alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003268751/hal-yang-perlu-diketahui-tentang-quotburn-inquot-earphone-headphone-baru
Hal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone Baru
Burn-in Earphone & Headphone

Hal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone BaruHal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone Baru


Hai agan-agan kaskuser, nubi mo share nih baru dapet pencerahan dari om gugel. Agan-agan pada tau Earphone/Headphone kan? yang untuk dengerin lagu dan musik dari HP/iPod/mp3 player lainnya. Nah dalam komunitas audio, ada istilah namanya "Burn-in" atau pembakaran Earphone supaya suaranya lebih enak.

Loh, earphone kok dibakar?? Bingung kan? Simak penjelasan ane dibawah ini gan!
Pertama2, ane jelasin dulu tentang definisi Earphone & komponen2nya.


:::Definisi:::
Istilah earphone, headphone, dan headset
Spoiler for Penjelasan:

Komponen Earphone
Spoiler for Penjelasan with Pic (BW killer):

Nah kalo udah paham tentang komponen-komponen earphone, kita lanjut ke pertanyaan-pertanyaan seputar Burn-in!



:::Proses Burn-in:::
Quote:Apa itu "Burn in" ??
Dalam konteks earphone, "burn in" adalah istilah yang digunakan untuk penyesuaian terhadap diaphragm dari earphone, agar sesuai dengan rancangan aslinya. Secara fisik, proses burn-in ini akan mengendurkan diaphragm sampai akhirnya mencapai keadaan akhir yang diharapkan.

Mirip seperti saat kita "meng-gber" motor/mobil yang baru kita beli supaya mesinnya jadi enak & halus. Atau saat kita melekuk-lekukkan sepatu/sendal yang baru kita beli supaya elastis dan nyaman dipakai.

Mengapa orang-orang memilih utk mem"Burn-in" earphone-nya setelah baru beli?
Earphone & headphone yang masih baru dari kemasan, biasanya suaranya tidak seenak/senyaman earphone yang sudah sering dipakai sesuai rancangan designer di pabriknya. Seringkali, orang-orang ingin agar earphone nya bersuara seperti yang diharapkan secepat mungkin. Mereka tidak mau menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pemakaian reguler, sehingga memilih untuk mem-burn-in earphone nya agar bersuara lebih enak dalam satu minggu pertama setelah pembelian.

Bagaimana cara membakar Earphone baru?
Secara sederhana, proses burn-in dilakukan dengan menyalakan musik melalui earphone terus menerus. Sebagian orang lebih suka menggunakan "Pure tone", "Sine Wave Sweeps", "Pink Noise", atau "AM/FM Static". Sebagian lain merekomendasikan untuk menggunakan music yang suara bass nya berat. Yang pasti, semua metode-metode di atas tidak bergantung terhadap model maupun manufaktur pabriknya.
(nb: untuk definisi suara2 di atas, bisa Agan cari sendiri gan, di google emoticon-Embarrassment)

Metode mana yang paling efesien?
Tidak ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan metode yang satu lebih baik dari metode yang lainnya. Silahkan pilih metode manapun yang Agan sukai & mudah untuk Agan.

Trus selama proses pembakaran (burn-in), Earphonenya Ane apain gan?
Agan boloeh meletakkannya di meja, di dalam laci, dibawah bantal, atau sambil mendengarkannya. Semua terserah Agan.

Apakah Earphone harus dibakar dulu sebelum boleh didengarkan?
Tidak. Agan boleh langsung menggunakan earphone Agan, persis setelah pembelian. Di burn-in dulu atau tidak adalah pilihan Agan. Selama penggunaan, mungkin Agan akan merasakan perubahan sedikit demi sedikit pada earphone Agan. Sebagian orang memilih untuk melakukan burn-in dan mendengar earphone nya secara periodik untuk lebih merasakan perubahannya, sedang sebagian yang lain memilih untuk tidak mendengarkan sama sekali sampai proses pembakaran selesai.

