alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003578051/tanya-jawab--seputar-interview-kerja
[ TANYA JAWAB ] Seputar Interview Kerja
Saya hanya ingin sharing pengalaman yang saya hadapi selama bekerja dan mencari kerja. Pengalaman saya ini murni dari sudut pengalaman saya. Bukan berdasarkan teori teori teks book yang di heboh hebohkan oleh para ilmuwan hebat. KOndisi ini di alami di Indonesia

Semoga hal ini berguna untuk kita semua.

Pertanyaan pertama : Boleh Kami telp mantan bos mu untuk bertanya? atau HRD tempat kamu kerja untuk bertanya?
Jika anda menjawab Ya. Maka resiko yang akan anda hadapi.
Bos anda akan tahu anda sedang melamar pekerjaan lain. Alias siap siap dapat sanksi.
Jika anda adalah karyawan yang baik, maka sewajarnya BOS anda pasti tidak akan ingin kehilangan anda. Maka anda akan di jelekan.
Lalu jika anda tidak mengijinkan pun dan pihak perusahaan mau telp bos kamu, maka kamu tidak akan tahu. Saran saya jangan pernah beritahu no telp bos anda dalam alasan apapun.

Pengalaman buruk saya.
Perusahaan saya membutuhkan finance manager yang baru. Maka datanglah sebuah lamaran yang sangat sangat qualified sebut saja namanya ANI. Ketika di tanya apakah kami boleh tanya pada HRDnya atau Bos nya, maka kami di perbolehkan. HRD kami lalu telp bos dan HRDnya dan di dapati jawaban yang sangat memuaskan. Tanpa pakai lama ANI di terima. Maka hari hari neraka pindah ke kantor kami. Sebulan kemudiaan kami mendapat undangan makan malam dari perusahaan ANI pernah kerja. Didalam makan malam tersebut pihak HRD mengucapkan banyak terima kasih karena telah mau menerima ANI berarti mereka hemat pesangon untuk memecat.

Sejak saat itu HRD kami udah kapok kapok tulen untuk konfirmasi. Yang bagus di lepas yang jelek di terima.

Belum lagi kasus kasus lain yang muncul. Dalam setiap interview kita disuruh isi nomor telp teman yang bisa berikan referensi buat kita. Pengalaman saya malah teman teman yang namanya tertulis di jadikan obyek sasaran marketing. jadi lupakan lah segala basa basi. Mungkin ada teman yang pernah melamar di PT AP*** di deut*** bank group dari Cob*** tahukah anda, teman dan sanak saudara anda terus menerus di telp? karena saya pernah pakai no hp saya yang provider lain untuk membuktikan kebenarannya.

Untuk saudara dan keluarga perlu kita beritahu kalau kita sudah kerja. Agar jika kita ada apa apa pihak perusahaan bisa hubungi keluarga kita. Jika belum kerja jangan pernah melakukakannya (terserah juragan semua, jika mau di tindas silahkan aja)

Pertanyaan kedua. Sikap kita menghadapi interview. Jika kita terlalu patuh dianggap tidak punyai keberanian menggambil sikap. Jika kita tampil apa adanya dianggap tidak sopan. Jadi jika anda memang tidak mau di terima pasti banyak alasan yang di kemukakan. Jika anda mau di terima pasti di terima.

Pertanyaan ketiga. Mengapa anda belum menikah pada umur diatas 30an? hai..bung...anda sedang wawancara kerja. Bukan di tanya soal pribadi. Jika HRD punyai sejuta alasan untuk bertanya maka harusnya anda punyai semilyard alasan tidak menjawab. Ini tidak berhubungan dengan kemampuan anda. dan HRD bukan biro jodoh.

Pertanyaan ke empat. Mengapa anda mau meninggalkan perusahaan lama anda dan bergabung disini? hello....mau jawaban jujur atau diplomatis. Jika masih ada HRD yang bertanya pertanyaan ini berarti HRD ini masih menyetujui ospek di masa awal kuliah. Tidak mengupdate kemampuan bertanya nya. Jadi tidak perlu menyesal jika anda tidak bergabung dengan manusia jaman dinosaurus ini. KArena kalau anda jawab mau kembangkan karir dan cari pengalaman baru berarti anda pembohong. Jika anda jujur mengatakan gaji kecil atau teman kantor tidak menyenangkan anda telah melanggar peraturan tiak boleh menjelekan kantor lama.

