alexa-tracking

Fenomena (Aneh?) di SPBU Pasti PAS (with pic)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004632448/fenomena-aneh-di-spbu-pasti-pas-with-pic
Peringatan! 
Fenomena (Aneh?) di SPBU Pasti PAS (with pic)
Quote:Original Posted By tigasatuoktober
gak hot thread = terlalu

info lengkap gini nih thread


kalo agan pernah mengisi BBM di SPBU Sh*ll, agan pasti akan ngerasain pigimane ketatnya peraturan di sana. mulai pengendara yang harus turun dari motor (walo tangkinya berada di depan) hingga penggunaan telepon genggam yang dilarang di seluruh wilayah SPBU.

nah, minggu kemaren waktu ane lagi otw liburan ke semarang, di daerah mana ane lupa tepatnya, pas ngisi bensin, ane ngeliat petugas SPBU yang malah asyik sama henponnya. entahlah dia lagi menggunakan kalkulator atau apa, tapi yang pasti selama beberapa menit dia asyik memencet-mencet keypad ponselnya itu. memang sih ga ada kejadian apa2, tapi kalo beneran meledak tuh pompa gimana yah?

Gambar:
(maap yah, males spoiler... tapi udah dikecilin kok..)

Fenomena (Aneh?) di SPBU Pasti PAS (with pic)

Logo "Pasti PAS" bisa dilihat di tiang SPBU sebelah kanan, dan jarak antara doski dengan pompa kira-kira cuma 1 meter.

ga mungkin repsol, yaa.. mohon komen aja, rate jika berguna, dan cendol jika terkesan.

Quote:Original Posted By azerbalwel
NI, HASIL JEPRETAN ANE SENDIRI

Spoiler for G ada tempat lain buat nelepon ya???:gila::gila::


TOLONG DI TARO DI DEPAN GAN, emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By God.Damn
lom perna liat kasus pom meledak di texas kali gan gara2 bule angkat telpon tu pom meledak sampe ga ada korban selamat

dikita juga perna cuman ane lupa tepatna dmn pokonya daerah jawa

Spoiler for meledak:


Quote:Original Posted By Hikari no Tsuru
nice trit gan.
o iya pict yg di depan dari agan God.Damn tu kalo gak salah kejadian di Semarang, di daerah krapyak.
CMIIW.


wew, kita kedatangan langsung orang dari salah satu SPBU Pasti PAS loh, agan-agan sekalian.. begini penjelasan doski:

Quote:Original Posted By lasijan
ane spv pom bensin PASTI PAS gan, sebener nya sinyal or radiasi hp ga bikin meledak kok. malah di dalem tangki pun nerima telepon dari hp ga kan apa. cuma yg dibkin ga boleh tuh karena sinyal hp akan menggangu mesin nya, sama klo hp tuh di dkt tv, layar monitor radio dan alat elektronik lain nya. mesin pompa bensin kan pakek listrik juga.

nah yg pernah kejadian meledak tuh ada konsleting/percian api dari alat bayar eletronik (kartu debet) yg disimpen biasanya dkt mesin pompa tsb, juga alat print otamastis yg sensitif oleh sinyal dr hp. gt gan.

emang ane kadang kl lg dilapangan suka ngingetin konsumen kalo sambil nerimahp minimal 1 or 2 meter dari mesin pompa nya.

simpen di depan gan, sekalian info aja deh



tambahan dari kaskuser lain:

