alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003864081/bahaya-formalin-dan-pencegahannya
bahaya formalin dan pencegahannya...
Formalin Adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk.di dalam formalin terkandung sekitar 37 persenformaldehid dalam air, biasanya ditambah methanol hingga 15 persen sebagai pengawet. Formalindikenal sebagai bahan pembunuh hama ( desinfektan )dan banyak digunakan dalam industri.

Spoiler for Nama lain dari Formalin!!:


Spoiler for Penggunaan Formalin:


Bahaya bila terpapar oleh Formalin
Bahaya utama :

- Formalin sangat berbahaya bila terhirup, mengenai kulit dan tertelan.
Akibat yang ditimbulkan dapat berupa : Luka baker pada kulit, Iritasi pada
saluran pernafasan, reaksi alergi dan bahaya kanker pada manusia.


Bahaya Jangka Pendek (akut) :
1. Bila terhirup
* Iritasi pada hidung dan tenggorokan, gangguan pernafasan, rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan serta batuk-batuk
* Kerusakan jaringan dan luka pada saluran pernafasan seperti radang paru, pembengkakan paru.
* Tanda-tanda lainnya meliputu bersin, radang tekak, radang tenggorokan, sakit dada yang berlebihan, lelah, jantung berdebar, sakit kepala, mual dan muntah.
* Pada konsentrasi yang sangat tinggi dapat menyebabkan kematian.

2. Bila terkena kulit
Apabila terkena kulit maka akan menimbulkan perubahan warna, yakni kulit menjadi merah, mengeras, mati rasa dan ada rasa terbakar.

3. Bila terkena Mata
Apabila terkena mata dapat menimbulkan iritasi mata sehingga mata memerah, rasanya sakit, gatal-gatal, penglihatan kabur, dan mengeluarkan air mata. Bila merupakan bahan beronsentrasi tinggi maka formalin dapat menyebabkan pengeluaran air mata yang hebat dan terjadi kerusakan pada lensa mata.

4. Bila tertelan
Apabila tertelan maka mulut,tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah, dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipotensi ( tekanan darah rendah ), kejang, tidak sadar hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pancreas, system susunan saraf pusat dan ginjal.

Bahaya Jangka panjang ( kronis ):
1. Bila terhirup
Apabila terhirup dalam jangka waktu lama maka akan menimbulkan sakit kepala, ganggua pernafasan, batuk-batuk, radang selaput lendir hidung, mual, mengantuk, luka pada ginjal dan sensitasi pada paru Efek neuropsikologis meliputi gangguan tidur, cepat marah, keseimbangan terganggu, kehilangan konsentrasi dan daya ingat berkurang. Gangguan head dan kemandulan pada perempuan Kanker pada hidung, rongga hidung, mulut, tenggorokan, paru dan otak.

2. Bila terkena kulit
Apabila terkena kulit kulit terasa panas,mati rasa serta gatal-gatal serta memerah,kerusakan pada jari tangan, pengerasan kulit dan kepekaan pada kulit dan terjadi radang kulit yang menimbulkan gelembung.

3. Bila terkena Mata
Jika terkena mata bahaya yang menonjol terjadinya radang selaput mata.

4. Bila tertelan
Jika tertelan akan menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan ,muntah-muntah dan kepala pusing, rasa terbakar pada tenggorokan, penurunan suhu badan dan rasa gatal di dada.

Tindakan Pencegahan :
1. Terhirup
Untuk mencegah agar tidak terhirup gunakan alat pelindung untuk pernafasan seperti masker, kain atau alat pelindung lainnya yang dapat mencegah kemungkinan masuknya formalin kedalam hidung atau mulut Lengkapi alat ventilasi dengan penghisap udara ( exhaust fan )yang tahan ledakan.

2. Terkena Mata
Gunakan pelindung mata / kaca mata,penahan yang tahan terhadap percikan Sediakan kran air untuk mencuci mata ditempat kerjayang berguna apabila terjadi keadaan darurat.

