alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
4.93 stars - based on 1056 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005214260/tata-cara-tahajjud-ala-rasullullah-saw

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

INTRO dari TS:
Tentu sudah banyak trit membahas keistimewaan & manfaat shalat tahajjud. Mulai dari memberikan ketenangan batin, hingga penyembuhan terhadap penyakit2 lahiriah seburuk kanker. Besarnya fadillah shalat tahajjud tsb tentu membuat tidak sedikit diantara kita terketuk melaksanakannya. Namun, sayangnya tidak sedikit pula diantara kita yg terlupa, atau bahkan belum mengetahui sama sekali bagaimana tata cara shalat tahajjud sesuai sunnah Rasullullah SAW (shalawat dan salam selalu utk Beliau).

Nah, mumpung momentum 10 malam terakhir Ramadhan, yuuk kita telaah tata cara tahajjud ala sang nabi besar mulai dari fase persiapan hingga teknis pelaksanaan yang berdasarkan pada hadits-hadits sahih.

catatan:
Sudah barang tentu shalat Rasulullah tidak dapat persis disamai dari segi kualitas, misalnya saja, beliau berdiri membaca ayat hampir 50 ayat dalam satu raka'at, belum termasuk rukuk dan sujud Beliau yang lamanya sama dengan 50 ayat tsb. Sehingga wajarlah --sesuai kesaksian Aisyah ra.-- bahwa Rasulullah SAW shalat hingga kaki Beliau bengkak.... emoticon-Belo


Persiapan Tahajjud
Spoiler for TIDUR DULU:


Spoiler for bangun saat sepertiga terakhir malam:


JUMLAH RAKA'AT

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

Tahajjud hendaknya diiringi dengan Witir. Karena itu kitapun berpendapat bahwa Witir ini harus menyertai Tahajjud, yaitu dengan jumlah raka'at maksimal 11 (sebelas) yang terdiri dari;

Shalat Tahajjud sebanyak 10 (sepuluh) raka'at dengan setiap dua raka'at maka satu salam. Berarti ada lima kali salam.

Shalat Witir sebanyak 1 raka'at dengan satu salam.

Spoiler for beberapa dalil:


Spoiler for beberapa dalil:

...masih banyak lagi hadis shahih lainnya dari Bukhari dan Muslim yang menyebut tentang anjuran mengerjakan Tahajjud bersamaan dengan Witir yang jumlahnya adalah 11 (sebelas) raka'at. (10 Tahajjud + 1 Witir).

Kemudian jika ada yang bertanya, bolehkah melebihi dari 11 raka'at??? Maka kita katakan Rasulullah sudah mencontohkan cukup 11, meskipun sebenarnya kita mampu lebih dari itu. Namun yang utama dari pahala shalat adalah kekhusyuan, bukan jumlah bilangan raka'at.

PELAKSANAAN SHOLAT TAHAJJUD

Spoiler for urutan sholat:


Ayat-ayat tsb tentu saja ada keutamaannya tersendiri sebagaimana ada dalam sabda Rasul, namun jika belum hafal ayat-ayat/surah-surah tsb, maka sebaiknya kita membaca ayat-ayat yang pendek yaitu Ayat Qursy dan Qulhu (Al-Ikhlas) pada semua rakaat Tahajjud (pendapat lain yaitu Al-Kafirun dan Al Ikhlas). Dan gabungan dua surah Muawidzat pada shalat Witir yaitu An-Naas dan Al-Falaq.

SETELAH SHALAT TAHAJJUD

Setelah selesai mengerjakan Tahajjud, kita boleh berzikir istigfar dan lainnya sebagaimana pada zikir shalat.

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
Atau kita langsung berdoa dengan bacaan sesuai yg diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari berikut ini:

Spoiler for doa usai tahajjud:


Dan untuk shalat Witir, setelahnya kita boleh berdoa atau berzikir atau kembali tidur. Para ulama Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada batasan berdoa, baik itu dengan bahasa Arab maupun dengan bahasa ibu, karena ALLAH tentu lebih mengetahuinya walaupun hanya dalam hati.
======

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
TS tidak bermaksud menggurui emoticon-Malu hanya ingin sharing ma agan2 semua..
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
kalo ada yg mau:
Spoiler for rate:

silakan.... emoticon-Malu
kalau ada yang mau:
Spoiler for cendolbig:

juga silakan... emoticon-Malu
atau cuma kritik & komen juga silakan.... emoticon-Malu asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Tambahan dari agan2 rahimakumullah (insya Allah):


Spoiler for dari agan Yongis:

Spoiler for dari agan garongkong:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 190

Alhamdulillah jadi Hot Trit, silakan COPAS semoga bermanfaat...

