alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004744927/cic---toyota-corona-semua-jenis-dan-semua-tahun-corona-indonesia-club

CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)

Untuk para kaskuser pengguna Corona bisa kumpul disini Thread Corona Indonesia Club sebagai wadah untuk saling bertanya, berbagi pengalaman ataupun saling bercerita tentang Corona kesayangannya.

Julukan corona:
- Corona 73 s/d 78 (1600cc & 1800 cc), biasa disebut corona deluxe (Cordel)
- Corona 79 s/d 81 (2000 cc), biasa disebut Corona "2000"
- Corona 82 s/d 83 (1800 cc), biasa disebut Corona "TT"
- Corona 83 s/d 84 (1600 cc), biasa disebut Corona "GL"
- Corona 85 s/d 87 (1600 cc), biasa disebut Corona Ex-Salon (CorExs)
- Corona 88 s/d 92 (2000 cc), biasa disebut Corona Twincam (Twinnie)
- Corona 88 s/d 92 (1600 cc), biasa disebut Twinnie Konde
- Corona 93 s/d 98 (2000 cc), biasa disebut Corona Absolute (Corabs)
- Corona 93 s/d 98 (1600 cc), biasa disebut Corabs Konde

Untuk kedepannya thread ini juga akan dilengkapi dengan berbagai hal yang berhubungan dengan Corona


Tambahan
Berhubung banyak yang nanyain bengkel yang direkomen buat corona-nya ini aku kasih rekomendasi aja ke Wisi Engineering, pemiliknya adalah technical advisor di CIC. Bisa telp ke Wiwi di telp 0818910653. alamatnya ini yang aku agak bingung jelasinnya. Ini daerahnya di Cinere Gandul jalan pangkalan jati pokoknya di itu jalan cuman ada 1 pom bensin nah sebelah nih pom ada gang, masuk aja kesana sekitar 100meter sebelah kiri jalan itu ada bengkel Wisi Engineering. meskipun tempatnya tidak meyakinkan dan pemiliknya juga lebih tidak meyakinkan lg tampilannya tapi sejauh ini sih hasil kerjanya OK

atau minta panduan lokasi sambil telepon2an sama om Wiwi nanti dipandu sambil jalan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 201

