alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002284461/help-ask-panic-attack-anxiety-disorder-amp-alamat-psikiater
[Help-ask] Panic Attack, Anxiety Disorder (penyakit panik & cemas)
Bro Sis, gw udah 1 tahun ini menderita Anxiety Disorder dan Panic Attack
terakhir terapi ke psikiater sudah 5 bulan yang lalu dan beberapa bulan ini sudah ada kemajuan.
Masalanya gw sekarang tinggal di bekasi dan bekerja di jakarta, nah waktu gw berangkat ke kantor maupun pulang dari kantor beberapa minggu terakhir ini penyakit gw sering kambuh, kambuhnya selalu pas perjalanan naik bus atau pas ngendarain motor.
yang gw rasain waktu diserang Panic Attaack yakni tangan & kaki kesemutan, kadang2 mati rasa, mual, pusing, perut tegang, jantung berdebar, sesak nafas, bingung dan yang paling nggak mengenakan adalah perasaan ketakutan yang amat sangat.

Nah, bro atau sis yang pernah ngalamin atau tahu teman, saudara yang ngalamin penyakit kaya gw tolong share disini dong..
dan kalau ada yang tahu alamat psikiater di bekasi tolong share disini ya....urgent


Sebelumnya Trima kasih atas tanggapannya....emoticon-Smilie
gw sih bukan dokter gan,
ini gw dengar dari
teman gw yg pernah menderita penyakit spt juragan


puncaknya berupa reaksi paranoid yg sangat berlebihan
seakan2 mengira bahwa kematian udah di depan mata

cuma dukungan dan perhatian dari keluarga yg bisa mengurangi dan menyembuhkan penyakit ini

obat dari dokter sih cuma membantu proses penyembuhan nya supaya lebih cepat, biasanya berupa obat penenang, obat tidur , vitamin, obat tekanan darah tinggi, dan penambah nafsu makan.

teman gw konsultasinya ke dokter umum gan, selama 1 tahun minum obat dari dokter umum tersebut dan skrg udah normal orgnya, ga mikirin mati melulu, udah bisa beraktifitas secara normal

intinya sih pikiran kita harus di alihkan dari hal2 yg jelek
untuk sementara jangan memikirkan hal2 yg berat seperti proses jual beli yg berakibat untung rugi
pendekatan ke agama cukup bermanfaat juga


mungkin ada dokter disini yg bisa ngasi saran yg lebih bagus

dan
semoga bisa lekas sembuh gan
Quote:Original Posted By JimmyRap
gw sih bukan dokter gan,
ini gw dengar dari
teman gw yg pernah menderita penyakit spt juragan


puncaknya berupa reaksi paranoid yg sangat berlebihan
seakan2 mengira bahwa kematian udah di depan mata

cuma dukungan dan perhatian dari keluarga yg bisa mengurangi dan menyembuhkan penyakit ini

obat dari dokter sih cuma membantu proses penyembuhan nya supaya lebih cepat, biasanya berupa obat penenang, obat tidur , vitamin, obat tekanan darah tinggi, dan penambah nafsu makan.

teman gw konsultasinya ke dokter umum gan, selama 1 tahun minum obat dari dokter umum tersebut dan skrg udah normal orgnya, ga mikirin mati melulu, udah bisa beraktifitas secara normal

intinya sih pikiran kita harus di alihkan dari hal2 yg jelek
untuk sementara jangan memikirkan hal2 yg berat seperti proses jual beli yg berakibat untung rugi
pendekatan ke agama cukup bermanfaat juga


mungkin ada dokter disini yg bisa ngasi saran yg lebih bagus

dan
semoga bisa lekas sembuh gan


Tank's gan ud share, bisa membuat pikiran gw lebih tenang.. emoticon-Smilie
memang sih selama gw ngalaminnya selalu saja paranoid, yang ada cuman pikiran negatif mulu. yang takut mati, takut gila, takut lumpuh pokoknya campur aduk dah semua pikiran negatif yang ada di pikiran, ini yang bikin gw menderita. dan gw selalu berpikiran kalo badan gw kena penyakit berat, soalnya pas kambuh gejalanya mirip orang kena serangan jantung & stroke...

