alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005201778/desa-adat-kampung-naga-yang-tak-tergerus-perubahan-zaman
Cool 
Desa Adat Kampung Naga yang tak tergerus perubahan zaman
Desa Adat Kampung Naga yang tak tergerus perubahan zaman

Quote:Untuk mencapai kampung naga relatif cukup mudah. Apabila menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta cukup dengan bis jurusan ke Garut dengan biaya Rp.35.000. Dari terminal garut agan bisa menggunakan elf yang menuju tasikmalaya atau bis yang menuju tasikmalaya atau singaparna dengan biaya rata-rata Rp.10.000. Dengan lama perjalanan sekitar 1 jam agan akan sampai di pintu gerbang Kampung Naga. Pintu masuk menuju Kampung Naga tepat berada di sisi kiri jalan raya. Untuk mencapai Kampung Naga agan harus terlebih dahulu menuruni anak tangga sebagai satu-satunya jalan menuju Kampung Naga.
Spoiler for Tangga (© Mr.Pym):


Stop, Dilarang Jepret!
Sesampai di gerbang Kampung Naga anda masih bisa mengambil gambar dengan kamera agan. Hamparan sawah hijau membentang menemani perjalanan kita jika menuju ke Kampung Naga.
Spoiler for Sawah (© Mr.Pym):
Tetapi setelah memasuki Kampung Naga, anda dilarang mengambil gambar terlebih dahulu sebelum meminta ijin kepada Kuncen Kampung Naga.


Selasa, Rabu dan Sabtu yang tabu
Hari selasa, rabu dan sabtu adalah hari tabu bagi warga Kampung Naga maupun Sanaga (warga kampung naga yang sudah keluar dari kampung). Maksudnya tabu disini adalah mereka tidak boleh menceritakan tentang adat istiadat dan asal usul-nya pada hari tersebut. Jadi apabila agan-agan ingin berkunjung kesana lebih baik diluar hari tersebut, sehingga kita dapat mengenal budayanya lebih dekat.

Rumah Adat Kampung Naga yang canggih
Rumah-rumah adat di bangun di atas tanah milik adat, sehingga jumlahnya tetap, tidak bisa ditambah seenaknya, rumah adat Kampung Naga berjumlah 113 dan tidak akan ditambah.
Spoiler for Rumah Adat (© Mr.Pym):

Rumah-rumah disusun dengan pintu menghadap pintu, dapur berada di depan dan bagian belakang digunakan sebagai ruangan istirahat dengan Maksud apabila ada keramaian tidak akan mengganggu orang yang sedang beristirahat.
Lantai dapur dibuat dengan manggunakan bambu yang memiliki celah yang memungkinkan remah-remah makanan jatuh ke tanah. Dengan hal ini remahan makanan akan dimakan oleh ayam yang menjadi peliharaan warga Kampung Naga. Rumah ini merupakan rumah tahan gempa yang dapat menahan sampai guncangan 10 SR.
Spoiler for Dalam Rumah (© Mr.Pym):


Toilet yang ramah lingkungan. emoticon-Big Grin
Toilet untuk buang air besar berada di atas kolam ikan, sehingga kotoran yang kita keluarkan akan dimakan oleh ikan-ikan yang menjadi peliharaan warga. Pada suatu saat ikan tersebut akan dimakan oleh warga.
Spoiler for WC (© Mr.Pym):


Hutan Terlarang yang sakral
Terdapat dua hutan yang terlarang untuk dimasuki. Yang pertama adalah hutan terlarang yang berada di sisi sungai Ciwulan. Hutan ini sama sekali tidak boleh dimasuki siapapun karena pamali. Apalagi mengambil apapun yang berada di hutan merupakan larangan keras, bahkan pohon yang tumbang pun, warga tak berani mengambilnya. Sudah beberapa kali ada pengunjung yang penasaran dan memasuki hutan tersebut, alhasil pengunjung tersebut kerasukan jin atau sesuatu. Hutan yang kedua adalah Hutan Keramat yang hanya boleh dimasuki oleh pemuka-pemuka warga Kampung Naga, dan itu pun hanya pada upacara-upacara adat Kampung Naga.
Spoiler for Hutan Terlarang (© Mr.Pym):


