alexa-tracking

Apa itu Matsuri??masukk gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005138539/apa-itu-matsurimasukk-gan
Poll: festival mana yg agan mau diadain di indonesia?

This poll is closed - 164 Voters

View Poll
Seijin Shiki 12.80% (21 votes)
Hinamatsuri 21.95% (36 votes)
Hanami 42.07% (69 votes)
Tanabata 26.83% (44 votes)
Shichi-Go-San 10.98% (18 votes)
O-misoka 9.15% (15 votes)
Oshogatsu 10.98% (18 votes)
Setsubun 14.02% (23 votes)
Apa itu Matsuri??masukk gan
Quote:MATSURI

Quote:
Matsuri berarti festival atau hari raya. Di Jepang, festival biasanya disponsori oleh kuil ataupun diadakan bukan yang bersifat kepercayaan. Biasanya setiap daerah memiliki setidaknya satu matsuri di akhir musim panas atau awal musim gugur, kadang berhubungan dengan panen.

Kita dapat menemukan stand-stand di sekitar matsuri yang menjual souvenir atau makanan seperti takoyaki, atau yang menyediakan permainan seperti menangkap ikan koki. Selain itu ada juga kontes karaoke, pertandingan sumo, dan hiburan-hiburan lain yang tersedia.

Berikut ini beberapa festival yang terkenal di Jepang

Seijin shiki

Quote:Seijin shiki (upacara orang dewasa) adalah upacara tahunan yang diadakan pemerintah lokal kota dan desa di Jepang yang mengundang penduduk yang telah mencapai usia 20 tahun untuk merayakan usia yang telah dianggap cukup umur menurut hukum. Acara diselenggarakan di gedung pertemuan, ballroom hotel, atau aula serbaguna milik pemerintah lokal. Acara dimeriahkan dengan pidato, penerimaan cendera mata, jamuan makan, dan foto bersama dengan pejabat lokal.

Di kota-kota besar, upacara diadakan pada Hari Kedewasaan yang jatuh pada hari Senin minggu kedua bulan Januari. Di kota-kota kecil dan desa-desa, penyelenggaraan upacara sering dimajukan di hari-hari awal Tahun Baru untuk memudahkan peserta yang terdaftar di di daerah asal dan kebetulan sedang berada di kampung halaman. Jika hari penyelenggaraan upacara tidak dimajukan, peserta yang tinggal di kota harus kembali lagi ke kampung halaman untuk mengikuti Seijin shiki.


Spoiler for pic:

Spoiler for pic:


Hinamatsuri

Quote:Hinamatsuri atau Hina Matsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō (boneka festival).

Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkimpoian tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

Walaupun disebut matsuri, perayaan ini lebih merupakan acara keluarga di rumah, dan hanya dirayakan keluarga yang memiliki anak perempuan. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orang tua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.


Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


Hanami
(akhir bulan Maret hingga awal April)

Quote:Hanami (melihat bunga) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

Pohon sakura mekar di Jepang dari akhir Maret hingga awal April (kecuali di Okinawa dan Hokkaido). Prakiraan pergerakan mekarnya bunga sakura disebut garis depan bunga sakura (sakurazensen). Prakiraan ini dikeluarkan oleh direktorat meteorologi dan berbagai badan yang berurusan dengan cuaca. Saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.


Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:



Tanabata

Quote:Disebut juga festival bintang. Aslinya berasal dari legenda China yang menceritakan dua bintang penenun (Vega) dan pengembala domba (Altair) dimana mereka berdua pasangan kekasih yang hanya dapat bertemu sekali dalam setahun pada malam ke-7 bulan ke-7 dimana tidak ada hujan dan banjir di Milky Way pada hari itu. Dinamakan Tanabata setelah gadis penenun dari legenda Jepang dipercayai dialah yang membuat baju untuk dewa-dewa. Warga Jepang biasanya menuliskan permohonan dan harapan asmara di selembar kertas berwarna dan menggantungkannya di ranting bambu bersamaan dengan ornamen-ornamen kecil.

