alexa-tracking

Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004144753/kota-solo-surakarta-the-spirit-of-java
Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java
Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java

Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java

Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java

Sejarah Kota Surakarta (Solo)
Quote:
Sejarah Kota Surakarta bermula ketika Sunan Pakubuwana II memerintahkan Tumenggung Honggowongso dan Tumenggung Mangkuyudo serta komandan pasukan Belanda J.A.B. Van Hohendorff untuk mencari lokasi Ibukota Kerajaan Mataram Islam yang baru, setelah ibukota kerajaan Mataram yg terletak di Kartosuro rusak oleh pemberontakan Tionghoa yg di bantu oleh R.M Said.

Mempertimbangan faktor fisik dan non fisik, akhirnya terpilih suatu desa di tepi Sungai Bengawan yang bernama desa Sala (1746 M atau 1671 Jawa).

Sejak saat itu desa Sala berubah menjadi Surakarta Hadiningrat dan terus berkembang pesat.

Karena propaganda kolonialisme Belanda, kemudian terjadi pemecahan pusat pemerintahan menjadi dua, yaitu pusat pemerintahan di Surakarta dan Yogyakarta. Selanjutnya, Kasunanan Surakarta dipimpin oleh PB II ( Pakubuwono II ). Sedangkan Kasultanan Jogjakarta dipimpin oleh HB I ( Hamengkubuwono I )
Hal tersebut ditandai Melalui Perjanjian Giyanti, 13 Februari 1755. Dan kemudian Surakarta dipecah lagi dalam perjanjian Salatiga 1767 menjadi Kasunanan dan Mangkunegaran. Sebagai bentuk kesepakatan R.M Said (Mangkunegoro I) dan PB II yang di fasilitasi (dalangi) oleh kolonial Belanda.

Dari fakta sejarah kota Surakarta, perkembangan Surakarta pada jaman dahulu sangat dipengaruhi oleh keberadaan pusat pemerintahan Kasunanan dan Mangkunegaran,

Benteng Vastenburg sebagai pusat pengawasan kolonial belanda terhadap Surakarta serta Pasar Gedhe Hardjonagoro (Thomas Kaarsten) sebagai pusat perekonomian kota.

Kota Surakarta didirikan pada tahun 1745, ditandai dengan dimulai pembangunan Keraton Mataram sebagai ganti keraton di Kartasura yang hancur akibat pemberontakan orang-orang Tionghoa melawan kekuasaan Pakubuwono (PB) II yang bertakhta di Kartasura pada tahun 1742. Pemberontakan ini bahkan mengakibatkan PB II menyingkir ke Ponorogo, Jawa Timur.

Quote:
PETA KOTA SOLO
Spoiler for Buka:

Kota Surakarta adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama Solo, Sala, dan Salakarta. Nama yang terakhir tidak dipakai lagi.

Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Kota ini dulu juga tempat kedudukan dari residen, yang membawahi Karesidenan Surakarta di masa awal kemerdekaan. Jabatan residen sekarang dihapuskan dan diganti menjadi "pembantu gubernur untuk wilayah Surakarta".

Kota Surakarta memiliki semboyan BERSERI yang merupakan akronim dari Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah. Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Solo mengambil slogan pariwisata Solo the Spirit of Java yang diharapkan bisa membangun citra kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa.

Quote:
Geografi.
Kota Solo terletak sekitar 65 km timur laut Yogyakarta dan 100 km tenggara Semarang. Lokasi kota ini berada di dataran rendah (hampir 100m di atas permukaan laut) yang diapit Gunung Merapi di barat dan Gunung Lawu di timur. Agak jauh di selatan terbentang Pegunungan Sewu. Di sebelah timur mengalir Bengawan Solo dan di bagian utara mengalir Kali Pepe yang merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai Solo.

Tanah di Solo bersifat pasiran dengan komposisi mineral muda yang tinggi sebagai akibat aktivitas vulkanik kedua gunung api yang telah disebutkan di atas. Komposisi ini, ditambah dengan ketersediaan air yang cukup melimpah, menyebabkan dataran rendah ini sangat baik untuk budidaya tanaman pangan, sayuran, dan industri, seperti tembakau dan tebu. Namun demikian, sejak 20 tahun terakhir industri manufaktur dan pariwisata berkembang pesat sehingga banyak terjadi perubahan peruntukan lahan untuk kegiatan industri dan perumahan penduduk.

Batas-batas administrasi.
Surakarta berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

Kependudukan.
Jumlah penduduk kota Surakarta pada tahun 2003 adalah 552.542 jiwa terdiri dari 270.721 laki-laki dan 281.821 wanita, tersebar di lima kecamatan yang meliputi 51 kelurahan. Perbandingan kelaminnya 96,06% yang berarti setiap 100 orang wanita terdapat 96 orang laki-laki. Angka ketergantungan penduduknya sebesar 66%. Jumlah penduduk tahun 2003 jika dibandingkan dengan jumlah penduduk hasil sensus tahun 2000 yang sebesar 488.834 jiwa, berarti dalam 3 tahun mengalami kenaikan sebanyak 83.708 jiwa. Catatan dari tahun 1880 [3] memberikan cacah penduduk 124.041 jiwa.

Jika wilayah penyangga Surakarta juga digabungkan secara keseluruhan (Soloraya - Surakarta + Kartasura, Colomadu, Baki, Grogol, Palur), maka luasnya adalah 130 km². Penduduknya berjumlah 850.000 jiwa.

Pembagian Administratif
Surakarta dibagi menjadi lima kecamatan. Setiap kecamatan dibagi menjadi kelurahan, lalu setiap kelurahan dibagi menjadi kampung-kampung yang kurang lebih setara dengan Rukun Warga.

Kecamatan di Surakarta:

Kecamatan Banjarsari
Kecamatan Jebres
Kecamatan Lawiyan (disebut juga Laweyan)
Kecamatan Pasar Kliwon
Kecamatan Serengan

Surakarta dan kota-kota satelitnya (Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki, Ngemplak) adalah kawasan yang saling berintegrasi satu sama lain. Kawasan Solo Raya ini unik karena dengan luas kota Surakarta sendiri yang hanya 44 km persegi dan dikelilingi kota-kota penyangganya yang masing-masing luasnya kurang lebih setengah dari luas kota Surakarta dan berbatasan langsung membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat.

Quote:
Cikal bakal "Solo Kota Patung"
....patung ada di mana-mana..
Quote:
Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:


Kraton Surakarta Hadiningrat.
Quote:
Spoiler for Buka:


Istana Mangkunegaran.
Quote:
Spoiler for Buka:



Balaikota Solo
Quote:
Spoiler for Buka:



Gapura Gading
Quote:
Spoiler for Buka:



Gelora Manahan Stadion Solo
Quote:
Spoiler for Buka:


\t
Institut Seni Indonesia (ISI) Solo
Institut Seni Indonesia (Indonesian Institute of Art-studies), ISI Surakarta / Solo
Quote:
Spoiler for Buka:



Wisata sekitar Solo: Candi Sukuh
Candi Sukuh terletak di kaki Gunung Lawu (3.200 meter), sekitar 40 km sebelah timur Kota Solo...
Quote:
Spoiler for Buka:



Wisata sekitar Solo : Candi Cetho
Quote:
Spoiler for Buka:



Wisata Gerojokan Sewu
Quote:
Spoiler for Buka:



Upaca Adat di Solo Kirap Keratos Surakarta
Quote:
Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:

Spoiler for Buka:



Makanannya gan :
Quote:
Spoiler for Buka:



Quote:
VIDEO BATIK CARNIVAL
youtube-thumbnail



Quote:
Lanjutannya gan
SOLO Masa kini dan tetap berbudaya


TAMBAHAN DARI KASKUSER
Quote:Original Posted By sinyalkumat
Tambahan....
Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java
Patung Jatayu (burung garuda) merupakan bentuk ucapan selamat datang memiliki tinggi -/+ 5 meter.

Quote:Original Posted By devanwidharta
gaaaaaan kurang satu yang penting tuh
UNS ( universitas Sebelas Maret ) univ negri no urut 6 terbaik se Indonesia dan masuk sebagai 200 univ terbaik se asia
Universitas Sebelas Maret
Spoiler for Buka:


Quote:Original Posted By sinyalkumat
Spoiler for Sepur Klutuhk Jaladara:



Lanjut di bawah gan
Maaf gan tadi cuma muncul tulisannya doang... emoticon-Peace

makasih infonyaa.. emoticon-shakehand
tapi katanya denger denger dulunya sultan solo itu asalnya dari jogja ya gan?
gmana cerita lengkapnya...???
mantad gan ijin nyimax
nice info gan..nice pict...
mmhmmm......jdi tw lbih bnyak kota solo nie...
gw juga suka ota solo gan

nice emang
PENGEN KE SOLOOOO, katanya makanannya enak2, benar ga sih?emoticon-I Love Indonesia

Ngakak 

ANE PERTAMAX GAN...

TAPI BOONG..
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

eh gan,cewenya bohai2 lho di solo..

ane orang solo asle sjak lahir.

mau nanya ae ttg solo ane jawab de..

asal jgn no hape ane ye.

emoticon-Big Grin
lanjutan :
Kota Solo The Spirit of Java

Solo masa kini masih tetap berbudaya dan menjadi the spirit of java dengan keindahan budayanya dan wisatanya

Bandaranya
Spoiler for Solo:


Tempat wisatanya
Spoiler for Solo:


Sungainya
Bengawan Solo
Spoiler for Solo:


Pasarnya
Spoiler for Solo:


Spoiler for Solo:


Budayanya
Spoiler for Solo:

Spoiler for Solo:

Spoiler for Solo:

Spoiler for Solo:

Spoiler for Solo:


Penutup
Spoiler for Solo:



JANGAN LUPA MAMPIR :

Kota Solo The Spirit of Java

Milan Expo Sungguh Megah dan Keren


Tambahan dari agan
Quote:Original Posted By belum.terdafar
ane tambahin gan
Taman Balekambang
Spoiler for balekambang:

Gedung Wayang Orang Sriwedari
Spoiler for gwo:

Ini rumah dinasnya Pak Wali
Loji Gandrung
Spoiler for loji gandrung:


* gambar di ambil dari google, soalnya setelah ane cari2 di koleksi foto ane ternyata ga ada.


Quote:Original Posted By rip176
Nice thread gan...
Solo emang asyik...
Mampir thread ane jga ya gan...
(info) kapan waktu paling asyik buat jalan-jalan ke kota solo......http://m.kaskus.co.id/thread/4135909Kota SOLO (SURAKARTA) The Spirit of Java
Quote:Original Posted By Koswara
Maaf gan tadi cuma muncul tulisannya doang... emoticon-Peace

makasih infonyaa.. emoticon-shakehand
tapi katanya denger denger dulunya sultan solo itu asalnya dari jogja ya gan?
gmana cerita lengkapnya...???


gara2 pas jaman belanda gan,sebenarnya sultan HB ama sultan AM sodara karena perbedaan aja HB cedenderung pro belanda kalo AM cebderung menentang...jadi AM bikin kota pemerintahan sendiri di Solo..kalo ga salah gituemoticon-Embarrassment
solo hadiningrat...emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By sayid pudlian
solo hadiningrat...emoticon-Smilie


bantu rate donk gan..
Quote:Original Posted By champions
PENGEN KE SOLOOOO, katanya makanannya enak2, benar ga sih?emoticon-I Love Indonesia

bener banget gan..
ada pecel ndeso, cabok rambak, dawet pasar gedhe, srabi notosuman {nyang ni lezist abiss} ,timlo sastro, bebek goreng pak slamet, etc..
manteb dah pokoe..
Quote:Original Posted By Koswara
Maaf gan tadi cuma muncul tulisannya doang... emoticon-Peace

makasih infonyaa.. emoticon-shakehand
tapi katanya denger denger dulunya sultan solo itu asalnya dari jogja ya gan?
gmana cerita lengkapnya...???


kalo stau saya gan, emg dulu mataram jd 1 wilayah,mliputi jogja n solo n skitarnya.
tp krn solo pro blanda,pecah deh jdi dua..
jd bukan dr jogja,tp dulu emg 1 wilayah..

emoticon-Kiss
CMIIW,,
kangen ke klewernya gan
FJB yg murah meriah
Quote:Original Posted By aryakoes
kebetulan ane juga orang solo gan

wah tiyang pundhi panjenengan gan?
ane tiyang kadipiro hadiningrat..
emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By susuGaPakeTeh
gara2 pas jaman belanda gan,sebenarnya sultan HB ama sultan AM sodara karena perbedaan aja HB cedenderung pro belanda kalo AM cebderung menentang...jadi AM bikin kota pemerintahan sendiri di Solo..kalo ga salah gituemoticon-Embarrassment


gak kebalik ya gan??
bukanya pakubuwono yg pro ama belanda??

CMIIW,,
bantu emoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahari gan..
jadi pengin mudik nih....
Spoiler for kangen sma ku:
wahh.... solo enknya makanan apa ya.... lgi laper neh... heheh emoticon-Big Grin
nice info gan! update ttg kuliner nya ya gan emoticon-I Love Indonesia
apiik tenan gan!
tERIMAKASIH gan atas infonya emoticon-Smilie
keep Posting info2x yang bermanfaat ya emoticon-Smilie

BTW dah pada kemari belom??
ditunggu yah...TS nya juga emoticon-Embarrassment


GRACE GRONER, SANG NENEK DERMAWAN PENYUMBANG 70 MILIAR UNTUK PENDIDIKAN