alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003885102/berbagai-tips-membersihkan-memperbaiki-cd-dvd-yang-tergores
Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores
Quote:Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

CD atau DVD yang sudah lama kadang mengalami kerusakan di permukaannya, misalnya goresan sehingga susah dibaca lagi. Sebelumnya saya pernah menulis tentang software gratis untuk recovery CD/DVD seperti ini dengan Recovery Toolbox. Tetapi sebelumnya, kita bisa mencoba berbagai tips berikut untuk membersihkan kepingCD/DVD.
Berbagai cara berikut bisa dilakukan, seperti dengan Pasta gigi, Vaseline, Pledge, Brasso atau dengan Pisang dan kulitnya
Sebelum melakukan hal ini, perlu dicek terlebih dahulu bahwa kondisi CD-ROM atau DVD-ROM/RW kita masih bagus, karena CD/DVD-ROM/RW yang sudah lama, kemampuan bacanya akan berkurang. Sehingga bisa jadi kusulitan membaca itu juga karena umurnya sudah lama dan sering sekali dipakai. Untuk memastikan hal ini, bias dicoba di beberapa komputer lain.

Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

Membersihkan goresan CD/DVD dengan Pasta Gigi
Karena hampir semua orang mempunyai pasta gigi, mungkin cara ini yang perlu dicoba pertama kali. Caranya:
1. Siapkan CD/DVD yang permukaannya tergores baik sedikit atau banyak
2. Siapkan kain, kapas atau tissu yang lembut
3. Ambil pasta gigi, oleskan pada kain dan usapkan pada permukaan CD/DVD.
4. Gosok berulang-ulang dengan lembut sampai terlihat goresannya menghilang atau mulai hilang.
5. Setelah selesai, bersihkan dengan air kemudian tinggal di test.

Membersihkan dengan Vaseline
Bagi anda yang mempunyai Vaseline, bisa juga digunakan untuk membersihkan atau memperbaiki CD/DVD yang tergores. Caranya mirip dengan pasta gigi. Gunakan kain yang lembut dan oleskan vaseline di kain kemudian bersihkan permukaan CD/DVD yang tergores, ulangi sampai terlihat goresannya hilang atau terlihat bersih.

Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

Membersihkan dengan Pisang
Selain enak dimakan, sedikit pisang dan kulit pisangnya ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan keping CD/DVD yang tergores. Caranya :
Siapkan CD/DVD yang tergores/kotor
Ambil pisang, kupas dan gosokkan pisang di permukaan CD/DVD secara memutar
Seka dengan kulit pisangnya. Bagian lilin dari kulit pisang akan membantu memperbaiki dan membersihkan permukaan CD/DVD
Ambil kain yang bersih dan lembut kemudian bersihkan permuakaan CD-nya dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan, selama 3-4 menit
Setelah selesai bersihkan dengan pembersih kaca jika ada.

Membersihkan dengan Pledge
Pledge yang biasanya digunakan untuk membersihkan furniture atau perabot rumah tangga, bisa juga digunakan untuk membersihkan CD/DVD yang tergores. Caranya sama dengan sebelumnya, semprotkan Pledge di keping CD/DVD kemudian gosok dengan kain yang lembut secara perlahan, sehingga goresan di CD akan tertutupi oleh lapisan lilin.

Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

Membersihkan CD dengan Brasso
Jika berbagai cara diatas tidak berhasil, Brasso bisa dijadikan alternatif. Caranya mirip seperti di atas, gunakan kain yang lembut, kemudian teteskan brasso di kain tersebut. Gunakan untuk mengelap permukaan CD sampai terlihat goresan menghilang atau menjadi halus kembali. Setelah selesai bersihkan dan coba CD tersebut.
Berbagai cara diatas bisa dicoba dan di praktekkan, tetapi untuk CD atau DVD dengan kerusakan yang parah (goresan sangat dalam atau sangat banyak), mungkin tidak akan mudah, meskipun tidak ada salahnya untuk dicoba. Tips ini diambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat


emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Silahkan berkunjung ke thread ane...
Tips Membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores
Tips Mengecek dan Memperbaiki Dead Pixel Monitor LCD
ijin bookmark gan emoticon-shakehand

thanks buat infonya...

kebetulan ane perlu info ini emoticon-Angkat Beer
ooo gitu gan
nice info ganemoticon-I Love Kaskus
wah boleh juga tuh dicoba
tapi yg pake pisang apa iya bisa emoticon-Big Grin
wah nice info gan...
gile benar atas ane cepat banget.......!!!!
nice info gan . .
lumayan mumpung lagi punya pledge . .
boleh nih dicoba...
kaset PC ane baret smua emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
nais inpoh banget, DVD ane sering banget tergores emoticon-Frown
nice info gan . .
lumayan mumpung lagi punya pledge . .
keren gan

ijin bookmark yah gan
wew, thx bro...
sbagian udah pernah tau tapi nice inpoh dehh

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
terimakasih atas infonya gan..
sangat menolong..

ane bookmark yah..

emoticon-I Love Kaskus
emang uda dibuktikan gan ?
banyak juga trik nya ya . Ampe pake Psiang segala emoticon-Big Grin

Thx For share Gan emoticon-shakehand
seriusan pake odol??? keren amat emoticon-Big Grin
neh dy info yg brguna wat ane.. buat bersihin cd b**ep yg ane pinjem dari tmn ..
wew, pake pisang juga bisa yah gan? emoticon-Nohope
tapi worth to try

(nyari cd rusak dulu, mau dipraktekkin). . . . . . . . emoticon-Ngacir

penemuan baru ya bro

keren juga nih infonya...ntar ane coba deh..tertarik ngt nih..sebab paling sebel klo lagi nonton tp cd/dvdnya ngelek..
nah u/ menghindarkan jamuran gmn caranya ya gan..

Spoiler for macbook black gan!:
mang /bisa gan dari pasta gigi