alexa-tracking

Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004944289/fakta-ilmiah-bulan-tidak-pernah-terbelah-no-sara
Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]
UPDATE: WOY, UDAH GW BILANG INI BUKAN BUAT AJANG SARA-SARAAN. KALO DI ARGUMEN ANE ADA YANG SALAH SILAHKAN DILAWAN DENGAN ARGUMEN YANG VALID. JANGAN BAWA-BAWA AGAMA. TUJUAN GW DI SINI CUMA MAU MEMBENARKAN POSTINGAN YANG DITULIS AGAN MCKPLOES. YANG MASIH KOAR-KOAR GW KAFIR, YAHUDI, BLA BLA BLA, PAKE OTAK WOY emoticon-Cape deeehh

note: Postingan ini hanya mencoba mengimbangi postingan agan mckploes yang katanya "fakta ilmiah" gan, judul postingan beliau: "Fakta Ilmiah: Bulan Pernah Terbelah [no sara]..jngn mnjelek2kan agama kami.."

note2: ini bukan buat debat gan, gw hanya pengen menuliskan berita, supaya orang sadar kalau rumor "bulan pernah terbelah" itu cuma... rumoremoticon-Smilie

note3: sekali lagi, ini bukan buat debat gan. Ini bukan opini, bukan postingan pribadi, atau literatur fiksi. Sama seperti postingan yang judulnya "Harga tiket kereta api lebaran 2010", atau "Bumi itu bulat", atau buku yang bilang "bumi itu mengitari matahari" yg ditulis kopernikus ratusan tahun silam (yang dikecam mati2an oleh gereja pada masa silam), ini adalah fakta ilmiah.

Selama tidak ada yang bisa membuktikan sebaliknya, berarti bukti-bukti yang ada membuat fakta ini valid. Buat yang bilang "logika manusia itu terbatas", memang betul gan, manusia itu gak selalu benar. Makanya manusia selalu berusaha mencari kebenaran, dengan cara mencari, berpikir, dan bereksperimen.

postingan ini gw ambil dari website yang berisi fakta-fakta ilmiah (http://www.faktailmiah.com). Terima kasih buat para penulis website tsb. Mohon maaf kalo sudah saya copas tanpa izin. Kalo ga berkenan, akan saya hapus postingan iniemoticon-Smilie


---------------------------------------

Bulan pernah terbelah. Yup. Seorang teman saya mengatakan ke Saya kalau dia punya bukti bulan pernah terbelah. Saya skeptik waktu itu. Beliau mengatakan profesor geologi bernama Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar menemukannya dan ia menunjukkan fotonya. Ini fotonya:
Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]

Nah, sebagai pemikir kritis, apa yang pertama kaskuser lakukan?

Pertama, meminta klarifikasi dengan memberikan pertanyaan.

Kedua, memeriksa bukti.

Ketiga, memeriksa kesesuaian bukti yang diberikan dengan pengetahuan sebelumnya.

Keempat, memeriksa kredibilitas sumber bukti.

Kelima, melakukan pengamatan sendiri.

Keenam, melakukan induksi dan deduksi.

Ketujuh, membuat dan menilai kesimpulan.

Kedelapan, menemukan definisi.

Kesembilan, menemukan asumsi.

Kesepuluh, menemukan alternatif ketiga dan seterusnya.

Kesebelas, menetapkan posisi.

Karakteristik di atas adalah langkah umum berpikir kritis. Banyak ahli berpendapat berbeda mengenai langkah apa, tapi ini adalah yang umum di kalangan ilmiah. Sumbernya dari pakar berpikir kritis bernama Ennis.

Sekarang kita terapkan langkah-langkah di atas pada kasus klaim bulan pernah terbelah.

Spoiler for "Langkah 1, Bertanya":


Spoiler for "Langkah 2, Memeriksa bukti":


langkah 3 di lewat dulu gan, ada di bawah.

Spoiler for "Langkah 4, Memeriksa kredibilitas sumber":

bersambung...
baru dengar kalau bulan pernah terbelah...
nice info...

tapi apa untungnya kalau bulan pernah terbelah atau tidak pernah terbelah ?

Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]
Spoiler for "Langkah 3, Memeriksa bukti dengan pengetahuan yang telah ada":
Ad yg pernah blg!@?
Spoiler for "Langkah 5, lalu bagaimana kalau bulan benar-benar pernah terbelah?":


Spoiler for "Langkah 6, Membuat Induksi - Deduksi":


Spoiler for "langkah 7, membuat kesimpulan":


Spoiler for "langkah 8, menemukan definisi":


Spoiler for "langkah 9, membuat asumsi":


Spoiler for "langkah 10, alternatif lain":


Spoiler for "Menentukan posisi":


Spoiler for "referensi":
emang apa hubungnanya gan bulan terbelah ama sara emoticon-Bingung (S)
panjang nih.. layak utk di baca..

masalahnya sekumpulan makhluk2 di indonesia ini lbh gampang ngeklaim disertai bukti2 yg minim/ tidak valid yg penting mendukung kepentingan dia, golongan, dan agamanya.. (napoleon lah di klaim, wong fei hung lah, angka 0 lah, yg paling kocak.. katanya komputer jg diklaim ngambil inspirasi dr sana?? hauhauhauhauha)

kemaren gw baru komentarin hal yg sama di thread ttg kucing piaraannya nabi yg katanya tidak mengandung penyakit apapun..

ane tanyakan mana landasan teorinya, landasan teorinya hanya berupa blog orang (OMG, di blog u bisa tulis apapun, u bahkan bisa tulis kalo bumi itu datar.. ato persegi, yg gublugnya lagi, u jadiin landasan teori dan tidak diuji lg kebenarannya?)

ga keliatan pinter.. ngeklaimnya doang kerjaannya..
dari pada ngetik/copas panjang2 mending intinya aja deh gan emoticon-Peace emoticon-Big Grin Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]
wah ane masih bingung kalo soal beginian..
Klo mreka bilang ''bulan pernah terbelah'' itu pasti dikatain gila gan emoticon-Smilie

Trus buat buktiin bulan ga prnh kebelah kan tinggal bilang aja intinya,,ga usah repot'' bikin 'fakta ilmiah' yang trlalu panjang gan emoticon-SmilieFakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]
Nyimak dulu gan
Yah... kalo saya bilang ya Gan...

Semua harus bijak menyikapinya... Jangan sampai masalah keilmuan berimbas ke gesekan antar agama...

Menurut saya, kitab suci agama manapun pasti tidak lepas dari istilah denotasi dan konotasi. Di kitab suci saya pun ada istilah "menjala manusia" yang artinya merangkul manusia untuk menyebarkan ajaran Nya

Nah, masalah bulan terbelah, saya setuju dengan Agan bahwa bukti bulan pernah terbelah sangat kurang. Namun juga bukan berarti saya menganggap apa yang di kitab suci agama tersebut adalah salah. Mungkin itu bahasa denotasi yang diartikan lain.
masih kurang ngerti gan..

nyimak dulu aja deh...
gan..knp pindah??

disini aja gan..
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4943715

kasian yg ga tau apa2..
udah deh intinya Ts bukan orang islam emoticon-Smilie,
kalo nggak knp harus seperti bersungguh2 seperti ini, terlebih ente juga salah kamar harusnya ente masukin nih trit ke sub forum spiritual

Quote:Sudah jelas posisi saya. Bila anda cukup teliti membaca di atas. Bulan pernah terbelah hanyalah khayalan, tidak lebih.
Lalu agama yang anda anut apa gan?

Bagiku agamaku bagimu agamamu, kita udah berada di koridor masing2, jika orang islam tidak mengusik lalu kenapa anda harus mengusik?
bolehlah kita bekerja sama, tapi untuk urusan agama ga' boleh gesekan.

