alexa-tracking

[FR] Backpack to Karimun Jawa "The Sweet Escape"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002057920/fr-backpack-to-karimun-jawa-quotthe-sweet-escapequot
Thumbs up 
[FR] Backpack to Karimun Jawa "The Sweet Escape"
Setelah kurang lebih satu bulan mempersiapkan perjalanan ini....akhirnya tanggal 5 sampa 8 Juni 2009, berangkatlah saya ke karimunjawa....

Spoiler for Indahnya pantai di Karimunjawa:


Spoiler for Sunset di Karimunjawa:


Perjalanan kali ini, saya berangkat ber-tujuh, termasuk 2 orang kaskuser yang sempat membaca rencana perjalanan saya di forum karimunjawa, dan akhirnya bergabung...

Spoiler for Saya dan temen2 Berfoto di pelabuhan karimunjawa:


Rombongan terbagi menjadi 3, brgkt dari Bandung, Cirebon, dan Jogja, Meeting Point kami adalah di Pelabuhan Kartini, Jepara.

Jumat, 8/6/2009

17.00 WIB, Saya dan Pacar berangkat dari Cihampelas menuju Terminal Cicaheum Bandung dengan menggunakan Angkot Cicaheum-Ciroyom, setelah sebelumnya janjian bertemu dengan satu orang lagi di Terminal Cicaheum. Perjalanan sore itu agak lama karena bersamaan dengan Jam pulang kantor dan kebetulan Bandung diguyur hujan yang akhirnya menyebabkan jalanan agak macet
(Angkot Cihampelas-Cicaheum Rp.4000/orang)

18.45 WIB, Teman yang ditunggu datang, dan Kami Langsung menuju Bis Shantika tujuan Bandung-Jepara yang sudah menunggu, Bis ini Sangat Nyaman, Executive Class, Fasilitasnya AC, Tempat duduk 2-2, LCD TV 7 buah, Reclining Seat dengan Sandaran Kaki, Smoking Room + Toilet, Dapet Makan Malam Prasmanan, supir dan Keneknya pun ramah (Tarif Bis Shantika Bandung –Jepara Rp.95.000/orang)

Spoiler for Bis Shantika Tujuan Bandung-Jepara:


19.00 WIB, Bis berangkat menuju Jepara,Perkiraan Perjalanan selama 10 Jam, Kurang Lebih Jam 21.45, Bis Istirahat di Daerah majalengka Untuk Makan Malam. Tips. Jika tidak menyukai lagu dangdut, bawalah Ipod/MP3 Player, karena di awal perjalanan supir bis dan keneknya akan memutarkan DVD Dangdut ala bis malam.


Sabtu, 9/6/2009

05.30 WIB,Kami Sampai di Jepara, supir Bis bernama Pak Agus berbaik hati mengantarkan kami menuju sebuah persimpangan di dekat Pelabuhan Kartini. Dari situ kami meneruskan perjalanan menggunakan Becak menuju Pelabuhan Kartini. (Becak ke Pelabuhan Kartini Rp.10.000/becak)

Spoiler for Gerbang Pelabuhan Kartini, Jepara:


Kebetulan Kami datang saat petugas penjaga gerbang belum datang jadi lolos retribusi, jika datang setelah petugas datang kaskuser akan dimintai biaya retribusi Rp.500/becak


06.00 WIB, Kami Sampai di pelabuhan Kartini, langsung sarapan di kantin pelabuhan karena loket KM( Kapal Motor) Muria, baru dibuka pukul 06.45, sambil menunggu rombongan yang lain tiba (Sarapan di Kantin Pelabuhan, Nasi+Sayur+Telor Ceplok, Hanya Rp.3500 saja)

Spoiler for Suasana Kantin Pelabuhan Kartini,Jepara:



06.45 WIB, Loket KM.Muria dibuka dan kami langsung membeli tiket KM.Muria Kelas VIP, dengan fasilitas Reclining Seat, AC, dan TV, (Harga Tiket KM Muria kelas VIP Rp.60.250/orang)

Spoiler for Loket KMP Muria:



Berikut Jadwal KMP Muria bulan Juni 2009, siapa tau Kaskuser mau ke karimunjawa
Spoiler for Jadwal KMP Muria:



