alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004633303/paradox-time-traveler-ah-semua-makin-rumit-sini-gan-penjelasannyahotbaca-dulu
Paradox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu
Quote:Quote:kritik n sran via VM/PMemoticon-Cek PM (S)emoticon-Cek PM (S)emoticon-Cek PM (S)emoticon-Cek PM (S)emoticon-Cek PM (S)
Quote:
بسم الله الرحمن الرحيم


Sponsor ganemoticon-Malu
simple ad
emoticon-GamesWant to buy VGA Card?
Click My AppleParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca duluParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu


Quote:Quote:Penjelasan Apa itu Time Travel
Quote:
Time Travel, atau perjalanan menembus waktu, adalah sesuatu yang dianggap sains fiksi pada zaman ini. Banyak sekali film yang mengupas topik mesin waktu, contohnya Back to the future, Terminator, Timeline, Time Machine, Frequency, Heroes, Lost, The 4400, dll. Yang aneh, konsep waktu di beberapa film ini berbeda-beda loh.

Yang dimaksud dengan time travel adalah begini : kita (materi) atau informasi dikirim dengan suatu alat yang dinamakan dengan mesin waktu sehingga kita melompat ke masa depan, atau kembali ke masa lalu. Jadi hidup kita yang cenderung maju menuju masa depan bukanlah dikatakan time travel.

Misalkan kamu berangkat dari jakarta dengan pesawat supersonik MACH2 pukul 5 sore dan kamu sampai di Irian jaya beberapa menit kemudian dan waktu disana sudah menunjukkan pukul 7.13 malam. Ini bukan time travel, hanya perbedaan waktu di dua tempat yang bujurnya berbeda. Kalau kamu sampai di Irian jaya dan tiba-tiba waktu sudah berlalu 5 tahun, nah, itu baru time travel.

Tapi apakah time travel itu mungkin terjadi menurut ilmu fisika? Fisika newton mengatakan tidak, karena waktu bagi Isaac Newton adalah bagaikan anak panah yang ditembakkan. Ia melaju searah dan tetap. Jam berdetak sama cepatnya dimanapun di jagat raya ini. Lalu datang pak Albert Einstein yang membuktikan kalau rupanya Newton itu salah besar. Einstein bilang, waktu itu bagaikan aliran air di sungai. Ia bisa dipercepat, diperlambat, dan kadang ia bermuara di suatu tempat, kadang sungainya malah bercabang dua. Fisika Einstein yang terkesan gila ini ternyata memungkinkan terjadinya time travel.


Quote:Quote:Alasan mengapa time travel tidak mungkin terjadi.
Paradox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu
Stephen Hawking


Quote:Tapi banyak ilmuwan besar yang menganggap time travel itu tidak mungkin/tidak boleh terjadi. Stephen Hawking, misalnya. Beliau adalah genius yang tidak percaya pada time travel. Ia terus berusaha membuktikan kalau time travel itu tidak mungkin dilakukan. Anehnya, sampai saat ini, tidak ada satupun hukum di fisika yang melarang terjadinya time travel. Time travel mungkin terjadi!

Lalu Stephen Hawking mengeluarkan satu pertanyaan yang sangat terkenal, yang bertujuan untuk membungkam orang yang terobsesi dengan membuat mesin waktu. Dia bilang begini :

“Kalau mesin waktu itu ada, dan time travel itu bisa diciptakan, mengapa kita belum menjumpai turis yang datang dari masa depan? Seharusnya turis2 sekarang sudah membanjiri zaman ini, datang dari masa depan untuk mengambil foto dsb. Mengapa belum ada seorang pun?”

Lalu ada juga beberapa paradoks yang membuat time travel terkesan mustahil :


Quote:1. Grandfather Paradox

Ini paradoks yang paling terkenal. Begini maksudnya : Misalkan kamu kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, maka ayah mu tidak pernah dilahirkan dan akibatnya kamu tidak pernah ada. Kalau kamu tidak pernah ada, bagaimana kamu bisa kembali ke masa lalu dan melakukan pembunuhan itu?

2. Information paradox

Misalnya kamu kembali menemui dirimu sendiri dimasa lalu dan memberikan rahasia membuat mesin waktu kepada dirimu yang lebih muda. Dirimu yang lebih muda itu kemudian menggunakan rahasia itu untuk membangun mesin waktu dan kemudian menggunakan mesin waktu itu untuk kembali mengunjungi dirimu dan memberikan rahasia mesin waktu itu. Ini paradoks karena dari mana informasi asli (rahasia mesin waktu itu) berasal?

