alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004451651/pariwisata-lagi-gan-mari-mari
pariwisata lagi gan... mari mari...
Monumen Jendral Sudirman


Bila agan berwisata ke Pacitan, datang-lah ke kawasan sejarah monumen Jenderal Sudirman dan rumah yang menjadi markas gerilya-nya. Di kedua obyek wisata bersejarah itu, pasti Anda bakal merasakan betapa luar biasa gigihnya perjuangan jenderal besar satu ini.

Bagaimana tidak, untuk mencapai monumen dan rumah itu, Anda harus melewati perjalanan darat yang cukup panjang baik dari Solo maupun Yogyakarta dengan kendaraan roda empat.

38 Relief
Kompleks Monumen Panglima Besar Jenderal Besar Sudirman terdiri atas patung Jenderal Sudirman setinggi 8 meter. Juga dilengkapi ruang perpustakaan, ruang audio visual,ruang resepsionis, mushola, toilet, pasar seni, cafetaria, lapangan, dan 18 diorama yang menggambarkan perjuangan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia sampai pengakuan kedaulatan 27 Desember 1949 oleh Belanda atas kemerdekaan Indonesia

Monumen bersejarah yang berada di ketinggian 1.300 di atas permukaan laut ini, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertepatan dengan Hari Juang Kartika ke-63 atau HUT TNI AD ke-63, pada 15 Desember 2008 lalu.

Dan pada 5 Januari 2010 lalu, Menbudpar Jero Wacik meresmikan relief monumen ini didampingi Dirjen Sejarah dan Purbakala, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Hari Untoro Dradjat, Dirjen Destinasi Pariwisata Kemenbudpar Firmansyah Rahim, dan Bupati Pacitan H. Sujono di kompleks monumen ini.“Pembuatan relief ini bertujuan untuk lebih menanamkan nilai-nilai perjuangan Jenderal Sudirman agar tertanam rasa cinta tanah air,” kata Jero Wacik.

Pembangunan kawasan monumen sejarah ini dimulai 1981 – 1993 atas prakarsa pribadi Roto Suwarno, yang merupakan pengawal Jenderal Sudirman pada saat perang gerilya. Pembangunannya kembali dilanjutkan pada 22 Juli 2008 hingga menjadi Kawasan Sejarah Panglima Sudirman.

Pembangunan monumen yang bertujuan untuk mengenang pengabdian dan perjuangan Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan RI ini mendapatkan dukungan penuh dari TNI, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Di rumah bekas markas gerilya yang berpanorama indah dan berudara sejuk ini, dulu digunakan Jenderal Sudirman sebagai tempat bersosialisasi dan bergabung dengan masyarakat setempat. Beliau juga menerima tamu dengan pejabat pemerintah di Yogyakarta, di rumah ini.

Tips Perjalanan
Momumen Panglima Besar Jenderal Besar Sudirman di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan dapat ditempuh dari Solo maupun Yogyakarta. Dari Solo waktu tempuhnya sekitar 3 jam dengan kendaraaan roda empat, kalau dari Yogyakarta sekitar 4 jam. Sedangkan Rumah bekas markas gerilya, berada sekitar 2 Km dari monumen ini.

Bila dengan kendaraan umum, naik bis dari Solo ke Pacitan, lalu ganti bis lagi jurusan Pacitan ke Nawangan, kemudian berjalan kaki atau naik sepeda motor ke monumen dan rumah bekas markas gerilya Jenderal Sudirman. Kalau tak mau gonta-ganti kendaraan umum, agan bisa membawa mobil sendiri atau sewa mobil travel dari Yogyakarta atau Solo Rp 500.000 per hari sudah termasuk sopir, namun belum termasuk bahan bakarnya.

Kendati berkelok-kelok dan naik turun pegunungan, namun kondisi jalan dari Kota Pacitan hingga menuju monumen dan rumah bekas markas gerilya Jenderal Sudirman sudah beraspal mulus. Dalam perjalanan menuju monumen anda akan dihibur oleh pemandangan alam yang indah dan hutan pinus yang terus melambai - lambai, hawa dingin seperti di Puncak Bogor pun akan menemani anda selama menikmati suasana disana. Apabila cuaca cerah Waduk Gakah Mungkur yang berada di Kabupaten Wonogiri akan terlihat dari bawah Patung Sang Jenderal.

