alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004426200/menurut-agan-penting-gak-ipk
Ngakak 
Menurut agan penting gak IPK?
gan menurut agan2 sekalian IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) penting gak sih??
karena sepengelihatan ane banyak orang yang menjadikan IPK sebagai tolak ukur untuk menilai seseorang.apa berarti orang yg IPK nya kecil itu dapat dibilang "bodoh"??atau orang dg IPK kecil akan sulit mendapat pekerjaan kelak??.atau IPK itu hanya sekedar permainan angka saja???apakah IPK semasa kuliah berpengaruh saat memasuki dunia kerja(buat agan2 yg udah lulus kuliah)?????
hehe TS IPK nya kecil gan emoticon-Ngakak

beberapa komentar dari kaskuser:
Quote:Original Posted By guestdoer
penting gak penting gan....

penting klo buat perusahaan BUMN dan multinasional, biasanya tolak ukur dari IPK dulu, karena tau sendiri pendidikan di Indonesia gimana?!!
tapi yg perlu diketahui IPK harus diimbangi dengan tanggung jawab dengan hasil IPK yg agan dapatkan, karena bagi perusahaan, loyalitas, kredibilitas,kreatifitas dalam dunia kerja lebih penting. IPK tinggi tapi gak bisa apa2, minta gaji tinggi ya langsung ditendang.(Perlu diingat, IPK terlalu tinggi perusahaan juga gak suka, karena rata2 menganggap banyak maunya, atasan ane ma HRD yg bilang ma ane emoticon-Big Grin).

dalam kesuksesan untuk dunia kerja sebenernya bergantung dari wawancara, bila kita bijak dalam tutur bahasa, tangggungjawab, bisa beri alasan dan solusi kemungkinan besar diterima. ini yg sering ane lakuin, dan lumayan sukses, IPK ane malah dibawah standart gan, tapi ane ditrima.

jadi gak penting klo agan dah berpengalaman didunia kerja, dan jadi gak penting lagi jika aganjadi wirausaha. karena yg dibutuhkan dalam dunia usaha adalah knowledge dan talent, bukanlah angka-angka.

taruh di P1 juga boleh gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By cemaradesign
penting ga penting gan..

kalo udah di dunia kerja kadang kepake buat tolak ukur si penerima kerja juga emoticon-Takut (S)

cuma menurut ane: IP tinggi belum tentu bisa ngerjain kerjaan bener kok emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By asimo81
selama sistem pendidikan kita masih berpatokan sama Angka...

setau ane, waktu ngobrol sama orang HRD,
emang yang di butuhkan adalah Skill saat di dunia keerja...
TAPI...
itu tadi gan, saat sistem pendidikan kita masih berpatokan pada angka...
IPK
di lihat pertama kali waktu agan Ngajuin Lamaran Kerja...
HRD pasti akan liat dulu IPK nya...
lewat dari batas minimum ga...

dan
IPK
ga akan kepake... kalo pas lulus... agan bikin usaha sendiri...
jadi pengusaha gan.. biar bisa ngajak kerja orang laen..
ngurangin penganguran gan...

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By ahasveros
ukuran penting kan berbeda Gan?
penting, kalo IPK sebagai ukuran perusahaan..
tidak penting, kalo IPK hanya membuat mahasiswa depresi, dan mmbuat mahasiswa tidak menjalankan fungsi kemahasiswaannya.
Ingat Gan, mahasiswa bukan hanya manusia yang mau belajar di sebuah institusi pendidkan. Kembali ke Tri Dharma Perguruan Tinggi... emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By sri_maryani81
ipk sangat penting untuk masuk dunia kerja gan..soalnya mang diliat duluan,klo

ipknya kecil ato dibawah rata2 mah dilewatin..habis ipk lanjut ke tes,sekolah

tinggi2 klo ipk bagus tp tesnya jeblok sama aja bodong,dilewatin juga...jd

mendingan ipk bagus...IQ juga beneran bagus,jangan ipk bagus tp otak kosong

semangat dong gan....klo mau ipk bagus daria awal harus bagus juga jadi kalo

pun selanjutnya jeblok,ngga bakal ancur banget ipk-nya.. tapi klo dari awal ipk

dah jeblok susah buat naiknya gan,kaya ane dulu ipk awal 3,3..sejeblok-

jebloknya ane kuliah males karena cape dah kerja ipk masih 3,16

Quote:Original Posted By arman99
Penting Gan,

sebagai tolak ukur tiket masuk sebuah institusi..

tapi hanya untuk awal saja,
setelah kerja. IPK bener bener ga di lihat sama sekali

banyak temen2 di tempat kerja Ane yang kumlod di Universitas2 negeri terbaik
, malah ga bisa kerja,
di benci ama semua orang,

karena interpersonalnya kurang bagus,
hanya akademistik,
dan merasa kalo diriinya pinter, jadi ga mau dengerin omongan orang

thanks GAn

Quote:Original Posted By dionbujang
kalo menurut orang2 pandai dunia sih :

"ga penting gan" emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By gynolder
Penting Gan.... tp cuma sebatas syarat kelulusan ma prestasi di atas kertas aja Gan

tp yang lebih penting pemahaman substansi perkuliahan ma pembentukan karakter....

klo ada yang pernah nonton 3 Idiot, ya kayak gitu lah kurang lebih....

jangan jd autis gara2 ngejar nilai tok.....

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

Quote:Original Posted By kodok.nakal
idem gan ma pndapat yg lain,penting ga penting..
pentingnya :
-kl mu lanjut kul harus ipk diatas 3.00+10% dari swasta n 2.75+10% kl lulusan PTN..
-kl mu daftar di departemen" IPK min 3.00 gan..
-kl mu gawe di prshaan swasta jg gt,IPK musti >3.00

tapi IPK ga ngejamin buat cepet kerja..
alhmdlh ane IPK cm 3.10 tapi 1mggu abis sidang ane lsng gawe,tmn ane yg cumlaude smpe skrng blm gawe (dah 1thnan)...emoticon-Big Grin
kerja tu selaun hoky,tapi butuh skill n relasi..

Quote:Original Posted By bokep03
menurut ane sih gan .. ada emang beberapa institusi yang menerapkan IPK sebagai persyaratan rekrutmen dengan pertimbangan IPK itu sebagai penyaring. Karena mungkin institusi atau posisi tersebut cukup bergengsi ya, sehingga sudah pasti banyak pelamar. Misal rekrutmen di BUMN. Tapi ane rasa sih IPK gak bisa jadi patokan bahwa si pelamar ini sudah pasti cocok di posisi tersebut. Karena yang menentukan adalah skill dari pelamar itu sesuai dengan requirement posisi pekerjaan. Ane juga heran kalo hari gini lowongan - lowongan masih mencantumkan IPK, kurang dikit dari yang di tetapkan .. gak diterima. Padahal kenyataannya yang IPK nya tinggi juga kadang gak bisa apa2. Kebetulan S1 ane belum kelar gan .. tapi ane bisa ngalahin lulusan S1 dengan IPK tinggi untuk masuk di posisi Network Engineer.

Satu hal lagi, ane juga heran .. kenapa lowongan - lowongan juga menerapkan batasan umur yah. Emangnya kalo umur lebih tua setahun gak bisa kerja ? Pertimbangannya apa ya ? apakah ada yang bisa ngasih pendapat ?

Quote:Original Posted By KeLapiR^
bener gan, kalau untuk formalitas memang penting..

beda halnya dengan kita bekerja di bidang IT... soalnya pengalaman abang ane neh ketika melihat seseorang di interview oleh tim penguji di tempat kerjanya.. tu orang/pelamar mempunyai IPK yang pas-pasan (kecil dari 2.9), tp skill nya dalam hal IT (pemograman) wualahh sangar..

langsung aja tuh orang di uji skill nya oleh tim penguji dan tak lama di sodorkan kertas (entah apa istilahnya) yg di gunakan untuk menulis berapa gaji yg di inginkan..

1 minggu setelah itu langsung kerja deh tu pelamar td dengan gaji di atas 5jt per bulan..

info neh buat semua, kalau misal jurusan di bidang IT, ga perlu takut jika IPK rendah.. asal skill mampu meningkatkan kepercayaan orang terhadap kita (ketika bekerja nantinya) emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By aask
Penting
Klo bs sih ya IPK nya hrs tinggi dong, gak peduli tar sukses mjd karyawan ato gak, sukses mjd org kaya ato gak, krn dalam hidup ini ada beberapa tingkatan2 ato jalan hidup yg pasti dilalui dan ada tolok ukur kesuksesan masing2 level.
  1. Ranking 1, NEM tinggi, merupakan kesuksesan dlm dunia sekolah wajib.
  2. IPK tinggi itu merupakan kesuksesan dlm dunia universitas.
  3. Pagkat tinggi ato duit banyak merupakan kesuksesan dlm dunia kerja/usaha.
  4. Anak banyak emoticon-Ngakak: dan keluarga harmonis merupakan kesuksesan dlm dunia berkeluarga.
  5. Gak peduli mau IPK rendah, pangkat rendah, duit sedikit, asal gak menyusahkan orang lain dan klo bisa malah banyak menolong orang lain, banyak memberi dan melayani terhadap org lain yg membutuhkan, itu merupakan suatu kesuksesan selama hidup di dunia ini.


nah itu dia beberapa pendapat dari para KASKUSER,ada yang bilang bahwa IPK itu "PENTING"dan ada juga yang bilang bahwasahnya IPK itu "TIDAK PENTING",nah,,menurut agan2 sendiri bagaimana???silahkan di share pengalamannya disini,,,atau mungkin ada yang ingin berbagi ilmunya dan berbagi pengalamannya silahkan di share saja di thread ini..karena pengalaman dan ilmu yang agan2 punya mungkin dapat bermanfaat buat kaskuser lainnya termaksuk saya,,,
ane juga gak nolakemoticon-Blue Guy Cendol (L) gan,,maklum masih abuemoticon-Malu..kalo menurut agan2 Thread ini penting dan bermanfaat monggo di rate*****.
emoticon-I Love Kaskus

UP DATE INFO DI POST #5&8
penting ga penting gan..

kalo udah di dunia kerja kadang kepake buat tolak ukur si penerima kerja juga emoticon-Takut (S)

cuma menurut ane: IP tinggi belum tentu bisa ngerjain kerjaan bener kok emoticon-Hammer (S)
menurut yg ane tau sih, IPK brguna untuk masuk kdunia kerja sbg tolak ukur kpinteran kita gitu d gan..
Mkany ttp smangat gan spy IPKnya tinggi emoticon-Big GrinMenurut agan penting gak IPK?
penting, asal di atas 2,7
kalo dibawah 2,7 sudah tidak penting lagi.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
up date

Quote:=jopunk999;290373287]ipk penting.

Ipk tinggi memberikan kesempatan lebih banyak bagi orangnya.
Beberapa perusahaan memberikan syarat minimum calon karyawannya dengan ipk sekian.
Misal si a ipk 2,5 dan si b 3,5. Si b akan punya banyak kesempatan melamar di berbagai perusahaan. Mulai dari yang mensyaratkan ipk 2,5 sampai 3,5. Sedangkan si a cuma bisa yang mensyaratkan ipk 2,5 aja. Dan sudah sepatutnya perusahaan yang lebih bonafit akan mensyaratkan ipk yang lebih tinggi.

Tapi, itu hanya diawalnya saja. Setelah itu softskill yang menentukan. Leadership, komunikasi, cara mempengaruhi, dll....

Ipk cuma buat lolos syarat minimum yang diajukan perusahaan.


Seolah kita akan memasuki sebuah lorong yang ada pintunya. Ipk adalah kunci pintu. Sedangkan bisa atau tidaknya kita mencapai ujung lorong tergantung kemampuan kita (softskill).


Ingat, kalo softskill kita sangat baik, tapi ipk gak memenuhi nilai minimum, otomatis kita akan ditolak. Kita gak akan sempet menunjukkan kehebatan softskill kita...

Mari tingkatkan ipk sampai nilai yang disyaratkan. Gak perlu tinggi2. Secukupnya aja. Lalu softskill juga harus dilatih..

Oiya, kalo emang gak bisa meraih ipk tinggi. Maka jadilah pengusaha. Karena pengusaha gak perlu ipk tinggi...hehe


Quote:Original Posted By khairil89
,penting kalau cara pikirnya gak pernah menghargai skill atau hanya sedikit menghargai skill... Bagi ane ipk bukan lah tolak ukur dari sebuah hasil jerih payah karena apa ? Sebetulnya ipk itu bisa dimanipulasi ... Dan semua orang yang ber ipk tinggi harusnya bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah didadapt... Kalau misalkan ternyata ipk itu didapat dari hasil jerih "payah" bukan hasil jerih payah, percuma ipk gede2 kalau ternyata manusia itu sendiri tidak memiliki keahlian apa2... Asal punya ijazah dia bisa kerja... Coba kalau semua orang berpandang bahwa sesuatu yang baik bisa dilihat dari skill bukan ipk...
.


Quote:Original Posted By adek2kn
yang susah ya gitu deh klo pas melamar kerja ada aja persyaratan patokan minimal ipk harus sekian,klo ane sih biasa ajah ama org2 yang punya ip tinggi (temen2),ane tau kok bagaimana cara mereka buat dapetin tuh nilai (rata2 gak murni), ane juga telat tamat 1 tahun dari temen2, tapi yang bantu mereka tamat tuh ane juga sih soale ane yang buat proyek tempa tugas akhir

nah begitu tamat gak yakin ane mereka punya skill, apalah arti nilai diatas secarik kertas toh untuk dunia kerja yang penting prakteknya. Tapi ya gitulah prosedur seleksi berkas sering menggugurkan calon2 yang sebenarnya lebih berkompeten hanya krn secarik kertas.

Pernah disuatu jobfair ada peserta yang secara administrasi kriterianya bagus dengan embel2 bla....bla...bla
namun ketika sesi wawancara dilemparkan pertanyaan dasar saja tidak tau emoticon-Cape deeehh

Gak bisa mempertanggung-jawabkan emoticon-Cape deeehh







Quote:Original Posted By guestdoer
penting gak penting gan....

Penting klo buat perusahaan bumn dan multinasional, biasanya tolak ukur dari ipk dulu, karena tau sendiri pendidikan di indonesia gimana?!!
Tapi yg perlu diketahui ipk harus diimbangi dengan tanggung jawab dengan hasil ipk yg agan dapatkan, karena bagi perusahaan, loyalitas, kredibilitas,kreatifitas dalam dunia kerja lebih penting. Ipk tinggi tapi gak bisa apa2, minta gaji tinggi ya langsung ditendang.(perlu diingat, ipk terlalu tinggi perusahaan juga gak suka, karena rata2 menganggap banyak maunya, atasan ane ma hrd yg bilang ma ane :d).

Dalam kesuksesan untuk dunia kerja sebenernya bergantung dari wawancara, bila kita bijak dalam tutur bahasa, tangggungjawab, bisa beri alasan dan solusi kemungkinan besar diterima. Ini yg sering ane lakuin, dan lumayan sukses, ipk ane malah dibawah standart gan, tapi ane ditrima.

Jadi gak penting klo agan dah berpengalaman didunia kerja, dan jadi gak penting lagi jika aganjadi wirausaha. Karena yg dibutuhkan dalam dunia usaha adalah knowledge dan talent, bukanlah angka-angka.

Taruh di p1 juga boleh gan :d


Quote:Original Posted By cemaradesign
penting ga penting gan..

Kalo udah di dunia kerja kadang kepake buat tolak ukur si penerima kerja juga emoticon-Takut (S)

cuma menurut ane: Ip tinggi belum tentu bisa ngerjain kerjaan bener kok emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By asimo81
selama sistem pendidikan kita masih berpatokan sama angka...

Setau ane, waktu ngobrol sama orang hrd,
emang yang di butuhkan adalah skill saat di dunia keerja...
Tapi...
Itu tadi gan, saat sistem pendidikan kita masih berpatokan pada angka...
Ipk
di lihat pertama kali waktu agan ngajuin lamaran kerja...
Hrd pasti akan liat dulu ipk nya...
Lewat dari batas minimum ga...

Dan
ipk
ga akan kepake... Kalo pas lulus... Agan bikin usaha sendiri...
Jadi pengusaha gan.. Biar bisa ngajak kerja orang laen..
Ngurangin penganguran gan...

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By ahasveros
ukuran penting kan berbeda gan?
Penting, kalo ipk sebagai ukuran perusahaan..
Tidak penting, kalo ipk hanya membuat mahasiswa depresi, dan mmbuat mahasiswa tidak menjalankan fungsi kemahasiswaannya.
Ingat gan, mahasiswa bukan hanya manusia yang mau belajar di sebuah institusi pendidkan. Kembali ke tri dharma perguruan tinggi... emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By sri_maryani81
ipk sangat penting untuk masuk dunia kerja gan..soalnya mang diliat duluan,klo

ipknya kecil ato dibawah rata2 mah dilewatin..habis ipk lanjut ke tes,sekolah

tinggi2 klo ipk bagus tp tesnya jeblok sama aja bodong,dilewatin juga...jd

mendingan ipk bagus...iq juga beneran bagus,jangan ipk bagus tp otak kosong

semangat dong gan....klo mau ipk bagus daria awal harus bagus juga jadi kalo

pun selanjutnya jeblok,ngga bakal ancur banget ipk-nya.. Tapi klo dari awal ipk

dah jeblok susah buat naiknya gan,kaya ane dulu ipk awal 3,3..sejeblok-

jebloknya ane kuliah males karena cape dah kerja ipk masih 3,16

Quote:Original Posted By arman99
penting gan,

sebagai tolak ukur tiket masuk sebuah institusi..

Tapi hanya untuk awal saja,
setelah kerja. Ipk bener bener ga di lihat sama sekali

banyak temen2 di tempat kerja ane yang kumlod di universitas2 negeri terbaik
, malah ga bisa kerja,
di benci ama semua orang,

karena interpersonalnya kurang bagus,
hanya akademistik,
dan merasa kalo diriinya pinter, jadi ga mau dengerin omongan orang

thanks gan


Quote:Original Posted By gynolder
penting gan.... Tp cuma sebatas syarat kelulusan ma prestasi di atas kertas aja gan

tp yang lebih penting pemahaman substansi perkuliahan ma pembentukan karakter....

Klo ada yang pernah nonton 3 idiot, ya kayak gitu lah kurang lebih....

Jangan jd autis gara2 ngejar nilai tok.....

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

Quote:Original Posted By kodok.nakal
idem gan ma pndapat yg lain,penting ga penting..
Pentingnya :
-kl mu lanjut kul harus ipk diatas 3.00+10% dari swasta n 2.75+10% kl lulusan ptn..
-kl mu daftar di departemen" ipk min 3.00 gan..
-kl mu gawe di prshaan swasta jg gt,ipk musti >3.00

tapi ipk ga ngejamin buat cepet kerja..
Alhmdlh ane ipk cm 3.10 tapi 1mggu abis sidang ane lsng gawe,tmn ane yg cumlaude smpe skrng blm gawe (dah 1thnan)...:d
kerja tu selaun hoky,tapi butuh skill n relasi..

Quote:Original Posted By bokep03
menurut ane sih gan .. Ada emang beberapa institusi yang menerapkan ipk sebagai persyaratan rekrutmen dengan pertimbangan ipk itu sebagai penyaring. Karena mungkin institusi atau posisi tersebut cukup bergengsi ya, sehingga sudah pasti banyak pelamar. Misal rekrutmen di bumn. Tapi ane rasa sih ipk gak bisa jadi patokan bahwa si pelamar ini sudah pasti cocok di posisi tersebut. Karena yang menentukan adalah skill dari pelamar itu sesuai dengan requirement posisi pekerjaan. Ane juga heran kalo hari gini lowongan - lowongan masih mencantumkan ipk, kurang dikit dari yang di tetapkan .. Gak diterima. Padahal kenyataannya yang ipk nya tinggi juga kadang gak bisa apa2. Kebetulan s1 ane belum kelar gan .. Tapi ane bisa ngalahin lulusan s1 dengan ipk tinggi untuk masuk di posisi network engineer.

Satu hal lagi, ane juga heran .. Kenapa lowongan - lowongan juga menerapkan batasan umur yah. Emangnya kalo umur lebih tua setahun gak bisa kerja ? Pertimbangannya apa ya ? Apakah ada yang bisa ngasih pendapat ?

Quote:Original Posted By kelapir^
bener gan, kalau untuk formalitas memang penting..

Beda halnya dengan kita bekerja di bidang it... Soalnya pengalaman abang ane neh ketika melihat seseorang di interview oleh tim penguji di tempat kerjanya.. Tu orang/pelamar mempunyai ipk yang pas-pasan (kecil dari 2.9), tp skill nya dalam hal it (pemograman) wualahh sangar..

Langsung aja tuh orang di uji skill nya oleh tim penguji dan tak lama di sodorkan kertas (entah apa istilahnya) yg di gunakan untuk menulis berapa gaji yg di inginkan..

1 minggu setelah itu langsung kerja deh tu pelamar td dengan gaji di atas 5jt per bulan..

Info neh buat semua, kalau misal jurusan di bidang it, ga perlu takut jika ipk rendah.. Asal skill mampu meningkatkan kepercayaan orang terhadap kita (ketika bekerja nantinya) emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By aask
penting
klo bs sih ya ipk nya hrs tinggi dong, gak peduli tar sukses mjd karyawan ato gak, sukses mjd org kaya ato gak, krn dalam hidup ini ada beberapa tingkatan2 ato jalan hidup yg pasti dilalui dan ada tolok ukur kesuksesan masing2 level.
  1. ranking 1, nem tinggi, merupakan kesuksesan dlm dunia sekolah wajib.
  2. ipk tinggi itu merupakan kesuksesan dlm dunia universitas.
  3. pagkat tinggi ato duit banyak merupakan kesuksesan dlm dunia kerja/usaha.
  4. anak banyak emoticon-Ngakak: Dan keluarga harmonis merupakan kesuksesan dlm dunia berkeluarga.
  5. gak peduli mau ipk rendah, pangkat rendah, duit sedikit, asal gak menyusahkan orang lain dan klo bisa malah banyak menolong orang lain, banyak memberi dan melayani terhadap org lain yg membutuhkan, itu merupakan suatu kesuksesan selama hidup di dunia ini.
klo emank ipk kecil cari pengalaman dulu aja gan kerja di tempat2 yang cuman butuh ipk kecil.., klo dah banyak pengalaman n kerja agan bagus ga sulit cari kerja yg gaji gede.., ato ga wiraswasta aja gan siapa tau agan malah sukses jadi wiraswasta...

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus
penting gan...kita masih hidup di indonesia yang masih harus dibuktikan dengan selembar kertas (a.k.a ijazah & transkrip) plus angka2 bagus di kertas tersebut.

Tapiiiiii.....jangan jadikan IPK itu tujuan agan kuliah, jadikan itu sebuah proses pembelajaran. Hukum sebab-akibat gan, kuliah bener & rajin --> akibatnya kita dapat hasil memuaskan
Quote:Original Posted By blueNiee
menurut yg ane tau sih, IPK brguna untuk masuk kdunia kerja sbg tolak ukur kpinteran kita gitu d gan..
Mkany ttp smangat gan spy IPKnya tinggi emoticon-Big GrinMenurut agan penting gak IPK?


iy gan,,semangat gan,,,,hehe

Quote:Original Posted By egghead17
penting, asal di atas 2,7
kalo dibawah 2,7 sudah tidak penting lagi.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


knp yg dibawah 2,7 udah ga penting lagi gan??
UP DATE

Quote:Original Posted By jopunk999
IPK penting.

IPK tinggi memberikan kesempatan lebih banyak bagi orangnya.
Beberapa perusahaan memberikan syarat minimum calon karyawannya dengan IPK sekian.
misal si A IPK 2,5 dan si B 3,5. si B akan punya banyak kesempatan melamar di berbagai perusahaan. mulai dari yang mensyaratkan IPK 2,5 sampai 3,5. sedangkan si A cuma bisa yang mensyaratkan IPK 2,5 aja. Dan sudah sepatutnya perusahaan yang lebih bonafit akan mensyaratkan IPK yang lebih tinggi.

TAPI, itu hanya diawalnya saja. Setelah itu softskill yang menentukan. LEadership, komunikasi, cara mempengaruhi, dll....

