alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003578051/tanya-jawab--seputar-interview-kerja
Makasih gan sharingnya.....sangat berguna neh pengalaman yg di alamin sendiri sm agan...saya tunggu tips2 selanjutnyaemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By rezgie84
^ good point gan emoticon-thumbsup:

masih nyari kerja nih emoticon-Frown


Loh TSnya FM mampir sini jg hehehe...emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By lovenow
Maaf, jika jawaban saya berbeda dengan tips yang ada di buku buku yang beredar selama ini. Pengalaman ini murni dari diri sendiri.

Jangan pernah isi kolom gaji. Jika anda menulis kebesaran dari budget perusahaan maka anda tidak akan lulus langsung. Perusahaan tidak mau malu.
Jika anda menulis terlalu kecil maka ini alasan buat kami HRD membantai anda, bahwa anda tidak qualified sama sekali.



gan yang gw bold itu. misalnya kolom gaji udah terlanjur gw diisi emoticon-Malu (S),

lalu ditanyakan sama orang yang menginterview mengapa mengisi segitu??

kira-kira jawaban yang tepat gimana ya... emoticon-Big Grin
Gan..mao tanya..
emang nya HRD klo terima lamaran kerja online d baca semua setiap org ato gmn?
ato jgn2 mereka lgsg hapus smua, ato "gambling" asal pilih mao pggil yg mana?
Penasaran bgt gan..habis nya saya dah lamar online sana sini..byk perusahaan, saya penuhi requirement mereka..tp ga ada panggilan interview satu pun -__-a
ya ada sih tp baru 1 aja..
>.< mohon pencerahan gan..hahaha

kalau sudah terlanjur diisi

Quote:Original Posted By ninjacyber
gan yang gw bold itu. misalnya kolom gaji udah terlanjur gw diisi emoticon-Malu (S),

lalu ditanyakan sama orang yang menginterview mengapa mengisi segitu??

kira-kira jawaban yang tepat gimana ya... emoticon-Big Grin


Kalau sudah terlanjur diisi, merasa kegedean atau kekecilan? jawaban jujur kalau merasa kegedean, maka anda harus super percaya diri. Anda bisa menjawab " dengan kemampuan dan keahlian yang saya miliki maka saya pikir ini adalah jumlah yang sesuai. Dan saya termasuk orang yang bisa bekerja sama dengan baik (anda sudah membuka peluang untuk di tawar)

kalau terlanjur isi dan merasa kekecilan jumlahnya maka anda bisa menjawab "saya pikir jika di bidang saya ini masih ada bonus apabila melebihi target" artinya yakin kemampuan marketing anda. jadi tidak terlalu pusing dengan gaji pokok. Yang penting bonus. Biasanya untuk sales property

salam
Quote:Original Posted By yoyoichi
Gan..mao tanya..
emang nya HRD klo terima lamaran kerja online d baca semua setiap org ato gmn?
ato jgn2 mereka lgsg hapus smua, ato "gambling" asal pilih mao pggil yg mana?
Penasaran bgt gan..habis nya saya dah lamar online sana sini..byk perusahaan, saya penuhi requirement mereka..tp ga ada panggilan interview satu pun -__-a
ya ada sih tp baru 1 aja..
>.< mohon pencerahan gan..hahaha


Pengalaman saya sebaiknya jangan menggunakan Quick apply. Gunakan email perusahaan, dan usahakan nama email anda jangan kekanak kanakan dan susah di sebut. Karena biasanya HRD takut buka nama email yang berbau bau asing seperti jkdklsjskjcjhn. mchjsh, yang gak jelas artinya.

Application letter anda jangan terlalu umum. Pengalaman saya melamar di 300 perusahaan maka saya menerima panggilan 200.