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


Shichi-Go-San

Quote:Shichi-Go-San (3, 5, 7) adalah nama upacara di Jepang yang merayakan pertumbuhan anak berusia 3, 5, dan 7 tahun. Perayaan dilakukan setiap tahun sekitar tanggal 15 November dan bukan merupakan hari libur.

Peserta perayaan adalah anak laki-laki berusia 3 dan 5 tahun, dan anak perempuan berusia 3 dan 7 tahun. Umur-umur tersebut dipercaya sebagai tonggak sejarah dalam kehidupan, dan angka-angka ganjil menurut tradisi Tionghoa dipercaya membawa keberuntungan. Anak-anak yang cukup umur sebagai peserta Shichi Go San didandani dengan kimono dan dibawa ke kuil Shinto untuk didoakan. Orang tua memanfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan anak-anak yang sudah berpakaian bagus dengan berfoto di studio foto.

Anak-anak yang merayakan Shichi Go San mendapat hadiah permen panjang yang disebut permen chitose (千歳飴, chitoseame?, permen seribu tahun) yang dipercaya membuat anak sehat dan panjang umur. Kantong tempat permen chitoseame bergambar kura-kura dan burung jenjang yang merupakan simbol umur panjang.


Spoiler for 1:


O-misoka

Quote:Masyarakat Jepang membersihkan rumah (Osoji) untuk menyambut tahun baru dan untuk menghilangkan pengaruh tidak baik. Banyak warga yang mengunjungi kuil Buddha untuk mendengarkan bel berbunyi sebanyak 108 kali ketika malam hari (joya no kane). Hal ini dilakukan untuk mengumumkan bahwa tahun lama telah dilewati dan tahun yang baru telah datang. Alasan kenapa dibunyikan 108 kali adalah karena penganut Buddha percaya manusia digoda 108 macam hasrat dan nafsu duniawi (bonno). Dengan tiap kali bunyi, satu hasrat dihilangkan. Menjadi adat juga bahwa memakan toshikoshi koba (mie melewati tahun) diharapkan bahwa seluruh keluarga mendapat keberuntungan layaknya sepanjang mie yang panjang.

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


Oshogatsu

Quote:Tahun Baru adalah even tahunan yang paling penting dan terperinci di Jepang. Sebelum Tahun Baru, rumah dibersihkan, hutang-hutang dibayarkan, dan osechi (makanan yang di baki untuk Tahun Baru) disiapkan ~atau dibeli. Osechi adalah makanan tradisional yang dipilih karena warna keberuntungan, bentuk, atau nama yang menarik dengan harapan untuk mendapatkan keberuntungan dalam berbagai segi kehidupan selama tahun yang baru. Rumah didekorasi dan hari libur dirayakan dengan berkumpulnya keluarga, mengunjungi kuil, dan menghubungi sanak famili dan sahabat. Hari pertama dari tahun (ganjitsu) biasanya dilewatkan bersama keluarga.

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:



Setsubun


Quote:Setsubun ( pembagian musim) adalah nama perayaan sekaligus istilah yang digunakan di Jepang untuk hari sebelum hari pertama setiap musim. Dalam satu tahun terdapat 4 kali hari pertama setiap musim: risshun, rikka, rishū, dan rittō. Istilah "setsubun" sekarang hanya digunakan untuk menyebut hari sebelum risshun (hari pertama musim semi) sekitar tanggal 3 Februari, sedangkan hari-hari setsubun yang lain sudah terlupakan.