Pertanyaan kelima. Maukah anda mengambil fasilitas kredit perusahaan? jika anda orang yang tidak suka pindah pindah silahkan. Tapi sebaiknya anda mempertimbangkan hal ini. kejadian yang dialami teman baik. Masuk kerja dan langsung di tawarin ambil cicilan mobil. Diambil masa 3 tahun. Ternyata dalam tenggah perjalanan ada tawaran yang beberapa kali lipat dari perusahaan lama. Waktu mau keluar masalah muncul dengan cicilan mobilnya. ada 2 opsi bayar tunai sesuai harga yang di tentukan perusahaan atau lupakan saja. Jadi sia sia selama mencicil 1 tahun. Terpaksa sana sini cari pinjaman untuk lunasi. capek bukan? dan kredibilitas anda di perusahaan baru juga tidak terlalu bagus. jadi lupakan tawaran setan

Pertanyaan keenam : jika anda di terima, apa yang akan anda lakukan? HRD lalu minta anda buatkan proposal kerja. Hai....bung. ini artinya HRD mulai sok tahu. pengalaman menurut survai kalau sampai hal ini di tanyakan maka 85% anda tidak akan di terima. Hanya ide anda yang di butuhkan saja. Jadi lupakan menyusun sesuai pengalaman.Apa saja. Karena harusnya anda sudah jeli.

Pertanyaan ke tujuh. Bersediakan anda mengikuti test psikologi? kalau gratis boleh kalau anda disuruh bayar. Tolong ingat kembali jangan jangan perusahaan ini hanya mau uang test psikologi anda saja. jangan mau karena anda mencari kerja bukan mau buang uang.

Pertanyaan ke delapan. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? jika di teori adna disaranakan browsing untuk menjawab. Maka dalam praktek nyata tidak boleh bung. Jika anda terlalu tahu berarti membuat HRD was was takut kalau nanti anda masuk kerja maka urusan dapur perusahaan di ketahui anda. Jadi pasang wajah polos saja...

Masih banyak lanjutannya. Saya menunggu masukan dan pertanyaan dari juragan juragan semua

salam

Email saya duniakerja$yahootitikcotitikid

$ diganti @
nyimak dulu ya gan!
ijin nyimak dlu gan...skalian nunggu pertanyaan2 brikutny...
btw ni dr pengalaman pribadi gan??
emang pengalaman adalah guru yg paling berharga emoticon-thumbsup:

Makasi om buat pencerahannya, maklum ane job seeker pemula emoticon-Malu[ TANYA JAWAB ] Seputar Interview Kerja

ayo silahkan bertanya maka saya akan mencoba menjawab

Masih banyak lagi pertanyaan yang menjebak dan tidak perlu. hal ini di lakukan agar juragan stress dan ada alasan mereka HRD menolak. Ingat tidak semua jelek tapi masalahnya yang jelek itu komposisinya 95%.

Mengapa demikian? kalau semuanya baik maka jumlah karyawan masuk dan keluar sangat dikit. Apalagi untuk posisi posisi sentral. Jika HRD memang qualified maka mengapa bukan HRD sendiri yang menduduki jabatan sentral itu?

Menurut survai gaji HRD departemen di bawah gaji departemen finance. Seorang Direktur HRD sekalipun tidak pernah lebih tinggi dari Direktur Finance, Direktur Marketing, Direktur Operational. Maaf bukan mendiskreditkan.

Pengalaman pribadi. Teman saya sebut saja namanya ANto. Lulusan yang baik melamar di perusahaan XXX berkali kali. Dari internet dan koran. Curriculum vitae dan application letter Anto bahkan minta di buatkan oleh orang yang ahli. Awalnya dianggap kesalahan pihak pos lamaran tidak sampai, internet ada gangguan. Tapi perusahaan ini terus mencari sampai 6 bulan. Setiap lowongan di tanggapi berkali kali oleh Anto. Tapi tetap tidak ada panggilan interview.

