alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003491508/kfc-kaskus-filateli-community-masuk-dimarih-gan

[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!



Setelah ane search keyword : perangko, prangko, filateli di kaskus, ternyata belum ada lounge khusus penggemar perangko dan filateli...

Maka dari itu TS mencoba membuka trit ini bagi para kaskuser yang demen ampe nemen ma perangko dan segala macamnya....

Silahkan absen dimarih....


Treadh Start emoticon-Angkat Beer

Quote:


[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!![KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!! [KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!! [KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!

Pengetahuan dan Informasi sedikit tentang dunia filatelis...

Quote:



Perangko bernilai lebih tinggi jika:

*Mint (MNH) blom kena cap, ini lebih tinggi 2-5 x lipat hrg perangko bekas

*Gerigi/kaki2nya masih lengkap

*Salah cetak/miss print, salah warna, ralat harga, slh ksh nama shga di tarik

*Seri peringatan biasanya bernilai lebih di banding standard/umum

*Kualitas perangko tidak kusam

*SPH/sampul hari pertama 2-3 x lipat lbh tinggi hrg ny di bnding prangko

*Dicetak terbatas

*Setiap negara mempunyai ciri khas tersendiri utk menulis di stamp/perangko

*Ada tanda air


*****************************************


Quote:


Filateli atau hobi mengoleksi prangko menjadi salah satu hobi terbesar di dunia saat ini. Prangko klasik dan khusus menjadi incaran para kolektor.


Sejarah Prangko

Prangko merupakan benda berharga yang memiliki fungsi utama sebagai tanda pelunasan porto dan biaya pos. Namun berbagai gambar yang menarik pada sebuah prangko bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan mengenai berbagai kepentingan masyarakat, pesan moral, menggambarkan keindahan alam, dan juga menggambarkan sejarah. Sebelum prangko ada, biaya pengiriman surat masih dilakukan dengan membayar secara tunai. Namun dengan adanya prangko, setiap orang bisa mengirim surat dengan menggunakan prangko yang sesuai dengan biaya pengiriman surat. Mari kita lihat sejarah singkat prangko.


1680

William Dockwradi dari Inggris membuat prangko pertama yang dicap dengan tanda pos segitiga bergaris ganda dengan tulisan "PENNY POST PAID" Namun penemuan ini ditentang oleh para kurir dari perusahaan pos lain karena dianggap sebagai pelanggaran monopoli.

6 Mei 1840
Inggris mulai memelopori penggunaan prangko dengan menjual prangko berperekat pertama di dunia yang terkenal dengan nama "Penny Black".

1843
Brasil menjadi negeri kedua setelah Inggris dalam menerbitkan prangko berperekat yang berlaku secara nasional. Kemudian negara-negara lain mulai mengikuti dengan menggunakan prangko untuk pengiriman surat di dalam negeri.

1 April 1864
Prangko pertama terbit di kawasan Indonesia di bawah pemerintahan Hindia Belanda. Prangko ini berwarna merah dan menampilkan gambar Raja Willem III dari Belanda. Prangko ini memiliki nilai 10 sen.

1943
Setelah Belanda menyerah kepada Jepang, maka Jepang menerbitkan prangko dengan gambar bola dunia disertai peta Kekaisaran Jepang maupun gambar lainnya.

1946
Prangko pertama dicetak oleh Pemerintah Republik Indonesia di Jakarta yaitu "Memperingati Setengah Tahun Merdeka".

Dalam sejarah prangko, untuk memudahkan pengiriman surat ke luar negeri, suatu persatuan pos seluas dunia dikembangkan. Saat ini, kegiatan surat-menyurat diawasi oleh sebuah badan khusus PBB yaitu Persatuan Pos Universal (Universal Postal Union), yang berkantor pusat di Bern, Swiss.


Jenis Prangko

Setiap negara merancang dan mencetak berbagai prangko yang berbeda. Ada lebih dari 600 administrasi pos di seluruh dunia menerbitkan sekitar 10.000 prangko baru setiap tahunnya. Pada dasarnya, seluruh prangko yang ada dapat dikelompokkan sebagai berikut:

*Prangko Peringatan
Prangko ini dibuat untuk memperingati suatu peristiwa atau kejadian maupun orang-orang terkenal baik nasional maupun internasional. Prangko ini dibatasi jumlah cetakan, masa jual, dan masa berlakunya.

*Prangko Definitif
Prangko ini diperuntukkan bagi penggunaan rutin dalam suatu urutan nilai untuk memenuhi berbagai kebutuhan pos. Prangko ini dapat dicetak ulang sesuai kebutuhan dan tidak dibatasi masa berlaku dan masa jual.

*Prangko Amal
Prangko ini diterbitkan dengan tambahan harga jual dengan tujuan menghimpun dana untuk kemanusiaan. Prangko ini dibatasi jumlah cetakan, masa jual, dan masa berlakunya.

