuk masalah berapa besar biaya yang dikeluarkan jika kita mengisi air radiator, yang termurah alias tanpa mengeluarkan biaya adalah memakai air ledeng biasa. Tetapi harus diingat, bahwa air biasa tak cukup baik dipakai sebagai pengisi air radiator. Jika kita mengisi radiator Toyota Kijang dengan Radiator Coolant (Top1) memerlukan biaya Rp47.800,-. Bila memakai Radiator Super Coolant (Prestone) memerlukan Rp80.100,- dan terakhir Antifreeze & Coolant Protection (Peak) perlu biaya Rp300.000,-

Tentu saja produk-produk di atas mempunyai keunggulan dan kelebihan lain yang berbeda-beda. Seperti sifat anti korosif, proteksi terhadap semua bahan metal, dan sebagainya. Akan tetapi di sini hanya melakukan tes dan membahas tentang fungsi paling utama dari air radiator, yaitu sebagai pendingin.
Untuk sifat titik beku bisa diabaikan mengingat kondisi lingkungan kita yang tropis.

Spoiler for Karat:


Spoiler for Cara Pengisian Air Radiator (Coolant):


sumber : Milis Timor-er
Quote:START DENGAN BATERAI PANCING [KABEL JUMPER]

1.Bila baterai pemancing terpasang pada kendaraan lain, pastikanlah pada kedua kendaraan tidak saling bersentuhan, matikan semua lampu yang tidak perlu, serta aksesories lainnya.
2.Apabila kendaraan anda dilengkapi dengan baterai konvensional, lepas
semua tutup ventilasi dari baterai yang lemah, letakan kain lap diatas ventilasi yang terbuka pada baterai (hal ini dapat membantu mengurangi bahaya ledakan luka diri, dan terbakar). Bila perlu semua tutup ventilasi dari baterai pemancing.
3.Bila mesin pada kendaraan dengan baterai pancing belum dihidupkan maka hidupkan dulu, dan tunggu selama beberapa menit. Selama pemancingan naikkan putaran mesin hingga 2.000 rpm, dengan sedikit menekan pedal akselerasi.
4.Hubungkan kabel pemancing dengan kabel yang benar, seperti pada gambar diatas. Positif (+) ke Positif, dan Negatif (-) ke mesin atau massa body. Harap diingat bahwa penyambungan pertama adalah kabel positif ke baterai yang lemah dan kemudian ke baterai pem ancing, selanjutnya hubungkan kabel negatif ke baterai pemancing dan kemudian ke massa body.

PERINGATAN :
Pada saat penyambungan jagalah agar kabel pancing atau klemnya tidak menyentuh bagian apapun kecuali terminal baterai yang benar atau massa.

5.Start mesin anda sebagaimana biasa setelah biasa setelah hidup naikkan putaran mesin hingga kira-kira 2000 rpm selama beberapa menit.
6.Hati-hati melepas kabel pancing dengan kebalikan urutan yang benar, kabel negatif dan kabel positif.
7.Pasang kembali semua tutup ventilasi.Bila penyebab melemahnya baterai tidak jelas, misalnya : lampu tidak dimatikan atau lakukanlah Cek kendaraan di Bengkel Resmi terdekat.

Bila mesin anda mati dalam pengendaraan :

1.Turunkan kecepatan kendaraan anda secara bertahap, jaga agar kendaraan anda tetap lurus,bergeraklah berhati-hati ke pinggir jalan yang aman.
2.Nyalakan lampu darurat
3.Cobalah kembali start mesin

Sumber : PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR SERVICE DIVISION

Quote:Tips Dasar Merawat Mobil [mudah tanpa harus ke bengkel]
- Ban
Ganti ban Anda setiap 5-8 ribu kilometer. Jangan lupa bersihkan bagian brake dust-nya, karena di bagian inilah terdapat banyak kotoran dari aspal atau tanah.

Bila terlalu lama dibiarkan, kombinasi panas dan lembab dari rem dapat memanggang bagian ini.

Cek tekanan ban secara berkala, paling ideal seminggu sekali. Dan jangan sekali-kali berkendara dengan ban botak. Di jalan licin, ban ini
bisa membahayakan nyawa Anda.

- Mesin
Ganti sabuk mesin Anda tiap 25 ribu mil. Pastikan pula belt ini dalam keadaan baik karena bagian inilah yang pertama kali menghadapi
keadaan ekstrem di luar ruangan.

Yang tak kalah penting, periksa level oli dan cairan mesin. Setiap mesin berbeda letak cairan mesinnya. Namun di buku petunjuk saat Anda membeli mobil pasti dijelaskan dimana letak sumbernya.

- Bahan bakar
Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu menjamin kekuatan mesin. Maka itu gunakan bahan bakar sesuai tipe mobil Anda.

Bila di buku petunjuk pembelian dinyatakan 'premium', maka gunakanlah bahan bakar itu.

