alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002475660/ultralight-hiking-amp-trekking
Ultralight hiking & trekking
Diambil / copy dari [url]www.highcamp.info[/url]


Apakah Ultralight hiking atau ultralight trekking itu??

Atau bisa juga pertanyaannya menjadi, kenapa orang-orang mau membawa beban 15 - 20 kg ransel? yang didalamnya berisikan perbekalan, peralatan serta kebutuhan di saat berada di alam bebas. Dengan kondisi beban berat seperti itu akan membuahkan beberapa problem yaitu:

Lambat, membosankan
Kelelahan, lekas marah, dan rendahnya rasa kebersamaan saat di jalan setapak
Meningkatkan kemungkinan untuk terluka, sakit dipunggung, keseleo mata kaki, lutut nyeri, otot sakit, memar atau lecet, sakit dibagian pinggul serta bahu, dll.
Perjalanan hiking atau trekking yang panjang berarti juga akan membuat sedikitnya waktu untuk bersantai di tenda, menikmati asyiknya suasana saat di basecamp.
Saat kita mulai mendirikan tenda dan mencoba beristirahat, kita akan merasa sangat letih dan membuat malas untuk melakukan hal lain.

Semua hal diatas merupakan penghambat untuk menikmati alam sekitarnya, sedangkan tujuan kita ke alam bebas adalah untuk menikmatinya, jadi kenapa tidak kita rubah..?? Bagaimana jika kita pergi dengan ransel ukuran 30 - 40lt untuk perjalanan 3 hari 2 malam? dengan ukuran dan berat ini, perjalanan yang biasanya terasa berat karena beban berat dari ransel seukuran 70lt, akan terasa lebih ringan, dan tanpa beban yang terlampau berat. Serta kita akan lebih bisa menikmati alam bebas sepanjang perjalanan, dan juga kita bisa lebih cepat sampai dilokasi basecamp tidak dalam keadaan sangat lelah.

Dengan pemilihan peralatan dan mengaturnya dengan tepat, ransel kapasitas 40lt akan terasa sangat cukup sekali untuk perjalanan diatas. Mengenai contoh-contoh peralatan ultralight akan dibahas pada bagian lain.

Untuk siapa ultralight hiking (backpacking) itu?
Ultralight backpacking adalah untuk semua orang yang serius dengan kegiatan trekking atau naik gunung. Ransel yang berat akan merubah banyak orang baru yang tadinya mungkin akan bisa menikmati perjalanan trekking menjadi kapok dan tidak mau mencoba lagi.

Apakah aman?
Setiap ultralight hiker atau trekker membawa semua peralatan yang sama tingkat safety pointnya seperti halnya yang dibawa oleh hiker atau trekker pada umumnya. Seperti, pakaian, alat tidur, shelter, P3K, wadah air dll. Tetapi, seperti hal lainnya dalam hidup ini, tidak ada ganransi bagi yang tidak berpengalaman, salah keputusanlah yang menyebabkan masalah dalam pendakian, bukanlah peralatan. Ini bisa terjadi pada seseorang yang membawa banyak peralatan tanpa mengerti untuk apa dan kapan digunakannya. Biasakanlah diri dengan tehnik pendakian, serta dengan peralatan, dan juga biasakanlah latihan emergency tehnik dan diatas semua itu adalah berlatih untuk mengambil keputusan yang tepat. Semakin sering anda berlatih maka akan semakin mengerti bagaimana meminimal peralatan tanpa mengurangi kenyamanan anda. Saat ini ada banyak sekali peralatan yang dibuat dan dirancang seringan mungkin. Akan tetapi harganya masih sangat mahal, meskipun begitu begitu anda bisa merancangnya sendiri dan membuatnya, tentu saja biayanya jauh lebih murah.

Lalu, apakah sebenarnya Ultralight hiking atau trekking itu?
Ada banyak sekali individu-individu yang menerjemahkan arti Ultralight ini, tapi dari semua itu pada prinsipnya, ultralight hiking atau trekking itu adalah suatu cara atau tehnik melakukan perjalanan ke alam bebas dengan membawa peralatan dan perbekalan yang ringan dan tanpa meninggalkan prinsip-prinsip safety prosedur serta juga kenyamanan kita selama berada di alam bebas. Dan prinsip ultralight ini bukan hanya untuk perseorangan saja akan tetapi bisa juga diterapkan dalam perjalanan berkelompok. Dan kesemuanya itu membutuhkan perhitungan yang matang pada perencanaan perjalanan. Perlu diingat ultralight disini bukanlah mengurangi kwantitas dari peralatan yang dibawa, akan tetapi membuat sebuah peralatan menjadi simpel dan enteng tanpa kehilangan kwalitas penggunaannya.