07.00-08.00 WIB, Rombongan yang lain berdatangan + Sarapan
08.00 WIB, Boarding ke KM Muria
09.00 WIB, KM Muria Berangkat dari Jepara menuju Kepulauan Karimunjawa, Perjalanan diperkirakan 6 Jam, di kapal kami berjalan-jalan, foto-foto dan berkenalan dengan beberapa orang termasuk rombongan lain yang menuju Karimunjawa. Jika merasa kelaparan di dalam kapal, tenang aja, karena ada booth yang menjual makan dan minuman kecil.Tips. Jika Gampang mabuk laut jangan lupa sediakan Antimo, untuk diminum sebelum perjalanan, ini akan membantu kamu melewati perjalanan dengan menghadapi goyangan kapal yang bisa membuat perut kamu mual, Manfaatkan waktu di kapal untuk menghubungi pak adolf untuk memesan tiket KM Muria pulang, beliau adalah petugas ASDP (Angkutan Sungai dan Pelabuhan) KM Muria, yang bertugas menjual tiket Karimunjawa-Jepara, apalagi jika kamu menginginkan Tiket VIP, karena Tiket VIP Susah sekali didapatkan apalagi jika lagi High-Season.

Suasana di atas KMP Muria

Spoiler for Kelas VIP:


Spoiler for Kelas Ekonomi:


Spoiler for Dek paling atas Kapal:


Spoiler for Pemandangan ke Laut dari atas kapal:


Spoiler for Masih di Kapal:


Spoiler for Ibu-ibu yang membawa persediaan makanan ke karimunjawa:



15.15 WIB, Kami sampai di kepulauan karimunjawa, dan dijemput oleh Mas Hariono dari Wisma Apung memakai mobil, kami diantar menuju ke pelabuhan rakyat, perjalanan dari pelabuhan KMP Muria ke Pelabuhan rakyat hanya sekitar 5 menit saja.
(Antar Jemput Mobil dari Wisma Apung, saat kedatangan dan kepulangan Rp.10 Ribu/orang, dibayar satu paket dengan penginapan)

15.25 WIB, Sesampainya di Pelabuhan Rakyat sudah ada Mas Aris dan kapalnya yang sudah menjemput, tetapi karena perut kami sudah mulai lapar,kami memutuskan untuk makan siang di Warung Nasi Bu esther yang jaraknya tidak jauh dari pelabuhan rakyat, (Makan Siang, Nasi+Cumi Asam Manis+Ikan Tongkol+Es Teh Manis, Rp.10.000)

Suasana di sekitar Pelabuhan Rakyat..

Spoiler for Nelayan yang melaut:


Spoiler for Anak Kecil Yang berenang di sekitar pelabuhan rakyat:



16.15 WIB, Kami Sampai di Wisma Apung, setelah sebelumnya melakukan perjalanan dengan kapal kecil-nya Wisma Apung. Wisma Apung ini adalah sebuah tempat penginapan yang benar-benar berada di tengah laut,jaraknya 5 menit menggunakan kapal dari Mainland Karimunjawa, Wisma Apung dibangun dengan material dari kayu, terdapat kurang lebih 17 kamar disini,selain berfungsi sebagai penginapan, wisma apung juga menjadi tempat penangkaran beberapa jenis biota laut seperti, Ikan Hiu, Penyu, Cumi, Bintang Laut, dan beberapa binatang laut lainnya.Wisma Apung didirikan oleh Pak Joko dan Keluarganya, tetapi setelah pak Joko Wafat di bulan Oktober tahun lalu, maka saat ini Wisma Apung dikelola oleh istrinya yang bernama Ibu Nurul, Tempat ini sangat saya rekomendasikan jadi tempat kaskuser menginap selama di Karimunjawa, selain harganya yang terjangkau, Wisma Apung juga menawarkan sensasi menginap di tengah laut yang gak akan bisa dirasakan di tempat lainnya. Wisma Apung memang tidak menawarkan fasilitas sekelas hotel berbintang, ada beberapa keterbatasan yang ada di tempat ini seperti Listrik yang menyala hanya dari Pukul 6 sore sampai 6 pagi serta Air yang terbatas penggunaannya. Tetapi di luar itu semua pelayanannya cukup memuaskan. Beberapa Aktifitas yang bisa kamu lakuin disini diantaranya : Berenang di kolam Hiu (tenang aja, Hiu disini Jinak dan gak akan menggigit), Bermain dengan anak Penyu, Memancing, Snorkeling, dll. Karena Air di sekitar Wisma Apung sangat Jernih, maka kaskuser pun bisa melihat ke dalam air tanpa harus menyelam.
Tarif Wisma Apung
Kamar Non Ac : Rp.120.000/malam + Breakfast
Kamar AC Rp.220.000/malam + Breakfast
Paket Makan Malam Prasmanan : Rp.20.000/ orang
Paket Makan Siang : Rp.15.000/orang

Satu Kamar bisa diisi 2 orang, ada beberapa kamar yang bisa diisi 3 orang, tetapi kaskuser harus membayar extra bed Rp.50.000/orang.

Jika gak kebagian kamar AC, tenang aja, walaupun saya menginap di kamar Non-AC, udara disana sangat sejuk, angin laut gak akan membuat kita kepanasan sepanjang malam.

Spoiler for Wisma Apung:


Spoiler for Penangkaran Hiu Jinak:


Spoiler for Berfoto bersama di wisma Apung:


Spoiler for Bulu babi yang bisa dipegang di sekitar wisma:


(TO BE CONTINUED)

Thumbs up 

17.20 WIB, Karena kami tidak ingin menyia-nyiakan waktu kami, maka kami memutuskan untuk langsung Snorkeling di pulau menjangan Kecil dengan menggunakan kapal dari Wisma Apung walaupun hari sudah agak sore, One Word untuk Snorkeling Pulau Menjangan kecil “Amazing”....keindahan Terumbu Karang disini masih terjaga, walaupun kamu beginner, Mas Aris akan membantu kamu untuk menggunakan Snorkel dan Life Jacket, Hati-hati ada banyak Bulu Babi disini, jadi pastikan kaki kamu tetap terangkat di permukaan air ketika sedang ber-snorkeling ria, lebih aman lagi jika kamu membeli sepatu khusus untuk menyelam sebagai pelindung kaki kamu selama beraktifitas di laut. Atau sekalian aja memakai Fin ( Kaki Katak) jika kamu punya, karena kebetulan Wisma Apung hanya menyewakan Life Jacket dan Snorkel Saja.

Paket Hoping Island menggunakan Kapal Wisma Apung ½ hari Rp.250.000/ 12 orang, karena kebetulan waktu itu kita bergabung dengan rombongan lain, jadi satu orang hanya Rp.20.000

Sewa Snorkel + Life Jacket Rp.25.000/orang

Sayangnya hari sudah terlalu sore untuk melanjutkan Snorkeling di Pulau mejangan kecil, kami hanya 40 menit ber snorkeling ria, tetapi cukup untuk membayar kelelahan kami selama 6 jam perjalanan menuju Karimunjawa.

Snorkeling di Menjangan Kecil

Spoiler for Saat Snorkeling di Menjangan Kecil:


Spoiler for Saat Snorkeling di Menjangan Kecil:



18.00 WIB, Kami kembali ke Wisma Apung, keindahan Sunset bisa kami nikmati sepanjang perjalananan pulau menjangan Kecil-Wisma Apung....

Spoiler for Sunset di Karimunjawa:


Spoiler for Sunset di Karimunjawa:


Spoiler for Gold of Water:


19.00 WIB, Setelah selesai Bersih-bersih, Mandi dsb + ngobrol2, tibalah Bu Nurul dari Mainland yang membawa makan malam kami, Lezaat sekali menu-nya, terdiri dari berbagai macam Ikan laut, Ayam, Sayur, pokoknya lezaat lah, sempat bertemu dan ngobrol juga dengan tim dari TV One, yang sedang meliput tentang Karimunjawa. Acara malam hari diisi dengan ngobrol dengan beberapa orang yang sama-sama menginap di Wisma Apung, Mancing malam hari strike dua kali, walaupun ikan yang saya dapat kecil, tapi akhirnya saya release karena gak tega.

Spoiler for Strike Kakap Merah, tapi kecil:


22.55 WIB, Diantar oleh Staff Wisma Apung, Teman dari TV One Mengajak ke Mainland untuk melihat pasar malam sekaligus mengambil tiket Ferry pulang setelah sebelumnya janjian dengan pak adolf di warung bu ester. Ternyata yang dimaksud pasar malam adalah semacam layar tancap yang memutarkan dvd pertunjukan dangdut, ada juga beberapa ibu2 yang berjualan makanan-makanan kecil, disini kami juga sempat ngobrol dengan beberapa pengunjung karimunjawa, di Karimunjawa Mainland, ada Fasilitas Wi-Fi yang bisa kaskuser pake untuk ber-internet ria.