Quote:"Dan, kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya. Padahal, ia berjalan sebagaimana jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Annaml: 88)
untuk bulan terbelah saya memang belum bisa kasih bukti, tapi untuk ayat ini bagaimana gan?
sekali lagi saya tanya ke situ, agama anda apa?
Quote:Dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.(al A’raf [7] ; 179)
oke anda sudah melakukan gesekan, sekarang saya tanya lagi...
Apa Agama Anda? dan tunjukkan ayat2 agama anda yang menyatakan bahwasanya Tuhan yang anda anut adalah penguasa alam semesta, berbeda dari makhluk-Nya, dan lebih terdahulu daripada makhluk-Nya, dan maha mengetahui atas segala sesuatu
apakah anda sudah merasakan kekuasaan-Nya??? jangan2 Tuhan yang anda percayai ga' pernah ngomong kalo dia ga' bisa ngapa2in, bahkan tidak bisa menolong dirinya sendiri emoticon-Cape d...
Quote:Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia selain untuk beribadah kepadaku. (TQS. Adz-Dzariyat [51] : 56).
Apakah agan tahu namanya Tuyul? kunti? pocongkkkk jadi2an? saeko, dll? agama anda nyebutin nggak ini makhluk namanya apa?
Hakh??? Alien???
tolong tunjukkan Ayat kitab anda gan yang nunjukkin nama makhluk ini...
kalo agama ane nyebutnya Jin, agama ente nyebutnya apa?
ato jangan2 tuhan ente ga' tahu namanya ckckck...

Quote:Original Posted By sapi.terbang
yah ane cuma bisa nyimak n ngucap WHATEVER

BAGIKU AGAMAKU BAGIMU AGAMU


sama gan emoticon-shakehand:
Quote:Original Posted By khairyrifqy
nice gan!pembuktian ilmiah yang beruntun dan cukup bagus..coba lanjutkan lagi penelitiannya,manusia bisa salah.kesempurnaan hanya milik-NYA..

buat yg lain:
ane pernah baca tuh trid yg bilang bulang pernah terbelah,disotu diceritakan ada seorang mahasiswa yang langsung mendapat hidayah karena manusia menghabiskan banyak harta hanya untuk membuktikan apa yang sudah tertulis di Al-Qur'an..cara orang mendapat hidayah itu berbeda2,ada malah trid yang cerita,pemimpin kelompok keberadaan islam di negaranya akhirnya malah memeluk islam..

buat ts:bagi orang2 yang telah mempercayai Al Qur'an, tidak lagi membutuhkan pembuktian secara ilmiah..memang ada orang islam yang melakukan pembuktian lebih jauh,itu dikarenakan memang minat mereka ke bidang studi tersebut,bagi yang berbeda minatnya hanya menganggap hal ini sebagai hal yang sia2 saja..
jadi teruskan pendalaman agan lebih jauh,dan lebih bagus agan melakukan penelitian langsung,tidak hanya mengambil dari literatur2 saja..

Ts tolong baca baik2 yang ane tebelin di atas yah...


Quote:Original Posted By fikripentolz
setuju banget,,
AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN MEMANG HARUS SEIMBANG,,
TAPI KADANGKALA ADA PERISTIWA YANG MEMANG BERADA DILUAR AKAL PIKIRAN MANUSIA DAN ITU HANYA TUHAN YANG BISA,,

jadi ane tetap percaya,,emoticon-Smilie

emoticon-Smilie, Walau tujuh laut jadi tinta dan pohon2 sebagai pena...
Namun ilmu-Nya luas tak terbatas tak akan usai kutuliskan...
Mukhalafatu lilkhawaditsi = berbeda dari makhluknya...
makhluk ilmunya cuma seiprit sedangkan Tuhan ilmunya luas tak terbatas...
Bagaimana dengan Tuhan anda TS???
Waduh...harus pake logika bacanya..Logika ane dangkal gan.huhuhu
JAdi agak ribet untuk memahaminya..
ane baca ulang lagi aja ya gan buat memahami lagi..hehe
yah ane cuma bisa nyimak n ngucap WHATEVER

BAGIKU AGAMAKU BAGIMU AGAMU
hmm kita harus bijak menyikapinya............

sekarang tergantung penalaran masing masing dari kita

AGAMA dan SAINS takkan pernah menyatuu gann................

so biarkan mengalir gan jangan pernah campurkan AGAMA dan SAINS emoticon-No Sara Please
Quote:Original Posted By namakuu
hmm kita harus bijak menyikapinya............

sekarang tergantung penalaran masing masing dari kita

AGAMA dan SAINS takkan pernah menyatuu gann................

so biarkan mengalir gan jangan pernah campurkan AGAMA dan SAINS emoticon-No Sara Please

salah gan, Agama ma SAins tuh harus disatukan... kalo enggak agan bakal jadi sekuler...