dulu waktu awal2 kena serangan penyakit ini gw ngk berani keluar rumah sendiri, pergi ke kantor aja harus minta di temenin...malu2in yaemoticon-Embarrassment
tapi syukurlah sekarang pergi ke kantor udah berani naik motor / naik bus sendirian.

yang jadi pertanyaan gw penyebab penyakit ini apa ya? emoticon-Confused:
apa memang karena dari kondisi psikologis atau karena adanya kelainan zat2 di dalam otak? soalnya kadang2 penyakit ini menyerang tanpa ada penyebab yang jelas... orang baru hepi2 bercanda sama temen, tau2 serangan paniknya kambuh ...aneh kanemoticon-Confused:emoticon-Confused:
saat serangan, anda boleh langsung minum obat yg dikasih sama psikiater anda. anda akan sadar bahwa ketakutan anda itu tidak beralasan dan hanya diciptakan oleh pikiran anda sendiri. dan sebaiknya anda konseling lg dgn psikiater

kuncinya pasrah bro

Assalamualaikum

Gue ngalamin juga panic attack. kira-kira mulainya setahun yang lalu. awal-awal kena gue masuk rumah sakit 4 kali dalam waktu 3 hari. pas di cek di RS malah gak ada apa-apa semua bagus. Sekarang Insya Allah udah 80 % ilang. caranya awal-awal emang pergi kudu ditemenin. lama-lama gue coba sendiri, tapi jarak dekat dan gue selalu ngantongin obat penenang. tapi biarpun gue ngantongin, selama gue kena serangan. paling banyak gue cuma minum 3 kali doang.sekarang gue gak ngantongin lagi. Cara gue ngatasin serangan panik kira-kira :
1. Pasrah ama Allah, banyain sholat banyakin Ibadah. karena step ini justru yang paling penting. soalnya ini penyakit nongolnya semau dia, jadi siapin bekal akhirat itu penting bro.
2. Saat kena serangan panik, jangan takut justru dalam hati tantang tuh penyakit (gue sering bilang dalam hati "ayo nongol sini, gue gak takut" ) biasanya malah ilang.
3. Bisa juga saat serangan, alihkan dengan pikiran2 menyenangkan. tapi step 2 paling efektif buat gue.
4. Kalo serangan gak bisa ditahan, gue lakukan tapping (SEFT ) biasanya bisa ngeredain serangan. (Spiritual EFT ) cari aja bukunya karangan faiz zainudin atau cari di youtube untuk videonya.
5. karena kalo lagi serangan sesak nafas, gue latihan pernafasan. tarik nafas perlahan (waktunya 1 alfatihah) tahan nafas ( 1 alfatihah juga ) keluarkan nafas perlahan (1 alfatihah juga) kira-kira lakukan 10 kali dan latihan satu kali aja abis sholat subuh lebih segar. nb : ini bukan amalan, tapi dari pada diitungin 20 detik mendingan gue baca satu surat.lumayan nambahin bekal akhirat.
6. ngantongin permen mint yang paling pedes(gue:fisherman friend) tiap hari. soalnya pas sesak nafas. permen ini ternyata lumayan juga.
7. Jangan sering-sering minum obat penenang. sepertinya obat penenang malah berefek buruk buat gue.

mudah-mudahan bermanfaat bro
Quote:Original Posted By fulgent
Alo sis,

coba sis ke psikiater dan anxiolytic bakal membantu koq. Untuk masalah therapy sepertinya CBT (cognitive behavioural therapy) bisa membantu. Sorry gw ga tau indo nya apa dan dimana cari psychologistnya. Penyebabnya yah seperti kurang GABA sejenis inhibitory neurotransmitter (zat komunikasi antar neurons otak) tapi hal ini masi blom diketahui secara men detail. I hope this helps.

iya bro, gw ngerasa kalau CBT itu lebih efektif daeipada pake obat2an.
cuman pada saat2 tertentu obat2an juga sangat menolong, semisal pada saat serangan terjadi.

Quote:Original Posted By Erkhum
saat serangan, anda boleh langsung minum obat yg dikasih sama psikiater anda. anda akan sadar bahwa ketakutan anda itu tidak beralasan dan hanya diciptakan oleh pikiran anda sendiri. dan sebaiknya anda konseling lg dgn psikiater

ok broemoticon-Smilie


Quote:Original Posted By vaiibnu
Assalamualaikum

Gue ngalamin juga panic attack. kira-kira mulainya setahun yang lalu. awal-awal kena gue masuk rumah sakit 4 kali dalam waktu 3 hari. pas di cek di RS malah gak ada apa-apa semua bagus. Sekarang Insya Allah udah 80 % ilang. caranya awal-awal emang pergi kudu ditemenin. lama-lama gue coba sendiri, tapi jarak dekat dan gue selalu ngantongin obat penenang. tapi biarpun gue ngantongin, selama gue kena serangan. paling banyak gue cuma minum 3 kali doang.sekarang gue gak ngantongin lagi. Cara gue ngatasin serangan panik kira-kira :
1. Pasrah ama Allah, banyain sholat banyakin Ibadah. karena step ini justru yang paling penting. soalnya ini penyakit nongolnya semau dia, jadi siapin bekal akhirat itu penting bro.
2. Saat kena serangan panik, jangan takut justru dalam hati tantang tuh penyakit (gue sering bilang dalam hati "ayo nongol sini, gue gak takut" ) biasanya malah ilang.
3. Bisa juga saat serangan, alihkan dengan pikiran2 menyenangkan. tapi step 2 paling efektif buat gue.
4. Kalo serangan gak bisa ditahan, gue lakukan tapping (SEFT ) biasanya bisa ngeredain serangan. (Spiritual EFT ) cari aja bukunya karangan faiz zainudin atau cari di youtube untuk videonya.
5. karena kalo lagi serangan sesak nafas, gue latihan pernafasan. tarik nafas perlahan (waktunya 1 alfatihah) tahan nafas ( 1 alfatihah juga ) keluarkan nafas perlahan (1 alfatihah juga) kira-kira lakukan 10 kali dan latihan satu kali aja abis sholat subuh lebih segar. nb : ini bukan amalan, tapi dari pada diitungin 20 detik mendingan gue baca satu surat.lumayan nambahin bekal akhirat.
6. ngantongin permen mint yang paling pedes(gue:fisherman friend) tiap hari. soalnya pas sesak nafas. permen ini ternyata lumayan juga.
7. Jangan sering-sering minum obat penenang. sepertinya obat penenang malah berefek buruk buat gue.

mudah-mudahan bermanfaat bro


wah ternyata ada juga teman seperjuangan
tanks bro udah sharing,
dari apa yang udah bro tuliskan diatas, ada beberapa teknik yang udah gw lakukan, menurut saya yang paling efektif adalah yg no.1, 2 dan 5
kadang2 kalo udah ada gejala kumat nih penyakit, gw tantang penyakit ini biar muncul sekalian, gw udah berusaha keras.... eehh malah ngk muncul2
menurut gw sumber penyakit ini adalah ketakutan dari dalam diri sendiri, jadi semakin kita berusaha untuk menghilangkan rasa ketakutan tsb, ketakutan tersebut malah semakin menjadi..., jika di dalam pikiran kita berusaha agar ketakutan tersebut muncul/menyerang...eehh malah ga muncul2 emoticon-Big Grin
effek positif dari penyakit ini, gw lebih mendekatkan diri dengan Yang Diatasemoticon-Smilie
banyakin ibadah broo.... ingat sama yg diatas..........
jauhi narkobaa..........

Panic Attack

Halo Bro...

Iseng googling tentang Anxiety dan Panic Attack, ternyata ada juga yang post disini.

Gw sendiri adalah termasuk orang yang diberi Allah ujian dengan merasakan apa itu yang disebut dengan Panic Disorder atau Anxiety Disorder.

Memang bagi orang lain, penyakit ini tergolong aneh. Namun di negara-negara maju seperti Amerika, penyakit ini sudah tidak aneh lagi. Saat ini lebih dari 13 juta penduduknya menderita penyakit ini, dan sebagian besar adalah mereka yang pada usia produktif. Dan mungkin 10 tahun ke depan, penderita penyakit ini akan bertambah banyak dan penyakit ini menjadi trend (hehehe, berbahagialah yang sudah mengenal trend ini lebih dulu - just kidding).

Jangan salah menganalisa mengenai serangan panik ini. Hampir semua orang (orang lain yang tidak mengenal betul penyakit ini) akan berkata: "udah, tenang aja, gak usah cemas, itu hanya pikiran kamu aja kok...". Hehehe, kalimat seperti itu hampir diucapkan semua orang yang berusaha menenangkan penderita serangan panik. Namun sebetulnya ada hal yang harus disadari tentang "pikiran" ini.

Apa yang ada di pikiran kita juga ditentukan oleh hormon-hormon kimiawi otak. Misalnya, ketika kita merasa sangat senang, maka hormon endorfin kita keluar dan hormon inilah yang menyebabkan kita merasa sangat senang. Ketika kita berada dalam suatu ketegangan, maka adrenalin pun muncul sehingga kita merasa sangat tegang. Nah, hormon yang berkaitan dengan rasa cemas dan panik ini diantaranya adalah hormon serotonin.

Yang terjadi pada penderita serangan panik adalah ketika dalam keadaan biasa, hormon pemicu rasa cemas/panik itu muncul dengan sendirinya. Jadi yang terjadi pada penderita serangan panik/kecemasan adalah ketidakseimbangan hormon kimiawi pada otak. Hal ini perlu disadari untuk mempercepat proses pemulihan.

Memang perasaan yang paling tidak mengenakkan adalah perasaan cemas/takut yang luar biasa itu. Dan yang paling mengganggu gw yaitu perasaan limbung, ringan, sempoyongan, dan perasaan asing terhadap badan sendiri atau keadaan sekeliling. Gw juga berobat ke psikiater udah satu tahun lebih. (Kok ampe tahunan berobatnya? Jangan khawatir, obat yang diberikan oleh Psikiater biasanya termasuk obat yang tidak boleh dihentikan secara tiba-tiba, melainkan harus dengan cara perlahan-lahan menurunkan dosis. Jika dihentikan secara tiba-tiba malah berdampak kurang bagus terhadap progress kesembuhan).

Untuk metode penyembuhan yang efektif (berdasarkan referensi yang gw baca dan yang gw alami) adalah dengan meminta bantuan ahli dalam hal ini, yaitu:

1. PSIKOLOG (jika kita masih mampu menghadapi dan mengontrol Panic dan Anxiety itu sendiri dengan pikiran dan sugesti kita, hanya saja kita tidak tahu persis cara yang efektifnya. Jika demikian, pertolongan dari psikolog sangat membantu, karena dia yang akan memberi terapi untuk penyembuhannya)

2. PSIKIATER (jika kita sudah tidak mampu menghadapi Panix dan Anxiety itu dengan pikiran dan sugesti kita, artinya panik dan kecemasan itu betul-betul menguasai pikiran kita dan kita tidak berdaya sama sekali untuk melawannya. Jika sudah seperti ini, suka atau tidak suka kita harus dibantu oleh obat untuk mencegah serangan panik berkembang lebih hebat lagi)