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Sering getar saat jalan pelan terutama dari kalo mulai jalan ? (Endang Priyanto)
A : Kalo awalan angkatan getar bisa dipastikan cover clutch/Dekrup/ Matahari pernya sudah lemah/tidak rata. Sebaiknya kalo ganti kopling, mataharinya ikut diganti. Perhatikan juga flywheel/roda gila/gigi gendhengnya. Biasa suka sudah rata. Bisa di slip. Kalo bisa bawa kebengkel bubut yg masih presisi mesin bubutnya. Gak selalu bengkel bubut besar. Di slip harus sampai bersih jangan sampai ada yg tidak terkena bubutan (Wiwi)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : mungkin ada yg pernah mengalami kayak gini ya? corabs-ku beberapa hari yg lalu, saat jalan malam, indikator Accu nyala merah. Agar supaya "selamat" sampai di rumah, ac dimatikan, audio dimatikan, lampu utama dimatikan, ganti dg lampu senja. Untuk sementara, indikator Accu mati lagi. Sampai dirumah, langsung buka tutup mesin, lihat kondisi Accu. Ada sisa2 oksidasi banyak banget. Saya semprot dg WD-40 utk menghilangkan sisa oksidasi tsb. pada esok hari-nya, dibawa ke bengkel "shop & drive". Saat cek kondisi aki, listriknya lemah. Cek pengisian alternator, kondisi-nya normal. Montirnya menyarankan mengganti Accu baru, krn dari kode produksi, accu yg terpasang umurnya sdh 4 tahun lebih, jadi sepertinya memang sdh waktunya ganti. malam ini, dipakai jalan-jalan, indikator accu nyala lagi, beberapa kali. sesampai di rumah, buka kap mesin, terlihat lagi sisa oksidasi yg banyak di kutub positifnya. Mungkin gara2 itulah, pengisian dari alternator terhalang.
Kira-kira penyebabnya apa ya? kenapa sisa oksidasi banyak banget di kutub positif-nya? (Handoko)
A : Oksidasi pada kepala aki bukan disebabkan oleh uap radiator, tetapi disebabkan oleh air aki itu sendiri. Bisa dari waktu ngisi tumpah, bisa waktu menguap. Penyebab penguapan air aki bisa dari overcharging atau sel akinya yg sudah rusak. Penguapan air aki bisa dilihat dari tutup aki. Mana yg basah. Itu yg selnya sudah rusak. Klo semuanya basah biasanya terjadi overcharge. Cara pengecheckan tradisional, hidupkan mesin, buka tutup aki gas sedikit kira" 1500-2000Rpm, lalu lihat mana yg berbuih, nanti terlihat terjadi penguapan air aki. Klo normal hanya mengeluarkan gelembung udara. Penguapan yg berlebih atau bahkan seperti air mendidih itulah sel yg rusak. Klo semua berarti overcharge.
Untuk pengecheckan paling akurat, pakai avo meter, tancapkan pada kedua terminal/kepala aki, lalu hidupkan semua kelistrikan full loaded(lampu, ac,sound system, hazard, bahkan wiper(sebelumnya diangkat dahulu biar tidak membaret kaca)), lalu lihat avo meter, apakah dia masih di angka 12V atau kurang (tanpa digas). Bila kurang coba dicheck Altenatornya. Soalnya pada saat full loaded, tugas altenator hanya menyeimbangkan saja dan menjaga setrum accu sesuai dengan kapasitasnya. Misalkan 12 V 45 Ampere. Altenator hanya menjaga nilai tersebut.
Altenator/dinamo ampere memiliki 2 system pengisian (pake regulator maupun IC) waktu not full loaded altenator mengisi sampai maksimal daya accu. Misalkan Accu 45 ampere maka dia akan megisi sesuai kapasitas Accu (IC System), jd percuma kalo mengganti Accu dengan kapasitas yg lebih besar misalkan 60Amp tetapi tanpa penggantian altenator yg amperenya lebih besar kecuali masih menggunakan regulator/Cut Out/Ketot yg bisa distel secara manual.
Kasus" yg sering terjadi :
* Malam hari Lampu aki nyala : Biasanya ICnya sudah rusak untuk pengisian yg full loaded
* Accu tekor : Bisa dari kapasitor yg rusak, bisa dari ICnya, bisa dari setrum aki yg sudah kurang (bisa dari airnya yg tawar/selnya ada yg rusak sehingga IC membaca inputan salah.(Terjadi pada altenator yg menggunakan IC)]
* Accu sudah lemah:Biasanya terlihat dari fisiknya yg sudah menggelembung. Biasanya ada sel yg rusak atau baru mau rusak)
Untuk mengecheck accu secara tradisional : Bisa mengkorsletkan positif dan negatifnya. Bisa dengan besi, atau kabel jumper.Sel yg rusak biasanya langsung mendidih. (Tidak boleh terlalu lama)(hitungan detik)(expert only). Klo mau mencoba, coba cari aki bekas dulu.
Jadi sebelum mengganti accu, sebaiknya pinjam dulu aki yg masih baik. Lalu lakukan pengukuran. Bila hasilnya berbeda, maka aki yg terpasang bisa langsung dilem biru. Bila sama, maka check altenator/dinamo amperenya (Wiwi)
absen gan ........ corabs 2000cc '97
Quote:


Thanks udah mampir, kalo ada cerita2 tentang corabs-nya langsung di share aja bro
parkir bntar.,
Corabs 1,6 '96

D batam banyak tuh corona buatan 97-99 yg g beredar d kota lain..bentuknya jauh lebih ramping drpada absolute .... Klo yg taun 98 lampu udah full kristal depan-belakang...yg 97 cuma depan doang...

Tipe2nya Mulai dari:
GLi 1,6
GLi 2,0
Premio 1,8
Premio 2,0
Premio 2,0 D4
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
Quote:



kl ada mohon sharing foto sekalian gan....biar tambah jelas geto loch...
Quote:


Jenis Toyota Premio ini tidak masuk secara resmi ke Indonesia melalui ATPM tapi tampaknya banyak limbahan dari Singapore yang dipakai di Batam dan untuk di jakarta sendiri banyak orang2 angkatan yang pakai jenis ini.
Kabarnya sih ini seri lanjutan untuk kelas Corona tapi oleh Toyota Indonesia Corona itu diganti dengan jenis Camry.

Nih untuk fotonya
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
Quote:


Ntar deh gw foto punya tetangga gw...
Punya tetangga gw GLi 1,6..
Pas buka kap mesin ternyata mesinnya sama persis ama corabs 1,6... Sama2 4AFE...
Dashboard jg mirip ama corabs... Beda d body doank..

