alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004215527/tips-membersihkan-cerumen-pada-lubang-telinga
Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga
Banyak yang menganggap bahwa kotoran telinga yang berwarna kuning atau coklat merupakan hasil aktifitas bakteri. Itu merupakan pemahaman yang salah. Kotoran telinga yang dalam bahasa ilmiah disebut cerumen, sebenarnya diproduksi oleh telinga itu sendiri, tepatnya pada kelenjar kulit pada lubang telinga bagian luar.

Cerumen yang bersifat lengket mempunyai fungsi sebagai mekanisme pertahanan tubuh, yaitu melindungi kulit sensitif di dalam lubang telinga dari masuknya kotoran, kulit mati, dan benda-benda lain yang bisa menimbulkan masalah. Cerumen juga bersifat asam sehingga juga berfungsi sebagai anti bakteri yang kuat. Lapisan cerumen yang licin berfungsi mencegah bintik-bintik kering dan mengurangi rasa gatal.
Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga
Di dalam lubang telinga sendiri, mekanisme tubuh mampu membersihkan sendiri lubang telinga yang kotor jika berfungsi dengan baik. Kotoran telinga akan keluar dari lubang telinga dengan sendirinya, prosesnya dibantu setiap kali rahang bergerak untuk berbicara atau mengunyah. Di saat kotoran telinga keluar pada bagian telinga yang terlihat, disitulah bagian yang aman untuk membersihkan kotoran telinga. Pada dasarnya, kehadiran cerumen memberikan banyak keuntungan bagi tubuh, dan upaya untuk membersihkan cerumen dari lubang telinga akan menimbulkan banyak masalah dan kerusakan pada pendengaran.

Cerumen diproduksi pada sepertiga bagian luar lubang telinga, dan secara normal tidak mungkin bergerak masuk ke dalam daerah gendang telinga yang sangat sensitif, kecuali adanya tekanan dari luar. Membersihkan lubang telinga dengan kapas pembersih (cotton bud) justru akan mendorong cerumen masuk ke dalam daerah yang sangat sensitif. Bahaya yang ditimbulkan adalah infeksi dan kemungkinan gangguan pendengaran. Jika cerumen terakumulasi di daerah gendang telinga, cerumen bisa menyebabkan tinnitus (radang gendang telinga). Membersihkan cerumen juga menyebabkan kulit pada lubang telinga rawan terkena infeksi dan akan meningkatkan pertumbuhan bakteri karena hilangnya sifat asam pada lubang telinga.
Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga

Bahaya terbesar dari membersihkan cerumen dari lubang telinga adalah pecahnya gendang telinga, kemudian munculnya infeksi bakteri yang mematikan pada gendang telinga yang pecah. Dimana pada tahun 2008, seorang pria berasal dari Montreal, Canada meninggal dunia karena infeksi yang berasal dari gendang telinga yang pecah akibat dari membersihkan telinga dengan cotton bud. Seperti yang dijelaskan di atas, cerumen tidak diproduksi di daerah dekat gendang telinga. Namun karena banyak orang tidak tahu, mereka berusaha membersihkan telinga sedalam mungkin mendekati gendang telinga.

Cara yang baik untuk membersihkan telinga adalah menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat, jangan air dingin ataupun terlalu panas. Bersihkan bagian luar dari lubang telinga, tempat keluarnya kotoran telinga dan jangan memasukkan benda yang berbentuk stick (tongkat) seperti cotton bud, jari, pensil, dll. Jika anda merasa ada gangguan seperti infeksi pada telinga anda, segera konsultasikan dengan dokter anda.

Semoga berguna informasinya, bila emoticon-Repost mohon di maafkan emoticon-Malu
[center]lapak ane --->boneka mote gan<---:D[/center]
join grup kami!!
>> ISENG ISENG PERTAMAX <<

tips yang bagus ganemoticon-Angkat Beer
takutnya ntar pecah gendang telinga gan .. emoticon-Takut (S)
mantap bro infonya emoticon-Angkat Beer selama ini sih gw bersihinnya pake cotton but
oh pake handuk, soalnya gw baca trit yang pernah jadi HT jadi takut gw gan bersihin kuping
wah berguna banget nih

Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga
wow TS nya mo nyaingin tritnya anak HTH yang jadi HT yah emoticon-Peace
nais inpo gan, ijin nyimak emoticon-I Love Kaskus
wah keknya ribet tuh gan caranya, kalau pake katon but tapihati hati sih menurut gw ga papa kok gan
baru tahu gw gan kalau cairan kuning itu bukan kotoran emoticon-Belo
emoticon-coffee_emoticon-Maluemoticon-Hi
Waah memang harus gt tuh, kalau pakai cotton bud kadang nusuknya suka terlalu dalem.. Kadang ane suka nyucinya di laundry gan emoticon-Embarrassment emoticon-Hammer
===========================
Yuk kita sama sama pahami TARGET dan TUJUAN di KASKUS Lounge :D
Selamatkan Lounge KASKUS ya gan :Peace:
Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga

Tips Membersihkan Cerumen Pada Lubang Telinga
kalau di desa gw CURAK gan nyebutnya, ga jauh beda sih artinya...
Well noted gan, thanks for sharing..... emoticon-2 Jempol
mantap bro infonya emoticon-Angkat Beer ijin bukmark yah
cerumen tuh apa ya? ane nyimak dulu deh.
gw pernah di bersihin pake tehnik bakar lilin gan enak tuh rasanya emoticon-Angkat Beer
makaseh gan atas ilmunya emoticon-shakehand

saya sering kemasukan kotoran emoticon-Frown
ternyata ada teknik yang aman yah gan, makasih gan sharenya
masalah lubang telinga emang harus hati hati gan bersihinnya emoticon-Angkat Beer
tips dari ane sederhana juga sih.. bersihin aja telinga sekalian pas mandi pake handuk emoticon-Big Grin