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


tambahan tentang JAK JAPAN MATSURI
PERTAMAX !!!

nyimak dulu gan...
keduax
nice share gan
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Tridnya keren gan..ane paling seneng nih udah ngomongin jepang..ane pengen jalan2 ke jepang..emoticon-Big Grin

tapi tetep emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Sundul: emoticon-Ngakak emoticon-Toast

buat yang mau dapet duit :
Spoiler for ads:
Tridnya keren gan..ane paling seneng nih udah ngomongin jepang..ane pengen jalan2 ke jepang..emoticon-Big Grin


thx gan
laen kali yang berbau INDONESIA aja gan emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


buka ni gan


asli indonesia !!
wih rame banget ya tuh di jepang banyak acara bulanan
keren gan tritnya
Quote:Original Posted By the.bibir
[SIZE="5"][B][CENTER]laen kali yg berbau INDONESIA aja ga , biar mangstab gitu emoticon-I Love Indonesia

nanti ane coba bikin deh gan
Quote:Original Posted By zeray
keren gan tritnya


thx ya gan

Apa itu Matsuri??masukk gan
ohh masturi tuh itu ..
ane baru ngeh dan ngerti gan ..
selama ini tmn tmn ane pda ngomongin itu ane sendiri ga conect ..

skarang ane jadi tau deh gan ..
thanks info gan emoticon-thumbsup:


Quote:mampir ke thread ane nyo gan , skedar lihat dan coment atau rate 5 juga bolehemoticon-Hammer (S)
Quote:[HOT]Orang Nomor Satu di Twitter

Trik Membuat Flash Disk Menjadi Memory PS 2[NO HOAX]

[TOP]5 DNS Terbaik Untuk Berinternet

[HOT]Facebook Buru 'Hacker' Pencuri 1,5 Juta Akun

SMS dari Komputer ke HP

[url=http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4734414
[TIPS]7 Rahasia Meningkatkan Performa Komputer[/url]

[SHARE]5 Software Editing pengganti photoshop

[TIPS]13 Tempat edit foto online

situs CHATTING buatan anak BANGSA

Laptop pertama di dunia

2 Milyar tweets se Bulan ??

membuka password winrar

Penyebab komputer agan lambat

10 Virus Lokal Paling Berbahaya

tread nya nice info banget loh , nyesel ga berkunjung ke situ
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
banyak juga ya acara adat di Jepang gtu...
kapan ya ane bisa jalan2 kliling dunia n bisa mnyaksikan hal2 smacam ini... emoticon-Embarrassment
nih gan komeng gw nambahin

Jak Japan Matsuri

Festival untuk meningkatkan persahabatan antara indonesia dan jepang

Jak-Japan Matsuri , acara yang ditujukan untuk meningkatkan persahabatan Jepang dan Indonesia dan akan diikuti oleh Masyarakat Jepang yang ada di Indonesia dan Warga Jakarta,

Jak-Jakarta Matsuri diharapkan menjadi sarana pertukaran kebudayaan antara Jepang dan Indonesia, serta menjadi simbol persahabatan kedua negara.


Nah Ini Segelintiri Hasil Jepret Di Acara Jak - Japan Matsuri 2009


Spoiler for Pic 1:



Spoiler for Pic 2:



Spoiler for pic 3:



Spoiler for pic 4:



Spoiler for pic 5:



Spoiler for pic 6:



Spoiler for pic 7:



Spoiler for pic 8:



Spoiler for pic 9:



Spoiler for pic 10:



Spoiler for pic 11:



Spoiler for pic 12:



Spoiler for pic 13:



Spoiler for pic 14:


Spoiler for pic 15:


Spoiler for By Shonobi12:


Spoiler for By Eiswein:



Spoiler for by i@a From Komunitas Tokusatsu:


Spoiler for By EternalFreedom:


taro di atas gan
nyimak dolo gan..
Quote:Original Posted By anvipus
mejeng pejwan aj deh


komengnya gan

Apa itu Matsuri??masukk gan
ane dah tahu beberapa nih, dari doraemon ama sinchan
keren bngt ganemoticon-thumbsupApa itu Matsuri??masukk gan
emoticon-coffee_emoticon-Maluemoticon-Hi
Mmmm.. Dejavu?? emoticon-Bingung
adieu~ emoticon-EEK!:/
Apa itu Matsuri??masukk gan
Quote:Original Posted By carlekzeddiez
keren bngt ganemoticon-thumbsupApa itu Matsuri??masukk gan


Apa itu Matsuri??masukk gan Apa itu Matsuri??masukk gan Apa itu Matsuri??masukk gan