Contoh information paradox dapat kita lihat di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, ketika Harry Potter kembali ke masa lalu dan berhasil membuat mantra patronus padahal dia sebelumnya tidak mampu. Ketika ditanya kenapa dia bisa membuatnya, dia bilang, aku bisa kali ini karena aku sudah membuatnya. Masuk akal gak? Haha..

3. Bilker’s Paradox

Misalnya, kamu menggunakan mesin waktu utk kemasa depan, & di masa depan kamu melihat dirimu menikah dengan seorang cewek yg namanya Jane. Lalu kamu kembali ke masa sekarang dan malah menikahi cewek lain yang namanya Cindy, maka masa depanmu sudah berubah & pertanyaanya, kok dimasa depan yg pertama saya bisa nikah sama Jane?

4. Sexual Paradox

Paradox ini lebih membingungkan lagi. Kamu kembali ke masa lalu & bertemu dengan ibumu ketika dia masih remaja. Kalian jatuh cinta & akhirnya menikah dan punya anak. Anak itukah dirimu? Mungkinkah kamu meng-ayah-i dirimu sendiri? Ini dapat dilihat di film Back To The Future, dimana Marty kembali ke masa lalu & bertemu ibunya yg kemudian jatuh cinta pada dirinya.

Contoh Sexual paradox yg lebih aneh adalah seperti ini :
Sebuah novel Janus Equation karya G Spruill, seorang ilmuwan bertemu seorang gadis yg sangat cantik & mereka jatuh cinta, lalu menikah. Setelah beberapa lama, ternyata ilmuwan itu mengetahui kalau gadis itu pernah operasi plastik & operasi kelamin & dia sesungguhnya adalah laki-laki. Bahkan ternyata gadis itu adalah sang ilmuwan sendiri yg datang dari masa depan. Ini artinya dia berhubungan seks dengan dirinya sendiri. Kita jadi bertanya-tanya, bagaimana kalau mereka punya anak, dan misalkan anak ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan dan memulai semuanya lagi, mungkinkah kamu jadi ayah, ibu, dan anak sekalian?

Jadi, bisa kamu lihat kalo time travel membuka banyak ketidakmungkinan, paradoks. Kamu bisa mengubah sejarah hanya karena melakukan sesuatu yang simple (butterfly effect). Misalkan kamu kembali ke masa dinosaurus dan tidak sengaja menginjak serangga yang kelak akan menjadi nenek moyang manusia. Maka kamu akan punah dan tidak pernah dilahirkan. Bahkan, menurut kuantum mekanik, gerak sebuah elektron saja bisa merubah semuanya di dunia ini. Begitu seriusnya implikasi time travel, maka banyak orang yang bilang time travel mustahil.



Quote:Quote:Alasan mengapa Time Travel mungkin (solusi dari paradoks diatas)

Quote:Percaya atau tidak, semua paradoks dan pertanyaan Hawking diatas bisa dipecahkan. Bahkan, ada 2 solusi :

Quote:1. Semuanya sudah tertulis.

Mungkin ketika kamu kembali ke masa lalu dan bertemu dengan dirimu yang lebih muda, kamu sudah bertemu dirimu yang lebih tua pada saat itu. Dan alam ini mencegah supaya terjadi paradoks. Kamu bisa mencoba untuk membunuh kakekmu, tapi kamu akan gagal dalam setiap percobaan. Dan ketika kamu sudah tua nanti, kakekmu akan bercerita bahwa dulu ada orang yang mencoba membunuhnya. Di skenario ini, kita sebagai manusia tidak punya “free will” lagi. Semuanya sudah diatur. Kita hanya memenuhi takdir kita dalam universe ini. Mantap kan?

Di skenario ini, semua paradox tidak mungkin terjadi. Kalau ayahmu bukan dirimu, maka ketika kamu kembali ke masa lalu dan berniat menikahi ibumu, kamu tidak akan berhasil.

Contoh skenario ini ada di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, ketika Hermione melihat ada batu yang dilempar seseorang ke gubuk Hagrid, ia lalu sadar, bahwa ialah yang melempar batu itu, maka ia melakukannya untuk memenuhi takdirnya. TV seri Lost di season ke-5 juga menggunakan konsep waktu seperti ini. Semua yang sudah terjadi, sudah terjadi.