Quote:Original Posted By totonglenon
ane pernah nonton quiz galileo (masih inget ga?)...nah waktu itu om helmi yahya memperagakan sebuah timbangan badan digital, trus dia deketrin hape, trus ditelepon deh tuh hape pake hape laen (waktu itu hapenya masi jadul gitu gan..), dan yang terjadi adalah angka di timbangan digital itu berubah2 gan...nah, katanya gini gan kira2, " ini lah mengapa kita tidak diijinkan menggunakan hp, soalnya sinyal hape akan mempengaruhi peralatan elektronik". Nah yang ane tangkep gan, alat elektronik itu akan terinterferense oleh sinyal hape, makanya angka2 digital itu akan berantakan, jadinya susah untuk menentukan apakah bensin yang keluar sudah sesuai takaran ato ngga. Dan klo misalnya takarannya salah, bisa2 kan luber tuh bensin, nah mungkin bensin yang luber ini yang bikin kebakaran. jadinya kaya reaksi berantai gitu gan...Tapi ane pernah nonton di disc channel, katanya buat spbu2 yang ada sekarang udah friendly ama sinyal2 hape gitu gan, mereka udah ada alat buat mengatasi itu yang (mungkin) dipasang di alat ukur mereka gan...So, memang agak kurang masuk akal klo sinyal hape bisa beresonansi dengan senyawa aromatik dan bisa menyebabkan kebakaran/ledakan gan...segitu aja gan...


Quote:Original Posted By snipethebadguy
gelombang elektromagnetik yg dipancarkan HP mengeksitasi (excites) partikel
gas / debu yg ada di udara sehingga terionisasi (menjadi bermuatan listrik)

Partikel2 yg muatannya berbeda, plus dan minus, kalau jumlahnya cukup, dan bertemu, menimbulkan letikan listrik - inilah yg akan menyambar uap BBM di sekitar HP..seperti petir kecil gitulah.

Kenapa jarang SPBU yg meledak?

1. pancaran sinyal HP gak terlalu kuat (krn BTS-nya dekat, misalnya)
2. uap BBM tersapu angin shg konsentrasinya rendah banget.
3. jml ion di udara kecil sekali shg gak menimbulkan percikan api.
4. pure luck aja...hokkie lagi bagus...he..he..

Kalo agan2 yg kerja di militer/tambang/oil field pasti tahu kalu di dekat bahan
peledak /explosive kita DILARANG menggunakan HT, radio, atau HP....
ATAS ALASAN YG SAMA dgn di SPBU.

Oh, ya saat badai petir, usahakan jangan menelepon. Terutama badai petir yg
awannya rendah...krn muatan listrik dr awan bisa mengalir, melalui channel
yg terbentuk oleh ionisasi partikel sinyal HP kita.

Efeknya lucu sih, ada api biru yg panjang, dari atas menari2 menuju HP.
Cuman bahaya yach kalau jml energinya kuat, kita pasti tersetrum.

Ini pengalaman pribadi ane. Untung siang hari, kalo malem pasti udah
di kira kedatangan setan api biru...


Quote:Original Posted By canopusvega
aaahhhaaayy makasih buat om spv spbu dan TS atas penjelasan keraguan saya selama ini, hmmmmm ternyata ganggu angka2 digital pengukurannya yach gak bikin meledak hehehehe...makasi ya TS...


Quote:Original Posted By h4r4g4y4
Tolong taruh di pejwan biar pada sadar
Fenomena (Aneh?) di SPBU Pasti PAS (with pic)


Quote:Original Posted By tboe

yg bilang radiasi HP bs bikin meleduk itu siapa ... kyk nggk belajar FISIKA-KIMIA aja ... emoticon-Cape deeehh kebanyakan bolos ya??!!

kenapa HP nggk boleh, ya karena ditakutnya Interferensi gelombang yg ditimbulkan dari alat digital yg ada di POM, HP dan alat2 elektronik lainnya bersifat destructive. walo kemungkinan 50:50, tp nyawa cm 1 ... kecuali qlo mo gambling.. tp gw ingetin, qlo mo gambling PASTIIN cuma Anda sendiri di area pom [JGN MERUGIKAN ORG LAIN!]

emang alat2 di SPBU di negara ini bs dibilang blm secanggih diluar, masih bth manual per mesin, qlo diluar udah ada yg central [1 operator].