Bumi Ageng sang saksi bisu
Bumi ageng merupakan rumah yang konon pertama kali didirikan di Kampung Naga. Hanya terdapat satu pintu tanpa jendela dengan dinding terbuat dari anyaman bambu. Rumah ini dilarang di ambil gambarnya dari dekat tetapi kita boleh mengambil gambaranya dari jauh dengan kemampuan zoom lensa kamera kita. Rumah ini hanya boleh dimasuki oleh pemuka-pemuka warga Kampung Naga, itu pun hanya pada hari-hari tertentu saja. Konon saat masa G30s PKI semua rumah disini dibakar dan hanya Bumi Ageng inilah yang tersisa.
Spoiler for Bumi Ageng (© yunanithebest):

Spoiler for Bumi ageng (© Mr.Pym):


Harmoni Kampung Naga yang menyatu dengan alam
Semua kebutuhan hidup termasuk makan didapat warga Kampung Naga dari tanah-tanah yang mereka kelola sendiri. Sayur dan buah dari perkebunan maupun padi dari sawah yang mereka tanam dan bahkan ayam yang mereka pelihara.
Spoiler for Hand Made (© Mr.Pym):

Spoiler for bocah Kampung Naga (© yunanithebest):

Spoiler for bocah Kampung Naga (© Mr.Pym):


Gotong-royong selalu dijunjung tinggi
Saat saya kesana sedang diadakan gotong royong warga untuk memperbaiki salah satu rumah warga Kampung Naga. Gotong royong ini dilakukan oleh warga Kampung Naga sendiri.
Spoiler for Gotong Royong (© Mr.Pym):



Gallery

Spoiler for Kambing (© Mr.Pym):

Spoiler for Menumbuk Padi (© Mr.Pym):

Spoiler for Antena, TV pake baterei karena gak ada listrik PLN (© Mr.Pym):

Spoiler for Mang Ujo, guide kami (asli kampung naga) ketika kami ke sana:



Dari Kaskuser Lain

Quote:Quote:Original Posted By derryfadilah

d sana ada pantangannya lg, kita ga boleh ngebentangin kaki atau selonjoran tapi telapak kaki menghadap barat (kiblat),intinya telapak kaki gak boleh dihadapkan ke arah barat (kiblat),ga tw pastinya knapa tp ktanya sih gak sopan,, emoticon-Bingung
tp ad beberapa rumah penduduk yg udah pnya TV (nah lho,ane jg bingung),, emoticon-Bingung tp klo menjelang malam udah ga blh ad yg nyala,,

tp seru gan d sini,bnyak pngalaman ane d kampun ini,,, emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By debronkz

CMIIW: Yg pernah ane denger jg, katanya 'bumi agung' itu walaupun gedenya ga seberapa tapi dimasukin berapa banyak org pun tetep bisa nampung. Tapi ane ga tau jg itu bener ap ga.

Skrg klo mau maen ksana kita bs nyewa 'guide'. orang sana jg. Nanti dia yg bakal nganterin n ngejelasin seluk beluk Kampung Naga.kita paling kasih uang rokok (20rb-50rb) Tapi kalo ga mau pk guide pun gpp. Klo dulu sih gpp.
Sekian.

Quote:Original Posted By AlvKroaX
ane studi research kesana gan emoticon-2 Jempol keren banget desanya....mereka udah bertahun tahun ga pake listrik emoticon-Belo dan hebatnya lagi disana belom pernah ada pertikaian dan masalah sosial dari hasil yang ane dapet emoticon-Belo pic menyusul

Spoiler for :


acara adat menyambut kedatangan ane dan kawan kawan emoticon-Big Grin

Spoiler for :


kepala temen ane nongol ga jelas emoticon-Hammer
dia juga kaskuser namanya konjen emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By emirza
saya pernah menginap di kampung naga tuh
selama 3 hari kalo ga salah
ada beberapa pantangan yg ga boleh di langgar
1.tidak boleh berisik atau triak2
2.dilarang selonjoran kaki kearah kiblat
3.di larang buang air kecil atau besar ke arah kiblat
4.tidak boleh mandi di air terjun
5.dilarang ke hutan terlarang
6.tidak boleh foto dari dekat rumah yg di page 1 itu

trus ada lagi mitos2nya
1.kalo kita turun mau ke kampung naga kan harus lewatin tangga, nah kalo kita ngitung anak tangag itu. dan hasilnya sama kaya itungan teman kita konon katanya keinginan kita terkabul. tapi gak boleh janjian ngitungnya,.