Anto akhirnya di kenalkan kepada owner perusahaan tempat dia melamar. Langsung interview dan besuknya disuruh masuk kerja. Diposisi assistant marketing manager. Padahal awalnya Anto hanya melamar posisi marketing saja. Sampai saat ini Anto sudah di posisi Marketing Manager karena manager lamanya sudah jadi pimpinan cabang di kota lain. HRDnya sangat tidak bersahabat. Tidak ada pelatihan karyawan hanya tahu absensi absensi saja

salam

ini murni pengalaman pribadi dan teman dekat

saya menulis sesuai pengalaman pribadi bukan berdasarkan khayalan atau teori teori sarjana hebat. Niat saya hanya satu. Semoga berguna bagi semua orang.

Kita sudah terlalu lama di bohongi dengan teori yang muluk muluk. Jika ada yang membutuhkan bantuan menulis surat lamaran, cv, hal yang ditanyakan dalama wawancara silahkan. akan saya bantu. Saya akan menjawab sesuai pengalaman dari dunia nyata.

Semua saya lakukan dengan gratis. Jika berguna untuk anda, tularkan pada sahabat dan teman anda. Biar tidak di bohongi lagi.

Contoh kasus yang lain. Pernahkah anda menghadapi situasi ini? ketika anda masuk dalam ruangan dan setelah berjabat tangan dengan yang menginterview anda. Tapi tidak dipersilahkan duduk?
Jika anda ambil inisiatif duduk, maka HRD akan menulis di kertas komennya anda tidak sopan. Anda tidak menghargai tuan rumah notabene adalah HRD. Anda lancang. Maka anda tidak lulus.

Jika anda berdiri dan menunggu sampai di persilahkan duduk. Maka HRD akan menulis di kertas komennya. Anda orang yang tidak punyai inisiatif, anda lambat dalam ambil keputusan. Maka anda tidak akan lolos dan di coret.

Jadi kalau anda bertanya pada saya, apa yang harus anda lakukan? maka jawaban saya adalah 'JADILAH DIRIMU SENDIRI" lupakan semua teori teori dri para ilmuwan hebat. Anda di terima karena anda memang akan di terima.

Ada sejuta alasan mengapat anda tidak di terima. Dan ada semilyard alasan anda akan di terima.

HAti hati dan jangan merasa rendah diri. HRD yang baik tidak akan berlebihan sikapnya. Malah akan sangat menghargai diri anda sebagai kandidat bahkan anda hanya seorang pemula yang belum bekerja.

Bekerja lah pada orang yang bisa menghargai diri anda. Yakin pada kemampuan diri sendiri
^ good point gan emoticon-thumbsup:

masih nyari kerja nih emoticon-Frown
nice sharing gan.......
untungnya selama gw 2x interview, blom pernah dapet pertanyaan kyk gitu...
atw jgn2 gw dah kejebak tp gw gk nyadar ya? emoticon-Hammeremoticon-Hammer
Whekekekekek...semua pertanyaan yg TS bilang 80 % udh sering gw denger dulu pas interview...emoticon-Big Grin, betul kata TS jadi diri kita sendiri, gw jawab mah apa adanya gw emoticon-Big Grin. top buat TS emoticon-Big Grin
mesti waspada gannn nih emoticon-Nohope
Mantap.... Dan pernah mengalami juga.. Baru sadar sekarang... Thanks ya gan... ^^
bagus nih thread nya emoticon-Smilie

kek nya kebanyakan emang kek gitu klo interview m HRD... lebih enak langsung m user

Ayo tanggapan dari yang kerja di HRD donk emoticon-Big Grin

tanda tanda awal interview harus dilupakan

Ini ada beberapa tanda, jika anda mengalami salah satunya maka siapkan mental anda untuk melupakan interview anda. Karena ini berarti pelunag anda untuk di terima sangat tipis.

1. Perasaan tidak nyaman ketika masuki kantor interview.
2. wajah wajah yang arogan dan merasa hebat. juga terlalu bertele tele.
3. orang yang melamar banyak sekali. Kayak bursa kerja saja. padahal ini dalam kantor kerja.
4. Anda di iming imingi janji janji sorga atau menurut kamu kami "MIMPI MIMPI PEMBANTU' dibicarakan hal hal yang heboh tentang perusahaan.
5. Anda di tanya berapa gaji yang di inginkan. Ingat dalam dunia nyata kerja di Indonesia, Hak HRD belum sampai menyentuh nego gaji sama kandidat. Kecuali anda melamar untuk jabatan bawahan. Itu pun harus lewati beberapa kali wawancara dahulu baru ada penawaran.