Apakah HRD membaca semuanya? kalau mau menurut teori ya. Tapi di kantor saya jawabannya TIDAK. udah ketemu beberapa calon di panggil dulu, jalani test kalau udah cocok selesai.

tapi kalau belum, maka di buka lagi. Sebaiknya anda buat catatan jika lamaran anda ada panggilan dalam waktu 1 minggu maka anda hot list peluang besar. Jika lamaran anda 2 minggu baru ada panggilan maka middle list. Jika lamaran anda lewat 1 bulan baru ada panggilan berarti kandidat awal tidak mau. bahkan ada yang lewat 3 bulan di panggil berarti kandidat terbaiknya mengundurkan diri

salam
Quote:Original Posted By lovenow
Saat ini juragan sudah bekerja disana? dan sudah berapa lama? apa juragan mengalami berbagai fasilitas istimewa? apakah juragan senang dan bahagia? jawab yang jujur

Sebenarnya dalam dunia kerja tahap terakhir interview atau tahap jumpa sama user atau owner sudah tidak ada pertanyaan lagi. Tergantung perasaan suka atau tidak suka saja. Jangan protes inilah yang berlaku dalam dunia kerja kita. Bayangkan saja ada 10 kandidat atau lebih yang lolos test semua dengan kemampuan yang sama tapi akan di pilih 2orang saja. Teori mana yang dipakai?

Jika kandidat yang tidak disukai masuk maka akan keluar lah pertanyaan pertanyaan yang tidak berhubungan kerja. Saya pernah menanyakan kandidat pengetahuan
1. Siapakah pahlawan dalam uang pecahan 10ribu tahun 1980?

ini salah satu contoh agar kandidat down. Dan selamanya akan merasa bodoh. Padahal interview bukan berarti ikut kuis cerdas cermat.

Ada juga pertanyaan yang tidak sopan, mengapa kamu mau kerja disini? kenapa tidak melamar di tempat lain?

Intinya adalah jika sudah tahap akhir, perbanyak doa dan berdana. Tidak usah pusing dengan segala teori text book. Tersenyumlah apapun yang terjadi.

Saya punyai perasaan bahwa yang bertanya pertanyaan ini ada masalah dalam pekerjaan ya? jika meneliti pertanyaan ada hal yang tersirat. Mohon maaf jika saya salah

salam


yg ane bold maksudnya apa gan ?

oia, ane masih nunggu hasil medcheck.. jadi blum masuk kerja

fyi, direksinya cowok dan saya cowok jg

saya juga punya pengalaman ttg user interview baru2 ini..

begini ceritanya,
awal february saya ikut tes tahap akhir (presentasi, diskusi dan final interview) di MNC ..

awal saya melamar, diberitahu dgn HRD klo yg dibutuhkan cuma 1org
dan pas tes akhir rupanya yg dibutuhkan 4 org (yg sampe tahap akhir 4 org juga, gak tau kebetulan atau ada maksud lain )
sebelum memulai dibilangin sm Hrd klo ini tahap akhir sebelum medcheck
dan klo smw kandidat performance-nya bagus .. akan direkruit smw

setelah melewati tes, ane sih ngerasa smw kandidat bener2 bagus performance-nya sampe ane opikir smw bakal diterima atau minimal 3 org

dan 1 minggu kemudian ane ditelpon tuk user interview by phone
ane juga bingung katanya yg kemaren udah terakhir, kok masih ada interbiew lg

nah pas kelar interview by phone, ane tambah bingung kok pertanyaan2 sama dengan interview sebelumnya dan klo ane denger suara user..
mereka juga yg menginterview sebelumnya

dan ternyata, kemaren ane di email klo ane gagal di interview
dan disitu dibilang klo posisi ane udah diisi dgn kandidat laen.
dan yg dterima cuma 1 org (soalnya ane kenal smw kandidat, ane smsan sama mereka)

sbenernya ane iklas kok, cuma agak bingung aja.. padahal smw peserta bagus2 ...

analisa agan atas kasus di atas apa ?
nais inpo gan,, :maho

anda pasti lebih tahu

Mohon maaf sebelum juragan. Untuk kasus juragan pastinya juragan mempunyai perasaan dalam hati.

