alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002134199/all-about-hikkikomori-otaku-and-nijikon-thread
All About Nijikon, Hikkikomori, and Otaku Thread
NIJIKON

Orang yang memiliki kecenderungan untuk menyukai/mencintai karakter/tokoh 2D (anime, manga, kartun, game, dsb) disebut juga dengan 'Nijikon'.

Quote:Nijikon

Nijikon (二次コン, Nijikon?) adalah istilah slang dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figur boneka dari karakter tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (二次元コンプレックス, Nijigen kompurekkusu? 2-dimension complex).

Otaku yang terobsesi kepada salah satu atau lebih karakter dalam anime, manga, atau permainan video menyebut diri mereka sebagai Nijigen Otaku (Niji Ota) atau Otaku penggemar 2 dimensi. Sebaliknya, Otaku sendiri tidak pernah mengaku dirinya menderita Nijikon.

Pada kasus yang serius, laki-laki penderita Nijikon hanya memiliki rasa cinta kepada karakter perempuan dalam anime, manga, atau permainan video. Pada pria maupun wanita penderita Nijikon, minat seksual terhadap manusia lawan jenis atau kehidupan nyata sudah tidak ada lagi.



Nijikon lebih banyak ditemukan pada kalangan Cowo. Cowo cenderung lebih mudah 'terserang' nijikon, mengingat nafsu Cowo terhadap Cewe lebih besar ketimbang sebaliknya.
Selain itu, di pasaran anime/manga shonen[1] dan seinen[2] (yang biasanya melibatkan chara Cewe yang good-looking atau 'moe'[3]) lebih banyak daripada anime/manga shojo[4] dan josei[5]. Bishojo game[6] pun jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang bishonen game[7].

Cowo nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga 'moe', seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga 'mainstream' semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, atau Death Note.

Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem[8] terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.


Nijikon jarang sekali ditemukan pada kalangan Cewe, mengingat Cewe kebanyakan lebih menggemari drama-drama Korea/Jepang yang kebanyakan diantaranya melibatkan Cowo-Cowo ganteng[9].
Namun kalaupun ada kalangan Cewe yang Nijikon, ciri-cirinya sendiri tidak berbeda jauh dengan Cowo nijikon.

Ciri-cirinya (yang bisa terlihat) antara lain:

1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan tokoh anime favoritnya, misalnya nama realnya adalah Ayu, tokoh favoritnya adalah Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka ia mengubah namanya menjadi Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama yang berbau Jepang, dalam kasus ini menjadi Ayumi[10], misalnya).

2. Memasang foto tokoh anime/manga favoritnya di situs-situs jaringan sosial (facebook, Friendster) sebagai primary atau sebagai avatar/siggy forum; biasanya ditambahi embel-embel yang menyatakan kecintaan terhadap tokoh tersebut ataupun sebagainya.