Film lain yang menggunakan konsep ini contohnya Frequency, Timeline, Time Crime, Harry Potter, dsb.

Solusi ini mencegah terjadinya paradox.



Quote:
2. Parallel Universe.
Paradox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu


sebuah contoh bagaimana setiap pilihan bisa menghasilkan dunia yang baru

Inilah solusi yang paling aneh namun tampaknya paling mungkin secara scientific, krn solusi ini sesuai dgn hukum mekanika quantum.

Solusi ini bilang kalo setiap kali kamu kembali ke masa lalu, kamu masuk kedalam alternate universe, sebuah dunia yang baru yang sangat mirip dengan dunia kita, tapi bedanya Cuma ada kamu yang datang dari masa depan. Jadi kalo di dunia ini kamu membunuh ayahmu, maka kamu membunuh orang yang mempunyai hubungan genetik dengan dirimu, tapi itu bukan ayahmu. Di dunia dimana ayahmu mati, kamu tidak pernah dilahirkan, tapi di dunia asalmu, ayahmu masih hidup, sehingga kamu juga eksis.

Semua paradoks menjadi lumpuh kalo memang waktu konsepnya begini. Pertanyaan Hawking pun terjawab sudah. Tidak ada turis yang berasal dari masa depan karena mereka semua memasuki parallel universe.

Film yang menganut konsep ini contohnya Terminator, Back To The Future, Heroes, The 4400, The Time Machine, dll

Sumber : http://dbrowser.blogspot.com/2010/06...me-travel.html



Quote:Terima Kasih atas Comment2 dari para Kaskuser semuaemoticon-Smilie
Thread ini Allhamdulillah HTemoticon-Embarrassment
Semoga bermanfaat, disini TS hanya mau nge shareemoticon-Peace
Terima Kasih Kaskuseremoticon-Smilie
kalo ane sih masih belum percaya...emoticon-Malu

Quote:HOT THREAD yang ga akan pernah jadi HT:

nurut orang tua= TOLOL
Esensi pendidikan yang sebenarnya
kuliah buat cari kerja = GOBLOK

aku MENDIKNAS GILA

NILAI jadi acuan dan standar pendidikan?

SISTEM PENDIDIKAN GILA- dont try this at home :ngakak


kerja buat cari duit= KONYOL

PNS masa depan aman= IQ jongkok
Dragon ball juga menganut konsep parallel universe gan emoticon-Embarrassment
hoo... jadi solusi #1 adalah self-fulfilling prophecy, macam firaun mo bunuh Musa aja ya emoticon-Big Grin
ane setuju ama yang Parallel Universe..
waktu dulu ane masih sekolah sampe baca2 buku di perpus buat menambah ilmu tp masih kaga ngarti jg emoticon-Hammer2
emoticon-Ngakak
dulu jg ada serial "The Quest" yg jelasin penjelajah waktu yg terjebak di dunia paralel, dan g bisa kembali ke dunia parallel dmn dia tinggal sebelumnya

btw nice info gan emoticon-Smilie
emoticon-I Love Kaskus
mendahulukan allah adalah dosa , itu setau aneParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu
bingung gan. time travell tu sebenenya bisa di lakuin ga sih? tapi kok bukti nyatanya blum ada ya?
entah kenape ane termasuk orang yang percaya time travel ya gan emoticon-Big Grin
Wow! Very nice thread!!! Bravo!!!

Btw, tentang konsep dunia paralel, sebenarnya sudah ada dalam kajian filsafat Islam. Ada sabda dari rasulullah bahwa di terdapat enampuluh ribu bumi dari jenis2 yg berbeda. Ini bersesuaian dgn konsep Ma'ad dari Mulla Shadra.

Konsep paralel jg bersesuaian dgn prinsip non lokalitas heissenberg. Ini berarti, bahwa takdir kita, atau apa yang kita lakukan di masa lalu bisa ditentukan oleh apa yang akan kita lakukan di masa depan. Unik kan? Bagaimana mungkin informasi dari masa depan mempengaruhi masa lalu? tapi ternyata, hal ini bisa terjadi karena energi yg dibutuhkan untuk melakukan non lokalitas tsb memiliki konstanta yg tidak terhingga kecepatannya.