Ada beberapa tip dari saya, dalam hal menjawab pertanyaan yang tidak dapat anda jumpai dibuku buku yang ditulis. Ingat jika anda menjawab sesuai buku yang telah ada maka HRD akan tahu akan anda pelajar yang baik bukan pekerja yang baik.

salah satu contoh. Berikan alasan mengapa anda harus kami terima?
tips yang sering beredar : jelaskan semua kelebihan anda dengan panjang lebar. Padahal ketika anda melakukan ini HRD udah ketawa kayak orang gila. Kena deh.
saran saya : tersenyum dahulu, lalu menjawab, semua kelebihan saya telah tertulis sangat jelas di curriculum vitae saya, sehingga hal ini membuat saya mendapat kesempatan berharga bertemu dengan ibu/bapak. Saya sangat berterima kasih atas waktu yang bapak dan ibu yang berharga.

Jika anda menjawab demikian, ini mencerminkan diri anda tidak suka basa basi. Anda bukan tipe MIMPI MIMPI PEMBANTU. jika HRD memang membutuhkan karyawan maka anda pasti diterima.

Berbicara dunia kerja banyak hal yang perlu dijelaskan. Jangan terlalu ikuti buku teori yang beredar.

Ingat..jika anda bisa membuat cv dan application sesuai petunjuk internet maka selamat tinggal untuk bisa kerja di perusahaan yang baik. HRD di perusahaan baik menyukai profile kandidat yang mempunyai ciri khas bukan yang copy paste cv orang lain. Setia cv mewakili karakter orang masing masing.

Cv tidak pernah di buat secara massal. HRD baik tidak pernah pakai test dari universitas manapun. Biasanya HRD buat soal sendiri. Jika masih pakai yang dari lembaga lain. Maka sebaiknya anda siap siap berhadapan dengan manusia dinosaurus

salam
mantap gan bsa jadi referensi,gwa jg gi cari gawe ni......

saya pernah di HRD

Sorry, saya pernah di departemen HRD, jadi sekarang saya tobat banget. Kasihan melihat kandidat yang terutama masih fresh graduated dan yang baru tamat SMA.

Untung saya mendapat bimbingan bos yang baik hati. Ingat kisah saat saya menerima finance manager sebut namanya ANI? saya menerapkan semua teori teori yang ada di buku buku. Saya ada sejuta alasan membenarkan pendapatku pada saat itu. Sampai kena batunya.

Sejak saat itu saya sadar bahwa tidak perlu menunjukkan kebodohan dengan kesombongan. Semoga kesalahan saya di ampuni.

Saya membuat ini agar juragan juragan yang gagal diterima jangan sakit hati. Sejujurnya banyak yang tidak di terima karena satu hal penting. Karena juragan pintar dan membahayakan posisi orang lama. Suer ini dari hati yang paling dalam.

Jika membutuhkan pertolongan seputar dunia kerja maka silahkan hubungi saya. Gratis. Hanya ini yang bisa saya lakukan untuk membagi pengetahuan yang saya miliki.

Mau tahu tips mengenai dunia kerja? teman kerja? silahkan tanya...

semoga berguna
mantap sekali share pengalamannya agan lovenow...

pengen nanya gan, kalo misalnya kita dah berhadapan sama direksi, dan kemudian ditanya tentang nego gaji...apa yang harus kita lakukan ?
lanjut gan storynyaa.....

mantabhh euy jd termotivasi euy... emoticon-Kiss
TS nya pasti kerja as HRD ya?? emoticon-Big Grin
Threadnya bagus, gan, cuma mau konfirm aja, jadi saya bisa ya PMan ma agan buat konsultasi (thread jelas masuk ctrl+D).

Saya barusan bikin CV (bikin antara nasihat dr web, liat cv temen dan akhirnya bikin CV singkat 2 halaman yang mencerminkan saya pribadi..). Mulai besok huntiing, gan.

Saya rate 5 ya.
info bagus nih gan, cuma ada yang mengganjal

1.Saran saya jangan pernah beritahu no telp bos anda dalam alasan apapun.

cara ngelesnya gimana gan biar ttp baik dimata interviewer?
×