*Prangko Istimewa
Prangko ini dibuat untuk mempromosikan sesuatu atau mengajak masyarakat melakukan sesuatu. Prangko ini dibatasi jumlah cetakan, masa jual, dan masa berlakunya.


Filateli


Hari Filateli Indonesia diperingati setiap tanggal 29 Maret yang merupakan tanggal berdirinya Perkumpulan Filatelis Indonesia.


Filateli atau kegiatan mengoleksi prangko merupakan "hobi terbesar di dunia"! Hobi ini dimulai di Inggris dan akhirnya digemari di seluruh dunia. Orang yang menggemari filateli atau senang mengumpulkan dan meneliti prangko disebut filatelis.

Filateli berasal dari bahasa Yunani yaitu philo (tertarik) dan ateleia (dibebaskan dari kewajiban dan pajak). Istilah ini kemudian digunakan dalam Bahasa Prancis yaitu "philatélie" dan untuk pertama kalinya dipergunakan oleh seorang Prancis bernama Georges Herpin pada tahun 1864. Istilah ini berarti menyenangi prangko yang merupakan benda pos yang sudah dibayar oleh pengirim, sehingga si penerima tidak berkewajiban membayar biaya pos tersebut.

Pada tanggal 29 Maret 1922 klub filateli didirikan di Jakarta dengan nama Postzegelverzamelaars Club Batavia. Setelah berubah nama dan bentuk beberapa kali, perkumpulan ini sekarang dikenal sebagai Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), yang merupakan organisasi hobi bersifat nasional. Kegiatan filateli mendapat dukungan dari PT Pos Indonesia.


Apa yang Dicari Kolektor Prangko?


Jumlah dan variasi prangko di seluruh dunia sangatlah banyak sehingga tidak seorang pun dapat berharap memiliki satu dari masing-masing prangko yang pernah diterbitkan. Lalu bagaimana para kolektor prangko memandang kegiatannya?

Ada sejumlah kolektor yang senang mengumpulkan prangko berdasarkan tema atau seri tertentu. Misalnya tema tentang alam, budaya, geografi, binatang, musik, negara, agama, film, fotografi, geologi, olahraga, dan berbagai tema lainnya. Misalnya ada para kolektor yang mengumpulkan prangko dari negara tertentu dalam sebuah album khusus untuk setiap negara.

Para kolektor lainnya mengumpulkan prangko dengan desain khusus. Misalnya prangko prisma, yaitu prangko yang diterbitkan dalam komposisi bergandengan dan dipisahkan oleh perforasi (lubang sepanjang tepi prangko). Atau juga prangko dengan bentuk segitiga, bundar, dan bentuk lainnya menjadi favorit sejumlah kolektor prangko.

Kolektor prangko lainnya berupaya mengumpulkan koleksi prangko edisi tua. Misalnya beberapa kolektor prangko mengumpulkan prangko pada zaman penjajahan Belanda. Bahkan tidak sedikit kolektor yang memburu prangko pertama yaitu "Penny Black" yang saat ini harganya mencapai lebih dari 7.000 dolar AS.

Beberapa kolektor lainnya mengumpulkan prangko yang memiliki kesalahan desain atau pencetakan prangko. Bagi mereka, memiliki sesuatu yang terabaikan oleh para kolektor lainnya, adalah hal yang penting. Misalnya prangko yang terbit dengan kesalahan penulisan, misalnya ada sebuah huruf yang lupa ditulis, akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding prangko yang sama dengan penulisan lengkap.
Diubah oleh Albanjari
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 141

Tambahan dari Postingan Pertama ------>>>

Quote:


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Memang teknologi kadang membutuhkan sesuatu untuk dikorbankan


[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Dulu kantor pos mungkin adalah suatu tempat yang tak pernah sepi, karena pada jaman dulu (sekitar masa-masa sebelum tahun 2000), kantor pos adalah tempat yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengirimkan surat kepada sanak keluarga yang berada di tempat yang agak jauh. Tapi kini kantor pos sudah berbeda, tak seramai seperti dulu. apalagi jika bukan karena dampak ponsel yang sanggup menggantikan peran surat menyurat dengan keunggulan telepon dan SMS nya.

Sekarang orang-orang lebih memilih menggunakan ponsel yang tentunya lebih praktis untuk sekedar berkirim kabar dengan sanak keluarga. bahkan sekarang kuis-kuis yang sering diadakan di televisi kini lebih sering menggunakan sistem SMS, padahal dulu paling sering menggunakan kartu pos yang dikirimkan ke alamat redaksi.

penggunaan Kotak pos pun kini mungkin hanya sebagai pajangan. karena memang sangat sedikit sekali orang yang mengunakan kotak pos yang tersebar di berbagai kota di indonesia. padahal pada jaman dahulu, kotak-kotak pos itu sangat berharga. jadi jangn heran jika sekarang kalian banyak menjumpai kotak-kotak pos usang yang sudah penuh karat karena sering tidak dirawat.