Dlu bokap jg sempat mau beli Premio 1,8 A/T..
Pas test drive larinya kenceng abis deh.. D tuas maticnya berjibun tombol2 tambahan...ada 4 tombol tambahan klo ga salah... Oh iya rem belakangnya juga disc..buka tromol lg kyk yg GLi 1,6...
Tp ujungnya ga deal sih.. Evo iv deh jdnya emoticon-Embarrassment
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
Quote:


Iya katanya di indonesia itu diganttin ama camry...
D batam bejibun dah..ampe banyak yg jd taksi emoticon-Ngakak
Klo yg agan tunjukin itu buatan 98-99..
Harganya mahal emoticon-Hammer hampir 90an jt...
Padahal dlu cm 50an...
d batam sejak mobil d larang masuk, harga mobil jd lebih mahal dr d jakarta... Corabs aja disini bs 65jt(blum trmasuk PPn, jd blum bs keluar batam)..padahal d fjb banyak yg jual 50an udah termasuk PPn dan bs bawa kamana aja...bayangin deh mahalnya.. emoticon-Frown
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
Quote:


parah juga yah harga mobil disana
mungkin perlu ke Jakarta ambil mobil corona disini terus bawa deh ke batam jalan darat sekalian berpetualang.

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Berapa lamakah usia pakai As Roda (Drive Shaft) KW atau non original ? (Endang Priyanto)
A : As Roda (Drive Shaft) yg KW umurnya lumayan lama Kang. Bisa tahunan. Tergantung karakter pengemudi. Yang sering rusak as roda bagian luar. Penyebab yg mempercepat umurnya adalah sering melakukan akselerasi saat menikung (Wiwi)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Corabs 96 saya tidak mau di stater, semua indikator nyala, test aki lampu dan kelistrikan nyala terang, kira2 pertolongan pertamanya apa yah ? (Remi)
A : Yupp kite jg dulu beberapa kali ngalamin kejadian kayak gini. Cuman butuh diperjelas lg nih kondisi gak bs stater nya nih, pake mesin bunyi tapi gak mau idup atouu dikontak cuman bunyi cetek2 doank kagak ada bunyi mesin??
Dua2nya sy pernah ngalamin. Klo kejadiannya mesin bisa bunyi tp gak idup waktu itu penyebabnya adalah ada soket kabel yg lepas. Posisi kabelnya klo gak salah ada dideket2 emmm... hadouuhh apa si lg tu namanya tuh yg nyambung ama dan sbelah kanan throtle,,,hadoouuhh beneran lupa nih namanya tu apa si lg yak,distributor bukan yak?? Ahh pokoknya kabel dkt2 situ dah ada yg lepas om. Di colokin lg nyanyi lagi deh tu shiro kite om.
Nah klo yg kejadian kedua, cuman kedengeran ctek ctek doank waktu dikontak tanpa bunyi mesin, ni urusannya ama staternya yg emang udah menjelang koid om. Cuman untuk beberapa waktu mesin masih bisa dibunyikan lg klo si stater itu diketok2 doang pake benda lembut namun keras (hoyoouuhh, to om lurah kagak usah dijabarin ya benda sejenis ini hiiihiihii) kamsudnya obeng dgn gagang karet gitu om biar waktu diketok gak ngerusak cover si stater. Posisi stater tu ada di...emmm... sebelah kiri bawah dr aki klo gak salah ye hadouuhh rada lupa lg nih. Bentuknya slinder trus ada tulisan densonya gitu om. Nah ni benda klo lg ngadat (krn kotor or lemah bukan krn rusak) diketok doang bbrp kali biasanya lgs bs stater lg tu om abis itu.
Nah kemungkinan lain kejadian sejenis tp untuk penyebab yg berbeda (dpt teori dr si mbah) cmn blm pernah ngalamin adalah mesinnya ngadat atau kepala akinya kendor. Bukan kabel or sambungan kabel ke aki ya, tapi kepala pentol akinya (bener gak istilah gw) plus korosi diskitar pentol tu aki.
Lhaaa ampir lupa, semalem dr bogor 146 kan mobilnya kena masalah sejenis jg, kagak bisa stater. Nah klo kasus yg ini relay staternya yg dah koid om. Relay stater tu posisinya adlh salah satu yg di dpn aki om klo gak salah. Klo ini mah lbh gampang lg,ciieehh.. . Tarik paksa aja tu kabel relay stater kluar dr rumah relaynya trus dijumper ke aki, tanpa perlu di kontak ntar lgs nyala sndiri koq heehehee...mbah ilmunye semalem kagak papa khan kite sharing di mari heehehe (Arfan)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Corabs 97 sudah pakai HLA belum sih ? trus biasanya setelah mesin di starter lampu oli di panel langsung mati, beberapa hari ini tidak lsg mati begitu namun baru mati sekitar 1 detik kemudian. Apakah ini pertanda pompa oli sudah lemah atau saringan oli kotor ? (Benni Inayatullah)
