alexa-tracking

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003126604/bekasi-coldblooded-community-reptilia--amphibia
[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia
BCC Prepare your self

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia
____________________________________________________________________

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia


1] Logo BCC

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

yang logo gambar aja ni....

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia
yang sama namanya.....


Makna logo : Komunitas ini terbuka untuk seluruh pecinta reptil (semua jenis) pada umumnya dan di bekasi pada khususnya...

Makna nama : Komunitas pecinta makhluk2 melata dan berdarah dingin termasuk jenis amphibia...


2] Visi
"Bekasi Coldblooded Community adalah Wadah Sharing/ Berbagi Pengalaman Antar Para Pecinta Reptilia di Wilayah Bekasi"

Misi sederhana dalam 1 bulan ke depan
- Memperkenalkan komunitas kita ini dalam ultah RegBek bekasi...
- gathering Selanjutnya

Misi selanjutnya :
- ngadain workshop seputar reptil...



Mengapa memelihara reptil??


Quote:



Rules:
Quote:

Field Report Gath Pecinta Reptil Bekasi

Spoiler for gath 1:


Spoiler for gath 2:


intinya eksistensi ..... n bikin bekasi tambah meriah.....
emoticon-Kissemoticon-Kiss
yang belom bisa daeng, dateng ya di gathering selanjutnya......
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus

emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
Foto2 Gath ke 3



Quote:



Quote:





info lebih lanjut bisa hub:

obo_ino : 083822054980
si_ndut : 081386011187


FR ke 6 emoticon-Malu

Quote:
KASKUS Ads
Inclusion Body Disease (IBD)

Apakah IBD itu?

IBD merupakan suatu hal yang telah lama ada dalam pemeliharaan boa dan python di captivity, akan tetapi keberadaannya sendiri baru disadari oleh publik baru-baru ini. IBD dipercaya sebagai penyakit yang disebabkan oleh retrovirus dan sepertinya hanya menyerang anggota dari keluarga “boid”, seperti python dan boa. Penyakit ini mempengaruhi dua grup ular tersebut dengan berbagai cara yang berbeda akan tetapi kondisi yang diakibatkan akan selalu fatal ketika ular mulai menampakkan gejala-gejala yang diakibatkan oleh penyakit ini.

Ular bisa saja tidak menampakkan gejala-gejala apapun tetapi tetap saja menjadi pembawa dari penyakit ini – Boa, sebagai contoh, sering menjadi sarang dari penyakit ini tanpa menampakkan gejala-gejala terkena penyakit. Maka bila seekor ular yang dikandangkan dengan ular lain yang telah terinfeksi tidak menunjukkan adanya gejala-gejala apapun, bukan berarti ular tersebut kebal terhadap penyakit ini – ia tetap dapat menjadi sumber infeksi pada ular-ular lainnya yang masih sehat.

Penyakit ini diyakini disebabkan oleh “inclusion bodies” (sejenis retrovirus) yang diidentifikasi terdapat dalam sel epithelial dari ginjal dan pancreas ular yang terjangkit. IBD juga dikaitkan dengan degenerasi neuronal dan luka pada saraf tulang belakang dan otak, yang nantinya akan menyebabkan denegerasi myelin dan kerusakan pada saraf. Dalam beberapa kasus, ular yang terjangkit oleh IBD juga ditemukan terinfeksi oleh kutu ular, Ophionyssus natricis, akan tetapi karena keberadaan dari parasit ini tidak selalu hadir pada semua kasus IBD yang terjadi, maka hubungan sebab akibat yang pasti antara parasit ini dan IBD tidak dapat dibuat.

Host

Penyakit IBD sendiri telah diidentifikasi pada ular-ular dari keluarga boid di bawah ini, antara lain berbagai subspecies boa constrictor (Boa constrictor), green anaconda (Eunectes murinus), Haitian boa (Epicrates striatus), Burmese python (Python molurus bivittatus), Indian python (P. m. molurus), reticulated python (P. reticulatus), ball python (P. regius), carpet python (Morelia spilota) dan diamond python (M. s. spilota). Sebagai tambahan, penyakit yang mirip dengan IBD didiagnosa pada seekor eastern king snake (Lampropeltis getulus) yang dikandangkan dengan boa constrictor dan pada palm vipers (Bothriechis marchi).

IBD biasanya ditemukan pada ular-ular juvenile hingga ular dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ular yang baru lahir (neonate) dapat terinfeksi juga.

Distribusi

Menyebar di seluruh dunia pada ular-ular dari keluarga boid yang ada dalam pemeliharaan. Kebanyakan kasus IBD terjadi di U.S namun kasus-kasus IBD baru-baru ini ditemukan pada captive pythons di Australia, Canary Island, dan Italia. Transportasi ular dalam perdagangan hewan dan transportasi ular dari institusi-institusi kebun binatang yang berbeda dipercaya menjadi sebab tersebarnya penyakit ini di seluruh dunia.

Sampai saat ini tidak diketahui apakah inclusion body disease juga muncul pada boa dan python di alam liar, atau secara exclusive hanya terjadi pada ular di pemeliharaan (hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut).

Gejala

Python dan boa memperlihatkan gejala yang sedikit berbeda, dimana penyakit berkembang lebih lambat pada boa.

Tanda-tanda infeksi IBD di Boa antara lain kekacauan pada sistem saraf pusat seperti lumpuh, tidak dapat mengembalikan posisi badannya ke arah semula ketika posisi badannya terbalik, “star-gazing” (posisi kepala ular tegak ke arah atas menatap langit), ketidak mampuan untuk menyerang atau membelit mangsanya – atau bahkan hanya pada kelumpuhan saja. Gejala-gejala lain yang terjadi di Boa adalah penurunan berat badan secara ekstrim, menderita muntah kronis, serta infeksi pernafasan. Dysecdysis yang disebabkan oleh ketidak mampuan ular untuk mengontrol gerakan tubuhnya dalam melepas kulit lama-nya.

IBD berkembang secara lebih agresif pada ular python, selain gejala-gejala yang telah dijelaskan untuk boa di atas (terkecuali muntah kronis), python juga mengalami “mouth rot” (infectious stomatitis), disorientasi dan hilangnya kordinasi otot serta respon refleks yang terlalu tinggi atau terlalu besar.

Baik pada Python ataupun Boa, penyakit ini berkembang sangat cepat dan berakibat fatal pada ular-ular juvenile. Dimana kematian dengan cepat terjadi setelah dimulainya kelumpuhan ringan pada ular.

Daya tahan Virus di luar inangnya

Berdasarkan apa yang telah diketahui tentang virus pada saat ini, maka disinfektan berbasis alkohol (e.g. Sagrotan, Desderman, Microzid) akan melenyapkan virus. Sebagai retrovirus, IBD tidak akan bertahan di luar tubuh inangnya untuk jangka waktu yang lama.

Pencegahan

Sampai sekarang tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, dan dikarenakan penyakit ini selalu berakibat fatal dan sangat menular, maka euthanasia pada ular yang positif terjangkit oleh IBD merupakan tindakan yang dianjurkan. Sekalipun ular dapat dijaga agar tetap hidup melalui tindakan-tindakan seperti force feeding dan hydration, kerusakan yang terjadi pada saraf, otak, saraf tulang belakang dan organ-organ dalam sangatlah besar – sehingga biarpun ular tetap hidup tetapi kualitas hidup ular itu sendiri akan semakin menurun yang juga disertai dengan meningkatnya rasa sakit pada ular.