Pesan saya adalah tetap waspada, dan gunakan pikiran sehat. Walaupun kita butuh kerja, tapi jangan sampai melakukan hal hal yang tercela.

Jangan mau di pengaruhi dan di intimidasi. Dunia kerja yang nyata bukan sekedar buku teori. jadi hati hati.

Sepintas lalu, ketika pertanyaan juragan yang pertama, saya merasa sangat tidak enak hati menjawab. Ingat pokok bahasan saya pertama, jika salah satu pertanyaan itu keluar. Segera pasang radar HATI HATI.

Saya pikir juragan sudah diterima. Maka saya ingin tahu apa juragan mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Sebab secara normal pertanyaan yang saya kedepankan adalah pertanyaan yang tidak pada tempatnya.

salam

Mengapa pertanyaan ini tidak pantas?

Malam juragan semua. Ini hanya tambahan penjelasan mengapa pertanyaan ini tidak pantas dan sebenarnya ini adalah pertanyaan jaman dinosaurus yang tetap di pakai beberapa HRD hasil produksi pendidikan yang mengitimidasi.

Boleh kah kami tahu no telp bos anda? saya sudah berikan penjelasan pertama kali

Boleh kah kami tahu no telp keluarga anda? atau telp teman anda?
Alasan yang di gunakan HRD adalah bila nanti anda ada apa apa perusahaan tahu menghubungi keluarga. jawaban yang sangat manis dan sangat masuk logika. Tapi di balik logika ini tersembunyi hal yang kurang baik.

Apa hal yang kurang baik itu?

Jika kita memberikan berarti kita secara otomatis mengakui diri kita tidak sehat sehingga sering sakit. Atau kita orang yang sering kena kasus atau kecelakaan. Kita boleh berikan no telp keluarga kalau kita sudah masuk kerja. Bukan sebelum masuk kerja.

Pihak HRD ingin mengetahui kita anak siapa dan berasal dari golongan yang mana. Apa keluarga kita kaya atau miskin untuk hal yang kita tidak tahu di kemudiaan hari.

Juga ada alasan yang berarti pihak HRD ingin memegang keluarga kita sebagai jaminan. Sebenarnya data keluarga juga bukan hak HRD untuk mengetahui.

Pastinya juragan sering isi form tentang nama ayah kandung, nama ibu kandung dan sebagainya bukan? Pernahkah juragan bertanya tanya apa hubungannya dengan kerja juragan?

Mau tahu kasus yang terjadi?

saya tidak menakuti juragan

Saya tidak menakuti juragan semua. Tapi ini telah terjadi pada beberapa teman terdekat saya.

Sering ketika kita melamar kerja, kita di minta isi formulir yang ada nama ayah kandung dan ibu kandung. Juga saudara saudari kita. Nama istri dan nama anak.

HRD selalu mengatakan ini wajib. Kita sebagai pihak yang lemah maka kita menuruti. Padahal kita belum diterima. Semua harus lengkap buat mereka. Apa hal ini berhubungan dengan kemampuan kita kerja nantinya? Tolong pikirkan secara logika juragan semua. Tidak ada hubungan sama sekali.

Dulu ini diciptakan agar bisa mengecek apa keluarga kita terlibat hal jelek. tapi sekarang diteruskan juga. Mengapa jika perusahaan tidak percaya kita tapi memaksa kita percaya mereka? Perusahaan adalah suatu badan. Oknum HRD mengapa begitu arogan?

Juragan ketika melamar kerja juga di lengkapi KTP yang masih berlaku bukan? sangat mudah bagi oknum oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan hutang atas data lengkap juragan. maka banyak kasus orang tidak tahu apa apa tiba tiba ditagih hutang.