Spoiler for note:


Quote:Original Posted By spider2000
Gan, kebetulan ane bekerja di bidang minyak dan gas......pengalaman ane, kalo kita masuk kilang, terutama daerah prosesnya, HP agan2 pasti akan disuruh matikan ato dititipkan ke pos masuk.....kecuali HP agan berstandard Ex alias explosion proof.......

kenapa harus begitu?......secara standard keamanan dan kesehatan (HSE)....yang dapat menjadi bahaya adalah batere dari telp selular itu gan, dimana kalo sebuah HP sedang dipakai, maka antara plat2 kuningan dari batere dan perangkat HP akan dapat menimbulkan percikan api....nah yang dihindari adalah apabila ada uap dari bensin yang mudah terbakar terkena percikan api kecil ini.......langsung dech BOOM.....

ini ada kok videonya gan.....dipake biasanya di pelatihan2 HSE untuk minyak dan gas......divideo itu di perlihatkan seorang petugas sedang mengecek tangki bahan bakar di mobil tangki sambil telp......ketika dia buka tutup tangkinya....langsung dech meledak.....ini video dari CCTV yang ada di sekitar pom bensin tersebut.......

jadi jangan anggap remeh hal ini....toh kita tunda 5 menit untuk telp diluar pom bensin akan lebih aman buat kita dan sesama........bukan hanya karena mengganggu perhitungan bensinnya...

taro page 1 gan biar pada tau juga...


youtube-thumbnail


wew, belakangan ane dapet PM dari pegawai intertek..
Spoiler for intertek:


cek di bawah, ada update-nya



Spoiler for kios ***** ane:
petamaxx

mau bunuh diri tu org
wkwkwkwk
payah bener tuh penjaganya
katanya matikan ponsel dia sendiri make ponsel di situ
ckckckckck emoticon-Cape d... emoticon-Ngakak
waduh tu petugas ceweknya gak ngerti kalo hp dilarang digunakan di pom bensin apa emoticon-Cape d...
wah gilaaaa mau bunuh diri dan bunuh pelanggan tuh kayaknya emoticon-Frown emoticon-Frown
mungkin dia khilaf gan.... parah sih emang tapinya... apa ga ada yang negor??
ha...ha..ha..lucu gan peringatan nampak nya untuk pengunjung SPBU tapi bukan untuk karyawannya,
biarin aja tuh orang,,, nanti jg jd dendeng gara SPBU kebakar....
Mungkin selain jualan bensin dia juga jualan pulsa elektrik kali gan...
Ummm mungkin itu hp sumber daya nya dari bensin kali gan




IGO Lagi Nyanyi. Sumpah! Bukan Lipsync

SURAT TERBUKA BUAT Sdr. ANDREW DARWIS (URGENT)
ga bisa baca kali gan emoticon-Ngakak

mampir ke lapak ane
Quote:nyari rumah?
Disewakan rumah di kawasan rindang di selatan Jakarta[ LOT OF PIC ]

Quote:nyari database?
[url=http://http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4619546][SIZE="4"]Perlu database bagus? MASUK SINI GAN.....[/SIZE] [/url]
parah t petugasnya .
gak merhatiin peraturan yg ada .
cekek aja tu jablay!! emoticon-Marah
penjelasannya gimana sih sampe ga boleh? ane masih belom ngerti.... emoticon-Hammer
punya nyawa cadangan kali tuh orang
emoticon-Nohope
wi punya brapa nyawa tuh cewe..emoticon-Cape d...

Kumpulan Laporan-laporan lain

Semoga, selain bisa jadi info, ini juga bisa membangun bagi kedua belah pihak.
Bagi kita sebagai konsumen yang udah tau risikonya, diharapkan kita mau mulai untuk peduli dengan cara menegur (dengan bagaimanapun caranya) mereka yang "rese"..

