alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002837853/anak-parepare-kota-bandar-madani-dan-sekitarnya-ajatappareng-masuk-sini-ki039
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Teman-teman, om-om, Kk, agan-agan dimanapun domisili anda sekarang, yg berasal dari kota Parepare dan Sekitarnya (Ajatappareng). Silahkan gabung disini kita Sharing bersama-sama. Topik bebas (No Sara.. !!!)
Sambil cerita-cerita sekalian mi juga kenal-kenalan
emoticon-shakehand dengan kaskuser asal kota Parepare, saling tukar informasi dan memberi pendapat ttg kota Parepare sekarang ini emoticon-Hot News
Atau mungkin ada yg mau nanya hal-hal yg berhubungan dgn kota Parepare. ? Silahkan tanya disini [Pasti kami jawab] emoticon-Cool
Parepare Twitter: @SeputarParepare

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Kaskus Lovers emoticon-I Love Indonesia (S)

Mau kenalan dengan TS:
FB: Muhammad Syahrul Yunus
Twitter: @MSY_69 emoticon-Malu



Quote:Original Posted By ungkel

Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.


Sejarah Kota Parepare


Diawal perkembangannya dataran tinggi yang sekarang ini, yang disebut Kota Parepare, dahulunya adalah merupakan semak-semak belukar yang diselang-selingi oleh lubang-lubang tanah yang agak miring sebagai tempat yang pada keseluruhannya tumbuh secara liar tidak teratur, mulai dari utara (Cappa Ujung) hingga ke jurusan selatan kota. Kemudian dengan melalui proses perkembangan sejarah sedemikian rupa dataran itu dinamakan Kota Parepare.

Lontara Kerajaan Suppa menyebutkan, sekitar abad XIV seorang anak Raja Suppa meninggalkan Istana dan pergi ke selatan mendirikan wilayah tersendiri pada tepian pantai karena hobbynya memancing. Wilayah itu kemudian dikenal sebagai kerajaan Soreang, kemudian satu lagi kerajaan berdiri sekitar abad XV yakni Kerajaan Bacukiki.

Dalam satu kunjungan persahabatan Raja Gowa XI, Manrigau Dg. Bonto Karaeng Tonapaalangga (1547-1566) berjalan-jalan dari kerajaan Bacukiki ke Kerajaan Soreang. Sebagai seorang raja yang dikenal sebagai ahli strategi dan pelopor pembangunan, Kerajaan Gowa tertarik dengan pemandangan yang indah pada hamparan ini dan spontan menyebut “Bajiki Ni Pare” artinya “Baik dibuat pelabuhan Kawasan ini”. Sejak itulah melekat nama “Parepare” Kota Pelabuhan. Parepare akhirnya ramai dikunjungi termasuk orang-orang melayu yang datang berdagang ke kawasan Suppa.

Melihat posisi yang strategis sebagai pelabuhan yang terlindungi oleh tanjung di depannya, serta memang sudah ramai dikunjungi orang-orang, maka Belanda pertama kali merebut tempat ini kemudian menjadikannya kota penting di wilayah bagian tengah Sulsel. Di sinilah Belanda bermarkas untuk melebarkan sayapnya dan merambah seluruh dataran timur dan utara Sulsel. Hal ini yang berpusat di Parepare untuk wilayah Ajatappareng.

Pada waktu status Parepare tetap menjadi Afdeling yang wilayahnya tetap meliputi 5 Daerah seperti yang disebutkan sebelumnya. Dan dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 29 tahun 1959 tentang pembentukan dan pembagian Daerah-daerah tingkat II dalam wilayah Propinsi Sulsel, maka ke empat Onder Afdeling tersebut menjadi Kabupaten Tingkat II, yaitu masing-masing Kabupaten Tingkat II Barru, Sidenreng Rappang, Enrekang dan Pinrang, sedang Parepare sendiri berstatus Kota Praja Tingkat II Parepare. Kemudian pada tahun 1963 istilah Kota Praja diganti menjadi Kotamadya dan setelah keluarnya UU No. 2 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, maka status Kotamadya berganti menjadi “KOTA” sampai sekarang ini.

Didasarkan pada tanggalpelantikan dan pengambilan sumpah Walikotamadya Pertama H. Andi Mannaungi pada tanggal 17 Februari 1960, maka dengan Surat Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah No. 3 Tahun 1970 ditetapkan hari kelahiran Kotamadya Parepare tanggal 17 Februari 1960.

Pada zaman Hindia Belanda, di Kota Parepare, berkedudukan seorang Asisten Residen dan seorang Controlur atau Gezag Hebber sebagai Pimpinan Pemerintah (Hindia Belanda), dengan status wilayah pemerintah yang dinamakan “Afdeling Parepare” yang meliputi, Onder Afdeling Barru, Onder Afdeling Sidenreng Rappang, Onder Afdeling Enrekang, Onder Afdeling Pinrang dan Onder Afdeling Parepare.