Quote:Original Posted By seehoonks

ni tugu letaknya pas di pelataran parkir Kampung Naga

Spoiler for tugu kujang pusaka:


Pada monumen tersebut dilengkapi Kujang Pusaka yang terbuat dari bahan besi “ajie”, yang dilebur dari sembilan ratus keris pusaka dari berbagai kerajaan di nusantara. Dua keris, di antaranya milik Raja Padjadjaran, yakni keris Kujang Pusaka milik Prabu Surya Amiluhur (memerintah tahun 1248 M), yang dibuat oleh Mpu Windhu Srpa, dan keris Kujang Pusaka milik Prabu Sri Pamekas (memerintah tahun 1338 M), yang dibuat oleh Mpu Anjani.



Quote:Original Posted By tyorf.

dan jambannya itu yang menurut ane ngga enak, temen ane pernah kebelet boker malem2.. kan gelap tuh makanya ditahan karena takut haha..
dan kalo kita boker.. ikan2 dibawah jamban siap menampung kotoran kita dengan lahap emoticon-Big Grin...

beberapa pic
Spoiler for "1":

Spoiler for "1":

Spoiler for "1":



Quote:Original Posted By kasep.kid


Spoiler for :



emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Blue Guy Cendol (L)

THX to Om Mimin & Momod for the HT
Spoiler for HT:
Generasi abg nya mana gan :d:d
wah ada hari tabu juga ya
ada banyak larangan juga emoticon-Belo

tp bisa dijadiin agenda liburan selanjutnya nih
Indonesia emang kaya emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

wah selamat ya udah HT sam emoticon-Shakehand2
kampungnnya asri banget ya gan emoticon-Belo

seiring populasi yg bertambah
kenapa rumah"ny ga ikut bertambah iia
emoticon-thumbsup:



dari beberapa taun lalu pengen jalan2 kesini tapi lom kesampean emoticon-Nohope



mantep gan emoticon-I Love Indonesia
wah masih bagus ya gan pmandgannya kao skr mah dah bnyak dibuat usaha property emoticon-Cape d...
bnerrr tuh gannn emoticon-thumbsup:
wah ketat bgt disitu ye, gak ada hukum kisos gan? wkwkwkwkk emoticon-Big Grin
Desa Adat Kampung Naga yang tak tergerus perubahan zaman
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
pernah kesana, sekali. waktu SD itu juga emoticon-Malu
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
jiah. emoticon-Najis
ikan makan kotoran manusia. ntar ikannya kita makan.
ikannya rasa apa yeh? emoticon-Najis
wow keren emoticon-I Love Indonesia
bru dgr gan ada kmpung bgtu
nice inpo .
emoticon-2 Jempol.
wawwwemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
wah kampung bisa gitu juga ya emoticon-Matabelo
nice info gan, mau kesana suatu hari nanti^^

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Kaskus
ajib, masih natural bgt....

emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
.:APWG:.
Ane Pej Wan Gan!!

harus dilestarikan nie emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By bakpo_angus
Generasi abg nya mana gan :d:d


hahahha gwa udah pernah kekampung naga gan waktu studi lapangan, generasi abg kampung naga rata2 udah pada pindah kluar desa karena pengen berkembang dan sebagainya
Bener" masih tradisional

[URL="[URL=http://www.neobux.com/?rh=64616E6E7977697A7A617264][IMG]http://images.neobux.com/imagens/banner9/?uh=64616E6E7977697A7A617264&u3=4005210[/IMG][/URL]"]Desa Adat Kampung Naga yang tak tergerus perubahan zaman[/URL]