A : Toyota kebanyakan menggunakan SLA (Solid Lifter Adjuster *menggunakan coin). Yg menggunakan HLA Toyota Kijang (7K). Malah untuk 4age 20v sebagian sudah menggunakan bearing buat rocker arm / pelatuknya. Mengenai lampu oli terlambat mati, bisa pompanya sudah lemah/olinya sudah terlalu kental karena kotor/switchnya tersumbat kotoran (Wiwi)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Corabs 1.6 sy minggu kemarin ada oli yg bocor di delconya, setelah dibawa ke bengkel terdekat diganti seal 'as" dan o-ring nya (lumayan susah jg rupanya ganti seal 'as'emoticon-Wink. setelah dipasang kembali lalu pengapian disetting manual oleh montirnya.
Tapi rasanya kok akselerasinya gak begitu bagus/berat dan rada boros( jrm penunjuk bbm cpt banget turunnya), biasanya FCnya 1:11.2 gabungan.
lalu pernah sy coba putar posisi delconya berlawanan dg jarum jam sedikit kira 10-15 degree. hasilnya taikan enteng tapi tenaga kurang pada gigi 1 & 2.
Mohon pencerahannya dari teman semua, bagaimana men-set pengapian secara manual karena mo coba2 ngenalin karakter mobil ini... (Iwan Mega)
A : Betul Oom Yudhi. Tp klo mo coba" sekalian mangasah feeling ya ndak papa. Wong ndak merusak. Klo saya baca keterangan mas Iwan, mas Iwan melakukan retard/emundurkan derajat pengapian. Maaf istilah belandanya saya suka kebalik-balik antara nah dan foor. Untuk memajukan derajat pengapian/advance dilakukan dengan memutar distributor/ delco searah jarum jam(clockwise) *. Coba dicari sampai tidak ngelitik/knocking. Biasanya putaran mesinnya paling anteng/siam. Kalau ngelitik/knocking distributornya diputar balik (anticlockwise) *.
Sekedar sharing, timing angle bukan dihitung dari distributor angle (mengikuti camshaft/noken as), tapi dari crankshaft angle.
Perhitungannya jumlah gigi pada sprocket gear crankshaft/kruk as adalah 24. Jd 360:24=15degree( 1 gigi mewakilkan 15 derajat). Biasanya sudah ditandai oleh pabrik dengan indikator pada timing cover. Bisa juga dihitung pada chamshaft pulley. Perhitungannya sama, 360 derajat dibagi jumlah gigi. Ini biasa digunakan untuk meyetel derajat yg lebih lanjut dan lebih rumit. Biasa digunakan pada mobil yg menggunakan camshaft/noken as berderajat, berdurasi, dan angkatan lebih tinggi (degree, duration and lift). Diaplikasikan pada camshaft/noken as racing.
Note : (*) Posisi penyetel berhadapan langsung dengan distributor, yaitu di sebelah kiri mobil. (Wiwi)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q :Mohon pencerahan pada senior...... ..mbl sy corona GL 1.6 thn 84 tiap kecepatan 90-100 perseneling 5, mbl berasa getar kenapa ya ? (Asep)
A : Klo saya baca keterangan Kang Asep, sepertinya perseneling tidak terlalu berpengaruh. Dilihat dari kecepatannya, sepertinya masalahnya ada dibalancing. Biasanya bergetar di kecepatan 80-100km/jam. Di bawah atau di atasnya akan kembali normal. dicoba di atas 100km/jam dulu kang Asep. Klo di atas 100km/jam getarnya hilang, kang Asep tinggal melakukan balancing. Bila sakit berlanjut, silahkan hubungi dokter terdekat (Wiwi)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : minyak remnya berkurang tapi ga ada rembesan di ban, pas injek pedal rem kayak ngempos terus keluar asep ngebul dari belakang coro AT151, kira2 langkah apa yg harus gw lakukan ? (Agus)
A : itu karena karet seal booster dan master rem atas sudah sudah bocor. jadi minyak rem terbuang masuk kedalam tabung booster rem dan tersedot oleh selang vakum masuk keruang bakar, sehingga dari knalpot keluar asap putih.
Perbaikan:
1. Ganti kit master rem atas atau full set master rem atas kalo sudah parah (silinder dalemnya sudah aus).
2. Ganti rubber kit booster rem, atau ganti fullset booster rem dengan yang copotan ex. singapur (biayanya hampir sama).
Sebaiknya mobil jangan dihidupkan/dijalank an dulu karena efek minyak rem masuk keruang bakar takut merusak lapisan permukaan ruang bakar (seher/ring seher/dinding silinder ruang bakar/klep, etc) (Hendy)
Q : Kira2 perlu kuras oli mesin ga yah.. takut bercampur oli rem ke oli mesin ? (Agus)
A1 : Gak perlu kuras oli mesin mas. Cuma titip pesan. Gak usah digas" untuk menghilangkan asapnya, Nanti juga hilang sendiri. Takutnya kejadian over rev malah berantakan mesinnya. Klo pun ingin dilakukan, hidupkan mesin, tunggu kira" 10mnt, terus gasnya ditahan di 2000rpm. Notice: Kondisi netral tidak boleh digas lebih dari 3000rpm I
A2 : Dengan catatan kondisi tersebut dilakukan setelah sistem rem diperbaiki ya..
Atau jika sistem rem belum diperbaiki maka mesin dihidupkan dengan terlebih dulu melepas selang vakum yang dari intake ke booster dan tutup dengan selang buntu, agar minyak rem tidak masuk lagi ke dalam ruang bakar saat mesin dihidupkan (Hendy)