Jadi secara mudahnya bedanya adalah, kalo Psikolog tidak memberi obat (hanya memberi terapi), sedangkan Psikiater memberi obat. Jangan heran kalo Psikolog tidak menyarankan untuk ke Psikiater, dan Psikiater pun tidak menyarankan untuk ke Psikolog, karena mereka masing-masing memiliki metoda yang berbeda dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Kira-kira itu dulu deh yang bisa gw share disini. Mudah-mudahan bermanfaat. Untuk share lebih lanjut, bisa e-mail ke ivanlahardika@yahoo.com
wahh..mo sharing boleh kan!

gw dulu pernah ngalemin kayak gitu tuh...kalo gw ada penyebab awalnya
waktu itu gw sendirian dirumah...mag gw kumat,akhirnya gw muntah2 ada kali ampe 15x
gk ada yg nolongin,lemes,panik,ketakutan campur aduk..akhirnya gw minta tolong tetangga anter ke dokter...

setelah kejadian itu...yg suka tiba2 panik,ketakutan misalnya...lg enak2 nyetir tiba2 jalanan macet...muncul deh ketakutan berlebih gw , trus yg lain kalo gw ke mall trus liad keramaian di mall gw suka tiba2 panik , kalo denger ambulan dijalan , denger berita kematian gw suka ketakutan...dan semua itu mengganggu aktifitas gw

akhirnya gw ke dokter di bandung dia dr penyakit dalam
gw ceritaiin..kronologis nya akhirnya dia bilang itu ada dari mag , asam lambung naik makanya jadi ketakutan...gw dikasih obat penenang trus obat lambung , sama obat pelancar peredaran darah..dan gw disuruh olahraga...

alhamdulillah bro..semenjak itu gw banyaaak perubahan dan pasti jg di bantu sama doa..karena itu kan penyakit psikis jg yaaa...dan selalu yakin allah ada selalu sama gw ( gw muslim soalnya) itu selalu di tanamkan dlm diri gw...dan sampe detik ini..kemanapun gw pergi...obat lambung gw selalu ada di kantong celana gw...sekarang alhamdulillah gw sekarang gk suka ketakutan lg...

saran gw seh coba boss banyak2 olahraga lari deh..biar jantung nya jg gk lemah..kan klo lg panik jantung berdebar2..
periksaiin coba lambung nya...karena asam lambung naik itu bisa bikin kita panik,stress dan ketakutan...
dan jgn lupa..selalu ingat sama tuhan...

maap neh kalo kepanjangan..gw sedikit share aja ama TS , gw yakin loe bisa atasin semua ini...kalo loe yakiiiin boss..
@ivanmusician & @satir
Terima Kasih karena sudah ikut sharing disini...
semoga thread ini bisa membantu teman2 lain yang sekarangi sedang menderita penyakit ini emoticon-Smilie

untuk saat ini kondisi saya belum 100% sembuh... ya kalu dibuat prosentasenya sih baru sembuh 70% persen saja.
sudah hampir 4 bulan ini saya berhenti minum obat dan saya hanya berusaha melului terapi psikis/sugesti dari dalam diri sendiri, dan menurut sy hal ini lebih efektif dibanding dengan menggunakan obat-obatan karena obat hanya membantu saya pada saat rertentu saja (pada puncak serangan).
memang sih untuk serangan awal (masa 3 bulan pertama) obat sangat dibutuhkan karena kita belum terlatih untuk menghadapi apa yang dinamakan dengan "serangan panik"
untuk penyakit ini sebenarnya latihannya cukup sederhana, diantaranya...
1. Mendekatkan diri kepada Yang di Atas
2. Sugesti pikiran
3. latihan pernafasan, yakni dengan tarik nafas dalam2 dan di keluarkan
perlahan2, memberi efek menenangkan. - ini sangat efektif pada saat
serangan
4. olahraga cardio.. jogging, berenang, bersepeda, senam dll (membuat kita
lebih aktif, mentralisir depresi, stress) - ini yang paling senang saya
lakukan
5. hindari minum kopi & teh (buat saya kedua minuman tersebut sangat
memicu serangan)

hal tersebut yang saat ini saya lakukan dan hasilnya lumayan lah...emoticon-Smilie
bro gw mau tanya nih..gw baru aja nih pulang buru2 dari kantor...dan ini untuk yg kedua kalinya dalam 1 bulan ini...penyebab selalu sama yaitu, perasaan tersendat/loss ketika bernafas, tapi bukan pengab loh (gw jg menayakan hal ini di thread penyakit lambung). menurut dokter gw sih itu asam lambung gw naik. gw udah minum obatnya, tapi br 1 hari gw ngga minum obat, perasaan tersebut timbul lg, dan setiap kali timbul jantung gw selalu berdetak keras, keringat mengucur deras, dan perasaan takut mati...
herannya kalo hal tersebut timbul pada saat gw berada dirumah, gw ngga panik dan paling sebentar sudah hilang, tapi kalo gw sedang sendiri atau berada diluar rumah, baru menimbulkan kepanikan yang sangat.

apakah gw juga terserang penyakit panik yah; mengingat
1. gw sering merasa asing sama diri gw sendiri , dan lingkungan sekitar(hal ini timbul tiba2 dalam sekejap. paling 1-3 menit)
2. sudah sejak lama, gw (dibilang sering sih tidak), kadang ketika tidur, dan terbangun tiba2, gw bangun dalam keadaan gw ngga tau berada dimana, dan siapa diri gw. membutuhkan waktu +/-30 dtk untuk menormalkannya.

kasus lainnya, kayak kemaren gw naik pesawar 5 menit abis take off pesawat gw terkena guncangan yang hebat (semua penumpang jg ketakutan), disitu jantung saya berdetak keras, keringat dingin, dan telapak tangan saya dingin, nafas agak sesak. 10 menit setelah pesawat kembali normal baru detak jantung saya kembali normal, biarpun masih terasa sesak sedikit.

dari semua cerita saya, menurut bro2 dan agan2 sekalian apakah
1. saya terkena penyakit jantung
2. asam lambung/lambung
3. atau hal ini mengindikasikan saya terkena penyakit panic attack

mohon saran/dan pendapat

thanks
Quote:Original Posted By bahlulasyik
bro gw mau tanya nih..gw baru aja nih pulang buru2 dari kantor...dan ini untuk yg kedua kalinya dalam 1 bulan ini...penyebab selalu sama yaitu, perasaan tersendat/loss ketika bernafas, tapi bukan pengab loh (gw jg menayakan hal ini di thread penyakit lambung). menurut dokter gw sih itu asam lambung gw naik. gw udah minum obatnya, tapi br 1 hari gw ngga minum obat, perasaan tersebut timbul lg, dan setiap kali timbul jantung gw selalu berdetak keras, keringat mengucur deras, dan perasaan takut mati...
herannya kalo hal tersebut timbul pada saat gw berada dirumah, gw ngga panik dan paling sebentar sudah hilang, tapi kalo gw sedang sendiri atau berada diluar rumah, baru menimbulkan kepanikan yang sangat.

apakah gw juga terserang penyakit panik yah; mengingat
1. gw sering merasa asing sama diri gw sendiri , dan lingkungan sekitar(hal ini timbul tiba2 dalam sekejap. paling 1-3 menit)
2. sudah sejak lama, gw (dibilang sering sih tidak), kadang ketika tidur, dan terbangun tiba2, gw bangun dalam keadaan gw ngga tau berada dimana, dan siapa diri gw. membutuhkan waktu +/-30 dtk untuk menormalkannya.

