alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003762363/rahasia-kacamata-3d
Rahasia kacamata 3d
Rahasia Kacamata 3D

Ditulis oleh Wahyu Riyadi pada 01-04-2010

Meskipun tahun 1950 dianggap sebagai era film 3 dimensi, film 3D pertama, ‘The Power of Love’, justru di buat pada tahun1922. Sejak saat itu penggunaan teknologi 3D dalam layar lebar atau televisi telah mengalami pasang surut popularitas. Dan bagi yang telah merasakan menonton film 3D ini, harus mengakui bahwa kacamata 3D sangatlah fantastis dan efisien.

Kacamata ini membuat membuat gambar pada film bioskop dan televisi seperti adegan 3 dimensi yang terjadi tepat di depan anda. Dengan objek bergerak keluar masuk layar dan seolah menuju ke arah anda, dan tokoh jahat yang bergerak keluar untuk menangkap dan meraih tangan anda, kacamata 3D membuat anda merasa bagian dari adegan film, tidak hanya seseorang yang duduk disana menonton adegan tersebut. Mengingat alat ini mempunyai nilai entertainment yang tinggi, anda akan terkejut betapa sederhananya sebetulnya kacamata 3D ini.

Pada artikel kali ini, kita hanya akan membicarakan dua tipe kacamata 3D yang paling populer digunakan. Namun sebelum itu,terlebih dulu kita cari tahu tentang sistem binocular.

Manusia lahir dengan dua buah mata dan sistem penglihatan binocular yang sangat luar biasa. Untuk objek dengan jarak lebih dari 20 kaki (6 samapi 7 meter), sistem binocular membuat kita mudah menetukan seberapa jauh jarak objek tersebut secara akurat. Sebagai contoh. Jika ada beberapa objek di depan, kita akan dengan mudah mengetahui objek mana yang lebih jauh dan objek mana yang lebih dekat, serta seberapa jauhnya jarak objek tersebut dengan kita. Apabila anda melihat dunia dengan sebelah mata tertutup, anda akan tetap dapat memperkirakan jarak, namun keakuratan perkiraan jarak akan menurun.

Untuk melihat seberapa besar perbedaannya, mintalah seorang teman untuk melemparkan bola dan coba untuk menangkap bola tersebut sementara sebelah mata anda tertutup. Juga coba pada ruangan yang sedikit cahaya atau pada malam hari. Pada kondisi ketersediaan cahaya sedikit, perbedaan akan semakin terlihat. Akan lebih sulit untuk menangkap bola hanya dengan sebelah mata terbuka di banding kedua mata terbuka.

Atau lakukan percobaan berikut.

Fokuskan pandangan anda pada gambar sebuah mata di bawah ini. Lalu taruh ibu jari didepan hidung anda menghalangi pandangan. Pandangan tetap fokus pada gambar mata tadi. Maka anda akan melihat gambar mata tersebut berada diantara dua ibu jari. Dan jika fokus pandangan anda alihkan pada ibujari anda, maka ibujari anda berada di antara gambar dua mata. Jika hasil yang anda dapatkan seperti itu, maka sistem binocular anda masih berfungsi baik.



Sistem penglihatan binocular berdasarkan pada kenyataan bahwa dua mata kita terpisah dengan jarak 2 inchi (5 cm). Dengan demikian setiap mata melihat dunia dari perspektif yang sedikit berbeda, dan otak menggunakan perbedaan tersebut untuk menghitung jarak secara akurat. Otak memiliki kemampuan untuk mengkorelasikan dan memperkirakan posisi, jarak, bahkan kecepatan suatu benda melalui data yang diperoleh dari sistem binocular mata.

Dalam menonton film 3D, alasan kenapa anda memakai kacamata 3D adalah untuk mengumpan gambar yang berbeda pada mata. Layar sesungguhnya menampilkan dua gambar, dan kacamata menyebabkan satu gambar masuk ke satu mata, dan gambar lainnya masuk ke mata yang satunya. Terdapat dua sistem umum yang digunakan.

A. Kacamata berbeda warna. Merah/hijau, atau merah/biru.

Sistem ini menggunakan kacamata berbeda warna. Merah/hijau atau yang lebih umum merah/biru. Pada film 3D, proyektor akan menampilkan dua jenis gambar sekaligus. Filter pada kacamata memperbolehkan hanya satu jenis gambar yang masuk ke tiap-tiap mata, kemudian otak akan menyelesaikan sisanya. Sistem kacamata berbeda warna ini mempunyai kelemahan. Warna pada film tidak terlihat dengan baik, sehingga kualitas gambar yang terlihat kurang begitu baik.