Dengan KTP, foto, nama orang tua kandung lengkap. Apa yang bisa juragan lakukan? Kita di posisi yang lemah maka kita harus pintar menjaga diri.

Berhati hati melamar pekerjaan jangan teriming iming dan mau di intimidasi oleh orang. waspada adalah cara yang terbaik

kasus ini sudah lama ada tapi karena di tutupi dengan arogan oleh oknum yang berpendidikan dan berkuasa. maka di biarkan terjadi. harusnya dalam hal kerja kemampuan kita yang di periksa bukan keluarga, kecuali kita mau jadi tentara atau pegawai negri karena birokrasi

salam
wah asik nih, worthed buat dibaca..

ijin subscribe dulu yah.. emoticon-Angkat Beer
QUOTE=lovenow;180180889]

Ada juga pertanyaan yang tidak sopan, mengapa kamu mau kerja disini? kenapa tidak melamar di tempat lain?

Intinya adalah jika sudah tahap akhir, perbanyak doa dan berdana. Tidak usah pusing dengan segala teori text book. Tersenyumlah apapun yang terjadi.

Saya punyai perasaan bahwa yang bertanya pertanyaan ini ada masalah dalam pekerjaan ya? jika meneliti pertanyaan ada hal yang tersirat. Mohon maaf jika saya salah

salam[/QUOTE]

gan makasih atas jawaban pertanyaan ane diatas ya...

mo ngomentarin quote diatas...hehehehee..tadipun ane wawancara ditanya tuh ma HRD and user-nya..

A : km kan udah punya usaha, knp ngelamar kerja disini?
ane : setiap org yg sudah punya pekerjaan tetap saja masih mau kan punya side job. nah sama aja dengan saya pa.usaha saya blm tentu dapet uangnya tiap bulan, kalo kerja kan udah pasti gajian tiap bulan..
A : nah klo km diterima disini apakah kamu sanggup total kerja mengesampingkan usaha km..
ane : bisa pa..krn usaha saya bukan di hari kerja tapi weekend..

--pertanyaan klise...jawabannya juga klise hehehehehehe--

dipikir2 kadang yg wawancara itu maunya apa sih...kok ya ngecer pertanyaan kadang yg ga mutu gitu...

oh iya gan ane juga mo nanya nih dan pasti sebagian besar kaskuser pernah ngalamin juga..

dalam proses ngelamar kerja kan ada psikotes..dan setau ane nih biasanya banyak calon karyawan yg berguguran klo udah berhadapan ma yg namanya psikotes...

klo menurut agan yg pernah nyebur di HRD, psikotes itu penting ga sih..????
klo menurut ane nih.. it's like PLAYING AS GOD..! ga penting banget lah..
knp ane bilang begitu krn..masa iya dari cuma sekedar pertanyaan2 dan coretan2 doang bisa menilai si calon karyawan ini beginilah..begitulah...bla..bla..bla...
padahal yg namanya psikotes itu kan tetep hapalan juga..di toko buku banyak tuh yg jual soal2 psikotes..
klo yg nanya udah hapalan mana bisa sih hasil psikotesnya adalah gambaran orang yg ngelamar itu...?
ini sip opini ane aja ya...klo ada yg merasa tersinggung maapin ya hehehehehe
Quote:Jawaban cerdas jika ditanya berapa gaji lama anda? maka anda berhak menjawab maaf, saya orang yang berorientasi kedepan. Gaji saat ini adalah masa lalu saya. Sebaiknya kita bicarakan mengenai kedepan. Karena saya yakin perusahaan ini berorientasi kemasa depan bukan masa lalu
salam

numpang nanya nih gan...apa jawaban seperti ini terkesan tidak sopan??
Quote:Original Posted By lovenow
Pengalaman saya sebaiknya jangan menggunakan Quick apply. Gunakan email perusahaan, dan usahakan nama email anda jangan kekanak kanakan dan susah di sebut. Karena biasanya HRD takut buka nama email yang berbau bau asing seperti jkdklsjskjcjhn. mchjsh, yang gak jelas artinya.