IPK cuma buat lolos syarat minimum yang diajukan perusahaan.


seolah kita akan memasuki sebuah lorong yang ada pintunya. IPK adalah kunci pintu. sedangkan bisa atau tidaknya kita mencapai ujung lorong tergantung kemampuan kita (softskill).


INGAT, kalo softskill kita sangat baik, tapi IPK gak memenuhi nilai minimum, otomatis kita akan ditolak. kita gak akan sempet menunjukkan kehebatan softskill kita...

mari tingkatkan IPK sampai nilai yang disyaratkan. gak perlu tinggi2. secukupnya aja. Lalu softskill juga harus dilatih..

oiya, kalo emang gak bisa meraih IPK tinggi. maka jadilah pengusaha. karena pengusaha gak perlu IPK tinggi...hehe

maaf jika kurang berkenan.kalo TS suka, taruh depan...


Quote:Original Posted By yayaq
waahhh suka banget ama ni thread, ane pun ada dalam bayang IPK tersebut, mulai dari awal kuliah masuk jurusan yg g sesuai hati nurani, terbentur biaya gitu, dan dipaksakan kuliah, jadi IPK ane hancur minah. mau berenti kuliah sayang juga, akhirnya ane abisin masa muda 8 tahun di universitas dengan ipk 2.3 hiks mau jadi apa coba...tambahan lagi transkrip ane belum bisa di ambil, karna script ane belum beres.

ane demen belajar otodidak, dan hasilnya mayan bro, sering2 browsing dan ga malu2 buat belajar, ane dapet gawe di IT support and design selama 5 tahun (waktu itu ane masih kuliah semester 5) padahal kuliah ane di accounting.
5 tahun di IT and design ane coba cari gawe lain, alhamdulilah gitu lulus gawe ane nemu kerjaan di Hotel, eCommerce dan update website, padahal ijasah, ipk, dan sertifikat2 di bidang itu ane kagak punya bro, dengan penuh PD aja ane apply, ikutan test, dan hasilnya gak malu2in temen2 yg senasib sama ane...biar kata ipk hancur minah, namun kinerja kita berani di adu dengan teman2 yg pada bernasib ipk sangat2 bagus tersebut.

slama kita mau, kita bisa dan kita ga bakal malu2in..yuk pada smangat...
ga penting gan, yang penting chanell masuk kerja ada apa kaga,,emoticon-I Love Kaskus
menurut ane penting gan. perusahaan liatnya juga dari ipk yg ngelamar kerja. Dari ipk kliatan tanggung jwb kita slama kuliah.. smangat buat raih yg terbaik..
emoticon-I Love Kaskus
selama sistem pendidikan kita masih berpatokan sama Angka...

setau ane, waktu ngobrol sama orang HRD,
emang yang di butuhkan adalah Skill saat di dunia keerja...
TAPI...
itu tadi gan, saat sistem pendidikan kita masih berpatokan pada angka...
IPK
di lihat pertama kali waktu agan Ngajuin Lamaran Kerja...
HRD pasti akan liat dulu IPK nya...
lewat dari batas minimum ga...

dan
IPK
ga akan kepake... kalo pas lulus... agan bikin usaha sendiri...
jadi pengusaha gan.. biar bisa ngajak kerja orang laen..
ngurangin penganguran gan...

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By samray
klo emank ipk kecil cari pengalaman dulu aja gan kerja di tempat2 yang cuman butuh ipk kecil.., klo dah banyak pengalaman n kerja agan bagus ga sulit cari kerja yg gaji gede.., ato ga wiraswasta aja gan siapa tau agan malah sukses jadi wiraswasta...

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus


nice info gan,,tapi ane masih kuliah gan,masih proses mengejar IPK gan,,hehehe..tapi emang ada gan tempat kerja yang mau menerima pelamar dg IPK kecil???

Quote:Original Posted By cibucibu
penting gan...kita masih hidup di indonesia yang masih harus dibuktikan dengan selembar kertas (a.k.a ijazah & transkrip) plus angka2 bagus di kertas tersebut.

Tapiiiiii.....jangan jadikan IPK itu tujuan agan kuliah, jadikan itu sebuah proses pembelajaran. Hukum sebab-akibat gan, kuliah bener & rajin --> akibatnya kita dapat hasil memuaskan


bener gan,,,di Indonesia tolak ukur seseorang dinilai dari selembar kertas aja(IPK)..y mau gak mau harus ikuti sistem yg berlaku gan,,thanks gan...
Menurut ane penting gan. tetapi IPK tinggi tidak menjamin anda akan menjadi orang yg sukses. banyak temen ane dulu waktu kuliah IPK nya tinggi tetapi sampe sekarang belum sukses.

Pesen ane: Jangan sampe menghalalkan segala cara untuk mendapatkan IPK tinggi.
Quote:Original Posted By ayangayangku
ga penting gan, yang penting chanell masuk kerja ada apa kaga,,emoticon-I Love Kaskus


hahaha,,bener jg y gan,,kalo banyak chanell aman,,hehe

Quote:Original Posted By dirtyfighter
menurut ane penting gan. perusahaan liatnya juga dari ipk yg ngelamar kerja. Dari ipk kliatan tanggung jwb kita slama kuliah.. smangat buat raih yg terbaik..
emoticon-I Love Kaskus


hmmm...brati tanggung jawab seseorang bisa dilihat dari IPK nya y gan???

Quote:Original Posted By asimo81
selama sistem pendidikan kita masih berpatokan sama Angka...

setau ane, waktu ngobrol sama orang HRD,
emang yang di butuhkan adalah Skill saat di dunia keerja...
TAPI...
itu tadi gan, saat sistem pendidikan kita masih berpatokan pada angka...
IPK
di lihat pertama kali waktu agan Ngajuin Lamaran Kerja...
HRD pasti akan liat dulu IPK nya...
lewat dari batas minimum ga...

dan
IPK
ga akan kepake... kalo pas lulus... agan bikin usaha sendiri...
jadi pengusaha gan.. biar bisa ngajak kerja orang laen..
ngurangin penganguran gan...

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Thanks gan masukannya,,brati IPK itu adalah gerbang awal menuju sebuah kesuksesan y gan????

Quote:Original Posted By t3l0_b4k4r
Menurut ane penting gan. tetapi IPK tinggi tidak menjamin anda akan menjadi orang yg sukses. banyak temen ane dulu waktu kuliah IPK nya tinggi tetapi sampe sekarang belum sukses.

Pesen ane: Jangan sampe menghalalkan segala cara untuk mendapatkan IPK tinggi.


iy gan,,alhamdulillah ane ngejar ipk pake cara yg halal gan..emoticon-Ngacir2...
penting gan
biar bisa ditrima di lapangan kerja
emoticon-Embarrassment

Spoiler for buat yang penasaran:
ukuran penting kan berbeda Gan?
penting, kalo IPK sebagai ukuran perusahaan..
tidak penting, kalo IPK hanya membuat mahasiswa depresi, dan mmbuat mahasiswa tidak menjalankan fungsi kemahasiswaannya.
Ingat Gan, mahasiswa bukan hanya manusia yang mau belajar di sebuah institusi pendidkan. Kembali ke Tri Dharma Perguruan Tinggi... emoticon-2 Jempol
IPK bikin anda diterima kerja
SKILL bikin anda naik pangkat

nuff said emoticon-shakehand
IPK d bawah 2 siap2 kena peringatan gan
emoticon-Malu
ane ga tau gan ane blom kuliah emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By ahasveros
ukuran penting kan berbeda Gan?
penting, kalo IPK sebagai ukuran perusahaan..
tidak penting, kalo IPK hanya membuat mahasiswa depresi, dan mmbuat mahasiswa tidak menjalankan fungsi kemahasiswaannya.
Ingat Gan, mahasiswa bukan hanya manusia yang mau belajar di sebuah institusi pendidkan. Kembali ke Tri Dharma Perguruan Tinggi... emoticon-2 Jempol


bener gan,,makasih masukannya gan...emoticon-Angkat Beer
ane pusing gan mikirin IPK emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By patrickz89
IPK d bawah 2 siap2 kena peringatan gan
emoticon-Malu

untung ane masih nyangkut di dua koma gan,,emoticon-Ngakak