Spoiler for hot trit:


emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
============
tambahan dari agan2 rahimakumullah (insya Allah)
Spoiler for tambahan dari agan sayap juang:

Spoiler for tambahan dari agan as321:

Spoiler for tambahan dari agan redskin:

Spoiler for tambahan dari agan helilintar:

terimakasih buad agan2 semua yang berkenan nyendol emoticon-Smilie semoga Allah SWT membalas kebajikan tsb dengan berlipat ganda... amin..
hari ini ada ratusan masuk dalam kulkas jadi maap blm sempat balas krn jatah nyendol cuma sekali 24 jam emoticon-Malu
juga terimakasih buad agan2 yg telah kasi rate trit ini emoticon-Malu
semoga trit agan2 sekalian juga beroleh cendol dan rate bintang 5
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

alhamdulillah menjadi hot tread
terimakasih untuk partisipasi agan2 semua, semoga trit agan2 semua juga berkesempatan menjadi hot tread seperti trit ini....
Beberapa pertanyaan agan2 rahimakumullah.
Mohon maap karena berbagai keterbatasan TS tidak sempat menjawab satu-persatu ratusan pertanyaan agan2 sekalian dlm trit ini maupun PM

Quote:


Quote:


Quote:


“Innaddiina yusrun”, agama Islam ini mudah, Allah Maha Mengetahui mana yg sulit bagi kita dan mana yg mudah. Allah jadikan agama ini mudah bagi kita.
sholat witir habis isya maksudnya kan? Sudah sholat isya ada sholat sunnah ba’diyah, setelah itu sholat witir 3 rakaat, itu sudah termasuk qiyamullail. Kalau bangun sholat tahajjud lagi tidak apa–apa, tapi jangan sholat witir lagi, karena makruh hukumnya witir dua kali. Kalau malam bangun lagi 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat sholat tahajjud, silahkan.
agama Islam itu mudah dan memudahkan emoticon-Smilie
“Wala yusyaddaddina ahadun illa ghalabahu”, tiadalah seseorang memaksakan dirinya. Dalam hal ini Al Imam Ibn Hajar menjelaskan hal–hal yang sunnah, kalau hal–hal yang fardhu (wajib) memang fadhu (wajib), tapi kalau hal–hal yang sunnah jangan paksakan diri kita. Al Imam Ibn Hajar memberi contoh: orang yang memaksakan diri tahajjud panjang, boleh saja ia sholat yg panjang, tapi jgn berlebihan yg akhirnya setelah tahajjud ketiduran dan sholat subuhnya terlewat. Sholat subuhnya adalah hal yang fardhu (wajib). Hal ini yg dimaksud dalam hadits “Wala yusyaaddaddina ahadun illa ghalabahu”, orang yang memaksakan dirinya dalam ketaatan yang lebih dari kemampuannya, ia akan kalah sendiri dengan keinginannya.

Quote:


boljug tuh gan emoticon-Smilie Utsman bin Affan pernah berkata “Rasulullah SAW bersabda barangsiapa berwudhu dgn sebaik–baiknya, ia perindah wudhunya, perlahan–lahan, tdk terburu–buru, menghadap kiblat, menutup aurat, dlm keadaan seperti itu lalu ia sholat sunnah 2 rakaat tanpa berkata–kata dari mulai berwudhu s.d sholatnya usahakan tdk banyak bicara, maka Allah akan mengampuni dosa–dosanya”.
betul banget, kalo uda witir pas tarawih gausah witir lagi pas tahajjudnya emoticon-Smilie
عَنْ طَلْقِ بْنِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : لاَوِتْرَانِ فِى لَيْلَةٍ.
“Dari Talqi bin Ali ra. berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada dua witir pada satu malam”. (HR Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Tirmizi)

Quote:

gapake witir ga mengganggu sahnya tahajjud emoticon-Smilie Islam ini mudah, tidak memberatkan umatnya. Daripada ngantuk trus batal witir setelah tahajjud, witir aja langsung abis isya' trus tidur, tar bangun tahajjud ga witir lagi gapapa