3. Terkena Kulit
Gunakan pakaian pelindung bahan kimia yang cocok Gunakan sarung tangan yang tahan bahan kimia.

4. Tertelan
Hindari makan,minum dan merokok selama berkerja, cuci tangan sebelum makan.

Tindakan Pertolongan Pertama :
1. Bila Terhirup
Jika aman memasuki daerah paparan,pindahkan penderita ketempat yang aman bila perlu gunakan masker berkatup atau peralatan sejenis unuk melakukan pernafasan buatan Segera hubungi Dokter.

2. Bila terkena Mata
Bilas mata dengan air mengalir yang cukup banyak sambil mata dikedip-kedipkan pastikan tidak ada lagi sisa formalin di mata Aliri mata dengan larutan dengan larutan garam dapur 0,9 persen ( seujung sendok the garam dapur dilarutkan dalam segelas air ) secara terus menerus sampai penderita siap dibawa ke Rumah Sakit Segera bawa ke Dokter.

3. Bila terkena Kulit
Lepaskan pakaian, perhiasan dan sepatu yang terkena Formalin,Cuci kulit selama 15- 20 menit dengan sabun atau deterjen lunak dan cair yang banyak dan dipastikan dan dipastikat sudah tidak ada lagi bahan yang tersisa dikulit ,pada bagian yang terbakar ,lindungi luka dengan pakian yang kering ,steril dan longgar,bila perlu segera hubungi dokter.

4. Bila tertelan
Bila diperlukan segera hubungi dokter atau dibawa ke rumah sakit.
Cara penyimpanan Formalin :
- Jangan di simpan di lingkungan bertemperatur di bawah150C.
- Tempat penyimpanan harus terbuat dari baja tahan karat,alumunium murni,polietilen atau polyester yang dilapisi fiberglass.
- Tempat penyimpanan tidak boleh terbuat dari baja besi,tembaga,nikel atau campuran seng dengan permukaan yang tidak dilindungi/dilapisi.
- Jangan menggunakan bahan alumunium bila temperatur lingkungan berada di atas 60 derajat celcius.


Sumberr

semoga bermanfaat untuk kita semuaaa.. emoticon-Smilie emoticon-Smilie

mhon jgn lupa di rate ***** yah!!! n komen2 jg emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Spoiler for textt:


jika berKenan berilah ijo2 emoticon-Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Cendol (S) thnkz!


Quote:mampir nih!!!!

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

bahaya formalin dan pencegahannya...
ohh gitu ya bro emoticon-I Love Kaskus

bahaya formalin dan pencegahannya...

"PERTAMAX BUKAN SEGALANYA, TETAPI TANPA PERTAMAX JUNKER TIDAK ADA ARTINYA"

[URL='http://userscripts.org/scripts/show/62356'][IMG]http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif[/IMG][/URL]
bahaya formalin dan pencegahannya...
for malin kundang??
nice info

bahaya formalin dan pencegahannya...
makasih gan infonya emoticon-Big Grin
bhya lah nmanya pengawet mayat
nice info gan, ane musti hati hati nih.
pejwan deeeh
keparat orang2 yg jual makanan pake formalin...
gw sumpahin kualat...
efek sampingnya bahaya jg y gan... emoticon-Takut
nice info gan, ane musti hati hati nih.
pejwan deeeh
inpoh yg menarik nih gan emoticon-thumbsup:

pokoknya kaskus banget dah emoticon-Kaskus Banget

emoticon-I Love Kaskus
nice info gan,
mantab gan emoticon-Angkat Beer
cara praktis hindarin,,,
gimana gan,,,

skarang semua dah menghalalkan sgala cara,,,
Thx gan skr kita emang harus hati hati saat makan emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By Mangga2Mall
Thx gan skr kita emang harus hati hati saat makan emoticon-Angkat Beer



bnerr gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pendekarkipas
cara praktis hindarin,,,
gimana gan,,,

skarang semua dah menghalalkan sgala cara,,,


bner gan,, ya kita hanya harus waspada gan terhadap makanan2 "itu" kek gor*ngan dll
wah asliii,,baha bgt tuh gan dampaknya
Quote:Original Posted By cutest.amanda18
wah asliii,,baha bgt tuh gan dampaknya


hehe iya gan emoticon-Big Grin
Liat akibatnya bikin takut gan emoticon-Takut