Minggu, 10/6/2009

23.15 WIB, Kembali ke Wisma Apung dan Beristirahat.

04.30 WIB, Berangkat ke Karimunjawa Mainland menggunakan kapal kecil Wisma Apung, sesampainya di pelabuhan rakyat, jalan kaki menuju pelabuhan KM Muria untuk menunggu Sunrise, tapi sayang terhalang bukit. Sempet foto-foto juga di pelabuhan.

Spoiler for Sunrise di pelabuhan KM Muria:


06.30 WIB, Kembali ke pelabuhan rakyat, langsung menuju ke wisma apung, sarapan dengan menu lontong+opor ayam, sesampainya di wisma apung menyempatkan diri berenang dengan ikan hiu, penyu, bintang laut, di kolam penangkaran milik wisma Apung, setelah puas berenang siap-siap untuk Hoping Island.

Spoiler for Berenang w/Hiu:


Spoiler for Di Kolam Hiu Wisma Apung:


Spoiler for Jaws 5:


Spoiler for Bintang laut di kolam Wisma Apung:



08.30 WIB, Berangkat untuk Hoping Island,Pulau yang dituju pertama adalah pulau Cemara Kecil, disini saya bisa menikmati indahnya pasir putih dan jernihnya air laut sambil snorkeling, di pulau ini juga kita dapat berenang mengelilingi pulau hanya dalam waktu 15 -30 menit, salah satu biota yang saya temui disini adalah beberapa ikan badut dan seekor bintang laut berwarna biru
Setelah Cemara Kecil, lanjut ke Cemara besar, Tanjung Gelam, dan Menjangan besar, berikut foto-fotonya...

Spoiler for Perjalanan menuju pulau-pulau:


Spoiler for Cemara kecil:


Spoiler for Cemara kecil:


Spoiler for Cemara Kecil:


Spoiler for Cemara Kecil:


Spoiler for Bintang Laut di Cemara Kecil:


Spoiler for Cemara Kecil:


Spoiler for Cemara Kecil:


Spoiler for Cemara Kecil:


Spoiler for Tanjung Gelam:


Spoiler for Tanjung Gelam:


Biaya untuk Hoping Island Rp.350.000 per kapal, 1 kapal bisa memuat 10-15 orang, waktu itu kami ber-15 orang karena bergabung dengan rombongan lain, jadi satu orang hanya perlu membayar sekitar rp.20.000 saja.

17.00 Kembali ke Wisma Apung setelah puas Hoping Island

19.00 Makan Malam dengan Menu Seafood , Udang dan Ikan Laut...

23.00 Istirahat

(TO BE CONTINUED....AGAIN)

Thumbs up 

Senin, 11/06/09

04.30 WIB, karena masih penasaran dengan sunrise yang terhalang bukit sehari sebelumnya, maka di hari terakhir kami di karimunjawa, kami berusaha untuk mengejar sunrise kembali, dan kali ini yang dipilih adalah pantai di Nirvana Resort, ini adalah sebuah private beach yang dimiliki oleh Nirvana resort, untuk menikmati keindahan pantai ini, kaskuser bakal di charge Rp.12.500/orang, pantai ini terletak di Mainland karimunjawa, dan untuk mencapai tempat ini butuh kendaraan seperti motor/mobil.

05.00 WIB nyebrang ke Mainland dan menuju Nirvana Beach menggunakan jasa antar pake mobil Pak Ma'mun (Pak ma'mun menyediakan jasa antar jemput jika kita mau keliling Mainland karimunjawa, untuk antar jemput pak ma'mun nge charge Rp.10.000/orang, bisa nego)

05.15-07.00 menikmati keindahan sunrise di pantai Nirwana resort

Spoiler for Me n My girlfriend @ Nirwana Beach:


Spoiler for Whole Team @ Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


Spoiler for Nirwana Beach:


07.00-08.00 Kami kembali ke rumah Ibu Nurul di Mainland, untuk sarapan dan bersiap-siap Pulang, karena KM Muria Tujuan Jepara berangkat pukul 8 Pagi dari Karimunjawa.