Dikarenakan belum adanya pengobatan untuk penyakit ini dan penyebarannya yang seperti virus, maka tindakan yang dapat dilakukan untuk menimalisir resiko masuknya IBD ke ular peliharaan kita adalah dengan melakukan aksi-aksi pencegahan, antara lain:

* Hanya menempatkan satu ular dalam satu kandang.
* Penggunaan satu macam barang untuk tiap satu kandang (tempat minuman, hook, dan lain-lain).
* Hindari pemberian makanan yang telah ditolak oleh satu ular kepada ular lainnya.
* Pembasmian kutu.
* Melakukan tindakan euthanasia pada ular yang telah positif terjangkit oleh IBD.
* Melakukan disinfeksi kandang dan peralatan secara berkala.
* Mencuci tangan setelah dan di antara penghandlean satu ular sebelum menghandle ular lainnya.
* Kandang yang terbuat dari kayu polos (tidak dilapis melamine dan semacamnya) harus disingkirkan, apabila ular yang telah terkonfirmasi terjangkit IBD tinggal di dalamnya.

Karantina secara ketat untuk setiap ular jenis Python dan Boa yang baru kita dapat, paling tidak untuk jangka waktu 3-6 bulan dan jika anda telah memiliki pet Python maupun Boa, selalu berhati-hati dan waspada setiap mengunjungi toko hewan peliharaan, pameran reptil, ataupun melihat-lihat koleksi reptil orang lain.

Diterjemahkan dan diambil dari berbagai sumber.


Retrovirus yang terdapat pada Boa constrictor yang terkena IBD

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

Tanda-tanda IBD

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

sumber :

http://www.reptilx.com/2010/04/30/in...disease-ibd-2/
Quote:


keluarga besar reptil itu terdiri dari bangsa ular, buaya, kadal, kura2 bos!!! gitu bro, n punya saya bukan penyu, itu kura2 air, kalo penyu itu sea turtle alias hidupnya dilaut....

minat pliara reptil? ayo gabung, dimulai dari kura2 aj dulu....emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Kiss

gw juga buat di forum my pets, reptil, ni alamatnya, mampir ya!

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3020760

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Quote:


yoa bos, yudfuck ya???

Quote:


wiiih kalem gan, saya pecinta, belum jadi penjual! maybe someday, tapi bukan yang di foto..... emoticon-Angkat Beer
emoticon-I Love IndonesiaFR Gathring ke 8 Bekasi Coldblooded Communityemoticon-I Love Indonesia


yg hadir :

obo-ino
_si_ndut_
brokenhz
s2pro
smaLLframe
Sandi_Burhan
Rafli -> non Kaskus
David -> Non Kaskus
tmnya david gw lupa -> non Kaskus




Foto - Foto:

Spoiler for yang hadir:


Spoiler for pets yg yadir:


baru dikit fotony, nanti akan di update lagi.



emoticon-thumbsupIni lah sang host pada gathring ke 8emoticon-thumbsup
s2pro
[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

Terimakasih untuk mas Andre A.K.A s2pro, yang besedia mempersilahkan kami untuk mengunjungi rumahnya dan membuat berantakan rumahnya, karena belia acara gathring kali ini sukses.
terimakasih sekali lagi kami ucapakan.

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Terimakasih untuk teman - teman BCC yang sudah menyempatkan diri datang ke gathring kali ini, dan teman - teman dari KRB terutama RLnya mas Tonang, terimakasih untuk selalu memberikan kami suport, tanpa kalian semua BCC bukanlah apa - apa.
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia
So why not to be different??

Sebenarnya banyak ko reptil yang mungkin bisa gw bilang lucu2..
Reptil Lucu:

Spoiler for Green Tree Phyton:

Spoiler for Savannah Monitor:

Spoiler for Leucistic Ball phyton:

Spoiler for Leopard Gecko:

Spoiler for Radiata Tortoise:



Quote:



nambahin lagi ahh...

Reptil2 lucu :

Spoiler for Boa:

Spoiler for Morph Ball Phyton:

Spoiler for kura2:

Spoiler for Snake:

Spoiler for lizards:


Spoiler for gecko:
Quote:


betul.. betull.. betul...


@yudha
bakalan maen terus lo di neh tret emoticon-Big Grin
potonye yang banyak yee emoticon-Embarrassment

gw suka tuh uler yang warnanye pink keunguan emoticon-thumbsup:
[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia

ini yang kecil itu anak atau maenan sih emoticon-Hammer
kaya baru keluar dari cangkang tapi tempurungnya udah mantep yah emoticon-Belo

waduh kalo gini yudha bisa ngumpulin kaskuser bekasi pecinta reptil nih emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tapi kalo gath jangan bawa yang aneh" yee emoticon-Malu

@TS
tolong dijaga yee threadnya emoticon-Malu
kalo ada yang post ampe triplex/dagang/bermasalah lapor ke kesini emoticon-Malu
lanjoootttt ____________emoticon-Ngacir
welcome to the jungle emoticon-shakehand




asal jgn hammie gw dimakan ama ntu uler emoticon-Frown

Smile 

[QUOTE=dreams_inside;154027086]great.. jd ngasih warna baru di regional ini ..
jgn lupa di urus thread ny gan emoticon-Angkat Beer

btw ane miara hammie ni sejauh ni..tp ga nutup kemungkinan..ane mw miara reptile jg ..

nyimak dl aja deh kelanjutan ny ni thread emoticon-Belo



welcome bro emoticon-Angkat Beer

oia btw ane jg punya kura2 gan ..tp yg biasa d jual gan ..

itu ada yg di jual ga bro kura2 ente ??[QUOTE]

gan klo ente minat ane jual beberapa koleksi uler nih hehehe
:maho:maho
[QUOTE=biludak;154349876][QUOTE=dreams_inside;154027086]great.. jd ngasih warna baru di regional ini ..
jgn lupa di urus thread ny gan emoticon-Angkat Beer

btw ane miara hammie ni sejauh ni..tp ga nutup kemungkinan..ane mw miara reptile jg ..

nyimak dl aja deh kelanjutan ny ni thread emoticon-Belo



welcome bro emoticon-Angkat Beer

oia btw ane jg punya kura2 gan ..tp yg biasa d jual gan ..

itu ada yg di jual ga bro kura2 ente ??
Quote:

d pajang donk gan koleksi ny .. emoticon-Big Grin
Quote:


baru ajah dibilang ma er elnye
jangan jualan emoticon-Cape deeehh
Quote:


yud' itu morph ball phyton kecil bener y ?

keren tuh ??pasaran ny berapa duit tuh yud'??
untuk om Yudfuck yang semangatnya membakar dunia! terima kasih saya ucapkan!!!! emoticon-Blue Guy Cendol (L)

ayo racuni bekasi dengan hewan2 melata!!!!!!


lanjut kan!!!!!emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
Quote:


waduuuh bro thx berat nih pics-nya! kalo menurut gw yang bilang reptil lucu ya pecinta reptil, hehehehe.... kalo awam mah pada geli kali ya????

yang paling pas mungkin, hewan2 yang menakjubkan!!!! emoticon-Kissemoticon-Kiss



lanjut trooos!!!
Quote:


berwarna banget ne bekasi emoticon-Angkat Beer

lanjut gan emoticon-Angkat Beer

gw biasa aza ma reptil... tapi gw kadang takjub dengan keunikan mereka...

belajar dari sni tentang reptil ah emoticon-linux2 emoticon-Malu
[Bekasi Coldblooded Community] Reptilia & Amphibia
ohh no emoticon-linux2 gw herpetophobia emoticon-Takut
Quote:

Siap,,,
wkwkw

ya itu morph nya..
soalnya sekarang gen dah di main2in..
hehe

Quote:

beneran itu ca..
mang anakan nya segede gitu..
hehe

siap ntar gw yg di profil FB gw..
hehe

Quote:

wkwkw..
mampir ya gw du..

Quote:

rick tertarik ga nih??

Quote:

itu dia kenapa dinamakan ball phyton..
soalnya klo dalam keadaan terancam dia bakal kaya gitu..

itu sebenarnya kelainan gen..

klo soal harga yg pasti diatas 10juta..
hehe

Quote:

haha..
siap..

soalnya biasanya orang2 di takut2in ma cobra aja..
nah ni gw taro yg lcu2..
hehe

Quote:

mudah2an var..
klo mau kura juga banyak yg lucu2...

Quote:

mau sembuh??emoticon-Embarrassment