alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004736578/pasang-speedometer-kalian-sekarang
Poll: Rompi Polisi di lengkapi Nama dan Identitas Lainnya

This poll is closed - 400 Voters

View Poll
Setuju 90.75% (363 votes)
Tidak Setuju 4.75% (19 votes)
Bingung 8.00% (32 votes)
Pasang Speedometer Kalian Sekarang
Quote:Selamat siang semua,

Ane cuma mo share kejadian kemaren, dimana ane ditilang gara-gara tidak melengkapi kendaraan ane (T*ger 2rb) dengan Speedometer.

Kejadiannya didepan salah satu ruko di Jalan Peterongan, kebetulan ada operasi, karena merasa lengkap membawa SIM dan STNK dengan kelengkapan lengkap (minus speedometer) ane merasa aman, ternyata ane ketilang (kena tilang) ane tanya salah saya salah apa pak? dijawab kendaraan anda tidak dilengkapi dengan speedometer, ane bingung kan, terus ane tanya peraturan nomer berapa tu pak? agak lama bapak aparat tersebut meninggalkan saya dengan membawa SIM dan SNTK ternyata dia tanya ama temen-temennya dan berhasil membawa peraturan tersebut.

Ane iklhas dong ketilang karena emang ada dasar hukumnya, tapi jujur masih bingung juga karena menurut ane kurang ada sosialisasi tentang hal itu malahan kalah gaungnya dengan PEMAKAIAN HELM SNI.

Karena masih kagak percaya, setelah sampai rumah ane guggling ternyata emang ada peraturan itu emoticon-Big Grin

dan ini peraturannya :

Untuk roda dua lengkapi dengan peralatan teknis dan layak jalan seperti kaca spion ,klakson ,lampu utama ,lampu rem ,lampu penunjuk jalan ,lampu penunjuk arah ,speedometer ,knalpot (pasal 285 uu no 22 tahun 2009).

Sudah hampir satu tahun kok belum pernah dengar ya emoticon-Bingung (kemana aja TS) emoticon-Big Grin

Semoga pengalaman ini bisa menjadikan masukkan bagi para kaskuser dan teman-teman kaskuser yang laen, karena waktu itu juga banyak yang kena tilang, apalagi motor-motor jadul yang emang sudah kagak ada lagi speedometernya.

Tolong bantuin emoticon-Sundul: biar para kaskuser segera melengkapi kendaraan bermotornya dengan speedometer coba dihitung aja berapa duit yang akan melayang secara tidak sengaja apabila hal ini berlanjut sebagai contoh sekali kena Rp.30 - 50 ribu emoticon-Matabelo



Untuk Tambahan Ane berikan gambaran tentang UU NO 22 Tahun 2009

Spoiler for UU NO 22 Tahun 2009 jangan dibuka panjang isinya:



Untuk agan - agan semua yang pernah mengalamin tolong share dimari ya.

Quote:Pengalaman yang menarik :

Quote:Original Posted By Farken
Makasih gan infonya.. ane baru tau..


3 tahun yg lalu ane pernah ditilang polshit..

ceritanya pas ane mau pulang dari jakarta ke bogor lewat jalan tol naek mobil pick up, tiba2 mobil ane disuruh berenti, bla bla basi basi gitu, karena semua lengkap, pak polshit nanyain kotak p3k untungnya di mobil ane ada kotak p3k lengkap dengan isi2nya.. trus si polshit nanya lagi di kotak p3k ada PENITI ga.. klo ga ada ane mau ditilang.. ya jelas ane ga bawa peniti dalem kotak p3k akhirnya ane kena tilang 50rb.. CUMA GARA2 GA ADA PENITI JADI ALESAN TILANG.. (kejadian malem2 sekitar jam 11an)

Yang Dibold emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By demiyan_rizky
di karawang dah 10 tahun yang lalu gan...
dulu ane bolak balik bandung liwat karawang pake RX King trondol.... bolak balik juga kena tilang....
akhirnya ane pasang juga.....

Selamat gan emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By Grimmjov
lah itu spedometer gan...kalo paklik ku ndak ada tutup pentil ban aja kena tilang...tapi ya akhirnya damai mungkin paklik ku cinta damai...wkwkwkw


Damai Memang Indah emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By zoldicx
megapro ane sempet tanpa spidometer + plat nomer depan ganti cutting sticker emoticon-Big Grin
so far belom pernah kejadian ketilang gan emoticon-Big Grin (masih hoki kali ya ane)
sekarang sih dah normal lagi gan,, (ane kembali ke jalan yg benar) emoticon-Cape d...