08.00 Perjalanan Naik Ke KM Muria tujuan Jepara, Kami Makan siang di atas KM Muria, sebelumnya sempet pesan makan siang nasi Box ke Bu Nurul (Makan Siang Rp. 15.000, Tiket Ferry Kelas VIP. Rp.60.250)

14.00 KM Muria Tiba di Jepara

14.15 Saya dan Pacar langsung melanjutkan perjalanan ke Terminal Bis Jepara menggunakan Becak (Rp.10.000/becak) untuk mengejar Bis Shantika tujuan Bandung, sementara rombongan yang lain lanjut ke Semarang menggunakan mobil Pribadi yang dititipkan di hotel Sagoro, jepara.

15.00 Perjalanan Ke Bandung menggunakan Bis Shantika, jam 9 malam Bis Istirahat untuk makan malam, ternyata perjalanan pulang Jepara Bandung agak lebih lama dibandingkan perjalanan berangkat. (Tarif Bis Rp.95.000)

Selasa, 12 Juni 2009

05.00 Pagi WIB, Tiba di Cicaheum Bandung.

05.30 Tiba Di Rumah.

Biaya yang saya Habiskan untuk liburan ini, tidak lebih dari 600 ribu/orang, itu sudah termasuk :
1. Ongkos bis Bandung-Jepara PP
2. Ongkos KM Muria Jepara Karjaw PP
3. Ongkos Becak Terminal Pelabuhan kartini Jepara, PP
3. Biaya Penginapan 3 hari 2 malam (1 kamar berdua)
4. Makan 9 kali
5. Biaya Hoping Island 2 kali
6. Sewa Snorkel dan Pelampung 2 kali
7. Biaya masuk Nirwana Beach 2 kali
8. Uang Rokok untuk petugas Wisma Apung yang anter kami bolak balik wisma apung-mainland
9.Beli Rumput Laut & Souvenir untuk oleh2

Jika Kaskuser tertarik untuk mengunjungi tempat ini, berikut Tips-nya :
1. Ajaklah teman sebanyak-banyaknya semakin banyak akan semakin murah.
2. jika hanya berangkat dalam small group carilah teman sesama wisatawan disana untuk bergabung saat Hoping island, biar biaya sewa kapal jadi murah, tenang saja...gak susah kok cari teman disana.
3.Pastikan jadwal keberangkatan kaskuser, dan cek apakah ada KM Muria berangkat ke karimunjawa di hari yang telah ditentukan. FYI, KM Muria tidak setiap hari berangkat ke Karimun Jawa, saat ini Kapal tersebut adalah satu-satunya alternatif menuju ke Karimunjawa, karena KMC.Kartini (Kapal Cepat) sedang docking, kecuali kalo Kaskuser mau ambil resiko kesana dengan menggunakan Kapal nelayan yang konon katanya membutuhkan waktu 9 jam ke karimunjawa,atau memakai pesawat carteran yang mahaal sekali....hehe
4.Pesan Penginapan, Tiket Bis, Tiket Kapal jauh2 Hari, tidak disarankan go show(Langsung datang dan pesan) karena kaskuser akan bersaing dengan sesama wisatawan, untuk mendapatkan penginapan yang ok dan tiket Ferry, apalagi yang kelas VIP.
5.Pakailah Pelindung kaki saat Snorkeling/Hoping untuk menghindari binatang laut yang berbahaya/ karang
6. Bawa backpack aja jangan koper biar gak ribet.
7. Bawa Sunblock,Sunglasses, dan penutup kepala untuk menghindari sengatan matahari
8. Bawa Colokan Listrik cabang tiga untuk kepentingan charge HP/Kamera
9.Bawa Obat Anti Mabok laut, biar perjalanan jadi gak kerasa, 6 jam lumayan melelahkan.
10. Bawa Obat2an Pribadi
11. dll.

