alexa-tracking

[Muslim Only] Beberapa Tindakan yang Dianggap Biasa Namun Salah Dlm Shalat Berjamaah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005222337/muslim-only-beberapa-tindakan-yang-dianggap-biasa-namun-salah-dlm-shalat-berjamaah
[Muslim Only] Beberapa Tindakan yang Dianggap Biasa Namun Salah Dlm Shalat Berjamaah
Spoiler for perhatian!!:


Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Update gan

Quote:



lanjutan jawaban ada di post #6
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

mantra gagal

Light.revenant's Comment

Hoh, untung ane gak salah emoticon-Big Grin
[Muslim Only] Beberapa Tindakan yang Dianggap Biasa Namun Salah Dlm Shalat Berjamaah

Lanjutan tanya jawab

LANJUTAN

Quote:


Bismillahi..

1. Diperbolehkan kok gan.. asal ada alasan.. contohnya agan sedang shalat sunnah (sedangkan makmum mengira agan shalat wajib). ente bisa menolak dengan memberikan isyarat dengan lambaian tangan kanan kebelakang/ke arah orang yg meminta berjamaah.

2. hmmm emoticon-Blue Guy Smile (S) , yang seperti ini ane juga sering ngalamin emoticon-Hammer2 . dan ane sudah menemukan solusinya.

ada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

من كان له إمام فقراءة الإمام له قراءة

“Barangsiapa yang shalat di belakang imam, bacaan imam menjadi bacaan untuknya.”

Hadits lainnya lagi adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِنَّمَا الإِمَامُ - أَوْ إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ - لِيُؤْتَمَّ بِهِ ، فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا ، وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا ، وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا ، وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . فَقُولُوا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ . وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا

“Sesungguhnya imam itu diangkat untuk diikuti. Jika imam bertakbir, maka bertakbirlah. Jika imam ruku’, maka ruku’lah. Jika imam bangkit dari ruku’, maka bangkitlah. Jika imam mengucapkan ‘sami’allahu liman hamidah’, ucapkanlah ‘robbana wa lakal hamd’. Jika imam sujud, sujudlah.”Dalam riwayat Muslim pada hadits Abu Musa terdapat tambahan,


Jadi walaupun itu imam ngebutnya kaya kereta shinkansen. asal bacaan yg dia baca bener ya Insya Allah tidak menjadi masalah. (tapi jujur ane lebih suka shalat terawih yg bacanya alon2 karena ane bisa menikmati bacaan sang imam).

3. Lanjut sendiri2 gan... emoticon-Smilie
dan lanjutnya harus sesuai pada rakaat shalat yg tersisa. misal ente masuk masbuknya pas masuk ke 3, ya ente melanjutkan gerakan shalat sesuai dengan rakaat ke-3 (contoh isya : baca surat - 2. Ruku – I'tidal – sujud – duduk antara Sujud - sujud) .

4. Wah itu darimana sumbernya..? yg ane tau gan, shalat (berjamaah) di awal waktu lebih banyak pahalanya, dan sedikit bonus pahala yg didapatkan orang yg shalat (berjamaah/sendiri) di akhir waktu. Jadi faktor waktu aja gan.. emoticon-Big Grin
dan selama ini ane belum pernah mendengar ulama yg melarang shalat berjamaah secara bergelombang.
fyi :
Pertama : Melakukan jama’ah kedua pada satu masjid yang tidak memiliki imam rawatib. Hal ini diperbolehkan [1], dan merupakan ijma’ sebagaimana dinukil oleh Imam Nawawi. Beliau menyatakan, “Apabila masjid tidak memiliki imam rawatib (tetap), maka -menurut ijma’- diperbolehkan mengadakan jama’ah kedua dan ketiga atau lebih.” [2]

Kedua : Melakukan jama’ah kedua pada satu masjid yang ada imam rawatibnya, namun dilakukan karena kapasitas masjidnya tidak mampu menampung seluruh jama’ah shalat. Demikian juga hal ini diperbolehkan.

Ketiga : Melakukan jamaah kedua di masjid yang sama pada waktu yang bersamaan pula. Hal ini disepakati oleh para ulama tentang keharamannya [3] dan dikuatkan dengan beberapa hal.

keterangan :
[1] HR. Bukhari no. 756 dan Muslim no. 394

[2] HR. Muslim no. 395.

[3] HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Majah, juga yang lainnya. Hadits ini shahih.
nambah ilmu lagi nih

emoticon-Shakehand2


Quote:
Nice info gan


Quote:
Quote:

ane setujuh ma agan. emoticon-Big Grin
wah ane malah baca al fatihah ketika imam baca surat pendek.
thx gan, semoga jadi pahala lu..!
emoticon-Kiss
Mereka dulu tidak pernah melafadzkan niat sholat sedikitpun selain hanya lafadz takbir."


yup yg itu bener bgt gan
baru tau gan, emoticon-Angkat Beer deh buat agan di bulan puasa ini
makasih gan
Rate Excellent dah
tq gan info bagus.. bantu nyundul :emoticon-Sundul:
emoticon-2 Jempol gan
insya Alloh ane selama ini udah hampir benar
soalnya ane ngaji hadistnya
setuju gan!! pas ane jd panitia shaf shalat. . ibu2 di masjid ane susah banget kalo diperingatin ttg shaf sholat, eh malah pada kbnyakan nyari angin. . pas di peringatin si ibu malah sewot, ,
ane cuma bisa senyum aja gan. . emoticon-Malu
waduh berarti dari kemaren gue banyak salah dong emoticon-Hammer diterima gak ya solatnya?
info yg bermanfaat gan
nais share gan:maho
×