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :



Spoiler for sekalian mampir gan&sist:


sorry gan & sist kalo \temoticon-Repost ane masih nubie... ndase lagi emoticon-Hammer2
ane cuma mo memperkenalkan pariwisata & kawasan sejarah



berharap di rate \temoticon-Matahari\temoticon-Matahari\temoticon-Matahari\temoticon-Matahari\temoticon-Matahari gan
kirim \temoticon-Blue Guy Cendol (L)\temoticon-Blue Guy Cendol (L)\temoticon-Blue Guy Cendol (L) dengan senang hati diterima
asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan


emoticon-I Love Indonesia & emoticon-I Love Kaskus
Pertamax

wah nyimak dulu gaan!
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By Rockside89
asasasa


:maho


Wah boleh juga tuh gan dikunjungi kalo lagi ke sana...
ditata lagi dunk kakak spoilernya...
ane jamin 99% gak ada yang baca isi thread ente gan...
ini baru thread keren.
bantu rate gan
keunikan ayam yang belum agan ketahui
masih berantakan gan emoticon-Big Grin tapi gapapalah emoticon-thumbsup:
wuih mantep gan emoticon-thumbsup
jadi pengen kesana gan,,,,

Jangan lupa mampir, dah disediain Jamuannya lhoo..

LIMITED PRE ORDER - KAOS COUPLE MURAH KEREN!!
ini sekalian mengenang SBY kali ya gan.
kalo beliau udah turun jadi Presiden.
nyimak dulu gan emoticon-Big Grin

Quote:Lapak ane gan...


jacket army , vaio pink , Produk kesehatan K-Link , Nutrisi Pelangsing&Penggemuk Badan

Gaun , gendongan baby , Vitamin C , coklat panas&Kopi

Bedak , pembentuk Body , Peharum ruangan

Silahkan mampir agan agan emoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Forum Music-Ess- emoticon-Malu (S) Was Visited On Your THREADemoticon-Forum Music

***emoticon-I Love Kaskus (S)My Reply...emoticon-I Love Kaskus (S)***
sepertinya menarik gan,
saya jogja gan, kapan kapan kesana ah.. Hehe


Spoiler for "Jangan Dibuka Gan..":
pariwisata lagi gan... mari mari...
wahh jadi pengen kesana gan emoticon-Malu
kapan kapan ahh emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
wah..jadi pngen ke sana,gan
pengen kesana ane gan











numpang nitip lapak

Quote:pariwisata lagi gan... mari mari...
Stasiun Besar Tugu Yogyakarta [+PIC]pariwisata lagi gan... mari mari...
Jenis Jenis Gitar Epiphone Les Paul…[+PICT]pariwisata lagi gan... mari mari...
Cara Kerja Televisipariwisata lagi gan... mari mari...
Jenis Tanaman Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan/Halaman Rumah Yang Kosongpariwisata lagi gan... mari mari...
Kereta Rel Disel Bumi Geulis [PIC]pariwisata lagi gan... mari mari...
Insya Allah kalo ke sana mampir ah...


Quote:nitip lapak temen ane ya emoticon-Malu :
pariwisata lagi gan... mari mari...
[koleksi pribadi]action figures one piece, DOA girls, sword & belt kiva, dll.
Quote:Original Posted By Aidelta
ditata lagi dunk kakak spoilernya...

udh kk emoticon-Malu
Quote:Original Posted By backwind0ws
ane jamin 99% gak ada yang baca isi thread ente gan...

jgn gitu dong gan..ane lgi blajar nieh emoticon-Frown
Quote:Original Posted By diit0703
masih berantakan gan emoticon-Big Grin tapi gapapalah emoticon-thumbsup:

ajari ane klo kliru ya gan...
Quote:Original Posted By JerujiBesi
wuih mantep gan emoticon-thumbsup

masih kacau kk...
Quote:Original Posted By NAOMH
ini sekalian mengenang SBY kali ya gan.
kalo beliau udah turun jadi Presiden.

wekekekekekkk... ane bukan pendukung SBY og... emoticon-Stick Out Tongue
gw heran sama indonesia,kenapa gak buat monumen untuk menghargai presiden pertama kita ya gan..gak ada maksud untuk menyepelekan sudirman,
Quote:Original Posted By irfantaher
gw heran sama indonesia,kenapa gak buat monumen untuk menghargai presiden pertama kita ya gan..gak ada maksud untuk menyepelekan sudirman,


tanya ke SBY bareng2 yuk gan.. suruh buatin di blitar...
kapan2 ane dateng kemari deh gan......mantap neh

Spoiler for jangan lupa mampir gan:


Spoiler for singgah juga kemari gan:


Spoiler for baru ditinggal 3 hari....potensi juga nih:


Spoiler for patung koleksi Istana Kepresidenan: