alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004354465/nah-ini-tentang-kopi-luwak-salah-satu-kopi-kelas-dunia-lhomasuk-gan
Thumbs up 
Nah,ini tentang Kopi Luwak Probiotik (pengembangan kopi kelas dunia lho)..Masuk gan !
Spoiler for no repost:


DENPASAR, KOMPAS.com — Seorang peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian atau BPTP Bali, Suprio Guntoro, menemukan kopi luwak probiotik. Selain jumlah produksi bubuk kopi tidak terbatas, kopi luwak probiotik dipercaya akan melindungi populasi luwak.

Pada proses produksi kopi luwak secara alami, bubuk kopi diperoleh dari biji kopi yang digiling setelah dijemur dan disangrai. Uniknya, biji kopi itu sebelumnya diperoleh lewat proses pencernaan alami binatang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) yang memakan buah kopi. Sementara itu, pada kopi luwak probiotik temuan Guntoro, biji kopi dihasilkan dari buah kopi matang yang dipetik dan dipilih, lalu difermentasikan secara khusus dengan mikroba probiotik dari usus halus dan usus buntu binatang luwak.

"Jadi, kopi luwak probiotik ini dihasilkan dengan mengadopsi proses pencernaan binatang luwak. Mikroba probiotik itu adalah hasil dari isolasi mikroba di usus halus dan usus buntu luwak. Mikroba probiotik itu kami pastikan tidak mengandung mikroba yang bersifat patogen atau penyakit," kata Guntoro saat ditemui di rumahnya di Denpasar, Selasa (11/5/2010). Dia memastikan proses isolasi mikroba itu dilakukan dengan bahan alami alias tanpa melibatkan bahan-bahan kimia.

Dengan demikian, lewat kopi luwak probiotik ini, kopi luwak dapat diproduksi berdasar kebutuhan dan tidak terbatas pada jumlah luwak atau kemampuan konsumsi luwak sebagaimana pada umumnya. Bubuk kopi luwak pada umumnya berharga relatif mahal, yakni Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per kilogram. Kopi luwak juga menjadi andalan ekspor kopi bagi Indonesia.

"Dari hasil penelitian saya, kopi luwak probiotik juga melindungi populasi binatang luwak itu sendiri. Karena besarnya permintaan pada kopi luwak, pada umumnya kopi itu dihasilkan dengan cara menernakkan binatang luwak. Sekitar 10-30 persen dari luwak yang diternakkan itu mati atau lepas sehingga pasti akan memengaruhi populasinya," kata Guntoro.

Menurut Guntoro, dari segi rasa dan kenikmatannya, kopi luwak probiotik ini juga hampir sama dengan kopi luwak yang dihasilkan secara normal. Bahkan, dari pengakuan para penikmat kopi, cita rasa kopi luwak probiotik ini lebih lembut tetapi memiliki aroma kopi yang lebih kuat.

Guntoro mengaku, penelitian atas kopi luwak itu dilakukan secara swadaya sejak tiga tahun silam. Saat ini penemuan itu sedang dalam proses pematenan yang didaftarkan melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian di Bogor yang berada di bawah koordinasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Bersamaan dengan proses itu, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Jember, Jawa Timur, juga melakukan pengujian atas data ilmiah penelitian Guntoro.

Quote:
Jadi, kopi luwak probiotik ini dihasilkan dengan mengadopsi proses pencernaan binatang luwak.
-- Guntoro



Kalo Agan Berkenan ngasih
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
kalo menurut agan bagus,
ijo - ijo nya gan

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Spoiler for picture:


Quote:
Penilaian GRP Thread ane
( Timpukan CENDOL dari agan-agan) :

freakyaho | yudiboys | KonnaX | brother bear




Quote:
Agan-agan yang bantu ngejawab :

XoteX | binn85 | suksesnya




Spoiler for info tambahan dari agan agan lainnya:


Thread ane yang terkait gan :
Spoiler for archived now ! :
emoticon-Matabelo nice inpo gan ... emoticon-Embarrassment
Hobi banget minum kopi ya gan?
Daritadi bikin trit soal kopi mulu nih.. emoticon-Big Grin
Mantab dah pokoknya..
Hehehehehe..
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
nice inponya gan
nice share ya gan baru tau ane
ane baru tahu kalo luwaknya ternyata di ternak, kirain kopi hasil mungut kotoran luwak di kebon2 emoticon-Hammer
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
nice inpoh gan....emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By kecoakbunting
ane baru tahu kalo luwaknya ternyata di ternak, kirain kopi hasil mungut kotoran luwak di kebon2 emoticon-Hammer


iyaa gan,,emoticon-I Love Indonesia
Bukannya dari kotoran luwak itu gan?
wah nice inpoh nee...

bagus lah..
wah ane demen klo ngopi aplagi pagi..emoticon-Big Grin
ini kopi yang enak menurut ane emoticon-thumbsupNah, ini tentang Kopi Luwak (salah satu kopi kelas dunia lho)....Masuk gan !
pengen cobain gan ..

ane doyan ngopi ..

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
MINUM emoticon-Tai: emoticon-Tai:
bukan kelas dunia lagi kali gan. ini mah termahal di dunia tau emoticon-Belo
ane mah minum teh aja deh
teh tubruk
wkwk
KOPI KOPI KELAS DUNIA GAN....MASUKK...!!

KOPI ROBUSTA DARI INDONESIA TERMASUK LHO....!

Nah, ini tentang Kopi Luwak (salah satu kopi kelas dunia lho)....Masuk gan !

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Ini y dicari2 starbak gan...
Ane yakin racikan starbak pake kopi luwak...

Kemaren ane liat di tipi, secangkir nya 100ribu...
Itu blum masuk starbak gan, kalo udah masuk mah, bsa 500rbuan scangkir...!Nah, ini tentang Kopi Luwak (salah satu kopi kelas dunia lho)....Masuk gan !
Klo gw g mao ah,tu kan kopi keluar dr kotoran luak,setelah dia makan.
Ngeri aja,biar dah dibersihin.Nah, ini tentang Kopi Luwak (salah satu kopi kelas dunia lho)....Masuk gan !