Selamat Anda sudah kembali ke jalan yang benar emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By thegleg
Emang bnr gan coz tmn ane kmrn jg gt malah kena 100rb tu harga awal tilang 500rb di tawar kna sgt.
Ksalahanya
Spion cm 1
Speedometer g ada.
Ban ukuran 17(standar motor laki 18 kan)
Helm gak SNI.
Wkwkwk bnyk bgt



kok bisa ditawar ya emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By piknik72
wkakaka...ane baru minggu kemaren punya pengalaman yang sama kaya agan... emoticon-Hammer
ceritanya pas ane touring ke semarang..ane tau klo lewat pos polisi yang suka ngejar2 gitu gan..tapi ane cuek karna ane pikir lengkap...eh ga taunya 200meteran dari pos itu ane dikejar..setelah dengan polosnya ane tanya apa salah ane emoticon-Bingung (S)..tu polisi bilang kalo ane ga ada spedo..terpaksa dah 50rb melayang emoticon-Cape d... (S)


segera dilengkapi, selamat datang di Semarang emoticon-shakehand


Quote: Baca juga post No. 6 dan 18
Ane mohon maaf kalo sekiranya trit ini emoticon-Blue Repost, dan ada salah-salah ketik, cuma ngingetin aja, maklum newbie dan masih perlu banyak belajar biar lebih pinter emoticon-Malu


Quote: TAMBAHAN :
SETUJU KAGAK KALO ROMPI YANG DIPAKAI POLISI DIBERI NAMA DAN KELENGKAPAN JADI KELIHATAN IDENTITASNYA
Quote: Hasil Polling Ternyata Ada Yang Tidak Setuju Kenapa Ya emoticon-Bingung
Pasang Speedometer Kalian Sekarang join grup om yuk :Dom juga baru tau peraturan kaya gitu dekemoticon-Big Grin
nasi info emoticon-I Love Indonesia
numpng pejwan n nyimak emoticon-Big Grin
gak lengkap tilang
Quote:Original Posted By mameth97
sory gan mau nambahin dikit...

1. lampu rem => terkadang banyak rider yang ga peduli sama lampu remnya.. mau itu idup atau mati... kalo rem mendadak dan ketabrak, pasti marah2nya kayak lagi bisulan kepencet... padahal dia juga yang salah.

2. penutup lampu rem diganti => ini hal yang paling bodoh yang dilakuin rider, emang dia ga mikir orang yang di belakangnya ga bisa liat karena silau dengan lampu remnya? *kalo ane suka maen tubrukinn aja tuh motor (alesannya silau)

3. lampu malem mati => ini juga banyak yang ga perduli, padahal ini cukup penting bagi yang sering pergi malem2, kalo kondisi gelap bakalan fatal apalagi pas tikungan.

4. kaca spion => banyak yang mencela saia yang pake spion standar padahal sangat berguna untuk melihat kebelakang saat mau nikung, lebih efektif dari sekedar nengok.

5. nyalip dari kiri => sebagai pengemudi yang PUNYA OTAK, harusnya sebagai rider tau kalo mau nyalip ya dari kanan.

6. knalpot berisik => diberitahukan yah kepada seluruh rider kalo jalanan itu bukan untuk balapan, jadi anda ga perlu ganti knalpot ada dengan yang berisik (apapun alibi anda), knalpot itu sangat mengganggu rider yang lain.

7. jalan sempit 2 arah => kalo emang jalannya sempit ya tolong pake otak, jalannya 2 jalur kalo situ maksain ambil jalur orang, gimana bs jalan tuh orang yang dari jalur yang lawan arah?*condet

sedikit curhatan dari saya
hehehehe
kalo ada yang mau menanggapi silahkan


Quote:Original Posted By danzcahgibal
pengen meluruskan ajja boleh kan gan
yg ane tau

1.knalpot racing di perbolehkan . tpi harus menggunakan fitur DB killer

2. soal lampu di siang hari ane punya pertanyaan .
A. apa fungsi lampu siang hari
B. "katanya" lampu siang hari itu dapat mengurangi kecelakaan . toh pada penerapannya angka keccelakan tidak berkurang secara segnifikan . yg ada malah aki cepet tekor krna harus berkerja memompa arus listrik ke lampu setiap saat .
lalu apa guna nya ?

pajawen kalo berkenan gan emoticon-Smilie



Terimakasih atas masukannya gan emoticon-Shakehand2
widiiiiih, sedetail itu ya..
tapi ane salut sama pak pol.. bisa nyebutin pasal berapa emoticon-Big Grin
hehehe emoticon-Smilie

