alexa-tracking

Vlad Tepes - Drakula yang pertama kali ada dalam sejarah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004848415/vlad-tepes---drakula-yang-pertama-kali-ada-dalam-sejarah
Fakta Tentang Drakula - Ternyata manusia biasa
Spoiler for Vlad Tepes:


Vlad III, Pangeran Wallachia (c. 1431 – Desember 1476), dikenal sebagai Vlad Ţepeş pelafalan [ˈvlad ˈt͡sepeʃ]) atau Dracula (dalam Bahasa Indonesia seringkali diubah menjadi Drakula), adalah pangeran Wallachia yang berkuasa pada tahun 1448, lalu pada 1456 hingga 1462 dan pada tahun 1476.

Spoiler for Wallachia:


Dalam sejarah, Vlad terkenal akan perlawanannya terhadap ekspansi Kesultanan Utsmaniyah dan hukuman kejam yang ia berlakukan pada musuh-musuhnya.

Vlad III terkenal krn menginspirasi nama karakter vampir pada novel Bram Stoker tahun 1897, Drakula.

Masa muda
Vlad dilahirkan pada bulan November atau Desember 1431 di benteng Schäßburg, Transilvania, Kerajaan Hongaria di Rumania sekarang.Ayahnya, Vlad II adalah gubernur militer di Transylvania.Ia diangkat oleh Raja Honggaria, Sigismund dan dijadikan anggota dari orde naga (dalam bahasa Rumania Dracul berarti Naga).Vlad III yang mewarisi gelar ayahnya otomatis disebut Draculea atau Anak Naga.Dalam bahasa Inggris, Draculea menjadi Dracula.Ibunya adalah seorang putri dari Moldavia.

Dua tahun setelah kelahiran Dracula, pasukan Turki telah berhasil menyeberangi Sungai Donau dan siap menyerang daerah kekuasaan Raja Sigismund.Raja pun memerintahkan Vladd II untuk maju berperang.Dengan kesabaran Vlad II akhirnya dapat merebut takhta Wallachia. Ia hanya memerintah selama tujuh tahun sebelum akhirnya Turki Utsmaniyah datang menyerang.Vlad II sadar ia tidak akan menang lalu menetralkan diri menghadari utusan Turki Utsmaniyah. Hal ini membuat Raja Sigismund marah.Ia mengusir Vladd II dan mengantikannya dengan Janos Hunyadi.

Setahun kemudian Vlad II kembali ke Wallachia dan merebut takthanya dengan bantuan Turki Utsmaniyah.Sebagai jaminan kesetiaannya ia mengirim dua puteranya, Dracula dan Radu ke Turki. Saat itu Dracula muda berusia 11 tahun.

Sebagai Tawanan di Turki
Dracula sendiri menganut agama Katolik sesuai agama orang tuanya.Berbeda dengan saudaranya, Radu akhirnya memeluk agama Islam sewaktu di Turki.Dracula sendiri demi politik agar tidak didiskriminasi memeluk Islam selama berada di Turki.Disana ia banyak sekali mempelajari teknik-teknik perang dari pasukan Turki Utsmaniyah.

Konon bibit kejam ia dapatkan dari Wallachia. Kekejaman di kota itu adalah pemandangan sehari-hari. Ia membawa kekejaman itu dan memumpuk dendam sewaktu di Turki dan menunggu saatnya membalas dendam. Ia pun suka membunuh binatang kecil tak berdaya jika tidak dapat melampiaskan kekejamannya.

Spoiler for film drakula:



Kembali ke Wallachia
Dracula dibebaskan pada tahun 1448 M oleh Turki Utsmaniyah.Alasannya adalah karena ayahnya, Vlad II dan pamannya Mircea telah wafat.Pada umur 17 tahun, ia ditugaskan untuk merebut kembali Wallachia dari Kerajaan Hungaria. Ia berhasil walau satu bulan kemudian kembali kalah dari Janos Hunyadi.Janos Hunyadi kemudian menempatkan bawahannya Vladislav II di takhta Wallachia. Selama tiga tahun Dracula diasingkan ke Moldavia.Pada tahun ketiga Pangeran Bigdan Moldavia terbunuh dan memaksa Dracula untuk melarikan diri.