Kini kantor pos hanya sering melayani pembayaran-pembayaran rekening listrik, kredit, dan berbagai tagihan lainya, kegiatan surat-menyurat sudah tak lagi menjadi prioritas.

******************************

TS lokasi di jakarta selatan / depok gan... klo ada yang mau sharing monggo... klo dah banyak yang absen kita bisa ngebahas ketemuan / gathering gan...


TS sendiri dah punya koleksi 1000an perangko di rumah... dah mulai ngoleksi semenjak kelas 4 SD...

tp skrg cuman di simpen doank, dah gak ngoleksi... dah malesss... mau ngejual bingung kemana,,,,emoticon-Ngakak


KFC
[Kaskus Filateli Community]



********
Diubah oleh Albanjari
koleksi perangko asiknya dmn? ceritain donk..
Quote:

..

Absen ah, rajanya hobi hobinya para raja, dulu waktu sd sangat suka dgn benda ini tp yg kondisi used. Terutama dari sahabat pena (istilah yg tren waktu sd) punya 3 album yg entah dmana skrg tp sy yakin msh ada d gudang. Terus koleksi sampul hari pertama yang paling sy suka SHp sukarno lg mentjangkul warna abu, dulu pas sd d tanya tokoh yg d sukai sy menjawab sir rowland hill(maaf kalau nulisnya salah) eh pak guru nya malah balik tanya siapa tuh orang? Wakaka
[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!
Quote:


Quote:
absen ..... posisi inyong wira wiri Semarang Surabaya ..... koleksi 2 buku gede yg bikinan RRT (taun 80-90-an) ..... used semua ..... kebanyakan ngambil dari surat²nya eyang putri inyong ..... emoticon-Big Grin
Quote:
absen gan..dulu gw suka ngumpulin sih.
tp brp taon belakangan udah jarang
@ jidoy : Mongggoo aja gan... ane jg dah gak ngumpulin lagi tp di rumah msh tersimpan dgn rapi 3 album besar,, hehehe

absen gan lokasi dmn? mosok iya di kuburan... hehehe

..

Quote:
lokasi bandung 2 hari dan jaksel 5 hari hehe maklum kuli. Sedang mengusahakan mencari 3 album itu. Semoga ketemu, jd ingat teman2 lama yg sekarang entah untuk tukeran perangko.
[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!
@ balacakadut : wokeh gan... ditunggu kabarnya klo dah ketemu albumnya... hehehe ane jg inget bgt waktu SMP suka bgt tuker2 n jual beli perangko gt ma temen2 waktu kecil...

Skrg gmn yak kabar filatelis?? dulu kan PT POS tuh yang paling gembar-gembor ampe ada tabloid kecil gt tentang filatelis.... kyknya anak2 SD skrg dah gak da lagi yang ngoleksi prangko gt... banyakan maen PSP semua... paraaah!!!
saya nubie gan dalam masalah perangko.. mohon bimbingannya emoticon-Angkat Beer
skrg punya sih bberapa koleksi perangko peninggalan kakak saya emoticon-Embarrassment
ijin nongkrong dimari yah emoticon-Big Grin
manggggaaa gaaaan.... pantau aja trus gan...

..

Musium pertama yang sy kunjungi d kehidupan ini adalah musium pos dan giro bandung jl cilaki gedung sate. D dalamnya ada benda2 filatelis. Waktu itu umur 7 tahun, pulangnya d kasih 3 buku tentang filateli, dari situ berkenalan dgn sir rowland hill dan 1 peny nya. Sampai sekarang sy belum tahu alat pengukur perforasi, alat penting kata buku td yg harus d miliki filatelis haha, d koleksi sy ada beberapa perangko cetak tindih yg memberikan gambaran indonesi blm mampu untuk cetak perangko sendiri, hanya mampu buat stempel untuk menutupi tulisan Ned.Indie. Wakaka, ada juga seri presiden indonesia dari mulai ia muda sampai tua hanya tahun dan nominalnya yg beda. Perangko bisa menjadi salahsatu alat untuk mengukur kehidupan bangsa ini.
[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!
@ belacakadut : ane jg pernah tuh gan maen ke kantor pos pusat di gedung sate... luas pisan euy... tp gedung tua gt, tangganya aja masih pake kayu... bunyi krek krek.... hehehe

..

@alizambri kalau sy udah lupa dalamnya spt apa, tp ada patung badan (sptnya tokoh) d bwhnya ada tulisan ppt kalau ga salah dan patung pak pos dgn sepeda ontelnya. Hehe.
[KFC] Kaskus Filateli Community... Masuk Dimarih Gan!!!
KWKWKWKW kalem gaaan... hehehe...
memantau dulu emoticon-linux2
@ less : mangga gaaan pantauu trusss....
Halaman 1 dari 141


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di