Dan buat operator, khususnya bagian isi BBM, kita harus maklumi, mungkin pekerjaan mereka tidak sebanding dengan pendapatan yang mereka dapatkan. Apalagi beberapa SPBU melarang pegawainya menggunakan masker supaya bisa terlihat senyumnya kepada pelanggan. Padahal menghisap bau BBM seharian penuh bisa menimbulkan efek lebih dari sekedar mual-mual.. Di sisi lain, secara pendidikan & akses pengetahuan kayaknya hampir bisa dipastikan bahwa kita pasti lebih beruntung dari mereka semua. Jadi, dimaklumi, jangan dimaki yah...


Quote:Original Posted By obetkarebet
ane juga pernah kaya gitu..
ane lagi nelpon temen di swalayan dalem shell.. bukan deket pomp nya kaya gitu aja dah disamperin sambil lari,
"mas, maaf jangan menggunakan telepon di pomp bensin"

kalo di spbu pasti pas belum pernah kebetulan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By yayangnafieka
SPBU di daerah ane malah operatornya asikan telponan sambil ngisi bensin..aneh banget kan gan..terus tu orang gax ada ramah tamahnya dikitpun padahal SPBUnya PASTIPAS juga lhoo....ckckckck



Quote:Original Posted By Siliwangi_326
gue pernah pengalaman gitu juga gan... waktu balik dari rumah mau ke kota ane bekerja... di pom bensin pas mau ngisi.. mbaknya tuh ngobrol gitu.... lha gue heran kirain doi ngajak ngobrol ane..eh ternyata doi pake headset.. ngobrol di hape sambil ngisi bensin motor ane.. yaudah gue ngomong ke mbaknya..." Mbak lagi telponan ya..? " doi cuman senyam senyum aje... ampun dah gue padahal tuh di tianknya ada logo HP di kasih garis melintang.. koq malah karyawannya disitu yang make hape santai ngobrol sambil ngisi bensin.....emoticon-Cape deeehh



Quote:Original Posted By BlackonE
wah" ane sih

byk liat yg begitu gan...

malahan ada yg ngerokok lagi...

ane mah dah ngeri duluan



Quote:Original Posted By 06501026
gw jadi inget jon pantau, pernah ada petugas spbu cowo yang ngeroko
begitu didatengin sama si jon rokonya langsung dimatiin. pas ditanya pura2 sibuk gitu petugasnya, uda gitu malah pura2 nelepon make hp emoticon-Hammer



Quote:Original Posted By mr.bushido04
waduh-waduh.... emang suka bgitu tukang spbu....
tapi pengalaman ane lebih menegangkan gan, supir angkot yang waktu itu ane naikin lebih parah... ngisi bensin sambil ngrokok..!! wow gile bener.....
ane sempet omelin gan, tp jawabnya bgini...
yaelah mas, kalo udah ajal mah ajal aja....
santai bet dah tuh hidup tukang angkot.....



Quote:Original Posted By Qmbon
ckckck...
parah gan...
iya..
disini juga buanyak petugas2 pom bensin yang HAPEan pas lagi ngisi...



Quote:Original Posted By anggazzaja
kemaren waktu ngisi bensin di deket kampus ane juga gitu..
pas ane masuk kawasan SPBU pegawainya asik telpon..
padahal dia duduk di sebelah mesinnya itu..
begitu ane turun dia tetep telpon..
begitu ane pergi, baru.....
tetep telpon..
gara2 lagi keburu2 mau njenguk temen jadi gak sempet ngambil fotonya..
bener2 udah stres semua..
emoticon-Marah



Quote:Original Posted By x.navvvy
gw prnah ngisi d spbu pertamina di bintaro gan...Beberapa saat sebelum tangki gw mau diisi, itu petugas spbu sempet2nya ngejawab telepon d hp nya gan..Dan gw dikacangin gitu aja.
Damn! Males ngisi d situ lg
Fenomena (Aneh?) di SPBU Pasti PAS (with pic)



Quote:Original Posted By rzq.wnnabe
wih kacau bgt tuh..itu mah emng mreka nya aja yg kurang sadar.di pertamina daerah jak-bar ketat kok,pernah ane pas mau angkt tlp(pdhl udah agak jauh dr tmpt pngisian)ane di suruh ke kmr mnd klo emng mau ttp tlpn



Quote:Original Posted By Watdefax
itu masi mending gan, ane pernah liat pekerja yang cewe,ngerokok ga jauh dari tmpt isi bensin.. kacau gan..