Peralatan ultralight hiking \t

Ada banyak sekali bermacam type peralatan ultralight yang beredar dipasaran, dan saat ini beberapa diantaranya bisa didapatkan di Indonesia, akan tetapi harga peralatan tersebut masih tergolong mahal. Meskipun demikian kita bisa merancang sendiri peralatan yang kita butuhkan dan membuatnya. Berikut adalah beberapa contoh peralatan ultralight yang ada dan sangat simple dalam penggunaannya.

RANSEL

Ultralight hiking & trekking

Semakin sedikit dan simple peralatan yang dibawa maka akan semakin kecil ransel yang dibutuhkan, hal tersebut juga merupakan kunci dari ultralight. Semakin simple suatu peralatan maka semakin kecil tempat yang dibutuhkan maka akan semakin banyak makanan yang bisa dibawa. Rencanakanlah dengan seksama lama perjalanan dan jumlah makanan yang dibawa. Carilah ransel yang simple dan ringan, ukuran 30Lt atau 40 Lt sangat cocok untuk ultralight.



SLEEPING BAG

Ultralight hiking & trekking

Untuk sleeping bag saat ini ada jenis ultralight baik berbahan down maupun sintetis. Seperti contoh disini packing yang sangat kecil dan ringan. Diatas semua itu kemampuan isolasinya tidak berkurang.



Matras

Ultralight hiking & trekking

Untuk matras atau alas tidur, saat ini ada bahan alumimium foil berlapis busa yang sangat ringan dan bisa dilipat, mekipun tipis tapi kemampuan aluminium menahan uap lembab dari tanah sangat baik sekali, jenis matrass ini tersedia dalam ukuran yang lebar dan cukup untuk tenda atau bivy untuk satu orang.



Shelter/Tenda

Ultralight hiking & trekking

Shelter adalah suatu keharusan, jika akan bermalam di alam bebas. ada berbagai jenis shelter atau bivy ultralight untuk kapasitas satu orang. Trap juga bisa kita jadikan shelter, dengan sedikit improvisasi trap bisa dijadikan sebuah shelter yang nyaman dan tentu saja ringan dan tanpa kehilangan fungsinya sebagai shelter.





Alat masak

Ultralight hiking & trekking

Ada banyak sekali alat masak ultralight untuk penggunaan satu atau dua orang, sebagai contoh disini kompor spritus dengan satu misting dan penutupnya yang juga bisa berfungsi sebagai penggorengan. Selain kompor jenis spritus saat ini juga tersedia di pasaran kompor gas ultralight buatan primuss sweden.



Cup/gelas

Ultralight hiking & trekking

Untuk cup minum model sierra cup adalah pilihan yang baik sekali, karena selain bisa digunakan sebagai tempat minum kita juga bisa menggunakannya sebagai wadah untuk membuat eeg scramble atau jenis masakan simple lainnya, serta juga bisa dipakai untuk menghangatkan jagung manis dan lainya tergantung improvisasi.



Wadah Air

Ultralight hiking & trekking

Tempat minum lipat dari plastik atau kulit sangat praktis dan tidak memakan tempat saat kosong, ada banyak sekali botol lipat saat ini beredar dipasaran, baik itu keluaran nalgene ataupun playtipus. Dan meskipun dalam keadaan diisi air tutupnya sangat rapat dan tidak bocor. Selain itu wadah air lipat untuk membawa air dari lokasi mata air ke tempat camping juga dibutuhkan yang praktis dan bisa dilipat. dibandingkan dengan botol aluminium atau plastik.





Pakaian

Ultralight hiking & trekking

Jaket polar dan goretex adalah pilihan yang baik untuk isolasi dingin dan udara lembab, dan ponco adalah pilihan baik juga untuk perlindungan terhadap hujan, disamping bisa digunakan sebagai alas. Untuk pakaian bawalah pakaian yang sesuai dengan musim saat anda mengadakan perjalanan, t-shirt katun dan celana pendek katun tipis sangat baik untuk musim kemarau. Usahakan untuk merencanakannya seefisien mungkin agar tidak kelebihan atau kekurangan.



