alexa-tracking

Apa Itu Ventriloquisme?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004791181/apa-itu-ventriloquisme
Apa Itu Ventriloquisme?
Spoiler for No Repost:


Quote:
Pendahuluan
Quote:Ventriloquisme adalah seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. Berasal dari kata venter yang berarti perut, loqui yang berarti berbicara, dan ism yang berarti ilmu atau faham, ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.

Orang yang dapat menggunakan ventriloquisme disebut sebagai ventriloquis, yaitu seorang yang ahli berbicara atau bersuara sedemikian rupa sehingga seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain atau bahkan bersuara dari tempat yang agak jauh. Dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai ahli suara perut atau ahli sulap suara.

Seni ventriloquisme dapat digunakan antara lain untuk menghibur, mengajar, serta berpromosi. Pertunjukkan seorang ventriloquis digemari mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua karena pada umumnya dibawakan dalam bentuk komedi.


Jenis
Quote:
1. Near Ventriloquism atau suara perut jarak dekat. Suara perut jarak dekat digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat satu (atau lebih) boneka atau benda yang berada di dekatnya untuk dapat mengeluarkan suara atau bahkan berbicara.

2. Distant Ventriloquism atau suara perut jarak jauh. Suara perut jarak jauh digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat suara yang seolah-olah berasal dari tempat yang jauh atau dari ruangan yang lain.


Perkembangan Di Indonesia
Quote:Seni ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda pada saat penjajahan Belanda. Mereka kemudian mengajarkannya kepada beberapa orang Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Almarhum Bapak Marijoen (dengan bonekanya Koko). Bapak Marijoen pada tahun 1980-an pernah mengarang sebuah buku yang membahas seni ventriloquisme.

Ventriloquis yang terkenal di Indonesia adalah Gatot Sunyoto (dengan Tongki). Ada satu yang mirip ventriloquis, ia adalah Ria Enes dengan bonekanya Susan (dikatakan mirip karena Ria Enes lebih sering terlihat bergerak bibirnya pada saat Suzan berbicara).

Seni ventriloquisme belum berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian ada beberapa orang ventriloquis yang senantiasa berupaya untuk menggunakan kemampuannya ini. Mereka tinggal di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Kebanyakan dari mereka belajar secara otodidak. Beberapa ventriloquis yang terkenal di kota-kota tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

- Jakarta : Gatot Sunyoto (dengan Tongki), Anne Kartawijaya (dengan Apit) dan Ivonne (dengan Hayhay)

- Bandung : Alm. Mr. Robbin (dengan Charlie) dan Budi HaHa (dengan Chocho, Ditto, Si Dola dan Si Ola)

- Surabaya : Ria Enes (dengan Suzan) dan Jerry Gogapasha (dengan Pico (Burung Lucu))

Dengan semakin maraknya acara Reality Show pada tahun 2000-an di televisi, maka beberapa ventriloquis, seperti Jerry Gogapasha dan Budi HaHa, menjadi sering mengisi acara-acara di televisi. Antara lain dalam acara Gong Show, Laptop Si Unyil, Master Hipnotis, Idola Cilik, Indonesia Mencari Bakat, dll. Dengan demikian seni ini dapat lebih dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia


Sumber


Quote:
Salah Satu Ventriloquis
Spoiler for Terry Fator:


Spoiler for Biografi:


Spoiler for Aksi Terry Di panggung:



Quote:Sekian dari ane moga" menambah ilmu

Quote:ane cuma mengharapkan emoticon-Toast dan emoticon-Rate 5 Star
Ga ngerti gan emoticon-Bingung
jadi ingat lagunya Ria Enes (dengan Suzan).
Apa Itu Ventriloquisme?
gak ngerti ganApa Itu Ventriloquisme?
ooo,, ini toh nama kerennya..
ane taunya cuma bahasa perut aja
wouw
ane ga bisa tuh gan emoticon-Frown
pej wan deh...but...seni suara perut ini klo dkembangin bisa mantab loh
ky pengisi suara susah ya??emoticon-Bingung (S)



Spoiler for jalan" ke pabrik iphone:

Spoiler for kendaraan jakarta disain aerodinamis muatan banyak:
slit klo g terlatih tu gan. emoticon-Big Grin

makanya jarang yg bs.
Quote:Original Posted By thismyaccount
Ga ngerti gan emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By HendraNUMERUS
gak ngerti ganApa Itu Ventriloquisme?


coba agan hayati emoticon-Malu
Suara dr perut ya gan...kl penyanyi Indonesia, kyk ariel, Fadly-Padi dll termasuk ga gan..soalnya nyanyinya cm buka mulut dikit tp tarikan suaranya keras emoticon-I Love Kaskus
keren gan..kalo ane bisa kek gitu saben hari ane mo ngerjain orang deh...ntar kan dipikirnya suara tak bertuan,hihihi
nice info gan..emoticon-2 JempolApa Itu Ventriloquisme?
gimana ya biar bisa kyk gitu emoticon-Embarrassment

mulut ga gerak tapi bisa bersuara, perutnya ada mulut juga ya emoticon-Ngakak
Pengen bisa kayak gitu euy emoticon-Big Grin
oh.. stau ane ventriloquisme itu boneka yang bicara pake suara perut gituemoticon-Big Grin
thanks infonya gan.....

kalau aku suara perutku keroncongan berarti perutku lapar emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
oo iya mirip boneka susan dulu ya gan, ane baru tahu ada namanya istilah seperti itu. emoticon-I Love Kaskus
nice info gan,,,,
baru tau ane gan kalo suara perut itu ventriloquisme
ternyata susah juga ya, baru aja ane coba praktekin emoticon-Big Grin