______________________________________________
Spoiler for "Tambahan Duit Jajan :)":
makasi infonya
untungnya ane blm boleh pake motor
peringatan buat agan2 yg udah pake motoremoticon-Ngacir
banyak tuh yg pake rx king gk pake spidometer perlu hati2 tuh
baru tau ane gan emoticon-Bingung
nice share gan untung motor ane masih lengkap tapi ane blum ada SIM hahaha emoticon-Malu (S)
buset gw bawa motor dah 2 tahun baru tau ada peraturan begitu emoticon-Hammer
ane pernah tulis thu gan di trid ane

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4725745
Jenis2 pelanggaran lalulintas dan dendanya gan emoticon-thumbsup
kalo soal kelengkapan begitu mah dari undang2 yang taun 92 juga udah ada gan
betul gan.. mending lengkapin deh
ok...nice inpo.a gan......
emoticon-thumbsup
Masa peraturan pasang speedometer aja kudu pake sosialisasi emoticon-Cape d...

Yang namanya kendaraan bermotor ya jelas kudu pake speedometer lah...
Banyak juga kaskuser yang paham tentang Undang-Undang Lalu-Lintas emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By call.me.andi
emoticon-Selamat gan atas tilangnya..ane juga pernah hampir kejadian gara2 tutup pentil ga ada masa mau d tilang langsung aje ane tanya bapa mau brp..??
di jawab seiklasnya, ane bilang saya kasi 100rb gmana pak.?
trus kata tu plokis gpp deh, langsung ane tanya pasal brp pak yg menyatakan kl ttup pentil ga ada d tilang..anding nya tu plokis cengar/ir n ane d suruh jalan lagi emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By dhaenis
peraturannya dah lama deh gan, cuma emang gak ada gaung2nya..
bahkan tutup pentil sekalipun bisa jadi inceran polis.
kaca spion yang cuma 1, sekarang gak boleh gan. mesti kiri kanan.
plat nomor pun mesti ada lambang "LANTAS" nya, (bikinan polis). itu pun mesti depan n belakang.
klakson pun mesti yang standart gan, gak boleh yang berbunya "SIRINE" ataupun suara hewan.
jadi pake yang standart pabrikan aja..


Quote:Original Posted By .celanaman.
keknya emang dah sosialisasi gan emoticon-Big Grin
mski sosialisasinya gaje emoticon-Nohope
minimal, agan sering dgr kata2 "motor standar"
atw "motor dgn kelengkapan standar"
semacam itulah emoticon-Hammer
mungkin maskupnya, ya yg terangkum di pasal ntu gan emoticon-Big Grin
gajenya karna emang g pnah disebutin, 'standar' ntu yg kek gmana..

mnurut mreka sih, [klw g salah] 'standar' ntu brarti patokan pabrik..
mangkanya dolo ntu spion boleh 1 biji, skarang g boleh emoticon-Nohope
knalpot boleh model sendiri, skarang, msti pabrikan [racing boleh, tpi pabrikan]..
ntu yg ane dnger dari "oknum" emoticon-Hammer

CMIIW emoticon-Peace


Quote:Original Posted By .celanaman.
mungkin ane bisa bantu gan emoticon-Malu
yg dimaskup knalpot ntu, yg sperti ane bilang di post sblmnya, ya knalpot pabrikan..
pabrikan ntu yg resmi dikluarkan ma pabrik yg berSNI [atw lbih]..
bukan knalpot hasil kreasi sendiri [di tukang las knalpot]..
bukan jg 'g berknalpot' emoticon-Ngakak
minimal, ber"label" lah emoticon-Nohope
kan, banyak tuh, yg cuman pake pipa besi sbg knalpot, biar rame ktnya emoticon-Hammer ane jg smpet gt gan..

CMIIW emoticon-Peace

@TS, sklian ijin rate yah gan emoticon-Peace


Quote:Original Posted By Viruzz
sbagai pengguna satria120 ane walopun gk da aturannya tetep wajib pake speedo cuy, untuk ngukur speed kalo pas ketemu musuh dijalan,ngukur rpm,pnunjuk kapan ganti oli,n yg terpenting supaya bisa inget anak bini dirumah kalo udah lewat 120kpj...emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By inilagi
Y Pasti kena gan. Ckrng Gne aj. Knp orang2 pintar d jepang yg buat tuch sepda memakai speedoMeter pasti kn ada alasanya.:-DPasang Speedometer Kalian Sekarang


Quote:Original Posted By Gaku
harusnya emg udah tau atuh gan ga perlu sosialisasi jg, speedometer ada di kendaraan kan emg utk safety jg, jd bisa liat speedo kl lg bawa kendaraan terlalu kenceng, kok malah dilepas duh..


Quote:Original Posted By dief
Wah ane mah kaga pernah nyabut speedometer gan, soalnya kan ada indikator tanki bensin segala. Lah tau nya bensin berisi atau ga gimana kalo ga ada speedometer ??


Quote:Original Posted By ADTmania
intinya satu gan : BE SAFETY
jangan lepas perlengkapan motor yang mendukung safety
jangan modif yg aneh2 yg bisa mengganggu safety

selain itu, ane sering perhatiin ada stiker kaligrafi yang menutupi speedometer.
itu bahaya. Maksudnya sih baik, nempel stiker disitu biar gak lupa mengucapkan basmalah, tapi yang ada malah nutupin speedometer emoticon-Nohope

akhir kata, BE SAFETY aja emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By Syifa25
Hati2 gan.
Celah 1 ditutup, celah yang lain dibuka, demi penghasilan tambahan.
Pernah ada, ditilang gara2 ga naik motor pake kaos doang, katanya harus pake jaket kalo nyetir motor.


Quote:Original Posted By Kerrokizz
Wakakakak, klo dulu ane pernah ditilang polshit ga jelas alesannya.
masa ane ditilang karena motor ane kotor?
loh? aturan dari mana tuh polshit?
Oon emg polshit skrg


Quote:Original Posted By sur.iso
keknya emang dah sosialisasi gan emoticon-Big Grin
mski sosialisasinya gaje emoticon-Nohope
minimal, agan sering dgr kata2 "motor standar"
atw "motor dgn kelengkapan standar"
semacam itulah emoticon-Hammer
mungkin maskupnya, ya yg terangkum di pasal ntu gan emoticon-Big Grin
gajenya karna emang g pnah disebutin, 'standar' ntu yg kek gmana..

mnurut mreka sih, [klw g salah] 'standar' ntu brarti patokan pabrik..
mangkanya dolo ntu spion boleh 1 biji, skarang g boleh emoticon-Nohope
knalpot boleh model sendiri, skarang, msti pabrikan [racing boleh, tpi pabrikan]..
ntu yg ane dnger dari "oknum" emoticon-Hammer

CMIIW emoticon-Peace\t \tPasang Speedometer Kalian Sekarang


Quote:Original Posted By FreakInside
waktu itu saudara ane pernah gan kena tilang.
jadi dia ga bawa STNK, Sim sama helm. mereka berdua gan. ( lengkap banget ye ga bawanya emoticon-Big Grin )
terus disuruh minggir ama tuh polisi nd pas ditanya mereka jawab jujur gan ga bawa itu semua. mereka cuma bawa Ijasah gan buat ngelamar kerja nd ga punya duit sama sekali (ada 10ribu juga buat isi bensin) and guest what apa yang dilakuin polisi?

mereka ga nilang gan. tapi mereka malah nyuruh sodara ane push up 50x emoticon-Ngakak ane dengernya. abis itu mereka boleh pergi.

jadi kalo menurut ane. ditilang ga perlu duit melulu gan.
dengan dihukum kan juga bisa.

maju terus aja deh dunia perkimpoian eh salah perpolisian indonesia


Quote:Original Posted By Hikari789
ya iya lah di tilang om,,

waktu ane test pencarian sim,,di sana ada foto motor yang ga ada speedometernya,,
dan jawaban pertanyaan itu (tidak boleh)

nah,,kalo menurut ane sendiri,,roda 2 yang kagka isi speedometer emang bisa di tilang,,karena

1. ada beberapa jalan yang memiliki batas maksimu (kalo misalkan di safety zone,,terus kita mengendarai motor kecepatan lebih dari batas maksimal,,itu kan membahayakan)

2. kita jadi ga tau kecepatan motor kita (itu juga bahaya,,untuk kita dan orang lane emoticon-Big Grin)

jadi kurang lebih nya itu ajak,,,

karena kesimpulan peraturan lalulintas,,semua hal yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dan membahayakan pengendara dan pengguna jalan lain,,boleh di tilang,,

maaf kalo salah n ngawur emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By aliangger
numpang nyoret dkit aja nih gan..

memang kesalahan2 yang dihasilkan pada saat razia terjadi terkadang kita sbg pengendara motor agak sedikit kurang "aware" terhadap entah itu perlengkapan dan peralatan pelengkap di kendaraan.
namun disisi lain, dinamika yang terjadi saat sekarang ini menurut ane banyak salah kaprah gan.
mengapa ane blg begitu ? coba di liat peraturan dasar sebelum menilang gan..
dulu ane pernah di ceritain sama kebetulan pakde ane yang juga salah satu anggota kepolisian kita yang terhormat ini bercerita mengenai hal tersebut.
yakni sebelum menilang kesalahan2 ringan, ada baiknya untuk menegur terlebih dahulu pengendara yang melanggarnya. bukan langsung asal menilang.
dan ane sendiri pun sudah pernah mengalaminya, di tegur terlebih dahulu.
keselamatan ? ya memang untuk keselamatan pengendara.. namun etika dan teknis prosedural yang harus di junjung tinggi oleh petugas yang sedang bertugas.

mengenai kasus TS ini ane turut berduka karena hal sepele yang telah salah kaprahnya petugas2 dan pengendara kendaraan bermotor.

persoalan tanda pengenal atau identitas pada rompi, ane setuju2 saja.
tp disisi lain, pengendara motor itu sendiri sudah memiliki hak untuk meminta identitas petugas.
salah ketika petugas itu tidak mau memberikan identitasnya.
dan juga surat tugas yang diberikan untuk menjalankan tugasnya. jika tidak ada, bisa diragukan legalitasnya.

klo misalnya kena tilang, pertama2 jangan panik.
coba cek dlu apa kesalahan yang ada pada pengendara dan "jugdement" yang di berikan oleh petugas, sesuai atau tidak. tentu saja dengan di pandu oleh pasal2 yang ada.
dan juga jangan lupa, jangan langsung memberikan SIM atau STNK pengendara kepada petugas terlebih dahulu. mengapa ? asumsi ane dengan begitu menyerahkan SIM dan STNK, berarti bisa di bilang petugas sudah menang akan segalanya. kecuali si pengendara bermotor dapat melakukan lobby2 dengan memberikan argumentasi yang rasional.

namun dari kesemuanya, kembali lagi kepada pengendara kendaraan bermotor, keep safety ride dan lengkapi semua perlengkapan dan peralatan yang di perlukan. sudah ada undang2 yang mengaturnya dan jangan di langgar.

tegakkan hukum dengan adil.

emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By arie46
ane jg mau curhat neh, ane dulu pernah nih di jalan lintas sumatra dari arah medan menuju banda aceh, pokoknya sebelum perbatasan sumatra utara dan aceh bnyk bngt gan polisi yg ngadain razia ga jelas gt, mobil ane semua udah lengkap gan, P3K, Racun Api, sama Segitiga Pengaman, sblm diperiksa ane keluarin semua tuh gan, sampe si polisi mati kutu...ane kira udah kelar gitu aja, ga taunya tu polisi brengsek muter2in mobil ane, dan alhasil plat nomor yg dicari gan, emang plat nomer ane standart dari samsat gan, tapi ane cat ulang biar bagus, tulisannya ane kasih tiner biar kinclong eh rupanya itu yg diributin, pasal alhasil ane ke tmpt brteduh mereka gan, ane marah2 minta ada pasal2nya apa gak, tuh polisi keluarin pasal2 yg udah kucel bngt sampe ga bisa kebaca, alhasil tuh polisi UUD gan (Ujung ujungnya Duit) buat uang rokok, ya udah ane kasih aja 7 rebu, kan pas tuh sebungkus rokok, langsung tuh polisi ane tinggal gitu aja hehehehe skian gan curhatan ane....

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
keknya emang dah sosialisasi gan emoticon-Big Grin
mski sosialisasinya gaje emoticon-Nohope
minimal, agan sering dgr kata2 "motor standar"
atw "motor dgn kelengkapan standar"
semacam itulah emoticon-Hammer
mungkin maskupnya, ya yg terangkum di pasal ntu gan emoticon-Big Grin
gajenya karna emang g pnah disebutin, 'standar' ntu yg kek gmana..

mnurut mreka sih, [klw g salah] 'standar' ntu brarti patokan pabrik..
mangkanya dolo ntu spion boleh 1 biji, skarang g boleh emoticon-Nohope
knalpot boleh model sendiri, skarang, msti pabrikan [racing boleh, tpi pabrikan]..
ntu yg ane dnger dari "oknum" emoticon-Hammer

CMIIW emoticon-Peace