alexa-tracking

[ASK] Tanya Asuransi, Mohon bantuan para juragan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004840926/ask-tanya-asuransi-mohon-bantuan-para-juragan
[ASK] Tanya Asuransi, Mohon bantuan para juragan
Sebelumnya mohon maap pada mimin/momod kalo salah kamar, mohon dihapus..


Ceritanya begihi gan:

saiya sudah lama disuruh bini bikin asuransi.
singkat cerita datanglah tetangga dengan ilustrasi itung2an selama 10 tahun.
dan ternyata anak juga diikutkan untuk program 3th.

pertanyaan pertama saiya, kenapa saiya harus tanda tangan ilustrasi itu, sedangkan disitu tertulis "ilustrasi ini bukan perjanjian/kontrak'

mohon pencerahan.



BERSAMBUNG....

maaf pertamax habis

mohon masukan
ga ngerti gan emoticon-Bingung
KASKUS Ads
YAH TELAT atas cepet banget
Quote:


makasih gan udah mampir..
silakan yang bisa kasi masukan
itu cuma ilustrasi / gambaran nya gan..sebagai bayangan ente ntar dapet pertanggungan apa aja di asuransi itu..

kalo udah gitu ntar ada lagi isian nya..namanya SPAJ - Surat Pengajuan Asuransi Jiwa..nah kalo udah jadi polis baru itu yang namanya kontrak..

Biasanya sich...

Walaupun si agen udah nyodorin ilustrasi, kalau SPAJ-nya belum ditandatangani dan ada pembayaran premi pertama, ente belum bisa dikatakan diterima jadi nasabah gan...

Nunggu keputusan underwriter. Kalo sudah diterima, barulah jadi nasabah... :maho
Quote:


trus knapa saiya dipaksa tanda tangan ilustrasinya gan? itu kan bukan kontrak?
mohon pencerahan

Smile 

coba bantu jawab pertanyaan TS
Ilustrasi merupakan perhitungan nilai asuransi mulai dari Premi yang harus dibayarkan s/d Uang Pertanggungan. kenapa harus ditanda tangani...sebagai bukti bahwa TS setuju dengan perhitungan di Ilustrasi tersebut (perhitungan mengg prinsip kurang lebih) yang akan dilampirkan dalam berkas pengajuan asuransi.
Nah saat TS bayar premi lalu keluar polis ada masa tunggu 14 hari untuk membatalkan keikutsertaan TS...premi dibayarkan utuh demikian kurang lebihnya gan...
Asuransi itu bagus kok buat kita...krn jika terjadi resiko lumayan mengurangi beban...misal asransi pendidikan...saat anak mo kuliah kan mahal tuh...kalo kita ikut asuransi lumayan paling tidak 50% sdh ada yg nanggung...ane ikut 3 jenis asuransi di 3 perush berbeda hehehe..
BNI Life (pendidikan dan kesehatan) - investasinya yahud banget gan...perush lokal pula
Cigna - Kesehatan buat anak preminya kecil
Prudential - Ass Jiwa plus investasi

saran :
jika ingin ikut asuransi bandingkan produk yg sama dgn 3 perush mintakan saja ilustrasinya gan...baca baik2 ketentuan polisnya...



Quote:




Quote:
Quote:


emang gitu syarat nya gan..lembaran itu namanya quotation..
nah persyaratan calon nasabah adalah menandatangani quotation (tanda calon nasabah mengerti) dan SPAJ..kalo semua syarat udah di penuhi, kalo gak ada masalah max 1 bulan polis udah di tangan agan..
Quote:


Terima kasih atas masukannya gan.

pertanyaan lanjutan, saiya diharuskan tanda tangan memakai tinta hitam, sedangkan di perusahaan tempat saya bekerja diharuskan menggunakan tinta biru untuk menghindari pemalsuan.