Pada setiap wilayah/Onder Afdeling berkedudukan Controlur atau Gezag Hebber. Disamping adanya aparat pemerintah Hindia Belanda tersebut, struktur Pemerintahan Hindia Belanda ini dibantu pula oleh aparat pemerintah raja-raja bugis, yaitu Arung Barru di Barru, Addatuang Sidenreng di Sidenreng Rappang, Arung Enrekang di Enrekang, Addatung Sawitto di Pinrang, sedangkan di Parepare berkedudukan Arung Mallusetasi.

Struktur pemerintahan ini, berjalan hingga pecahnya Perang Dunia II yaitu pada saat terhapusnya Pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1942.

Spoiler for Makna Lambang:




Parepare Inside


Spoiler for Google:


Spoiler for Pelabuhan Nusantara:


Spoiler for Sudut kota:


Spoiler for Tugu Phinisi:


Spoiler for Pantai Mattirotasi:


Spoiler for Tugu Adipura:


Spoiler for Mesjid Raya Parepare:


Spoiler for Parepare Indah:


Spoiler for Parepare Indah:


Spoiler for Di malam hari:



Kawasan Wisata

Waterboom Parepare
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.


Wahana tersebut masih terbilang baru di Parepare, setelah di renovasi menjadi waterboom. Tempat wisata ini menawarkan keseruaan yg dapat membuat adrenalin meningkat. Terletak di Kecamatan Soreang Jln Abubakar Lambogo kota Parepare.

Quote:Original Posted By wardhana83

Pantai Lumpue.
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

Pantai ini memiliki keunikan panorama alam yang sangat indah dengan pasir putih yang membentang luas. Terletak di Kecamatan Bacukiki, sekitar 4 Km dari kota Pare-Pare.


Pantai Cempae Sumur Jodoh.
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

Pantai ini ramai dikunjungi oleh anak-anak muda karena mitos dimana pantai ini terdapat sumur jodoh yang memiliki sumber air tawar yang dianggap keramat. Sejatinya tempat ini juga sering digunakan untuk tempat mencari pasangan bagi muda-mudi. Terletak di Kecamatan Soreang kota Pare-Pare. Bagi anda yang sedang mencari jodoh mungkin tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata anda.


Kab. Barru
Kupa Beach
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

Kupa Beach di Kabupaten Barru merupakan wisata pantai dengan keindahan dan suasana pantai yang menarik.


Pulau Dutungan
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

Pulau Dutungan terletak di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan memiliki panorama alam yang indah, ikan laut yang beraneka ragam. Pulau ini mudah dijangkau dengan perahu boat setempat hanya sekitar 10-15 menit, dengan fasilitas terbatas dan tak banyak seperti listrik dan telepon. yang ada hanya penginapan standar dan sebuah kafe. jadi ketenangan yang coba dicari bisa didapat ditempat ini.


Kab. Pinrang
Pemandian Air Panas Lemosusu
Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

Permandian air panas ini beradadi kawasan menuju arah PLTU Bakaru, sekitar 12 km dari Pinrang. Permandian Air Panas Lemosusu ini memiliki panorama alam yang ini meski fasilitasnya masih sederhana untuk mandi maupun berendam.




Ayo berkunjung ke kota Parepare, I emoticon-heart Pare's city
Ada juga tritx anak pare di..makanja mettoje om sahrul
Lapor anak pareka juga ong..
emoticon-Angkat BeerAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
iparku ji yg orang pare2 emoticon-EmbarrassmentAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Area taman kota lap.andi makkasau sudah free wifi mi katax di..emoticon-thumbsup:
Pacaran nyambi OLmi orang disana itu..
emoticon-Big Grinemoticon-Big GrinAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Iya om apalagi akhir2 ini lampu lapangan tdk di nyalakan (Di suruh irit sama PLN) tambah mendukung mi suasananya.. Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By Syahrull
Iya om apalagi akhir2 ini lampu lapangan tdk di nyalakan (Di suruh irit sama PLN) tambah mendukung mi suasananya..