3. Mengaku-ngaku sebagai suami dari tokoh anime/manga favorit yang bersangkutan. Berkaitan dengan poin nomor 1 diatas.




[1] Anime/manga shonen, maksudnya adalah anime/manga yang sasaran konsumennya adalah remaja (Cowo) berusia sekitar 12-18 tahun.
[2] Anime/manga seinen, maksudnya adalah anime/manga yang sasaran konsumennya adalah remaja-dewasa keatas (Pria), berusia sekitar 18-40 tahun.
[3] Moe dapat diartikan sebagai 'cakep', 'imut', ataupun mengarah ke good-looking. Kalau Bahasa Indonesianya mungkin "Ihh lucuuuuu...!!! <3"
[4] Anime/manga shojo, maksudnya adalah anime/manga yang sasaran konsumennya adalah remaja (Cewe) berusia sekitar 12-18 tahun.
[5] Anime/manga josei, maksudnya adalah anime/manga yang sasaran konsumennya adalah remaja-dewasa keatas (Wanita), berusia sekitar 18-40 tahun.
[6] Meliputi game-game hentai/adult game, dating-sim, ataupun genre lainnya; intinya tokoh dalam game tersebut kebanyakan adalah Cewe-Cewe cakep/moe.
[7] Seperti bishojo game, hanya saja melibatkan Cowo-Cowo ganteng. Biasanya game dengan embel-embel 'for girls'
[8] Harem dalam pengertian genre, maksudnya genre anime/manga/game yang berupa seorang tokoh Cowo yang dikelilingi oleh banyak tokoh Cewe.
[9] Contohnya Boys Before Flowers, Full House, Princess Hours, dsb; meliputi juga acara-acara tv show/video clip yang bisa dilihat di YouTube, tentunya meliputi Cowo-Cowo ganteng. Contohnya video clip SorrySorry-nya Super Junior.
[10] Nama Ayu bisa di-nippon-isasi atau di-kawaii-isasi menjadi Ayumi, Ayuko, dan Ayu-Ayu yang lain; yang penting ada 'Ayu' nya! FYI, Ayu juga merupakan nama tokoh protagonis dari anime/visual novel Kanon yaitu Ayu Tsukimiya.


=========================================================
HIKKIKOMORI

Hikikomori [ひきこもり or 引き籠もり], mungkin secara bahasa diartikan sebagai 'terisolasi', merupakan salah satu istilah dalam bahasa Jepang yang berarti seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri (menghindarkan diri) dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk diam di rumah; kalaupun ke luar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli makanan atau mengambil koran.

Penyebab hikkikomori biasanya beragam, dari mulai ketidakmampuan diri untuk berinteraksi dengan dunia luar hingga karena trauma dengan suatu kejadian di luar rumah (misalnya trauma kecelakaan). Oleh karena itu sebenarnya hikkikomori memerlukan bimbingan secara psikis.

Istilah hikkikomori sebenarnya bersifat umum dan tidak terbatas hanya pada anime/manga saja. Namun karena ini adalah AMH

Dalam anime/manga, contoh hikkikomori diantaranya adalah Takumi Nishijo (Chaos;Head) dan Nagi Sanzenin (Hayate no Gotoku!)

referensi Wikipedia, dengan terjemahan, pengubahan, dan penjelasan ulang semampunya dan seperlunya

=========================================================
OTAKU

Otaku [おたく] adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya), namun juga bisa berarti kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku, setara dengan kata "Anda" dalam bahasa Indonesia.

Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku. Intinya, untuk saat ini, istilah otaku identik dengan penggemar anime/manga dan cenderung mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut setiap musimnya.

Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay, dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relatif banyak.

Di Jepang sendiri, isitlah otaku sebenarnya memiliki konotasi negatif karena kebiasaan orang-orang yang di sebut otaku tersebut cenderung aneh dan berbeda dengan orang pada umumnya, serta kurang bisa dimengerti oleh masyarakat umum.
Selain itu juga karena adanya sejumlah kasus kriminal yang melibatkan otaku, seperti kasus pembunuhan dan pemerkosaan.

PM Taro Aso (perdana menteri Jepang yang sekarang) adalah seorang otaku, terlihat dari kegemarannya terhadap anime dan manga Rozen Maiden.

referensi Wikipedia, dengan terjemahan, pengubahan, dan penjelasan ulang semampunya dan seperlunya juga

========================================================
PERBEDAAN ANTARA NIJIKON, HIKKIKOMORI, DAN OTAKU

Istilah 'otaku' lebih bersifat umum terhadap mereka yang terobsesi anime/manga, sementara nijikon dan hikkikomori itu lebih spesifik.

Dalam kasus ini, istilah 'nijikon' mengarah ke kalangan yang memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai karakter/tokoh (manusia) 2d (dalam anime/manga, Red.), daripada manusia asli (real).
Sementara 'hikkikomori' mengarah ke kalangan yang memiliki kecenderungan untuk menghindarkan diri dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dengan memilih untuk menghabiskan waktu berdiam diri di rumah dengan menonton anime, atau membaca manga, atau bermain game.