Si ibu saya tanya katanya biar nanti bisa di SCAN. bukannya itu justru pemalsuan?!
Quote:


bukan pemalsuan sih gan..ntar pas agan terima polis pasti di dalamnya ada copy dari quotation yang di tandatangan itu..sedangkan yang asli nya di arsip sama kantor pusat..gitu gan..
Quote:


betuuullll.. emoticon-Smilie
Quote:



setahu ane ga ada ketentuan harus menggunakan tinta hitam gan...kalo Ilustrasi cm sekali ttd...nah kalo udah isi SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) baru beberapa tanda tangan dan karbonisasi (tembus)...SPAJ yang akan di analisa oleh underwriter...apa preminya sesuai dgn umur dan kesehatan jika tidak premi akan dinaikkan (tidak sesuai ilustrasi)
jangan lupa bandingkan dgn asuransi lain...dan cari asuransi yang 10 besar, agar aman...jangan terbuai janji hasil investasi yang tinggi nanti kasus B**RIE Life terulang emoticon-Smilie
CMIIW
Quote:


Quote:


okdeh gan, nanti saiya cek detail tulisannya apakah itu memang nantinya tidak menjebak calon nasabah (tentang nilai investasi, yang bisa kurang/lebih dari ilustrasi)

Pertanyaan kedua saiya, di situ ada unsur investasi (unit link), mohon pencerahan:
- diinvestasikan dalam bentuk apakah uang kita?
- bagaimana kita bisa memonitor hasil investasi uang kita secara lebih real, karena menurut si ibu nantinya hanya akan ada laporan bulanan nilai total uang yang kita miliki

saya ada kata yang tidak sependapat dengan si ibu agen asuransi, bahwa uang kita akan diinvestasikan untuk membeli saham, saat harga saham turun dibeli oleh pengelola uang kita, saat saham naik dilepas.
sedangkan setahu saiya, jika ingin investasi kita memiliki resiko minimal, belilah saham yang memiliki kecenderungan naik, sampai dengan titik tertentu sedikit turun kita lepas.
soalnya jika kita beli saham saat nilainya turun, iya kalo naik, kalo turun terus & perusahaan tsb bangkrut? berarti uang kita hilang karena tdk ada yang mau beli saham kita. (CMIIW)
Quote:


kalo Pr******al bagus ga gan..
sebenernya saiya paling males ikut asuransi, makanya sampe sekarang blum memutuskan emoticon-Hammer
Quote:


asuransi yang saya sebutin tadi masuk 10besar semua gan...
terkait pertanyaan agan soal investasi..perlu agan petakan begini...
tujuan membeli asuransi atau motivasi agan beli asuransi apa?
1. investasi?
2. cover resiko?

jika agan paham akan investasi...lebih baik agan langsung maen saham atau reksadana...lebih baik dalam hal pendapatan...krn apa..produk gabungan antara invest dan asuransi hasilnya ga akan optimal...jumlah yang ditanggung asuransi mjd sedikit krn sekian prosennya dimasukkan ke investasi...

beda ceritanya jika agan males kelola investasi sendiri dgn maen reksadana atau saham...ya sudah ikut asuransi unit link...nilai pertanggungan tidak akan turun namun nilai investasi mengikuti gejolak saham...

Penting buat kita memahami asuransi dan investasi scr terpisah agar kita tdk merasa tertipu...misal pas saat harga saham anjlok...terjadi rush besar2an itu salah besar...tapi sering terjadi di kita baik perush securities maupun asuransi...krn nasabahnya blm paham sama sekali konsep investasi dan biasanya tertarik dgn bujuk rayuan hasil investasi yg tinggi...IMHO aja gan...



Quote:




Quote:
cara memonitor investasi di asuransi kita adalah :
1. tahu dikelola oleh manager investasi mana..kerjasama dgn perush asuransi..
2. pantau harga tiap hari melalui websitenya...kita kan disuruh milih mo ditanam dmn investasi itu..nah diwebsitenya si asuransi itu pergerakan NAM investasi terlihat
3. atau baca koran bisnis indonesia di halaman harga2 reksadana asuransi...

kalau harga turun jgn burur2 ambil investasinya...rugi euy
mknya td ane bilang pisahin aja kalo mo ikut asuransi ya unsur proteksinya dibesarin...jangan unsur investasinya yang digedein prosentasenya...krn nilai pertanggungannya jadi kecil...CMIIW


Quote:




Quote:
Quote:


Quote:


kalo saya setuju sama pendapat agan hneir..
nyimak aja ah
ane sendiri kerja di asuransi
tapi masih buta
emoticon-Malu
×