Quote:Original Posted By Fisnainii
Hampir setiap ane ngisi bensin di pasti pas, masih ada aja tuh yang telp2an...
yg salah siapa yah?
pengunjung atau petugas??? emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By rama14
[COLOR='RoyalBlue']temen ane kerja di pom malah sempet2nya foto-fotoan, di upload ke fb lagi emoticon-Cape d... (S)

tapi anaknya IGO lho gan emoticon-Genit: emoticon-Embarrassment
[/COLOR]



Quote:Original Posted By DroidDeka
emoticon-Najisemoticon-Najis

ane yang paling kesel kalo tangki bensin udah penuh tetep di paksain isi, tumpah semua deh tuh bensin. penjaganya malah cengar cengir :maho:maho



Quote:Original Posted By ibnuzubairy90
itu masih mending gan...

ane di mesir ngerokok deket banget sama pengsiian bensin...

di are SPBU.. ane mau liatin fotonya pas ane cari2 ilang gan...

no haox gan



Quote:Original Posted By holyplane
wow...
klo di semarang sih byasa aja gann fenomena kaya gitu..sante2..hehe..



Quote:Original Posted By UnFreakable
gwa pernah tuh marahin pegawai spbu lagi nelpon...
dia malu trus kabur nyuruh temennya yang ngelayanin gwa...
parah...



Quote:Original Posted By Kevin6672
sama gan gua juga pernah tuh kaya gitu tapi lbih parah lagi emoticon-Marah
Wktu itu gua ngisi bnsin PERTAMAX PLUS emoticon-Ngakak d SPBU bandung yg d pasirkoja (org bandung pasti tau)
Gua kan dlayanin sama si mba nya (gua pake motor waktu ntu)
Nah yg bikin gua deg2an tmennya itu gan malah asik telepon2an
Sarap emoticon-Nohope
g dah berdoa aja smoga ga terjadi apa2



Quote:Original Posted By unbrokenspirit
masih mending gan. ane pernah naik angkot di samping supir, pas lagi ngisi bensin di samping hermina-Depok, ada bapak-bapak duduk diantara pompa sama kotak duit, pas petugasnya ngisi, dia santai-santai aja nelponnya emoticon-Takut untung ga meledak gan emoticon-Takut



Quote:Original Posted By twodee
Wiihh iya bener gan. banyak org" yg ga peduli ky gitu..
Versi ane lebih parah :
Ane pernah naek angkot, si sopirnya lg ngerokok..
Karena bensinnya abis, tu sopir langsung aja masuk pom bensin..
ehh.. rokonya blm dimatiin gan..
Asli ngeri.. mana si tukang pom nya ga negur pula..
Ane langsung aja bayar N lari jauh" dr pom bensin itu.. takut meledak..
Wkt itu ane blm berani negur sih gan.. masih SMP emoticon-Big Grin
Klo aja kejadiannya sekarang", pasti udh ane tegur tu sopir N tukang pom bensinnya..

Sorry, ga ada pic gan..



Quote:Original Posted By dEsimS
set dah parah bgt tu..
bukan nya mau membanding kan ni gan..
tp kl yg di s*** ada org yg tlp dkt pom bensin di usir ma petugas nya di suruh matiin tlpn nya



Quote:Original Posted By gabby-o
biasanya sih klo pas lg ngantri, ane ngeliat ada yg make hp sih. ane lgs cabut ga jd isi bensin emoticon-Embarrassment



Quote:Original Posted By mabokjuditogel
klo dipom bensin deket rumah ane yg pasti pas....pasti ditegor itu gan....orang kmrn pas ane ngisi bensin ada orang tau" tlp pas bgt didepan selang yg lagi ngisi...langsung dibilangin sama mas" yg jaga.....