kasus lainnya, kayak kemaren gw naik pesawar 5 menit abis take off pesawat gw terkena guncangan yang hebat (semua penumpang jg ketakutan), disitu jantung saya berdetak keras, keringat dingin, dan telapak tangan saya dingin, nafas agak sesak. 10 menit setelah pesawat kembali normal baru detak jantung saya kembali normal, biarpun masih terasa sesak sedikit.

dari semua cerita saya, menurut bro2 dan agan2 sekalian apakah
1. saya terkena penyakit jantung
2. asam lambung/lambung
3. atau hal ini mengindikasikan saya terkena penyakit panic attack

mohon saran/dan pendapat

thanks


membaca dari yang bro bahlulasyik tuliskan gejalanya mirip seperti yang saya alami, yakni gejala panic disorder/panic attack. tetapi untuk lebih pastinya lebih baik memeriksakan dulu ke dokter/ahlinya agar diagnosisnya tepat. dengan diagnosis yang tepat nantinya akan memberikan rasa tenang kepada diri bahlulasyik sendiri.

mungkin sedikit penjelasan dari beberapa referensi di internet yang pernah saya baca :
1. sesak nafas/dada sakit.
Pada waktu serangan panik berlangsung, otak dan tubuh kita membutuhkan banyak oksigen sehingga mempercepat ritme pernafasan kita, semakin cepat kita bernafas maka kita semakin merasakan sesak. karena kita merasakan sesak nafas maka kita akan semakin panik.
2. sakit lambung/mual
kecemasan akan meningkatkan produksi asam lambung sehingga akan menyebabkan mual/perih lambung. makanya diusahakan untuk menghindari makanan/minuman yang dapat memicu produksi asam lambung seperti kopi atau teh.

lebih baik mending periksa ke dokter saja agar lebih tenangemoticon-Smilie
iya sih bro..for information..berhubung beberapa anggota keluarga gw ada yang menjadi pasien psikiater..setau gw kalo kita berobat ke sana itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh, dan menimbulkan ketergantungan terhadap obat yang dikasih psikiater tersebut...(kalau ngga minum obat dari psikiater, bisa ngga tidur, atau tidak tenang)....3 dari anggota keluarga gw udah masing2 mencapai angka diatas 20 th dalam berobat ke psikiater. dengan intensitas yang rutin(sebab kalo ,mereka ngga berobat timbul lg penyakitnya).bahkan ada yang dokternya udah meninggal dilanjutkan ke anak menantunya...hehehehe...parah deh bro...gw takutnya kayak begitu...

kalau referensi psikiater yang bagus sih...
1. Dr Sasanto... (praktek di Rs Darmawangsa)
2. Dr. Richard.... (kalo ngga salah di darmawangsa juga deh prakteknya)..
gw jg ikut sharing deh....

gw jg kena penyakit ini uda setahun lebih nih......

gw sempet cek ke psikiater...
dikasi obat, tp karena berhubung gw gawe gk di indo, jadi gw minum obatnya sekali aja tuh....

sempet merasakan agak mending sih.....

tp akhir2ini gejalanya mulai muncul lagi, and gk bisa di kontrol.....
sekali serangan itu datang ,sulit membedakaan kejadian nyata dan tidak nyata....
hidup seperti di dunia lain, tinggak sensitifitas sangat tinggi sekali......
mendengarkan setiap omongan org, yg padahal bukan tertuju kepada kita...

tp yah lewat gitu aja, and yg paling gk enak nya tuh susah tidur tiap hari...

ini rencana gw mau plg buat cek lg....


ada agan2 yg mengalamin gejala2 seperti yg sy alami??

ini ada beberapa thread2 bermutu dan sumber2 link yg berhubungan dengan PANIC DISODER, ANXIETY DAN SEJENISNYA

mungkin agan2 bisa sambil membaca2 artikel2 dan diskusi untuk menambah wawasan yg lebih banyak dan mengerti dgn penyakit ini....

anxiety by: wikipedia

anxiety disoder by: wikipedia

panic disoder by: wikipedia

MASUK bagi yang cemas dan mengalami gangguan psikologi by:Galihatidumarp

ketika panic datang by: FaRo BaY

PTSD - post traumatic stress disorder by: guru

thread help panic attack BY: bro m00nl1ght

waspadai MSG,VETSIN sebagai biang kesemutan dalam panic attack

9 tehnik untuk berhenti berpikir negatif by:biltspyder

Penyembuhan dengan EFT (Emotional Freedom Techniques) by: toanzah

panduan untuk Self Hypnotherapy by:toanzah




apabila ada link yg bermanfaat lagi, bisa pm saya, nanti saya update lagi dsini.


semoga sharing ini bermanfaat







Quote:Original Posted By vickhen
gw rate thread deh, supaya bs ngangkat thread ini...

karena akhir2 ini uda mulai banyak yg mengalami penyakit seperti ini....
supaya pembahasan dsini bisa membantu yg lain yg kebetulan mengalami panic atack ini...

ayo agan2 ikut rate dunkk

emoticon-I Love Kaskus


Tank's Gan
ayo siapa saja yang mau sharing silahkan, berbagi pengalaman, berbagi cerita emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia

ngk nyangka ternyata yg punya penyakit seperti ini banyak juga ya....
kok ngak ada yg ngebahas lg ya???


hehe...
nyokap sy juga pernah ngidap gejala itu, kata dokter itu vertigo ya gan
Quote:Original Posted By cepti juanda
[QUOTE=bahlulasyik;142824697]bro gw mau tanya nih..gw baru aja nih pulang buru2 dari kantor...dan ini untuk yg kedua kalinya dalam 1 bulan ini...penyebab selalu sama yaitu, perasaan tersendat/loss ketika bernafas, tapi bukan pengab loh (gw jg menayakan hal ini di thread penyakit lambung). menurut dokter gw sih itu asam lambung gw naik. gw udah minum obatnya, tapi br 1 hari gw ngga minum obat, perasaan tersebut timbul lg, dan setiap kali timbul jantung gw selalu berdetak keras, keringat mengucur deras, dan perasaan takut mati...
herannya kalo hal tersebut timbul pada saat gw berada dirumah, gw ngga panik dan paling sebentar sudah hilang, tapi kalo gw sedang sendiri atau berada diluar rumah, baru menimbulkan kepanikan yang sangat.

apakah gw juga terserang penyakit panik yah; mengingat
1. gw sering merasa asing sama diri gw sendiri , dan lingkungan sekitar(hal ini timbul tiba2 dalam sekejap. paling 1-3 menit)
2. sudah sejak lama, gw (dibilang sering sih tidak), kadang ketika tidur, dan terbangun tiba2, gw bangun dalam keadaan gw ngga tau berada dimana, dan siapa diri gw. membutuhkan waktu +/-30 dtk untuk menormalkannya.




wah sama tuh gan kyk gw....ngerasa asing sama dri sndri
pikiran gw juga sering ngawur gan ...tapi kadang2 balik lagi...
sakit kepala trus lagi .....
kalo bgitu biasanya pnyembuhan dari diri sendiri gimana ya gan?




wah, kemungkinan besar agan juga terserang penyakit panic atacck ini...
namanya anxiety.....

saya sarankan agan coba konsultasi ke psikiater aja....
nanti mau di kasi obat apa ngak, tergantung dr dokter psikiaternya...
mungkin bs dapet pencerahannya dsana....

kalo bisa di atasi secepatnya, jgn di biarkan....
karena ane jg ngerasain, rasanya bener2 gk enak bgt......


semoga bs cepet diatasi ya gan.....
@TS

temen ane pernah mengalami panik seperti itu... waktu minum obat penenang dari dokter malah jadi suka ngeracao sendiri..