- Elektrikal
Bila Anda ingin memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan sistem elektrik, putuskan dulu aliran aki.

Sekalian juga bersihkan bagian ini, karena benda asing yang menempel akan memperlambat hubungan ke sistem elektrik.

- Lampu

Bila salah satu lampu sen Anda berkedip lebih cepat dari seharusnya, artinya ada lampu yang pecah di dalam. Lampu semacam ini mudah diganti, cukup Anda cari di toko otomotif terdekat.

Bila Anda menggantinya sendiri, jangan pernah sentuh bagian kacanya. Tangan Anda akan menyisakan minyak dan lemak.

Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam. Akibatnya, bohlam bisa pecah ketika Anda menyalakan mesin.

- Warning Lights
Meski terlihat sepele, warning lights yang ada di dashboard harus terawat. Lampu seperti indikator bensin, aki, atau panasnya mesin, sangat membantu Anda dalam perawatan.

Pastikan saja semua lampu tersebut berfungsi dan menyala sesuai kegunaannya.

sumber : vivanews
baca duluemoticon-linux2





Quote:gak punya mobil, gak bisa sharing apa2emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By vandapoon
gak punya mobil, gak bisa sharing apa2


sharing bengkel motor juga boleh cak...
tp tret roda dua kan wes onok yo.. emoticon-Hammer2
nunggu juragan mobilnya keluar emoticon-Big Grin

@TS,
keep visiting n updating yah emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By yusendo
nunggu juragan mobilnya keluar emoticon-Big Grin

@TS,
keep visiting n updating yah emoticon-Angkat Beer


siyap gan... emoticon-army:
Kalo bengkel ac paling bagus ya di CENTRAL AC. jln a.yani 89. Sebelah TIKI emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol: pokoknya.
Kl ank kaskus dijamin dpt diskon emoticon-Big Grin

Kalo mau jual beli mobil plg bagus ya di CENTRAL MOBIL jln.cokroaminoto43 sama AUTO MOBIL jl.a.yani no89(jd 1sm central AC) emoticon-2 Jempol:FR4 - Otomotif - Mobil
wah tempat orang2 kaya nongkrong ni...emoticon-Big Grin

FR4 - Otomotif - Mobil
@TS : mskn aja ya. Aq kan langganan ngecatkan mbl.
Aq krg suka sm hasilnya TR. mgkn krn TR skr rekanan sm bnyk asuransi jd kerjaannya bnyk. Trus ngerjainnya pasti terburu2 jd hslnya aq krg puas.

Trus kl audio aq paling suka sm garapannya SOUND STAR. Itu termsk bengkel audio hebat di karisidenan besuki bahkan jawatimur.
Liat aja soundstar itu sering karyanya dpt titel "KING" ditiap kontes audio. Yg aq pnh tau dulu kijang innova dpt juara2 lomba audio di bali. Pdhl biaya yg dikeluarkan lbh mahal yg juara3. Hebat kan?
Kl mnrtku hrsnya juara1. Biaya minim tp hasil bs maksimal.

Tp kl mau benerin audio dgn biaya minim mending ke bossline. Tuh bengkel pinter. Tp dia diharga g ngawur. G jual mahal.

Itu aja. emoticon-Angkat Beer
Sukses buat threadnya emoticon-Angkat BeerFR4 - Otomotif - Mobil
wah tempat orang2 kaya nongkrong ni...emoticon-Big Grin

FR4 - Otomotif - Mobil
Quote:Original Posted By yunan_fahmy
wah tempat orang2 kaya nongkrong ni...emoticon-Big Grin

FR4 - Otomotif - Mobil

kita penyimak aja, kali aja kita bisa jadi montir ato asistennya orang2 kaya nanemoticon-Genit:
Tambahan buat TS.
Bengkel Honda yang di Talangsari namanya Bagoes Sentosa Motor, overall pelayanan disana bagus.Buat yang punya mobil H*nda bisa kesana buat sekedar tune up ,share masalah mobil atau overhaul sekalian...selama servis di sana belum pernah kecewa sih, yang penting mereka montir-montirnya spesialis mobil H*nda.Jadi yang punya tunggangan semerk dengan ane bisa coba ntu bengkel.emoticon-Shakehand2
Buat TS, keep posting bro...emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Kok akeh seng g kenal nang kene yo?emoticon-Malu (S)
Gpp wes seng penting nampang dipekiwan emoticon-Angkat BeerFR4 - Otomotif - Mobil
nubie numpang mejeng di pekiwan yah KK emoticon-Malu

emoticon-Cool
/|\
/\


disini kursus mobil yang bagus dimana yah emoticon-Malu
saya cuma bisa naik motor kk' emoticon-Malu
Quote:Original Posted By bigbengbend
Kalo bengkel ac paling bagus ya di CENTRAL AC. jln a.yani 89. Sebelah TIKI emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol: pokoknya.
Kl ank kaskus dijamin dpt diskon emoticon-Big Grin