Faq

Tanya jawab ini adalah kumpulan email dari milist Corona-Indonesia-Club@yahoogroups.com yang sudah diedit dan dibagian akhir akan diberikan nama penanya dan nama penjawab.

Q : Corabs 2000cc 3S-FE pake knocking sensor nggak ? (Handoko)
A : Mas Koko, mesin 3SFE belum menggunakan knocking sensor (knock sensor).
Konck sensor biasanya digunakan pada mobil yang sudah distributorless (tanpa distributor konvensional) , timing pengapian secara elektronik sudah diatur oleh ECU, sehingga pengaturan derajat timing pengapianpun juga disetel secara elektronik dengan menggunakan alat scan.
Apabila terjadi knocking dimesin maka knock sensor mengirim data ke ECU/ECM untuk memajukan derajat pengapian secara elektronik, agar mesin tidak knocking lagi, max 1 derajat (Hendy)
Quote:



Salam Kenal emoticon-I Love Kaskus
Saya Pemakai Corona Exsaloon 92..
Ada hal yang saya ingin tanyakan (langsung saja yaa)

(mobil dlm keadaan hidup) ketika AC dan AUDIO saya nyalakan, Accu mobil saya Panas bangat.. karena Accunya panas saya matikan mobilnya, namun ketika mobil mau dihidupkan kembali, mobil gk bisa di stater..
saya tunggu berapa jam sampai accu dingin.. setelah accu dingin mobil bisa di hidupkan kembali..

Pertanyaan saya Apakah Masalahnya pada Accu atau pada instalasi (kabel") kelistrikannya??

Terima Kasih emoticon-Kiss
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Quote:

Bantu jawab ya gan
Mudah2an ga keliru
Sepertinya accu udah mulai minta diganti. Untuk jelasnya kalo bisa agan mampir ke shop n drive or bengkel khusus altenator.karena mereka biasanya punya alat tester accu dan alternator.
Biasanya sih gratis kalo cuma check aja.karena kemaren ane juga bermasalah di accu.dari indikator masih terlihat baik, diukur pake voltmeter juga masih normal voltnya.tapi gitu dikasih beban langsung anjlok.akhirnya ganti accu deh.
Mudah2an bs bantu menganalisa masalahnya

Skalian numpang parkir ah, ane pake corona 91

Salam kenal buat smua
CIC - Toyota Corona Semua Jenis Dan Semua Tahun (Corona Indonesia Club)
juragan sekalian saya mau nanya dong,
bagaimana mengetes rusak/tidak iacv pada corabs 1.6, dan gejala iacv rusak seperti apa? kalau ganti harganya berapa?
corabs 1.6 saya kok boros banget ya 1:7, kira2 apa penyebab borosnya?
bisa nggak di iritin lagi?
maaf pertanyaannya banyak, terimakasih
Halaman 1 dari 201


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di