Spoiler for wilayah kekuasaan turki utsmani:


Sementara itu di Wallachia, Vladislav II pun mengkhianati Janos Hunyadi dan bergabung dengan Turki Utsmaniyah. Hal ini membuka jalan Dracula untuk mendekati Janos Hunyadi.Janos Hunyadi pun mempercayai Dracula dengan alsan bahwa anak itu memikili pengetahuan yang banyak tentang Turki Utsmaniyah.Keduanya ternyata memiliki banyak kesamaan karena ternyata keduanya adalah tipe pemimpin Machiavelli yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh kekuasaan.

Janos Hunyadi akhirnya menempatkan Dracula di benteng Sibiu di barat daya Transilvania.Saat itu terjadilah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmaniyah, tanda kekalahan kerajaan-kerajaan Katolik dalam Perang Salib.Pada tahun kematian Janos Hunyadi, Dracula berhasil menggempur Vladislav II di Wallachia dan berhasil merebut takhta Wallachia yang ia rasa sebagai haknya.

Spoiler for kota transylvania:


Masa pemerintahan
Hal pertama yang Dracula lakukan sebagai penguasa adalah melakukan reformasi dengan cara menyula (impale).Sula sendiri adalah metode pembunuhan dengan dengan cara menusukkan tiang pancang sebesar lengan orang dewasa ke bagian dubur korbannya dan mendirikan pancang tersebut.Orang-orang pertama yang menjadi korbannya adalah para bangsawan di Wallachia.Sebelum kedatangan Dracula, para bangsawan itu adalah penguasa Wallachia.Penguasa takhta Wallachia hanyalah boneka belaka.Setelah pembunuhan para bangsawan serta keluarganya, Dracula membagikan tanah-tanah bangsawan kepada petani kecil yang setia padanya.Para bangsawan yang selamat segera melarikan diri atau bungkam setelah kejadian itu.Ia kemudian dikenal dengan nama Vlad Ţepeş atau Vlad Sang Penyula.

Benteng Poenari
Dracula memusatkan semua pemerintahannya di Benteng Poenari.Benteng ini dibangun dari keringat para pangeran dan keluarganya yang ditawan pada hari Paskah. Hari itu semua dipaksa untuk mengerjakan pekerjaan kasar membangun kastil setelah diberi jamuan besar-besaran.Beberapa pangeran yang melawan ditangkap dan disula di tempat.

Benteng ini akhirnya dikepung oleh Radu yang menyerang atas perintah Sultan Mehmed II.Radu adalah panglima perang sekaligus anggota dari kesatuan Yanisari, orde yang dibentuk untuk menandingi Orde Naga (Dracul).

Spoiler for benteng poenari:


Spoiler for benteng poenari:


Spoiler for benteng poenari:


Spoiler for benteng poenari:


Spoiler for benteng poenari:


Malam sebelum penyerangan, seorang hamba Dracula yang dikirim bersamanya ke Turki dan saat itu melayani Radu, memanahkan pesan agar tuannya kabur. Istri Dracula yang menerimanya. Istrinya segera memberitahu agar Dracula segera melarikan diri.Dracula menolak dan bersikeras bertahan. Istrinya tidak mau menjadi tahanan perang maka ia melompat dari kamar tidurnya dan jatuh di anak Sungai Arges. Sekarang sungai itu diberi nama Sungai Permaisuri (Răul Doamnei). Ternyata diketahui setelahnya bahwa saat istrinya melompat bunuh diri, Dracula justru melarikan diri lewat lorong rahasia.


Spoiler for konstantinopel:


Masa Pengasingan
Dari benteng Poenari, Dracula melarikan diri ke arah barat menuju daerah Brasov.Ia segera menemui raja Hongaria yang baru yaitu Matthias Corvinus. Sesampainya disana ia bukannya dijamu malahan dijadikan tawanan. Ia ditempatkan sebagai tahanan di Istana Visegard. Disini kebiasaannya menyiksa binatang kecil kembali kambuh. Penjaga Istana Visegard enggan bertemu jika tidak mempunyai keperluan.

Untuk memuaskan keluarga kerajaan Dracula masuk agama Katolik. Ia pun dipindahkan ke vila di areal kerajaan. Disana ia bertemu Ilona Szilagy, seorang perempuan kemenakan Raja Matthias. Setelah resmi menikah ia mengabdi pada Raja Matthias selama 13. Pada bulan Juli 1375 M ia kembali menyerang Wallachia dengan bantuan Pangeran Stephen Bathory dari Transilvania dan Pangeran Stephen The Great dari Moldavia, memasuki masa pemerintahan kedua. Saat itu pula Randu, saudaranya telah meninggal karena terkena penyakit syphilis. Pemerintahan di Wallachia dipegang oleh Basarab, seorang anggota dinasti Danesti.