Kalo mau jual beli mobil plg bagus ya di CENTRAL MOBIL jln.cokroaminoto43 sama AUTO MOBIL jl.a.yani no89(jd 1sm central AC) emoticon-2 Jempol:FR4 - Otomotif - Mobil

emoticon-Ngakak
promosi terselubung emoticon-Ngakak

royalty 1% masuk kas Regional emoticon-army:

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By barak182
nubie numpang mejeng di pekiwan yah KK emoticon-Malu

emoticon-Cool
/|\
/\


disini kursus mobil yang bagus dimana yah emoticon-Malu
saya cuma bisa naik motor kk' emoticon-Malu

kursus naek motor aja dulu yg bener baru naek mobil emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bigbengbend
Kalo bengkel ac paling bagus ya di CENTRAL AC. jln a.yani 89. Sebelah TIKI emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol: pokoknya.
Kl ank kaskus dijamin dpt diskon emoticon-Big Grin

Kalo mau jual beli mobil plg bagus ya di CENTRAL MOBIL jln.cokroaminoto43 sama AUTO MOBIL jl.a.yani no89(jd 1sm central AC) emoticon-2 Jempol:FR4 - Otomotif - Mobil


wuih juragan mobil keluar...salam kenal gan.... emoticon-Shakehand2
ane taruh atas bengkel AC dan showroom nya... emoticon-Recommended Seller

Quote:Original Posted By bigbengbend
@TS : mskn aja ya. Aq kan langganan ngecatkan mbl.
Aq krg suka sm hasilnya TR. mgkn krn TR skr rekanan sm bnyk asuransi jd kerjaannya bnyk. Trus ngerjainnya pasti terburu2 jd hslnya aq krg puas.

Trus kl audio aq paling suka sm garapannya SOUND STAR. Itu termsk bengkel audio hebat di karisidenan besuki bahkan jawatimur.
Liat aja soundstar itu sering karyanya dpt titel "KING" ditiap kontes audio. Yg aq pnh tau dulu kijang innova dpt juara2 lomba audio di bali. Pdhl biaya yg dikeluarkan lbh mahal yg juara3. Hebat kan?
Kl mnrtku hrsnya juara1. Biaya minim tp hasil bs maksimal.

Tp kl mau benerin audio dgn biaya minim mending ke bossline. Tuh bengkel pinter. Tp dia diharga g ngawur. G jual mahal.

Itu aja. emoticon-Angkat Beer
Sukses buat threadnya emoticon-Angkat BeerFR4 - Otomotif - Mobil


wooh...gitu yah bro..ane beberapa kali nganter temen klaim asuransi disana seh menurut ane udah bagus..mungkin karena ga pernah bandingin sama yang laen ya...langganan sampeyan dimana biasanya?juragan mobil pasti sering keluar masuk bengkel cat yah..hehe.. emoticon-Malu

trus klo sound star yg dmn yah?acen bukan?
bossline jg pernah denger cmn gatau tempatnya... emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By boy3ka_putra
emoticon-Ngakak
promosi terselubung emoticon-Ngakak

royalty 1% masuk kas Regional emoticon-army:

emoticon-Ngakak

kursus naek motor aja dulu yg bener baru naek mobil emoticon-Embarrassment


udah bener kok klo naek motor emoticon-Malu
mo nyoba gan?? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By yunan_fahmy
wah tempat orang2 kaya nongkrong ni...emoticon-Big Grin

FR4 - Otomotif - Mobil


Quote:Original Posted By vandapoon
kita penyimak aja, kali aja kita bisa jadi montir ato asistennya orang2 kaya nanemoticon-Genit:


bukan tempatnya orang kaya nongkrong gan...disini kan tempatnya montir nongkrong... emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By barak182
nubie numpang mejeng di pekiwan yah KK emoticon-Malu

emoticon-Cool
/|\
/\


disini kursus mobil yang bagus dimana yah emoticon-Malu
saya cuma bisa naik motor kk' emoticon-Malu


wah ane otodidak gan..lebih cepet bisa daripada kursus..mending diajarin sm temen/keluarga sampeyan ae...

Quote:Original Posted By boy3ka_putra
emoticon-Ngakak
promosi terselubung emoticon-Ngakak

royalty 1% masuk kas Regional emoticon-army:

emoticon-Ngakak



setubuh gan...plus diskon 40% buat kaskuser Reg. nJember emoticon-army:
Quote:Original Posted By masrupan
haha disini kan tempatnya montir nongkrong... emoticon-Ngakak



wah ane otodidak gan..lebih cepet bisa daripada kursus..mending diajarin sm temen/keluarga sampeyan ae...




ane anak kos disini gan emoticon-Hammer