Application letter anda jangan terlalu umum. Pengalaman saya melamar di 300 perusahaan maka saya menerima panggilan 200.

Apakah HRD membaca semuanya? kalau mau menurut teori ya. Tapi di kantor saya jawabannya TIDAK. udah ketemu beberapa calon di panggil dulu, jalani test kalau udah cocok selesai.

tapi kalau belum, maka di buka lagi. Sebaiknya anda buat catatan jika lamaran anda ada panggilan dalam waktu 1 minggu maka anda hot list peluang besar. Jika lamaran anda 2 minggu baru ada panggilan maka middle list. Jika lamaran anda lewat 1 bulan baru ada panggilan berarti kandidat awal tidak mau. bahkan ada yang lewat 3 bulan di panggil berarti kandidat terbaiknya mengundurkan diri

salam


boleh dong share application letter yg ga umum gan...ya biar kaskuser yg lagi giat2nya nyari kerjaan bisa belajar.....

(lah klo di jabarin disini jadinya umum dong ya gan..hehhehehehehehehe)
[QUOTE=dodoldurenlegit;180285980]QUOTE=lovenow;180180889]

Malam Juragan dodoldurenlegit. Anda harus ikuti permainan HRD dulu. INgat ingat kita sudah di jajah lama sama Belanda (apa ada hubungannya) maksud saya HRD kita pastinya ikuti aturan dari text book.

Psikotes itu penting untuk mengetahui sikap dan wawasan kita. Maka hasilnya juragan bisa melihat komplain dimana mana. karena yang diterima kerja adalah orang yang tahu rumus dan jawaban psikotes.

jangan protes juragan, mereka HRD belajar sesuai hapalan text book. Ini adalah sistim pendidikan kita. Juragan harus berlatih soal soal psikotes. Bila perlu ambil contekan dari teman yang kuliah di universitas terkenal. Biasanya soalnya sama persis. Maka untuk lewati psikotes teman teman pada jago.

Boleh saya mengkritik jawaban juragan tadi? mengenai side job jangan diberitahu. Apalagi juragan sampai mengatakan tidak terlalu penting. Ini artinya juragan kelihatan banget butuh pekerjaan. Sampai pekerjaan tidak penting juga di lakukan.

Harusnya juragan bangga dengan side job juragan. Jangan terlalu merendahkan diri juragan. Perlu banyak latihan nih juragan.

Semoga di terima ya. Jika HRD nya gak ada calon lagi pasti juragan diterima. Perlu latihan menjawab maka silahkan jadi setiap pengalaman pelajaran yang berharga.

saya bersedia membantu. Bisa juragan bandingkan jawaban yang lebih terhormat daripada asal jawab.

Maaf, kalau tidak berkenan

tergantung HRDnya

Quote:Original Posted By naponest
numpang nanya nih gan...apa jawaban seperti ini terkesan tidak sopan??


Tergantung dengan HRD yang jaman apa juragan berhadapan. Jika berhadapan dengan HRD jaman dinosaurus maka HRDnya akan mati kutu dan tidak senang. Karena HRD untuk wawancara awal tidak berhak bertanya soal gaji. Cuma ingin tahu.

Biasanya perusahaan ada bagian accounting yang di sebut payroll yang berhak mengetahui gaji karyawan. Ini untuk karyawan middle dan middle up.

saya harus tahu juragan melamar untuk posisi apa dulu.

Kalau HRD lulusan luar negri atau yang jam terbang tinggi akan menghargai jawab juragan, maka dia akan pancing dengan pertanyaan lain.

Kalau HRDnya bersikeras untuk tahu silahkan Juragan jawab. dan kalau pulang saran saya buang harapan kerja sama dengan manusia dinosaurus.