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ خَافَ أَنْ لاَ يَقُوْمَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوْتِرْ أَوَّلَهُ ، وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُوْمَ آخِرَهُ فَلْيُوْتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ ، فَاِنَّ صَلاَةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُوْدَةٌ وَذَلِكَ أَفِضَلُ
“Dari Jabir berkata: Telah bersabda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam, sesiapa yang takut tidak dapat bangun diakhir malam, maka hendaklah ia solat witir pada awal malamnya dan sesiapa yang dapat bangun diakhir malamnya, maka hendaklah ia witir di akhir malamnya kerana sesungguhnya solat diakhir malam itu disaksikan dan yang demikian itu lebih utama”. (HR Muslim)

Quote:

Quote:

alhamdulillah, yg namanya ibadah sunnat yg terpenting dikerjakan sesuai kemampuan kita gan emoticon-Smilie

Quote:

Pernah ada perbedaan pendapat mengenai tahajjud antara Abu Bakar ra. dan Umar Bin Khattab ra. Lalu mereka berdua mengadu pada Rasulullah SAW. Masalahnya adalah Abu Bakar ra. bertahajjud usai sholat Isya, sedangkan Umar Bin Khattab ra. baru tahajjud setelah bangun dari tidur malam. Kemudian Rasulullah SAW menjawab bahwa tahajjud boleh setelah sholat isya, Namun, lebih baik lagi bila tahajjud setelah bangun dari tidur
senada dengan itu hadits2 hanya menganjurkan tidur sebelum sholat tahajjaud, tapi tidak "mengharuskan",
misalnya:
Dari Aisyah ra, Nabi SAW bersabda: “Apabila kamu mengantuk ketika shalat, maka tidurlah terlebih dahulu sampai hilang rasa kantukmu. Karena bila kamu mengantuk dalam shalat, mungkin suatu ketika kamu bermaksud memohon ampunan kepada ALLAH, tetapi ternyata kamu justeru memaki-maki diri kamu sendiri (karena salah baca doa).” [HR Muslim]

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kamu shalat malam, hendaklah kamu kuasai bacaan Al-Qur’an yang kamu baca. Bila kamu sudah tidak mengerti apa yang kamu baca (karena mengantuk), maka tidurlah dahulu.”[HR Muslim]

oh iya, ada beberapa pertanyaan lewat PM, uda direspon, silakan cek PM emoticon-Malu namun, kebenaran mutlak tentulah hanya milik Allah SWT emoticon-Angel
Matur nuwon gan inponya! ijin nyedot
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
Post ini telah dihapus oleh
Ijin Nyimak gan...
ane jadi malu cuz nda pernah sholat tahajud kek ajaran Rosulullah saw... emoticon-Malu
jangankan tahajud gan, lah solat yg 5 waktu saja ane nda poll emoticon-Frown emoticon-Frown
Subhanalloh semoga agan mendapat pahala yang berlimpah amin emoticon-2 Jempol
ane demen baca trit keren kaya gini

Spoiler for good stuff:
nah ini baru trit bermutu... saling membantu dengan ilmu... ayo fastabiqul khaoirot...



___________________________________________________________________________________________________________________

nitip lapak gan

Mau Converse Original?? cuman 350K (nego)
[SPOILER=Converse]Converse[/SPOILER]
Mau Vans Original?? cuman 370K (nego)
[SPOILER=Vans]Vans[/SPOILER]
ijin nyimak gan emoticon-army:
ijin bukmark gan.. nice thread emoticon-thumbsup:
ijin bukmark juga gan .......
subhanallah...

thx infonya..
ane sekarang udah jarang tahajud gan emoticon-Mewek
berat banget cobaannya...
semoga jadi HT...
Quote:


GPP GAN namany jg mnsia, yg pnting mau dan emang harus ditingkatkan lagi ibadahny, sholat 5 wktu yg nda poll mksdny sering bolong gtu ye gan? klo ninggalin sholat, agan wajib mengqodlonya...kriteria org yg ninggalin sholat ntu kan ada 2 mcm; g sngja (ktduran) dan disengaja (menunda waktu sholat atau meremehkan syariat islam, jd seolah2 ga wajib gtu)..nah kdua kriteria tsb d wajibkan mengqodlo sholat..hehe


emoticon-I Love Indonesia
bismillah, moga suatu saat saya bisa rutin sholat tahajjud
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


silakan.... silakan... silakan....
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
kalo ane baca Sholawat Masyisyiah Sehabis Tahajud gan, efeknya menakjubkan
Quote:


Quote:


Quote:


setuju... namanya juga manusia emoticon-Malu emoticon-Malu
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


amiiin... amin... amin... moga2 semua doa & harapan agan2 diijabah oleh Nya
emoticon-Angel emoticon-Angel
di coba ntr mlm ya emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 190


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di