Memang seberapa besar sih pengaruh Burn-in terhadap Earphone?
Sebagian orang bilang, efeknya sangat besar dan drastis! Sebgaian lagi bilang, efeknya sedikit, atau bahkan tidak ada efeknya sama sekali. Biasanya besarnya pengaruh burn-in ini sangat bergantung terhadap model Earphone itu sendiri. Kalau earphone nya bagus, hasilnya bisa amat sangat nyaman buat di telinga Agan.

Berapa lama proses Burn-in harus dilakukan?
Banyak orang merekomendasikan selama kurang lebih 100 jam untuk kebanyakan earphone. Sebagian merekomendasikan hingga 200 jam atau bahkan lebih. Setiap earphone membutuhkan waktu yang berbeda satu sama lain untuk mencapai tahap "selesai", tidak ada ketentuan yang pasti soal jumlah waktu yang tepat untuk burn-in. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan kenyamanan telinga Agan untuk menentukan kapan proses burn-in telah selsai.

Jadi kapan sebenarnya proses Burn-in itu selesai? Mungkin nggak terjadi "over" burn-in?
Ide utama melakukan burn-in adalah untuk mencapai sebuah kondisi dimana perubahan suara pada earphone tidak terjadi lagi. Dan Agan akan mendapatkan hasil suara yang pas, yang tepat sesuai kemampuan earphone tersebut. Pada keadaan itu, penggunaan earphone secara reguler tidak akan menyebabkan perubahan suara yang signifikan selama bertahun-tahun nantinya. Sampai mungkin earphone Agan telah mencapai batas usianya.

Namun, sebagian orang berpendapat bahwa proses burn-in tidak akan selesai. Argumen mereka bahwa penggunaar reguler dalam jangka waktu yang lama tetap akan membuat diafragma earphone terus mengendur dan mempengaruhi suaranya. Yang pasti, masih cukup aman untuk mengatakan bahwa saat diafragma earphone mencapai kondisi yang sesuai rancangan aslinya setelah di burn-in, penggunaan reguler tidak akan menghasilkan perubahan suara yang signifikan untuk didengar pada earphone.

Apakah bisa terjadi kesalahan dalam mem-Burn in?
Earphone Agan akan beresiko untuk rusak setiap saat jika Agan menyetel volume yang sangat keras saat mem-Burn in. Sebagian orang merekomendasikan untuk menyetel volume sesuai tingkat yang nyaman untuk di dengar secara normal. Sebagian yang lain menyarankan agar disetel sedikit diatas normal. Jika Agan mendengar distorsi suara, atau suara "kresek2" saat volume keras, berarti telah terjadi kerusakan pada earphone Agan. Namun perlu diingat juga bahwa menggunakan volume yang terlalu kecil/pelan saat burn-in juga tidak akan efektif. Jadi pastikan Agan menyetel volume yang normal & nyaman untuk didengar, atau sedikit saja diatasnya.

Jadi sebenarnya Burn-in itu beneran nggak sih?
Sebenernya sih ide tentang proses Burn-in ini selalu menjadi hal yang kontroversial. Sebagian orang berpendapat bahwa banyak bukti-bukti yang dapat menunjukkan keberhasilan dari Burn-in, dan sebagian lain berpendapat bahwa banyak juga bukti-bukti yang menunjukkan Burn-in tidak berpengaruh apa-apa.

Sebagian orang mengatakan bahwa fenomena ini cuma persepsi psikologis saja, sedang yang lain mengatakan bahwa memang terjadi perubahan fisik pada earphone. Namun yang pasti sebagian besar orang tetap percaya bahwa keduanya benar. Jadi memang ada kombinasi antara keadaan fisik pada earphone & psikologis pada diri pendengarnya yang membuat mereka merasakan perubahan suara pada earphone. Agan boleh percaya maupun skeptis terhadap hal ini, silahkan tentukan sendiri untuk diri Agan.