Quote:Original Posted By P a L a d | n
bener tuh gan harusnya ga boleh di sekitar areal itu....!!
dolo ane pernah isi di sh*ll.... pas abis ngisi ane minggir deket tempat tambah anginnya... trs terima telp disitu, ane lgs disamperin dengan muka panik para penjaga pom bensin tsb nyuruh ane pindah keareal aman mereka untuk menggunakan ponsel...


Quote:Original Posted By James_Ang
sama, gan.. kemaren ane isi di spbu (tapi ga tau ada logo 'Pasti PAS'-nya ato ga), itu karyawan yg ngelayanin juga siuk main hp emoticon-Nohope


yang bikin ngakak, gan..
Quote:Original Posted By andre_ws
ane juga sering tuh gan d kerjain ma kang minyak pertamina ..

kalo ngisi pengennya ful tank dia..
terus d kejar luber , sampe bayarannya +100
misal 15.100 , ane kasi duit 20.000 d kembaliinnya cuma 4000

emoticon-Blue Guy Bata (L)

seiring waktu , ane ga mo lagi isi pul tank .. ya udah ane isi 10.000 aja alias ceban ,, tapi pas itu , ane ga ada duit receh .. ada nya duit 100.000 , ya udah , apaboleh buat deh ,,

eh malah d kembaliinnya duit recehan 1000 an kumel yg d steples per 10 lembarnya .. padahal dia megang duit gede / 50rb an sama 20rb an

terus ane kesel bgt dah emoticon-Marah
ane bilang aje ..
"lu ngajak gw brantem , pake ngasi recehan dekil , kalo ga laku gw jdotin lu"
dia malah cengangas cengenges .. dasar :maho

ane makin marah dah .. terus ane kluarin aja korek api .. terus ane bilang

"lu mo mati bareng gw ? "

baru deh dia mo ngembaliin duit 50rb an sama 20rb an 2 biji.. dengan mukanya yg asem ..

wah klewatan banget dah :maho


emoticon-Ngakak

And the last, ane dapet PM-an langsung dari orang Pertamina-nya:

Quote:Original Posted By d3d3n
selamat siang gan,,

ane dari pertamina,, ane baca thread yang agan buat mengenai penggunaan HP oleh operator SPBU di daerah semarang. atas nama pribadi dan pertamina ane mau minta maaf atas kejadian tersebut. dan terima kasih atas masukannya kepada Pertamina.

kalo boleh tau itu di daerah semarang mana ya ?? agar kita bisa segera buat teguran kepada operator dan pengelola SPBU tersebut.

kalo boleh juga, ane minta no contact agan, agar kami bisa mengucapkan terima kasih dan minta maaf secara langsung pd agan.

nanti temen ane yang mengurusi masalah spbu di semarang akan mencontact agan.

thx ya gan
emoticon-Angkat Beer


@d3d3n & all: ane cuma mo mengonfirmasi, bahwa letak SPBU ini bukan di semarang.. masih jauh. mungkin masih di daerah Jabar atau baru masuk perbatasan Jateng. yang pasti SPBU ini ada di jalur Pantura..

di atas ane tulis otw (on the way = dalam perjalanan) liburan ke semarang. semoga makin memperjelas agan2 sekalian di sini.
waduh parh banged dah tuh orang,,
mau bunuh massal tuh keknya,,
dasar gak berpendidikanemoticon-Marah
lho si ts poto pake hp jg yah gan ??
Gan, di Discovery Channel, acara Mythbuster, kalo ga salah handphone itu mitos deh kalo dipake di pompa bensin bikin meledug..
CMIIW


emoticon-Bingung
×