Kematian
Di saat kekuasaan Dracula mulai memudar, Perang Salib justru sedang berkobar. Sultan Mehmed II memimpin pasukan Turki Utsmaniyah menggempur Eropa Barat. Dracula ditugaskan untuk menyambut pasukan musuh. Kali ini Dracula meninggalkan Wallachia dengan menitipkan anak dan istrinya di Transilvania. Kepergiannya tidak mendapat dukungan rakyat. Rakyat seolah tak peduli ada peperangan di luar sana.

Ia pun memimpin pasukan yang terhitung kecil ke Danau Snagov yang akhirnya berhadapan dengan musuh. Pada bulan Desember tahun 1476 akhirnya ia meninggal dunia dalam perang itu.

Legenda Kematian Dracula
Dracula punya banyak musuh. itulah yang mendasari sebuah legenda bahwa ia dibunuh oleh prajuritnya sendiri. Konon diantara prajurit-prajuritnya terdapat pembunuh bayaran dari lawan-lawan Dracula. Musuhnya pun mencari celah agar dapat membunuh Dracula di saat lengah.

Versi lain mengatakan bahwa ia dibunuh seorang prajurit Turki Utsmaniyah yang menyamar sebagai pelayan. Sultan Mehmed II telah membentuk unit khusus bernama Yanisari yang tujuan utamanya adalah membunuh Dracula. Pada saat menjelang kematiannya, salah seorang Yanisari berhasil menyusup dan membunuh Dracula di saat sedang istirahat.

Ia pun konon meninggal terbunuh oleh prajuritnya sendiri karena berpakaian seperti prajurit Turki Utsmaniyah. Padahal Dracula menyamar untuk memasuki pertahanan musuh.

Bagaimanapun terbunuhnya Dracula, semua mengarah pada satu akhir. Kepalanya dipenggal dan dibawa ke Konstantinopel sebagai bukti. Mayat Dracula akhirnya ditemukan di tepian Danau Snagov oleh biarawan Snagov. Mereka membawanya ke Gereja Snagov sesuai permintaannya.


Sang Vampir
Vlad III tak ayal identik dengan hasil karya literatur vampir berjudul Dracula oleh pengarang Irlandia, Bram Stoker. Banyak yang berspekulasi tentang mengapa Bram Stoker memilih nama Dracula sebagai peran antagonis di novelnya.

sumber wikipedia
The Kube - Kubus Ajaib Pelantun Musik
Vlad Tepes - Drakula yang pertama kali ada dalam sejarahimud nya nih bayiemoticon-Big Grin
markas om dek, tempat penyimpanan jimatemoticon-Big Grin
hantunya luar negri ya dekemoticon-Big Grin vladimir pasti namanyaemoticon-Big Grin
om ndak percaya drakul dekemoticon-Big Grin tapi bagus juga thread adekemoticon-Big Grin
Sddddddddd...GAGAL PERTAMAXX....IJIN NYIMAK DULU GANemoticon-I Love Kaskus
yang boneng gan drakula itu ada...??
Quote:


buset nih ong lagiemoticon-Big Grin
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please
ada sejarahnya y gan emoticon-Cool
wahh..
bearti beneran ada drakula di dunia ini??

nitip lapak ya gan
Quote:
wah drakula emoticon-Matabelo

sayah fans berat nya emoticon-Malu

emoticon-Ngacir2
lucu amat nama bentengnya ponari emoticon-Ngakak (S)
kalo ini ane udah tau gan
Quote:


emoticon-Ngakak bener juga emte
aneh gan.. ga kaya vampir/drakula di tipi jaman sekarang.. emoticon-Ngakak
Vlad Tepes - Drakula yang pertama kali ada dalam sejarah
yg menarik perhatian malah nama bentengnya poenari… jd inget anak bawa batu dan digendong emoticon-Ngakak

emoticon-2 Jempol
Quote:


di eropa juga ana poenari gan..he.hr,emoticon-I Love Kaskus
nice inpoh gan
Quote:
haha.. Bisa aj ni agan
Vlad Tepes - Drakula yang pertama kali ada dalam sejarah
oohhh drakula yg asli pny kumis yak,,kok di pelm2 malah gak ada yg kumisan yak..emoticon-Embarrassment
×