Sudah tidak perlu di harapkan. masuk itu mukjijat kalau tidak masuk juragan harus bersyukur tidak kerja di bawah penjajah dinosaurus
Quote:Original Posted By lovenow
[QUOTE=dodoldurenlegit;180285980]QUOTE=lovenow;180180889]

Malam Juragan dodoldurenlegit. Anda harus ikuti permainan HRD dulu. INgat ingat kita sudah di jajah lama sama Belanda (apa ada hubungannya) maksud saya HRD kita pastinya ikuti aturan dari text book.

Psikotes itu penting untuk mengetahui sikap dan wawasan kita. Maka hasilnya juragan bisa melihat komplain dimana mana. karena yang diterima kerja adalah orang yang tahu rumus dan jawaban psikotes.

jangan protes juragan, mereka HRD belajar sesuai hapalan text book. Ini adalah sistim pendidikan kita. Juragan harus berlatih soal soal psikotes. Bila perlu ambil contekan dari teman yang kuliah di universitas terkenal. Biasanya soalnya sama persis. Maka untuk lewati psikotes teman teman pada jago.

Boleh saya mengkritik jawaban juragan tadi? mengenai side job jangan diberitahu. Apalagi juragan sampai mengatakan tidak terlalu penting. Ini artinya juragan kelihatan banget butuh pekerjaan. Sampai pekerjaan tidak penting juga di lakukan.

Harusnya juragan bangga dengan side job juragan. Jangan terlalu merendahkan diri juragan. Perlu banyak latihan nih juragan.

Semoga di terima ya. Jika HRD nya gak ada calon lagi pasti juragan diterima. Perlu latihan menjawab maka silahkan jadi setiap pengalaman pelajaran yang berharga.

saya bersedia membantu. Bisa juragan bandingkan jawaban yang lebih terhormat daripada asal jawab.

Maaf, kalau tidak berkenan


hehehehe...ane bukan jawab side job ane ga penting gan....maksud ane pertanyaan 'bagaimana nanti klo diterima disini trus usaha km bla..bla..'
lah ane klo diterima ya jelas pasti akan tanggung jawab penuh dengan kerjaan ane..soal side job ane ngapain jg perusahan ikutan pusing....mo usaha ane tutup or ngga kan bukan urusan dia...emoticon-Big Grin gitu gan maksud ane..


klo kenapa ane jawab soal usaha ane..ya ane sih jawab jujur2 aja sih..ga mau pusing gan hehehehe toh ane pikir pun ga di terima jg gpp..

silahkan pm saya atau email saya

[QUOTE=dodoldurenlegit;180289354]boleh dong share application letter yg ga umum gan...ya biar kaskuser yg lagi giat2nya nyari kerjaan bisa belajar.....

silahkan kirim kan ke email saya, cv dan application letter yang telah di baut maka saya akan berusaha mengubahnya sesuai kepribadian juragan.

tidak perlu biaya apapun. Tidak ada maksud apapun. hanya ingin berbuat sesuatu yang bisa membahagia kan orang lain.

email saya duniakerja$yahootitikcom

$diganti jadi @

namanya juga hasil didikan dinosaurus

[QUOTE=dodoldurenlegit;180292919][QUOTE=lovenow;180289712]

Juragan mantap. Tapi terkadang jujur itu bahaya lho. Sudah baca ulasan mengenai pertanyaan yang tabu ditanyakan?

sillahkan berikan pandangan ya. Jujur boleh asal meliaht waktu, tempat dan kondisi.

Masalah side job terkadang menjadi bumerang. HRD bisa menggunakan ini sebagai nilai plus dan nilai negatif.

Kalau mau nilai plus berarti juragan orang yang mandiri dan kreatif. Tidak tergantung pada pekerjaan dan gaji buta

Kalau mau nilai negatif berarti juragan orang yang pintar, bahaya nanti penghasilan juragan kegedean. kalah saing

sukses buat juragan ya
×