Hal lainnya
Hal lainnya adalah sama dengan peralatan trekking lainnya, seperti Senter, navigasi aids, survival kits, P3K praktis, dan lainnya. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dalam perencanaan sebuah perjalanan dengan prinsip ultralight, adalah packing makanan. Buanglah setiap kotak atau bungkus makanan yang tidak penting, jika makanan bisa dipindahkan kedalam kantong plastik akan lebih mudah lagi dibanding jika tetap harus dalam kotaknya yang akan memakan tempat di dalam ransel serta tentu saja tambahan berat. Didalam ultralight hiking atau trekking, berat extra 1ons saja akan sangat mempengaruhi perjalanan kita.




Jika anda memutuskan untuk memakai gaya ultralight hiking atau ultralight trekking, jangan pernah berhenti untuk berimprofisasi dan mencoba hal baru dalam menimalkan peralatan anda tanpa mengurangi kemampuan peralatan tersebut.


SEMOGA BERMANFAAT
Nice artikel gan
Btw kalo ga salah, di majalah intisari terbaru (september) ada artikel tentang uh ini gan
cotoh gear uh

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:

Spoiler for 7:

Spoiler for 8:


Spoiler for bahan tenda UH:


Spoiler for diy backpack:
thanks atas share nya gan
yang jadi kendala klise saat ini(terutama bagi sayah emoticon-Big Grin) adalah harga perlengkapan UH yg masih terbilang mahal
Setahu saya gaya UL hiking begini sebaiknya tidak dilakukan pada musim hujan karena pada saat itu kita membutuhkan perlindungan lbih ketimbang saat kemarau.

Goretex? Utk Indonesia? Mendingan pakai fleece.

Salam
thx infonya gan :maho

saya juga lagi mo mulai naek2 ke gunung lagi tapi sekarang mo model UL hiking
ingat umur hauhauhauha emoticon-Malu
..kalo selama ada porter yg selalu mendampingi
kayaknye bisa deh UL.... hehehhehe
Quote:Original Posted By kopen
Setahu saya gaya UL hiking begini sebaiknya tidak dilakukan pada musim hujan karena pada saat itu kita membutuhkan perlindungan lbih ketimbang saat kemarau.

Goretex? Utk Indonesia? Mendingan pakai fleece.

Salam


om kopen,bisa diberi pencerahan ndak mengapa fleece lebih cucok dibandingkan kretek eh goretex untuk daerah indonesia

Quote:Original Posted By grandula
thx infonya gan :maho

saya juga lagi mo mulai naek2 ke gunung lagi tapi sekarang mo model UL hiking
ingat umur hauhauhauha emoticon-Malu


sama om,saya jg lg berusaha menjalani metode pendakian UL,masih belajar mengenai gears2 yg recomended,cara packing yg baik dan benar,dan lain2nya

Quote:Original Posted By miss_tester
..kalo selama ada porter yg selalu mendampingi
kayaknye bisa deh UL.... hehehhehe


itu mah bukan UL,kasian porternya atuh neng
Quote:Original Posted By kuukuuruuyuuk
thanks atas share nya gan
yang jadi kendala klise saat ini(terutama bagi sayah emoticon-Big Grin) adalah harga perlengkapan UH yg masih terbilang mahal


sebenernya kalo gerasnya pake cara alternatif mungkin gak keliwat mahal juga cok.
misal matrasnya pake sun visor mobil yang dari almu,kompornya pake trangia cola, tendanya pake Flysheet, makanan ganti makanan yang tinggi kalori tapi enteng. (teringat tragedi pisang emoticon-Hammer)

yang gak ada gantinya tuh bawa aer. kalo aer 2 botol gede kan hampir sama kayak bawa 3kg emoticon-Hammer
jadi kalo bawa aer banyak mending bawa anggo atau pak sersan kopasus
Mantab infonya Gan....

Btw... Yang bener itu, setiap keril itu selalu di lapisi dengan matras dulu atau langsung diisi yakz?

Karena kalo langsung di isi, bentuknya jadi jelek....