Hahhhay..sa curiga di taman kota t4 na ini sahrul..emoticon-army:
Dimana lokasita di pare ong..emoticon-Big Grin
Saya jalan kebun sayur..emoticon-EmbarrassmentAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
anu..moka tanya emoticon-Malu
anak mangkoso bisa ikut join di sini kah ?? emoticon-Malu




emoticon-Peace
Quote:Original Posted By slangean
anu..moka tanya emoticon-Malu
anak mangkoso bisa ikut join di sini kah ?? emoticon-Malu




emoticon-Peace

Bisaji lah..masih dekat2ji dr pare2 juga toh..emoticon-EmbarrassmentAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By rhoey86
Bisaji lah..masih dekat2ji dr pare2 juga toh..emoticon-EmbarrassmentAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.


rappang dekat ji pare2 toh?
pace orang sana soalx emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By XIV


rappang dekat ji pare2 toh?
pace orang sana soalx emoticon-Smilie

Bisa ong kan masih ajatappareng toh..emoticon-Big GrinAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Rappang dan Mangkoso bisa om btul na blang Kk Roi (masih wilayah ajatappareng) Apalagi Rappang sring ka' ke stu. emoticon-Big Grin (rumahnya tnte) klo Mangkoso tmpat ku bli semangka emoticon-Malu emoticon-Hammer @Roi: Saya di Lasiming ong (dpannya SMA 4) emoticon-Big Grin Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By Syahrull
Rappang dan Mangkoso bisa om btul na blang Kk Roi (masih wilayah ajatappareng) Apalagi Rappang sring ka' ke stu. emoticon-Big Grin (rumahnya tnte) klo Mangkoso tmpat ku bli semangka emoticon-Malu emoticon-Hammer @Roi: Saya di Lasiming ong (dpannya SMA 4) emoticon-Big Grin

Bukanji ga kita yg jagai itu batu besar disitu om..?emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Dlu juga sa bergaul dkat2 situ di SGO jl.atletik..
Bnyak yg emoticon-Wowcantik emoticon-Genit:emoticon-Genit: di smapat..
emoticon-Ngacir2Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By rhoey86

Bukanji ga kita yg jagai itu batu besar disitu om..?emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Dlu juga sa bergaul dkat2 situ di SGO jl.atletik..
Bnyak yg emoticon-Wowcantik emoticon-Genit:emoticon-Genit: di smapat..
emoticon-Ngacir2
emoticon-Ngakak Wah bukan om,tpi baku' tau mka dgn penjaganya di stu emoticon-Big Grin Waaah pasti ini Kk roi yg sring blap2 dpan SMA 4 klo bnyak cwe emoticon-Ngacir2 (apalagi klo jam pulang skolah) emoticon-Stick Out Tongueeace: emoticon-Big Grin Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Tabe' di.emoticon-Embarrassment
anak palopo cika numpang makan mie Titi di pare2 kodong.emoticon-thumbsup:
Jangan di japre kodong msih newbieemoticon-Peace
emoticon-Ngacir2Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By ullamaron
Tabe' di.emoticon-Embarrassment
anak palopo cika numpang makan mie Titi di pare2 kodong.emoticon-thumbsup:
Jangan di japre kodong msih newbieemoticon-Peace
emoticon-Ngacir2
Iye silahkan om.. emoticon-Ngacir2 Sy jg msih nubi jie kdonk emoticon-Malu Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Abseng arueng..
Quote:Original Posted By Syahrull
emoticon-Ngakak Wah bukan om,tpi baku' tau mka dgn penjaganya di stu emoticon-Big Grin Waaah pasti ini Kk roi yg sring blap2 dpan SMA 4 klo bnyak cwe emoticon-Ngacir2 (apalagi klo jam pulang skolah) emoticon-Stick Out Tongueeace: emoticon-Big Grin

Wah nda pernahka sy om
Naik emoticon-Ngacir2 jeka sy slalu..emoticon-Big Grin

--------------------

Om ulla Knapaki nda singgah dirumahx om sahrul..emoticon-Stick Out TongueAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
pare2 di sekitar revolusi ato reformasi emoticon-Confused:
rappang daerah lautassalo [cocok ji kh tulisannnya ini emoticon-Hammer]
Quote:Original Posted By MJ197
pare2 di sekitar revolusi ato reformasi emoticon-Confused:
rappang daerah lautassalo [cocok ji kh tulisannnya ini emoticon-Hammer]
Reformasi om (eks pelanduk) terkenal skali ini jalan om.. emoticon-Big Grin Klo yg di Rappang sy jg tdk tau ong mgkin Kk Roi tau.. Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Pare2 terkenal dng penjual gogosnya di terminal induk. Sopan ki tawwa kalo mobil AC nda mauki naik paling di dpn pintu mobilji teriak2 kodong tawarkan dagangannyaemoticon-Big GrinAnak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.
Quote:Original Posted By Syahrull
Reformasi om (eks pelanduk) terkenal skali ini jalan om.. emoticon-Big Grin Klo yg di Rappang sy jg tdk tau ong mgkin Kk Roi tau.. Anak Parepare ~kota bandar madani~ dan sekitarnya (Ajatappareng) Masuk sini ki'.

owhhh....salahka paeng emoticon-Hammer
terkenal dengan apanya om??