Ada hal lain yang perlu Ane ketahui gan?
Subjek tentang Burn-in ini sebenarnya tidak terlalu kompleks & membingungkan gan, dan juga bukan merupakan hal yang benar2 harus diperhatikan ataupun merupakan ilmu pasti. Pendapat, metode, dan hasilnya sangat bervariasi untuk setiap orang, setiap model earphone, dan setiap sistem. Jadi Agan tetap harus cobain & eksperimen sendiri! emoticon-Big Grin


:::Sekian:::
Dah, jadi gitu gan sharing yang bisa ane tulis di sini (ngetiknya sampe 2 jam loh emoticon-Embarrassment). Sumber-sumber utamanya Ane dapet dari forum Head-Fi dan Wikipedia. Semuanya Ane terjemahin sendiri, jadi pasti nggak repost gan. Paling cuma mirip-mirip dikit aja kalo pun ada emoticon-Malu

Kalo ada yang berbaik hati mau kasih cendol, Ane sangat berterima kasih gan! Semoga info ini juga bermanfaat buat Agan-agan semua.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-I Love Kaskus
::Pertanyaan dari Kaskuser::

---------------------
Good Question
---------------------

Quote:Original Posted By bler
kalo ngeburn-nya putus gimana gan?
maksud ane kan 100 jam tuh?
bearti 4 hari kan?

nah kalo earphone hp kan harus dicas dulu kan?
apa earphone hp ga ngaruh kalo di burn?

gpp gan, di cicil juga bisa kok... gak bener2 harus nonstop 100jam. Intinya kan cuma "mempercepat" proses pengaturan diafragma nya, supaya bisa enak suaranya dalam 1 minggu pertama. Jadi istilahnya, gak perlu nunggu berbulan-bulan dgn pemakaian reguler...

---------------------
---------------------
---------------------

Quote:Original Posted By bebekmesum
proses burn tiap cans (headphone & earphone beda2)

g burn in sennheiser HD595 aja >1000 jam..baru jadi suaranya..gila dah wakkwawa emoticon-Big Grin
sennheiser IE8 >2500 jam baru keliatan bagusnya

dan klo mau optimal, mending burn in nya jangan pake wave sound aneh2 gitu, mending setel lagu2 biasa aja dengan volume sedang..udah deh letakin ajah di mana gitu diemin aja emoticon-Smilie ntar mp3 nya abis batre sekalian ngecharge sekalian di istirahatin headphone nya emoticon-Smilie

nb : semua yang saya ungkapkan berdasar bukti dan pengalaman pribadi emoticon-Smilie

mungkin bisa jelasnya bisa nanya2 atau baca2 di [url]www.audiophile-id.com[/url]
nick saya di sana pink2_72

salam audio emoticon-Smilie

wah lama banget gan, sampe ribuan jam gitu.. Haha. Yaudah sip, thanks info nya ya gan.
Quote:Original Posted By AveZ
Gan ini berlaku di Semua Earphone gak sih? Atau earphone2 tertentu aja? maksudnya bisa gak kalo earphone abal2 di burn in juga :maho

Thanks buat share nya Gan...

ya berlaku sih gan, tapi kualitas akhirnya tentu ngga akan sama dengan earphone2 mahal. Ini semacam "memaksimalkan" potensi dari earphone agan... gitu lah kira2 emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By 8383
Gimana sih gan cara yg efektifnya ngeburn in?

kalo headset yg udah lama bisa juga gak?

misalnya headset nokia ane yg dah 5 bulan ane jarang pake...

Cara efektif ya dengan ditinggal selama 100~200 jam setelah beberapa hari pembelian. Headset lama tp kalo jarang dipake berarti masih bisa di burn-in gan. Jadi istilahnya, yang menentukan kualitas suaranya itu "jam terbang" dari earphone nya sendiri.
Quote:Original Posted By BatbuT
waah nice trit gan, bener2 jelas setelah baca ini, baru denger tadi istilah burn earphone (baca di forum auvi), emoticon-thumbsup:
mau tanya gan, gw punya akg k-309, punya udah lumayan lama, beberapa bulan gitu, n lumayan sering didengerin, apa masih perlu di burn lagi atw ga ya gan?? sekarang udah oke sih suaranya.. emoticon-Big Grin

Yang bisa nentuin sih agan sendiri, seperti yang ane tulis di depan, begitu earphone mencapai kualitas suara yang semestinya, dia ngga akan berubah lagi suaranya. Jadi kalo sekarang udah oke, ya biar di burn-in lagi pun ngga akan berubah...
Quote:Original Posted By masteryoda
gan, gw mao nanya nih...
kalo burn in pake file isinya frequancy sweep gitu2 100 jam juga ya?
kalo selama ini ane burn in pake lagu jazz udah gitu flac, nah
kalo mao pake file yg freq sweep gitu2 masih bisa gak yah?? hehe

Seperti yg ane tulis di depan gan, burn-in itu tujuan akhirnya supaya kualitas suara dari earphone agan sesuai dengan "kelas"nya. Jadi pake cara apapun, indikator selesai/belumnya tetep kuping agan sendiri. Kalo pake frequency sweep mungkin bisa relatif lebih cepat proses burn-in nya, tapi ane rekomen pake lagu2 biasa aja gan. Kecuali agan paham bener ttg settingan & kemampuan earphone agan, supaya efektif. Krn kalo ngga, malah bisa ngerusak juga gan...
Quote:Original Posted By Ndiekrenz94
gan, mw tanya, kalo gasalah pemakaian headphone/earphone yang cukup lama dan sering bisa bikin pendengaran kita terganggu secara permanen yah gan? dan katanya bisa sampe tuli? bener gag tuh gan? ngeri ajah klw ngedenger kaya gitu.. >.<

iya... makanya pas burn-in ditinggal aja, gausah sambil didengerin. Sesekali boleh lah, tapi jangan terus2an...
Quote:Original Posted By dubay.yabud
kalo ga di burn in juga gapapa kan ya gan.. Nice thread nih.. walopun ngetiknya sampe 2 jam emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

ya gpp lah gan, masa ga boleh emoticon-Big Grin sebenernya sambil di pake juga ke burn-in sendiri, cuma lama prosesnya... Gitu aja sih.
Quote:Original Posted By Rushly
hmmm....ane jg sering heran gan...klo abis pake headset terus pake speaker biasa....suaranya beda banget....tapi lama kelamaan kok jadi sama aja....nah yg bikin ane bingung...itu sebenernya yg di BURN IN head setnya ato kuping yg dengar ya gan??hehehe....kan tadi ad yg bilang efek psikologis....mungkin itu kali ya??hehehehee emoticon-Big Grin

Nah... kalo ane sih percaya 50-50 gan emoticon-Embarrassment tp terserah ente juga. Hehe...
Quote:Original Posted By dickson_diskon
waduh telat gan padahal ane baru aja beli headset baru.....
kudu direyen dulu to biar hasil suaranya maksimal.,....nyesel ane...baru tau ini...

Gak telat kok sebenernya... kalo sering di pake hasilnya bakal sama juga gan... Burn-in ini cuma proses biar instan aja emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By cingur2000
keknya bener deh gan, ane pernah ga sengaja ninggalin earphone dalam kondisi idup pas balik dan dengerin lagi terdengar beda dan lebih ulem emoticon-Smilie

Yup2, dilanjut aja gan sampe 100jam.
Quote:Original Posted By aden1983
Bener bnget ts,ane sebulan yg lalu beli iem, dan udah dburning 100jam an, hsilnya maknyus bnget,jauh beda dg sebelum dburn, vol burning yg nyaman dtelinga aja gan,Hal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone Baru

Sip2.. ane jg awal2 ga percaya tp setelah ngerasain sendiri baru percaya gan.
Quote:Original Posted By pwib313
IEM nyah apaan gan?
ane jg baru beli hippo pearl, msh proses burn-in menuju 100jam...
br burn 40 jam-an c, tp suara udh bgs bgt... emoticon-Big Grin

Sip gan emoticon-Embarrassment kayaknya barang bagus tuh...
Quote:Original Posted By keretadorong
yakin ga ngerusak gan?
bner ga ya bisa ngaruh...
mau coba, takut rusak, masih baru

hehehehe


ijin save pages aja deh gan, buat koleksi

iya kan udah di jawab di atas, selama nyetel volumenya normal, gak akan rusak earphone nya.
Quote:Original Posted By SuPeRMaN___
keren gan terjemahannya, daripada pake google translate yang ada malah puyeng... nice info banget nih..

iya nerjemahin + ngetik nya sampe 2 jam gan emoticon-Big Grin hehe...
Quote:Original Posted By pwib313
bg yg nyari earphone ato headphone baru, msk ajah ke fjb gan...
di sono byk earphone/headphone bgs2...
brg ori, kualitas mantaf, harga ekonomis...
salah satu contoh mampir dimari gan:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3080418

wah mantab nih.. thanks info nya gan. Ternyata ada forum khusus audio ya...
Quote:Original Posted By zhа1
ini artikel dari forum luar ya? kok persis emoticon-Hammer

EDIT: ups sori, ternyata emg diterjemahin ya.. Nice Thread deh.. emoticon-Angkat Beer

iya gan ane terjemahin plus nambah2 infonya emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Riefton
Wah nice share gan.. br tau ane.. kirain burn in itu dibakar..

emang di bakar gan emoticon-Big Grin tp cuma istilah aja...
Quote:Original Posted By xiaoo
kayaknya bakal jadi hot thread nih emoticon-Big Grin
nice info gan emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus

aminn emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ngatno333
mantab ni gan ane juga baru denger akhir akhir ini emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By comii
ane malah baru tau gan kalo ada istilah burn-in, makasih gan nice tridemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sakura_chii
oh jadi mesti di burn-in dulu biar suara yang dihasilkan enak...coba ane coba deh kalo nanti ngebeli headphone baru...mudah2an gak rusak deh ganemoticon-Big Grin

hooh, ane juga taunya belom lama kok gan.
All about World cup 2010
ah gagal gan

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
emoticon-Hi

wew makasih infonya ya, ane rate deh kasian tsnya ngetik sampe dua jam emoticon-Embarrassment
hahahah emoticon-Big Grin

Hal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone Baru
Quote:Original Posted By - Val -
emoticon-Hi

wew makasih infonya ya, ane rate deh kasian tsnya ngetik sampe dua jam emoticon-Embarrassment
hahahah emoticon-Big Grin

Hal yang perlu diketahui tentang "Burn-in" Earphone/Headphone Baru


hehe makasih gan emoticon-Malu
nice info gan.....
mantab ni gan ane juga baru denger akhir akhir ini emoticon-Big Grin
ane baru tau gan..

nice info gan
ane malah baru tau gan kalo ada istilah burn-in, makasih gan nice tridemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ngatno333
mantab ni gan ane juga baru denger akhir akhir ini emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By comii
ane malah baru tau gan kalo ada istilah burn-in, makasih gan nice tridemoticon-Big Grin


hooh gan, ane juga baru tau belum lama pas lagi beli earphone emoticon-Embarrassment

Thumbs up 

earphone..
nice info gan
haha, ane dah tau bakal jadi begini deh kalo posting di lounge.
pasti banyak "nice info gan" nya...


emoticon-Hammer2
ini artikel dari forum luar ya gan? kok persis emoticon-Hammer

EDIT: ups sori, ternyata emg diterjemahin ya.. Nice Thread deh.. emoticon-Angkat Beer
yakin ga ngerusak gan?
bner ga ya bisa ngaruh...
mau coba, takut rusak, masih baru

hehehehe


ijin save pages aja deh gan, buat koleksi
kayak ngotak-ngatik mesin ya gan emoticon-Big Grin
si set sendiri biar enak emoticon-Embarrassment
oh jadi mesti di burn-in dulu biar suara yang dihasilkan enak...coba ane coba deh kalo nanti ngebeli headphone baru...mudah2an gak rusak deh ganemoticon-Big Grin
nice share gan
nice info gan..