Tidak semua otaku itu nijikon atau hikkikomori.
Sebaliknya, mayoritas nijikon atau hikkikomori itu (dalam kasus ini, anime/manga) berasal dari kalangan otaku.

=========================================================

Terima kasih buat momod taretake yg udah mau repot" merging thread... emoticon-Embarrassment

☆★☆

Quote:
Tujuan dari thread ini adalah dalam rangka mencari tahu sekaligus sebagai pengetahuan mengenai nijikon serta mengenai resolusinya (pemecahan masalahnya) dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan tema diskusi kita ini.

menurutku sih, ini bukanlah masalah, so therefore ga ada yang perlu dipecahkanemoticon-Ngacir


☆★☆
saiia jg semi-nijikon koQ gan...

bahkan cewe anime itu sbg standar saiia dLm mencari cwe real... emoticon-I Love Kaskus
Apanya yg masalah dari ituemoticon-Confused:

klo jwban gw seh, cukup simple.
Krn cewe2 di Real World itu:
All About Hikkikomori, Otaku, and Nijikon Thread

jd pada inti nya, ga ada permasalahan disini. lo doank yg mikir itu masalah. knp?
jwb-an nya ada pada pic berikut ini:
Spoiler for answer:


so, udah slesai. ga ada masalah. move along~
hmm soaL kata 'masalah' di atas karena diskusi ini tadinya untuk salah satu forum tetangga yg notabene mungkin penggemar anime/manga ny tidak banyak (Lbh heterogen).

saiia sendiri pun ga tLaLu menganggap haL itu sbg masaLah, bahkan PENTING sbg suatu standarisasi, karena saiia sendiri pun punya sebagian jiwa nijikon. Namun apabila kurang berkenan, saya edit.
Quote:1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan tokoh anime favoritnya, misalnya nama realnya adalah Ayu, tokoh favoritnya adalah Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka ia mengubah namanya menjadi Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama yang berbau Jepang, dalam kasus ini menjadi Ayumi[10], misalnya).

first thing on my mind : si panci emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By Haekel-n-Girls!
Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem[8] terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.


anjrit, menohok abis ! :maho :maho
wauakakakaka !! *ketawa stress*
Quote:Original Posted By Haekel-n-Girls!

Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem[8] terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.




nusuk abis emoticon-Big Grin
gw punya gf asli, but masih suka fap ke karakter 2d dibilang nijikon ga seh? anyway nijikon mnurut gw bukan masalah besar, it can be, depend on the situations emoticon-Big Grin

and to eroshin, not all of em are bitches and whores emoticon-Embarrassment
at least not your mother rite?
nijikon in denial emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By bokekman
nijikon in denial emoticon-Ngacir


emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By bokekman
anjrit, menohok abis ! :maho :maho
wauakakakaka !! *ketawa stress*


Quote:Original Posted By c0mod0

nusuk abis emoticon-Big Grin


santai gan

ts kan ga nge judge nt emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By Haekel-n-Girls!


Cowo nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga 'moe', seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga 'mainstream' semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, atau Death Note.



DOHOHOHOHOHOHOHO emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
sori, moe = shit. yg gw bold 2 itu jgn disamain dgn yg good story and flow yg bgs kyk CLONNAD, Shana or Haruhi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

and 3 manga main stream? yg gw msh ikutin cuman OP.
Naruto = kindergarden philosophy. Bleach = power-tard

ini bukan flaming emoticon-Stick Out Tongue yg mikir ini flaming brarti msh pendek pikiran nya emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By Haekel-n-Girls!