Mohon pencerahan...
Quote:Original Posted By banteng
sebenernya kalo gerasnya pake cara alternatif mungkin gak keliwat mahal juga cok.
misal matrasnya pake sun visor mobil yang dari almu,kompornya pake trangia cola, tendanya pake Flysheet, makanan ganti makanan yang tinggi kalori tapi enteng. (teringat tragedi pisang emoticon-Hammer)

yang gak ada gantinya tuh bawa aer. kalo aer 2 botol gede kan hampir sama kayak bawa 3kg emoticon-Hammer
jadi kalo bawa aer banyak mending bawa anggo atau pak sersan kopasus


kl tenda diganti flysheet mah jangan dunks om.tar bisa2 kerokan plg dr trip nya emoticon-Smilie.kompor mini ponari versi om scrib dah di test drive sm beliau,spertinya recomended but perlengkapan UH
Quote:Original Posted By tetikus
Mantab infonya Gan....

Btw... Yang bener itu, setiap keril itu selalu di lapisi dengan matras dulu atau langsung diisi yakz?

Karena kalo langsung di isi, bentuknya jadi jelek....

Mohon pencerahan...


ah gak juga.....
tergantung cara masukin barangnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kuukuuruuyuuk
kl tenda diganti flysheet mah jangan dunks om.tar bisa2 kerokan plg dr trip nya emoticon-Smilie.kompor mini ponari versi om scrib dah di test drive sm beliau,spertinya recomended but perlengkapan UH


kalo kompor dari kaleng sih cukup recommended cok.
anak" satubumi yang kemaren ke raung juga pake trangia cola dipake masak 10 hari gak ada masalah sama sekali.
Quote:Original Posted By banteng
kalo kompor dari kaleng sih cukup recommended cok.
anak" satubumi yang kemaren ke raung juga pake trangia cola dipake masak 10 hari gak ada masalah sama sekali.


berarti mini ponari/trangicola setubuh untuk dimasukan dalam gear UH ya
Quote:Original Posted By kuukuuruuyuuk
berarti mini ponari/trangicola setubuh untuk dimasukan dalam gear UH ya


yups.....saya malah pengen nyobain....hehihehehe
dah jadi 3 versi nih di rumah
Quote:Original Posted By banteng
ah gak juga.....
tergantung cara masukin barangnya emoticon-Big Grin


Hehehe.... berarti saia yang gak tau cara masukinnya ya...
Dulu rata-rata pada pake matras, jadi mo di isi setengah kerilnya... teteb keliatan tegak...

Weh jadi kangen, pengen naek gunung lagi.... kira-kira ijin dari bini turun gak ya.... hikz...emoticon-Malu
Quote:Original Posted By tetikus
Hehehe.... berarti saia yang gak tau cara masukinnya ya...
Dulu rata-rata pada pake matras, jadi mo di isi setengah kerilnya... teteb keliatan tegak...

Weh jadi kangen, pengen naek gunung lagi.... kira-kira ijin dari bini turun gak ya.... hikz...emoticon-Malu


ya kalo isinya setengah emang harus dijejelin matras.
atau cari tas yg lebih kecil :P
Quote:Original Posted By tetikus
Hehehe.... berarti saia yang gak tau cara masukinnya ya...
Dulu rata-rata pada pake matras, jadi mo di isi setengah kerilnya... teteb keliatan tegak...

Weh jadi kangen, pengen naek gunung lagi.... kira-kira ijin dari bini turun gak ya.... hikz...emoticon-Malu


hihihi..jd inget cara packing jadul saia.. dgn alesan biar bagus dan lurus tu matras buat layer luar biar kliatan bagus.. ternyata hasil volum yg terisi kurang bnyk.. eh ga taunya managemen packing yg perlu di pelajari yah emoticon-Malu
Quote:Original Posted By ScribbledAngel
hihihi..jd inget cara packing jadul saia.. dgn alesan biar bagus dan lurus tu matras buat layer luar biar kliatan bagus.. ternyata hasil volum yg terisi kurang bnyk.. eh ga taunya managemen packing yg perlu di pelajari yah emoticon-Malu


nah itu, makanya saya suka miara ACT lite 40-10 saya
sudah lebih dari cukup untuk pergi 4-5 hari.
Quote:Original Posted By alcopop
ya kalo isinya setengah emang harus dijejelin matras.
atau cari tas yg lebih kecil :P


Secara jaman dulu... mo beli keril minta ma ortu...
Mo beli alpina aja... nunggu ijinnya turun lama bet.... hehehehe.....

Bis tuh baru muncul deh EIGER... eh skg... KARIMOR kekna yang lagi ngetrend yakz....