Moga kita bisa share tentang ini lain waktu. Salut untuk tretnya. Maaf lom ISO, tapi saya bantu rate ya!
ini bner" nais inpo bngt gan emoticon-2 Jempol

ane jd ngerti makasih gan emoticon-Kiss
wah nice post gan


ane selalu tertarik ma Time Machine


oh ya gan, tambahin lagi salah satu film yang ngangkat tema mesin waktu judulnya Time Machine


disitu diliat bahwa mau berulang kali kita kembali ke masa lalu untuk merubah takdir maka berulang kali kita melihat cara yang berbeda bagaimana kita tidak bisa merubah takdir kita



emoticon-Toast ma agan
Kalo di fisika namanya kalo gak salah "Quantum Many Worlds Interpretation" itu masih teori sih karena kita gak bisa membuktikannya.. Tapi kalo mengacu pada AlQur'an ya (Islam only, no SARA please): QS Al-Asr: "Demi Masa Sesungguhnya Manusia dalam kerugian. Kecuali Orang-orang yang beramal shaleh dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran" Kalo menurut tafsiran gw pribadi sih, Allah udah bersumpah demi WAKTU bahwa orang orang yang gak memanfaatkan waktu itu RUGI karena waktu gak bisa diubah.. Mungkin memang gak akan ada yg namanya Mesin waktu, atau mungkin 'semua sudah tertulis' itu teori yg benar..
Malah, ada fisikawan yang buat disertasi yang mengaskan bahwa: We Are Timeless, Time just concept. Jadi waktu itu sebenernya gak ada, waktu ada karena adanya otak manusia yang mengkonsep semuanya berdasarkan waktu.
Wallahu alam.. emoticon-Smilie

Quote:Quote:Paradox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca duluQuote of the DayParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu
Spoiler for "Quote":


wah gan emoticon-Big Grin ngingetin ane ama film "click" nya adam sandler emoticon-2 Jempol
kalo bisa ada sih ya bagus gan, bisa jadi sejarah besar dlm peradaban manusia.
asal jangan disalah gunakan aja ya...

btw, nice thread. gak heran sih kalo member dari HETF.. tritnya calon HT semua..
ane beri 5 bintang
nyimak dolo gan
Quote:Original Posted By Mr.poko
ane mau coba bela Stephen Hawkins gan!!!!!!!

sanggahan untuk solusi pertama,
sebenarnya ada beberapa point yang ane stuju dari solusi pertama, misalnya kehidupan itu adalah takdir, jadi upaya yang dilakukan oleh manusia jaman sekarang untuk merubah sejarah di masa lalu akan terus gagal...
tapi yang harus ditelaah lagi, disini akan tetap terjadi perubhan sejarah/history dari peristiwa kehiddupan jika mesin waktu itu ada,
misalnya kita hidup di zaman sekarang, diceritakan oleh kakek kita bahwa ketika ia hidup itu sangat damai tanpa ada peristiwa penting yang terjadi di dalamnya... mendengar cerita itu, lantas kita pergi ke masa lalu, kemudian kita ingin melakukan upaya pembunuhan terhadap kakek kita, namun gagal... jadi kakek kita pun akhirnya masih bisa hidup hingga masa sekarang, namun ada perubahan sejarah di sini, sebelumnya sang kakek(di masa sekarang) menceritakan hidupnya di masa lalu dalam keadaan damai, namun setelah kejadian itu, sang kakek(di zaman sekarang) bilang kalo dulu ada yang ingin membunuhnya... berarti terjadi pergeseran sejarah, dan bisakah dijelaskan mengapa sang kakek bisa berubah pikiran dari yang sebelumnya masa lalunya damai menjadi sedikit ada perubahan yaitu peristiwa upaya pembunuhan, seharusnya sang kakek tidak mengetahui hal itu, karena yang mengalami peristiwa itu secara langsung adalah kita dan kakek di masa lalu, jadi tidak ada relefansi dengan kakek di masa sekarang....


sanggahan untuk solusi kedua,
dari yang ane simpulkan tentang solusi 2 adalah, dunia masa kini, masa lalu dan masa depan tidak ada hubungannya.. jadi jika kita ingin merubah masa lalu maka tidak akan memepengaruhi masa sekarang dan masa depan... karena ketiganya memiliki dunia sendiri"...
nah yang jadi pertanyaan, bagaimana tanggung jawab terhadap dosa yang dilakukan, seandainya kita dimasa sekarang membunuh kakek kita dimasa lalu sehingga ayah dan kita sendiri tidak terlahir kedunia ini...
manusia yang tidak terlahir maka tidak akan memiliki dosa, sedangkan kita dimasa sekarang melakukan pembunuhan yang pastinya mendapatkan dosa, lalu bagaimana cara pertanggung jawaban klo kita mempunyai 3 dunia yang berbeda, masa lalu(tidak punya dosa), masa sekarang(punya dosa), masa depan(masih abu-abu)...

memang ini agak menyimpang dari science, karena ane membawa-bawa pelajaran agama ke dalamnya, tapi Einstein saja bilang:
Agama tanpa pengtahuan adalah buta, dan pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh...
jadi Agama dan pengetahuan memiliki keterkaitan yang bisa saling mempengaruhi...

itu aja sih....
smoga ada yang bisa memperbaiki persepsi ane...


Quote:Original Posted By fistonista
Kalo ane pernah baca tulisannya Stephen Hawking ttg time travel. Dia bilang emang gak mungkin kita balik ke masa lalu, tapi kita bisa 'pergi' ke masa depan.

Kalo gak salah ini ada hubungannya dgn teori relativitas einstein, gan.

Jadi kan kalo ada benda yg bergerak cepat, maka waktu akan berjalan makin lambat. Contohnya satelit GPS itu kan bergerak di orbit bumi dgn sangat cepat (krn mengikuti kecepatan bumi berputar). Kalo gak salah sampe sekian puluh ribu kilometer per jamnya. Nah waktu yg dialami oleh satelit itu akan bergerak lebih lambat dibandingkan kita yg ada di bumi. Makanya jam di satelit itu sengaja dibikin salah supaya bisa match dgn jam di bumi.

Kemudian bayangkan aja begini: agan naik sebuah pesawat luar angkasa dan terbang ke suatu tempat nun jauh di sana dgn kecepatan yg mendekati kecepatan cahaya. Maka waktu di dalam pesawat katanya bakal berjalan lebih lambat dibandingkan dgn waktu di bumi. Maka bisa jadi agan merasa waktu baru berjalan 1 hari tp ternyata di bumi sudah 10 hari.
Kemudian, agan kembali ke bumi setelah 5 tahun naik pswt tersebut. Maka secara teori waktu di bumi pasti sudah berjalan lebih cepat. Orang2 juga sdh lebih tua. Alhasil, seolah2 kita lompat ke masa depan.

Gitu, gan.
Mudah2an cukup jelas.


Quote:Original Posted By ero_senin
ada banyak film dan teori yang bilang paradoks ga akan terjadi karena adanya takdir, dimana apapun yang kita lakukan, ujung2nya ya cuma satu, kayak di film supernatural misalnya. tapi gw lebih suka dan lebih mikir akan adanya multiple/paralel universe, jadi ketika kita balik ke masa lalu dan lakuin lain hal, maka akan ada masa depan yang baru yang tercipta yang dan masa kita tetap berjalan tidak kena efek.

untuk yang teorinya stephen hawking yang bilang ga ada bukti orang2 masa depan yang datang ke jaman ini, gw punya sedikit teori, emangnya orang2 masa depan mau datang ke jaman ini trus terang2an menampakkan diri sebagai orang "aneh"? gw rasa orang yang pada mau balik kejaman ini ya kemungkinan akan beradaptasi dan menutupi rahasia2 yang ada. atau pernah ga kepikiran kalau orang2 yang datang dari masa depan itu udah berevolusi menjadi alien (disebabkan oleh global warming, lingkungan yang hancur dan lain sebagainya), tapi kita malah menganggap mereka sebagai makhluk luar angkasa


Quote:Original Posted By botolpenyok
menurut ane sih ga bakal terjadi..bener kata stphen hawkins...klo uda ada yang pernah time travel...rame tuh dari masa depan...ane mau juga perbaikin masa ane heheheh...

terus satu lagiemoticon-Thinking
buat alien-alien....kalo ada mungkin kita ud di invasi makhluk2 luar angkasa...ato jangan-jangan memang spesies kita (manusia) yang sedang mencari-cari, dengan segala teknologi untuk menemukan tempat baru...jangan2 alien itu kita sendiri emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By wida_maulana
kenapa harus bingung, baca AlQuran dan Hadis serta penjelasannya tentang takdir, semua ada di situ. Kalo memang ingin belajar tentang takdir yang memang rumit, sesuai pemahaman Ahlus Sunnah wal Jamaah. Insya Allah tidak bingung.


Quote:Original Posted By manggaASEM
mantap bro threatnya
pantas jadi HT!

pertanyaannya, kalo emang pararel world bisa terjadi,
bagaimana kitabalik kedunia kita sebelumnya?

film yg mendekati konsep pararel mungkin QUNTUM LEAP ya?

emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By kakekcomel
Jika time travel itu ada...ane pengen Indonesia jadi negara termakmur dan tersejahtera di dunia emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus


Quote:Original Posted By colostrum
Baru Page 7 Udah HT


Quote:Original Posted By malangchoret
bagus gan...ane bantu rating ya....ama ane ada pendapat lagi neh
kalo misal kita bisa punya wahana yg melebihi kecepatan cahaya, kita bisa buat mesin waktu...saat ini apa yg kita lihat dari planet pluto kemungkinan adalah keadaan bumi beberapa juta tahun silam, ini karena cahaya (gambar bumi yg terjadi saat ini) butuh waktu kecepatan cahaya dan belum sampai hingga menuju pluto....kalo kita bisa mendahuluinya kita bisa menikmati bumi sebelum saat ini


Quote:Original Posted By bahapal432
Kalau pergi ke masa lalu ato masa depan...kita bakal masuk ke dunia paralel yg gak ada hubungannya ama dunia kita yg sebenarnya..
Jadi walaupun kita membunuh seseorang yg amat penting di dunia sebenarnya(dunia di mana kita memulai) di dunia paralel..itu gak bakal ada hubungannya di dunia sebenarnya karena di dunia sebenarnya orang tsbt masih eksis..
Malahan kita bakal membuat dunia paralel yg baru dimana sejarah yg kita rubah itu terjadi...dan akhirnya kita gak bisa kembali ke jaman yg sebenarnya(dimana kita memulai)
dan kita pun tersesat di dunia paralel..
Misalnya
kita ke masa lalu untuk membunuh president amerika(dalam tahap ini kita sudah masuk kedunia paralel.kita menyimpang dari sejarah yg sudah terjadi dan sudah di tentukan yg maha kuasa)dan berhasil
lalu kembali ke masa kita untuk melihat sejarah baru yg sudah kita buat(dalam tahap ini kita masuk ke dunia paralel yg baru sesuai versi yg kita buat sendiri)
tapi di dunia sebenarnya(dunia yg sudah di takdirkan)president trsbt masih hidup artinya kita membunuh president trsbt di dunia yg berbeda...dan kita menciptakan masa depan baru di dunia yg berbeda..
Teori bapak einstein trsbt memang cerdas ya gan..ane salut ama bapak einstein...
Kesimpulannya
jangan mengutak atik sejarah yg sudah terjadi..kita bakal di tertawa kan tuhan..
Seperti ini gan yg kira kira ane pahami dari thread agan..kalo berkenan pejengin di pejwan gan...hehe CMIIW harap maklumi ya gan kalo salah ane masih sma si heheParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu

Ngakak 

Quote:Original Posted By vertygo
mendahulukan allah adalah dosa , itu setau aneParadox? Time Traveler? Ah! Semua makin rumit, Sini gan penjelasannya[HOT]Baca dulu


Quote:Original Posted By takkubiarkan
entah kenape ane termasuk orang yang percaya time travel ya gan emoticon-Big Grin


2 orang di atas pasti gk sepahamemoticon-Smilie
Gk setuju dengan paralel punya,

kalo itu ada, bisa bisa aja kita membuat lebih dari dua skenario, contoh

1. di masa depan(A) saya menikah dengan Tukiem, lalu saya kembali lagi ke masalah lalu, dan saya memilih Sutri jadi istri saya

2. Muncul masa depan(B) dengan saya menikah dengan Sukri, tampaknya saya gk puas dengan sutri, saya kembali lagi ke masa lalu, saya pilih yang sejenis aja, si Udin.

3 Berarti muncul lagi masa depan(C) saya jadi homo kimpoi ama Udin. Dst

mana mungkin bisa, kalo begitu nanti, bisa terbentuk sangat banyak keadaan masa depan yang berbeda beda diciptakan seseorang....... seandainya dia tidak puas.
keren gan thread nya ..
moga jadi HT yaa ..
emoticon-Angkat Beer
mantap.. ane percaya sama time traveler.. dimana terdapat mesin waktu... karena dia menggunakan rumus black hole... dan rumus itu sedang saya kerjakan untuk mengungkapkannya...
×