Berikut saya kasih juga beberapa No.telp, untuk membantu kaskuser merencanakan liburan ke Karimun Jawa :

Arnold ( Agen Bis Shantika Bandung) Telp.0815 62000 76
Agen Bis Kramat Djati Bandung tujuan Jepara, Telp. 022 2502317
Ibu Nurul (Pemilik Wisma Apung) Telp. 0813 2511 0999
Hotel Segoro Jepara (Jika Kaskuser mau bawa mobil dan menitipkannya di Jepara) Telp.0291 591 974
ASDP Jepara ( Untuk memesan Tiket KM Muria Jepara-Karjaw) Telp.0291-591048
Pak Adolf ASDP Karimunjawa (Untuk memesan tiket KM Muria Karjaw-Jepara) Telp.08551007837
Pak Ma'Mun (Jika Membutuhkan anter jemput memakai mobil di karjaw) Telp. 0813 2600 5287

Okay, Happy Holiday....


Spoiler for Sweet Escape:



-THE END-

Spoiler for Bonus:
thanks bro!
gw dari Bandung jg, manfaat banget semua infonya emoticon-thumbsup:
rp.600.000 nyampe Karimun Jawa, mantep banget emoticon-Genit:
keren gan
nice info
nice banget infonya gan
makasih banyak, nanti boleh ya minta2 kontak buat penginapan dsb
hehehe,
rencana mau kesana bulan agustus emoticon-Big Grin
Total biaya berapa gan?
Quote:


Gak lebih dari 600 ribu gan, itu udah semuanya termasuk beli oleh2...

:)

keren abis yah gan? gimana ? lo puas ga berlibur kesana gan? emoticon-Smilie wahh seru yahh .. tapi cape tuh psti perjalanan panjang gitu emoticon-Frown
ada hari senin libur nih di bulan juli. tanggal 20.

ada yang mau ke karimun jawa tanggal 18 gak? jadi gak usah bolos, ke sana tanggal 18, 19, 20. hehehe,,,,

mau ke sana, tapi belum ada temen nih.
emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
Quote:


tanggal 18 besok???
waduh...kecepetan buat gw..
baru ada rencana awal Juli..

dari bandung 600??apalagi dari semarang sini ya??emoticon-Genit:
masuk target ah..
emoticon-siul:
Quote:


bulan juli lho mas.
pan dah aye tulis tuh di atas. tanggal 20 juli, yg jatuh hari senin kan tanggal merah tuh. sedangkan untuk ke karimun jawa kan harinya sabtu sampe senin, sayang kalo musti bolos kerja. gitu,,,

yuk, yuk, yuk,,,,???
Quote:


Keren banget....sangat cocok untuk menjauh dari rutinitas kota yang menyebalkan..., to be honest kurang puas sih, pengennya sih long trip 4/5 hari disana, soanya satu hari rasanya kurang untuk hoping seluruh pulau yang ada disana, banyak banget pulau-pulaunya....

Perjalanan emang lumayan lama, kalo di total-total dari Bandung-Karimunjawa kurang lebih 16 Jam, tapi gak kerasa kok sis, soalnya bis dan Ferry Kelas VIP-nya nyaman, jadi bisa tidur, bangun2 udah nyampe, hehehe

dan yang paling penting..Worth it !! cuma dengan uang 600 ribu, gw bisa menikmati keindahan karimunjawa....

nice place, highly reccomended...
wah ts info nya lengkap dan mantep banget! emoticon-Angkat Beer
salut sama ts nya, temen gw ada yang berencana kesana emang..
nice thread bro..

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
ni dia ni info yg gw cari2 selama ini!
thx bro!

cendol abu2 meluncur deh...emoticon-Embarrassment
Quote:



Mantappss... sekali kali cobain longtrip Gan, biasanya gak cukup sekali dua kali buat ke KJ, dan setuju juga, jangan ngeliat angka 16 jam nya.. 16 jam berasa 1 menit ya kalo udah disana, kalo 16 jam nya pengen ilang, tambah antimo aja, mau dibikin 30 detik cari antimo yg kadaluwarsa... hehehe

emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
Quote:


setuju sis....next time pasti gw kesana lagi, dan lebih lama pastinya...mmm...bulan madu mungkin, hehehe....bener banget 16 jam langsung ilang begitu nyampe sana, thumbs up for karjaw...

emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
wah gokil... pantainya indah bgt... emoticon-Belo

mantap gan... jadi pengen kesana.. emoticon-Angkat Beer emoticon-Frown
udah ad deng...emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:
trus trus..itu misal klo bwat jalan ke pulau2 yg laen gmna ??? langsung aja ato gmna ??