B. Kacamata Polarisasi

Di Disney world, Universal studio, dan tempat 3D lainnya, metode yang digunakan adalah lensa polarisasi, karena menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Dua buah proyektor memproyeksikan dua respektif pada layar, masing-masing dengan polarisasi yang berbeda. Kacamata membuat hanya satu image yang masuk ke tiap-tiap mata karena terdapat lensa dengan polarisasi berbeda.


Sebetulnya ada beberapa sistem lagi, namun karena terlalu rumit dan mahal, mereka tidak digunakan secara luas.

http://www.chem-is-try.org/artikel_k...a-kacamata-3d/

Semoga menambah wawasan, masuk aja kelink diatas Gan, menarik...


Thanks komenknya Gan apalagi rate atawa cendol.
Yang sempet jangan lupa :


MAMPIR DIMARI GAN

Buat Momod : Kalo trit ini repost, delete aja Mod. Thanks.

Quote:Original Posted By nanatea
threadnya bagus..tapi di atas ane ada kucing panjang jadimerusak suasana emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By amul999999999
ANJING LONGCAT !!!!!!!!

BIKIN KOMPIE ANE JADI LEMODH !!

emoticon-Blue Guy Bata (L)


Quote:Original Posted By streetteam.
Mangstab gan info 3D nya...
Wooii ada yang pasang Longcat tuh lapor hansip aja gan...
emoticon-Marah


Quote:Original Posted By streetteam.
Mangstab gan info 3D nya...
Wooii ada yang pasang Longcat tuh lapor hansip aja gan...
emoticon-Marah



BUAT MOMOD : TOLONG DONG, LONG CAT-NYA DIDELETE (KALO BISA),TAPI JANGAN THREADNYA emoticon-Ngakak
KASIHAN AGAN2 YANG JADI LEMOT KOMPINYA. PLEASE....
emoticon-Cape d...
thans buat infonya gan..

ane pernha baca soal info ini di salah satu media emoticon-shakehand
baru tau gan

Rahasia kacamata 3d

Quote:Dicek dulu gan emoticon-Big Grin
Ternyata nggambar WAYANG itu ga susah gan!!! kurang dari 2 detik!!!
Kaos Cinta Indonesia
emoticon-I Love Kaskus
hmmm,, lumayan juga ,,
kalo ane sih pernah pake kacamata 3D yg harga 3000-an buat nonton film 3D di SCTV (jaman jadul)
tapi pusing bgd,, buannya gambar 3D yang ane dapet, malah mata jadi pusing, jadi merah biru,,



btw, ane subscribe dulu ya gan,, ntar di baca lagi,,


Rahasia kacamata 3d

Rahasia kacamata 3d


MISTERI BESAR DI BALIK ANGKA-ANGKA DASAR 0 s/d 9
[HOT TRIT] "CACING" PERTAMA DI DUNIA..!!!!
Verifikasi paypal pake rekening bank agan-agan semua..
Isi PAYPAL cara 4 = acme people search (aps)<== lagi naik daun, kalo beruntung, $200 di tangan,,





Spoiler for gagal-pertamax:
ternyata gitu ya gan emoticon-Belo
wahhemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
rahasia yg 4d blm tau bro???emoticon-Kiss
threadnya bagus..tapi di atas ane ada kucing panjang jadimerusak suasana emoticon-Cape d...

haa?

oh begitu... kalau soal mata seperti itu ada di buku biologi smp kelas 2. hahaha.
tapi boleh lah untuk mengingatkan.
:zzz:


emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:


Quote:Quote:Quote:bantu sundul y gan....
Quote:Kotor itu berubah menjadi makanan ringan yang lezat
Quote:Pulau Terpadat di dunia ada di Indonesia
Quote:April Mop, Dikerjai Habis-habisan oleh Google
Quote:Asal Mula 45 Menit Dalam Sepak Bola
Quote:Iklan-Iklan Sepak Bola Keren
sial nih......
ane pikir ape.......
panjang bener emoticon-Big Grin
nais share gan about 3D glasses
wew,, keinget pas SD gan... emoticon-Embarrassment

filmnya di SC*V ... seru nontonnya emoticon-Smilie
Bah ane baru tau gan.
Biasa asal make aja.
Nice share gan. emoticon-I Love Kaskus
Mangstab gan info 3D nya...
Wooii ada yang pasang Longcat tuh lapor hansip aja gan...
emoticon-Marah
emang jd inget jaman dulu pake kacamata 3d buat ntn film di S*tv..
nice info bro...
wew...nice inpo lah!!!


liat jg yg ini
owh gt yua gan,,,,

bru tw ane,,,
bagus gan.,
nais inpoo gann
×