Adapun ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem[8] terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.



ok gw jujur.

buat no 1, gw ngga ngelakuin itu. ok lah buat anyone yg claim2 "character A is my waifu" klo just for fun gpp. but klo yg serius? emoticon-linux2

buat no 2, nah klo ini gw hampir kyk gt. knp hampir? krn gw jg doyan yg cowo, terutama trap emoticon-Genit: klo yg cowo jelas si Abe emoticon-thumbsup: klo yg trap jelas si Pico emoticon-Genit:

buat no 3, ngga tuh. gw cuman beli dikit bgt and yg murah2 aja emoticon-linux

buat no 4, well kadang2 emoticon-linux2 but gw kebanyakan main game & gw bersosialisasi kok tiap hari. tp lewat internet emoticon-Ngacir

buat no 5, gw emang jomblo, but yg ngejer2 gw ada bbrp org yg cukup bgs kualitas nya emoticon-Stick Out Tongue sayang ane doyan ama cewe 2D trap kyk Aikawa or Pico or Jun emoticon-Genit: so, no thx emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By lolita
santai gan
ts kan ga nge judge nt emoticon-Stick Out Tongue


huahuha, gw emang sepenuhnya pasrah mengakui fakta2 itu emoticon-Hammer emoticon-Stick Out Tongue
ah ya, hikky ... our way of life emoticon-Ngacir


@pedo
ROTFL !!
yu ga usah banyak ngeles gitu, ngaku aja napa siiiih emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Haekel-n-Girls!
1. Mengaku waifu (istri, Red.) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau 'poligami' dengan membuat semacam harem[8] terhadap beberapa tokoh anime/manga (hal seperti ini biasanya ditemukan di forum-forum anime/manga).

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila 'ditawari' Cewe 3D (Cewe real, Red.). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D (Cewe dalam anime/manga, Red.).

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

5. Biasanya masih jomblo.



yg terakhir tepat bangetemoticon-Hammer


1.just 4 funemoticon-Stick Out Tongue

2.maybe yesemoticon-Embarrassment

3.aku cuma beli manga ajaemoticon-linux

4.kagak juga sih,...emoticon-Belo

5.fucking trueemoticon-Angkat Beer
no 1 = iya-iya gw punya harem army tp g ngaku2 ngakupun paling ke sesama doang g ke orang awam
no 2 = yah klo ditawari cwe 3d yg low quality wajar dong g berselera,soal ngaku sk 2d mah gw g ngaku ke orng lain cm jd pikiran sendiriemoticon-Big Grin
no 3 = g ada toko kyk gt deket rumah gw jdnya g kepikiran deh
no 4 = akhir2 ini gw kayak gt tp itu gr2 liburan sebelum kuliah jd puas2in nge hikky mumpung bisaemoticon-Big Grin
no 5 = punya harem army ko jomblo??emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By bokekman
huahuha, gw emang sepenuhnya pasrah mengakui fakta2 itu emoticon-Hammer emoticon-Stick Out Tongue
ah ya, hikky ... our way of life emoticon-Ngacir


@pedo
ROTFL !!
yu ga usah banyak ngeles gitu, ngaku aja napa siiiih emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


eh bokek sejak kapan nt ol lagi dimari

gimana kabar cewe lu kamaren, eh istri ya emoticon-Confused:
Quote:Original Posted By fate x destiny
no 5 = punya harem army ko jomblo??emoticon-Ngacir


itu maksudnya IMAGINARY harem emoticon-Stick Out Tongue
kecuali kalo yu emang anaknya raja minyak emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By lolita
eh bokek sejak kapan nt ol lagi dimari
gimana kabar cewe lu kamaren, eh istri ya emoticon-Confused:


udah 2 bulanan kali ... sejak Haruhi season 2 nongol deh emoticon-Stick Out Tongue
hih, cewe apaan ? sadly status gw masih yg nomer 5 diatas emoticon-Frown emoticon-Frown
emang kenapa kalo status no 5 ??

sok ini gw nanya ke semua yang masuk trit ini !!!
g seh memuja Ojou~chan...
tapi masih nonton JAV... (dalam basis 2 harian sekali)

jadi g nijikon ato bukan neh?? emoticon-Confused: